PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN

10.37

PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN
Pusat oleh-oleh khas kota Medan
Pusat Oleh-Oleh Khas Kota Medan : Berkunjung ke suatu tempat, rasanya kurang pas kalau tak membawa oleh-oleh saat pulang. Biasanya yang dijadikan oleh-oleh adalah sesuatu yang khas dari kota yang dikunjungi. Entah itu makanan, pernak-pernik, maupun yang lainnya.

Asiknya itu jika dalam sebuah kota terdapat tempat yang menjadi pusat oleh-oleh. Jadi di kawasan tersebut, berbagai jenis oleh-oleh khas tersedia. Kita tinggal memilih sesuai selera dan budget di kantong. Tidak perlu berpindah dari satu alamat ke alamat lain. selain menghemat ongkos, mengurangi risiko nyasar bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung, juga sekaligus bisa dijadikan spot wisata.

Di Medan, belum ada kawasan seperti yang saya sebutkan di atas. Kalaupun ada, hanya terbatas pada penjualan makanan saja. Kawasan tersebut adalah kawasan di sepanjang jalan Mojopahit Medan. Di jalan Mojopahit, terdapat banyak toko yang menjual bika ambon. Meski namanya Bika Ambon, namun makanan ini adalah makanan khas kota Medan loh. Makanan berwarna kuning ini banyak sekali dicari untuk dijadikan buah tangan. Saya termasuk yang sering membawa Bika Ambon saat hendak pulang kampung di Asahan.
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN
Tumben nih jalan lengang :) (foto : tabloidimaji[dot]com)
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : bika ambon
Bika Ambon, oleh-oleh khas Medan (foto : ucokdurianmedan[dot]blogspot[com])
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : lapis legit
Ini juga khas Medan (foto : indonesiawow[dot]com)
Tak melulu menjual Bika Ambon, ada juga Lapis Legit dan aneka manisan buah yang dijual di toko-toko di jalan Mohopahit Medan. Selain Bika Ambon, Lapis Legit, dan Manisan buah di kawasan jalan Mojopahit, masih ada oleh-oleh lainnya khas Medan/Sumut, beberapa di antaranya bisa dilihat di bawah ini :


Bolu Meranti
Sebenarnya Meranti adalah brand. Dan produk mereka yang terkenal adalah bolu gulung. Jadilah Bolu Meranti terkenal. Sama seperti Bika Ambon Zulaikha yang lebih terkenal dibanding produsen bika ambon lainnya.
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : bolu meranti
Tersedia berbagai rasa dan topping (foto : saphiramedanshop[dot]com)
Bolu gulung Meranti menyediakan bolu gulung yang lembut dengan berbagai varian rasa. Bolu Gulung Meranti berada di jalan Kruing no 2K Medan dan jalan SM. Raja no 19B Medan. Untuk toko di jalan Kruing biasanya pagi-pagi sekali sudah buka. Saya pernah datang jam 7 pagi dan ternyata disana sudah ramai. Tapi untuk toko di jalan SM. Raja Biasa buka lebih siang.
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : bolu meranti
Jam 7 pagi ke Bolu Meranti yang di jalan Kruing, kirain belum buka, ternyata sudah. Dan foto di atas lah hasilnya :D

Pancake Durian
Sudah tau dong kalau Medan terkenal dengan buah duriannya yang selalu ada tanpa kenal musim dan rasanya selalu memuaskan. Tapi membawa buah durian rasanya akan merepotkan dengan duri-durinya yang tajam. Lagi pula belum apa-apa pasti sudah tertahan oleh petugas bandara.
Trus kalau ingin bawa oleh-oleh durian gimana dong?! Tenang. Bawa saja pancake durian. Pancake dengan isi daging durian ini menjadi alternative buat para penyuka durian. Nggak perlu repot bawanya. Nggak perlu ribet juga saat membukanya. Tinggal buka kemasan, dan pancake durian pun lumer di dalam mulut, yummiii..
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : pancake durian
Pancake durian saat awal beli, masih beku. Ini sungguh menggiurkan bagi saya sodara-sodara :D

