WAH DELI SERDANG PUNYA MUSEUM DAERAH!

19.26
museum daerah deli serdang
Wah Deli Serdang punya Museum Daerah!

Wah Deli Serdang Punya Museum Daerah! : Hari Minggu lalu waktu lewat Lubuk Pakam saya nggak sengaja liat tulisan Museum Daerah Deli Serdang di seberang komplek kantor Bupati Deli Serdang. Saya penasaran dong jadinya. Cuma mau singgah nggak memungkinkan karena udah malam dan sayanya lagi lelah banget.


Hari Selasanya, bertepatan dengan libur imlek, saya ke Lubuk Pakam lagi karena suatu hal. Iseng lah singgah ke museum ini. Cuma sayangnya museumnya tutup, padahal pengen liat isinya. Entah karena hari libur atau karena kesananya udah kesorean, nggak tau juga sih.


Cuma karena waktu lewat ada banyak kendaraan parkir di sisi kanan bangunan jadi saya mutusin buat singgah. Kirain rame orang berkunjung ke museum, ternyata oh ternyata itu kendaraan banyak yang parkir disitu milik pengunjung kolam renang. Iya, tepat di belakang gedung museum ada Kolam Renang Deli Serdang.

museum daerah di deli serdang
Bagian samping, daeri depan keliatan banyak kendaraan di samping kirain pengunjung museum, rupanya pengunjung kolam renang :D

kolam renang deli serdang
Nah ini kolam renang Deli Serdang yang juga baru saya tau, kapan-kapan renang disini asik juga sepertinya.

Sama kayak Museum Daerah Deli Serdang, kolam renang ini juga hal baru yang baru aja saya tau keberadaannya. Entah sudah lama ada, entah memang baru dibangun/direnovasi makanya langsung menarik mata para pengendara. Yang jelas, saya baru tau ada Museum Daerah Deli Serdang dan lumayan tertarik pengen tau dalamnya. Cuma ya itu tadi, kebetulan udah tutup. Yowes lah, saya lanjut ke lokasi yang jadi tujuan saya datang ke Lubuk Pakam.


Baca juga : Museum Negeri Sumatera Utara


Menjelang malam urusan saya di Lubuk Pakam selesai. Awalnya berencana mau langsung balik ke Medan. Tapi tiba-tiba muncul ide buat main ke Museum Daerah Deli Serdang yang tadi sore sempat kami kunjungi sejenak. Kami? Eh iya, saya kesana nggak sendirian, tapi bareng seorang teman.


Btw ngapain malam-malam ke Museum Daerah Deli Serdang, kan udah tau kalau tutup?! Iya memang museumnya tutup, tapi di depan museum itu ada taman kecil yang kece menurut saya. Cocok untuk duduk-duduk sore atau malam gini.

taman museum deli serdang
Suasana malam hari, remang-remang. Aslinya nggak segelap ini sih, soalnya ada lampu-lampunya juga.


Pas sore waktu kesini kan banyak tuh pengunjung yang duduk-duduk di taman. Dari muda-mudi sampai keluarga yang bawa anak mereka. Nah waktu malam? ternyata sama sodara-sodara, masih ada beberapa pengunjung yang tampak asik duduk-duduk dan berselfie ria.

taman di museum daerah deli serdang
Nah ini suasana taman waktu sore kesini


taman cantik di lubuk pakam
Kalau ini suasana taman saat malam hari

Meski hanya taman kecil, tapi menurut saya keberadaannya cukup menarik perhatian dan mempermanis tampilan keseluruhan dari museum itu sendiri. Terbukti banyak yang duduk-duduk dan foto-foto di area museum dan taman ini.