Sate Kerang Rahmat
Sebenarnya yang terkenal dengan kerangnya itu Tanjungbalai. Salah satu kotamadya yang masuk dalam wilayah Sumut. Nah di Medan ada sate kerang dengan rasanya yang maknyus… endes, dengan ukuran kerang yang lumayan dan bumbu yang mantap. Menggunakan kerang buluh yang berasal dari Tanjungbalai. Namanya Sate Kerang Rahmat. Saking mantapnya, banyak yang menjadikan Sate Kerang Rahmat sebagai oleh-oleh. Oh iya, Sate Kerang Rahmat berada di jalan Gatot Subroto No 14 Medan.
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : sate kerang rahmat
(foto : ceritamelalak[dot]com)
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : sate kerang rahmat
Dulu awalnya di jalan PWS, sekarang sudah di Jalan Gatot Subroto No 14 (foto : sarihusada[dot]co[dot]id)

Sirup Markisa Noerlen
Jangan heran jika harga sebotol sebotol sirup markisa merk Noerlen beda jauh dengan yang banyak dijual di pasaran. Untuk botol ukuran 330 ml saja dihargai 45 ribu rupiah (harga tahun 2015, saat saya berkunjung). Karena rasanya juga sudah pasti berbeda dan lebih enak. Sirup Markisa Noerlen adalah sirup markisa yang merupakan produk rumahan. Home industry gitu deh. Bahannya juga hanya menggunakan markisa yang berasal dari Berastagi yang memang terkenal dengan kualitas rasanya yang jempolan. Sirup Noerlen mengunakan gula murni, tanpa essence, pengawet maupun pewarna.

PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : markisa noerlen
Saat berkunjung ke tempat produksi sirup Noerlen, iseng ikut proses pengemasan :D
Sirup Markisa Noerlen bisa dibeli di outlet Brownies Amanda dan Royyan Rambutan House (Jl.Lintas Raya Kualanamu).
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : markisa noerlen
Selain sirup markisa, ada selai markisa juga loh

Tauko Medan
Tauko Medan menjual T-Shirt, tas, topi dan pernak pernik dengan kata-kata menggunakan bahasa khas Medan yang terkenal blak-blakan. Selain menggunakan bahasa ala Medan, disain dari produk-produk Tauko Medan juga memasukkan unsur yang khas Medan. Seperti bangunan maupun aksara Batak.
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : tauko medan
Tauko Medan : Dimana bumi dipijak, disitu Medan dijunjung!! :D

Yaps,,, itulah beberapa oleh-oleh khas Medan. Kalau kalian berkunjung ke kota Medan, jangan lupa bawa oleh-oleh ya saat pulang ke rumah :)

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

34 komentar

Write komentar
Wida Zee
AUTHOR
25 Maret 2016 11.00 delete

Foto kue kedua aku sering sebut kue lapis suka banget banyak dijual disini di pasar maupun warung seharga Rp. 500 untuk per potong enak dan manis banget rasanya hihi

Reply
avatar
25 Maret 2016 11.52 delete

kalau di Medan lapis beda lagi Wida. beda daerah beda penyebutan ternyata ya :)

Reply
avatar
25 Maret 2016 16.25 delete

pernah bawa pancake durian dari medan ke pekanbaru naik mobil....
.
.
. mabok se mobil hahaha

Reply
avatar
25 Maret 2016 16.51 delete

itu sate kalo dibawa buat oleh oleh gimana caranya? awet berapa lama?
@guru5seni8
http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

Reply
avatar
25 Maret 2016 18.04 delete

ahahhaaa... kok bisa mabuk mut?! mabuk durian atau memang mabuk kendaraan :)

Reply
avatar
25 Maret 2016 18.07 delete

itu kan ada foto kemasannya mbak. ditambah kemasan aluminium foil lagi. sama seperti pancake durian. kalau belinya mau dibawa keluar kota, dibalut aluminium poil lagi.tahan 12 jam mbak kalau tidak masuk kulkas :)

Reply
avatar
sari widiarti
AUTHOR
25 Maret 2016 18.41 delete

belum pernah ke medan, tapi udah pernah coba bolu sama bika. Semoga tahun ini aku bisa jalan - jalan ke Medan, aamiin :)

Reply
avatar
Jerry Han
AUTHOR
25 Maret 2016 19.50 delete

Aduh bolu nya...saya mau yang keju yaa :). Pancake durian itu hiasannya cantik tapi duriannya itu yang ga bisa :)
@ge1212y

Reply
avatar
25 Maret 2016 22.02 delete

Duh..duhhh..menggiurrkan sekali itu buah tangannya. Paling suka dan khas itu bika ambon,,tp sempet heran dari medan ko namanya Ambon ??
Hehehe :D

Reply
avatar
26 Maret 2016 02.47 delete

kalau bika sama lapisnya udah pernah coba. bika malah minggu lalu ada yang ngasih. emang beda ya kalau dari medannya langsung, lebih uenak. aku penasaran sama pancake duriannya. apalagi warna-warni gitu tampilannya. menarik

@gemaulani

Reply
avatar
26 Maret 2016 03.12 delete

Pengen bawa pulang Duren Medan sekalian pohonnya. ada yg jual kah? :v
@Wawa_eN

Reply
avatar
adib riza
AUTHOR
26 Maret 2016 05.02 delete

Dulu aku kira bika ambon itu dari Ambon. Ternyata medan. Saya suka banget dg jajanan yg satu ini. Sempet beberapa kali nyoba bikin bersama kakakku dan akhirnya berhasil.

Reply
avatar
nurul iman
AUTHOR
26 Maret 2016 11.26 delete

Yang paling saya sukai dari medan adalah banyak kue yang rasanya muantappp dan rasa tidak ada duanya.

Reply
avatar
26 Maret 2016 11.41 delete

Aamiin... semoga bisa ke Medan dan ngerasain oleh-oleh khas Medan. oya nanti kalau ke Medan kabar-kabari mbak, siapa tau bisa meet up :)

Reply
avatar
26 Maret 2016 11.44 delete

suka keju ya mas? bolu gulungnya ada yang topping keju loh :D

kenapa dengan duriannya mas? nggak suka ya ama durian?!

Reply
avatar
26 Maret 2016 11.44 delete

suka keju ya mas? bolu gulungnya ada yang topping keju loh :D

kenapa dengan duriannya mas? nggak suka ya ama durian?!

Reply
avatar
26 Maret 2016 11.45 delete

hahhaa.. saya juga lagi nyari-nyari info nih mbak kenapa namanya jadi bika Ambon. padahal khas Medan ya kan :)

Reply
avatar
26 Maret 2016 11.51 delete

kalau aku olahan daging durian yang aku suka ya pancake durian ini mbak. soalnya isi dalamnya itu daging durian, nggak di mix dengan apa-apa :)

Reply
avatar
26 Maret 2016 11.52 delete

hahhahaa... kalau pohonnya aku nggak tau jualnya dimana mas :) kalau duriannya mah banyak disini :)

Reply
avatar
26 Maret 2016 11.54 delete

banyak yang mempertanyakan masalah nama itu memang mas. eh, bisa buat bika ambon?! ya ampun, aku aja nggak bisa hahaha

Reply
avatar
26 Maret 2016 11.57 delete

Medan emang surga kuliner mas :)

Reply
avatar
26 Maret 2016 16.32 delete

Mampir yuk ke Social Bookmark Dofollow Indonesia Tanpa Daftar :)

Reply
avatar
Nur Rochma
AUTHOR
26 Maret 2016 17.03 delete

Oleh-olehnya khas Medan benar2 menggoda...

Reply
avatar
26 Maret 2016 22.02 delete

menggoda lidah ya mbak Nur :)

Reply
avatar
Ririe Khayan
AUTHOR
27 Maret 2016 05.36 delete

Bika ambon dr medan tho?
Nama oleh2 makanan dr medan msh bnyk asing buat saya.
@ririekayan

Reply
avatar
28 Maret 2016 10.59 delete

ituloh yang pancake duriannya. bikin ngilerrr hehe

salamkenal

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
28 April 2016 17.04 delete

Kalau Bika Ambon tuh dari Medan bukan Mbak?

Reply
avatar
29 April 2016 04.54 delete

iya mbak Ri, bika ambon itu oleh-oleh khas dari medan :)

Reply
avatar
29 April 2016 04.54 delete

waaah.. sampe ngiler ya mas,, ambil tisu gih, lap ilernya :D

Reply
avatar
29 April 2016 04.55 delete

lah... bukannya udah aku ceritain di atas mbak? baca ulang coba :D

Reply
avatar
angkisland
AUTHOR
29 April 2016 05.36 delete

wah keren oleh-olehnya nih jaid ngiler lihat satenya hehe....

Reply
avatar
Icha Ichi
AUTHOR
4 Mei 2016 09.29 delete

Bolu Meranti enak banget ya rasanya...pantesan terkenal banget. Pas pertama kali makan (dikasih oleh-oleh), langsung pengen beli sendiri...tapi ternyata gak ada cabangnya di Jogja (T.T)

Reply
avatar
22 Juni 2016 14.23 delete

itu satenya memang enyaaak *aduuh padahal lagi puasa :D

Reply
avatar
22 Juni 2016 14.24 delete

maen sini ke Medan mbak, biar bisa borong bolu meranti :D

Reply
avatar