Kalau tak salah hitung, ada 10 bangku di taman dengan lantai kotak-kotak hitam putih bak papan catur. Kesepuluh bangku tersebut semuanya ada yang duduki ketika kami sampai malam itu. Untungnya tak lama setelah kami sampai ada yang beranjak pergi, karuan saja saya bergegas di bangku sebelum diduduki pengunjung lain.

taman cantik museum daerah deli serdang
Kalian yang di sekitaran Lubuk Pakam, jalan-jalan sore ke taman di Museum Daerah Deli Serdang ini asik juga loh


Bersih dan nyaman. Itu kesan yang saya tangkap ketika duduk-duduk di bangku taman Museum Daerah Deli Serdang. Tampak juga beberapa pengunjung yang duduk di lantai di tengah taman. Mungkin karena terlihat bersih ya makanya santai aja duduk di lantai. Semoga aja ke depannya tetap bersih ya. Ada petugas rutin yang bersihin dan merawat tanaman. Pengunjungnya juga, semoga pada sadar kebersihan, nggak buang sampah sembarangan dan nggak merusak fasilitas yang udah disediakan gratis. Bukan apa-apa yei, seringnya kan gitu ya, udah disediain fasilitas eh dirusak.

taman kekinian di lubuk pakam
Bersih dan nyaman ya gaes 

Sama kayak tulisan “Museum Deli Serdang” di bagian depan taman (bukan yang nempel di bangunan museum). Huruf D di kata “Serdang” nya udah ilang. Entah rusak, lepas, atau ada yang nyuri. Kalau lepas atau rusak dengan sendirinya kok ya cepat banget, secara info yang saya dapat ini museum baru diresmikan 18 September 2018 kemarin. Kalau hilang/rusak dicuri orang ya sangat disayangkan, ayo dong kita jaga sama-sama fasilitas yang udah disediakan.

museum di deli serdang
Huruf D di kata "Serdang" nya udah ilang huhuhuuu,,,


Cukup lama kami duduk-duduk di taman di Museum Daerah Deli Serdang ini. Sambil ngobrol-ngobrol sambil meratiin tingkah pengunjung yang main ke taman ini juga. Cuma memang kalau malam main disini ada plus minusnya. Plusnya kan cuacanya lebih adem, minusnya karena so pasti ada nyamuk. Biasa lah, di taman terbuka gini biasanya memang ada nyamuk kan kalau malam. Cuma ini kalau emang niat banget kesini bisa lah disiasati dengan bawa lotion nyamuk.


Trus ada minusnya satu lagi. Etapi belum bisa dibilang minus juga sih karena saya belum buktiin. Jadi di bangku sebelah ada beberapa ibu muda yang juga bawa anaknya. Nah ini mereka mau pipis cuma udah ke bagian samping bangunan nyari toilet nggak nemu. Saya sih mikirnya belum nemu aja dimana letak toiletnya. Cuma kalau memang nggak ada, bisa lah jadi pertimbangan pihak museum
buat bangun tioletnya :)


Buat kalian yang melintas di Lubuk Pakam, khususnya di area Kantor Bupati Deli Serdang, bolehlah disempatkan mampir ke Museum Daerah Deli Serdang. Kalau misalnya tutup ya bisa duduk-duduk di tamannya seperti yang saya lakukan. Tamannya cakep, jadi bisa sekalian foto-foto buat diupload di sosmed ehheheee.

Baca juga : Mengenal Sejarah Karo di Museum Pusaka Karo

museum deli serdang
Buat lokasi foto-foto disini oke juga loh :)


Yang penting kudu diingat, jaga kebersihan dan jangan ngerusak fasilitas yang ada ya. Trus kalau datang sama gebetan, pacar, atau bahkan pasangan halal, nggak perlu lah ya pake acara mesra-mesra berlebihan, sewajarnya aja. Nggak enak dipandang ama pengunjung lain, apalagi kalau ada anak-anak :)


Buat yang emang pengen datang khusus berkunjung ke Museum Daerah Deli Serdang, nggak susah kok nemuin bangunan Museum Daerah Deli Serdang ini. Letaknya di pinggir jalan lintas, ada tulisan besar di bangunannya juga, jadi mudah dikenali. Kalau dari Medan bangunannya berada di sisi kiri, tepat di pinggir jalan. Di seberang Kantor Bupati Deli Serdang.

Kalian pernah ke Museum Daerah Deli Serdang? Gimana kesannya?!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
27 Februari 2019 13.59 delete

Penasaran ama isi dalamnya kak e. .. Awak belum pernah juga kesana soalnya.. Haha

Reply
avatar
8 Maret 2019 11.24 delete

Sama jan, aku juga penasaran sih sama isi dalamnya :)

Reply
avatar