BERBURU OLEH-OLEH DI PAJAK (PASAR) BUAH BERASTAGI

14.05
pajak berastagi
Berburu oleh-oleh di pajak (pasar) buah berastagi - wisata Sumut

Berburu Oleh-Oleh di Pajak (Pasar) Buah Berastagi – Wisata Sumut : Jika tengah mengunjungi kota Berastagi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di Pajak (Pasar) Buah Berastagi. Pasar yang dalam bahasa Medan disebut pajak ini berada di seberang Tugu kota Berastagi (jika dari arah Medan, pasar ada di sebelah kanan tugu Berastagi). Para wisatawan biasanya datang ke pasar ini untuk mencari oleh-oleh khas kota Berastagi.

Memang sih ya, yang namanya traveling kalau bisa jangan sampai masalah oleh-oleh jadi beban. Entah itu dengan alasan biaya, bagasi, ataupun efisiensi waktu. Saya juga termasuk orang yang nggak begitu memusingkan oleh-oleh saat traveling. Jika sedang ada budget dan tidak repot belinya ya beli. Kalau tidak ya tidak meski banyak yang pada minta dibawain oleh-oleh, saya nggak mau ambil pusing atau merepotkan diri buat memenuhinya. Toh kalau mereka bepergian saya juga nggak merengek minta dibawain oleh-oleh.

tugu kota berastagi
Ini saya lagi di depan Pasar Buah Berastagi, tugunya yang di belakang itu tuh

Tapi mengunjungi tempat yang menjadi pusat oleh-oleh di suatu kota yang kita kunjungi meski tak berniat membeli buat saya cukup mengasikkan dan sayang untuk dilewatkan. Lah, ngapain ke pasar pusat oleh-oleh kalau tak berniat membeli oleh-oleh?! Ya sekedar melihat bagaimana kondisi pasar, bagaimana tipikal penjual/masyarakat setempat. Juga mungkin melihat barang-barang unik yang ada disana.

Pajak Buah Berastagi termasuk unik. Meski namanya Pajak Buah, namun yang dijual beragam. Tak hanya buah-buahan yang ada di pasar ini. Tetapi juga ada baju, aksesoris khas, tas, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Jadi wisatawan bisa memilih oleh-oleh sesuai selera. Mau yang tahan lama dan bisa digunakan, bisa pilih baju, tas, topi rajut, syal, yang khas bertuliskan ‘Berastagi’. Mau yang berupa aksesoris, bisa memilih aneka gelang, gantungan kunci, kalung, dan aksesoris lainnya. Yang berupa hiasan dan barang hasil kerajinan lainnya juga ada.

khas berastagi
Aksesoris, dari yang umum sampai yang bertuliskan 'Berastagi' ada di pasar ini

buah khas berastagi
Terong belanda, salah satu buah yang tumbuh subur di Berastagi - Tanah Karo
Kalau mau yang bisa dikonsumsi, ya tentu jawabannya adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Nah kalau mau yang cantik-cantik dan menjadikan halaman rumah jadi lebih indah silahkan beli bunga, biasanya ada di jual di halaman parkir taman Mejuah-Juah yang letaknya di belakang Pajak Buah Berastagi. Di area pasarnya juga ada.

pasar buah berastagi
Stroberinya bikin pengen euy...
buah khas tanah karo berastagi
Nah kalau ini buah kesemek namanya

berastagi's flower
Yang pengen beli bunga juga bisa di pasar ini

red rose
Ini kesananya pas lagi musim erupsi Sinabung, jadi debunya pada nempel di mana-mana
Kenapa oleh-oleh Berastagi beragam? Tak melulu baju dan barang kerajinan? Ya karena memang daerah ini dianugerahi dengan tanah yang subur yang menjadikan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani sayur, buah, dan bunga. Jadi di pasar tersebut dijual buah-buahan, sayuran, dan bunga segar hasil pertanian penduduk setempat.

jalan-jalan ke berastagi
Kata abang ini sih manggisnya manis :)
Tapi memang kalau kalian dari luar kota yang jauh, mungkin lebih efektif kalau beli oleh-oleh berupa benda yang bisa dikenakan. Misalnya kamu orang Samarinda, kan merepotkan membawa berkilo-kilo jeruk dari Medan ke Samarinda, selain itu takutnya buah dan sayurnya sudah tidak segar lagi saat sampai di kota asal. Jadi beli buahnya untuk dinikmati saat itu saja. Ini hanya sekedar saran loh ya.

mango
Mangga
Biasanya yang beli buah, sayur dan bunga itu wisatawan yang datang dari kota-kota yang jaraknya tidak begitu jauh dari Berastagi. Medan misalnya. Apalagi jika wisatawannya ibu-ibu, pasti semangat borong sayuran segar. Saya pernah tuh rombongan ke Air Terjun Sipiso-Piso, pulangnya mampir ke Pajak Buah Berastagi. Kebetulan memang sebagian rombongannya adalah ibu-ibu. Ditunggu-tunggu di bus nggak muncul-muncul hingga lewat waktu yang disepakati. Begitu muncul eh bawaannya udah berplastik-plastik sayuran dan buah. Alasannya katanya supaya nanti begitu sampai rumah bisa langsung masak, nggak perlu belanja ke pasar lagi.
buah warna ungu
Buah bit yang cuma saya foto, soalnya saya kurang suka buahnya :D
buah khas berastagi
Buah markisa, khasnya Berastagi nih
Eh iya, di halaman Taman Mejuah-Juah yang letaknya di belakang Pajak Buah Berastagi itu biasanya dijadikan tempat ‘ngetem’-nya sado dan kuda yang menawarkan jasa berkeliling kota Berastagi dengan berkuda ataupun naik becak kuda (sado). Jadi setelah puas berbelanja di pasar ini, wisatawan bisa mencoba untuk naik sado.

Itulah cerita singkat saya tentang Berburu Oleh-Oleh di Pajak (Pasar) Buah Berastagi. Kalau kalian mengunjungi Berastagi, sempatkan mampir ke pasar ini ya.

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
dilla haris
AUTHOR
3 Oktober 2016 14.13 delete

Salam kenal.
Sedang mencari2 info ttg berastagi trs smpai disini.

Kamu lokal duduk di Medan atau lg bercuti disini?

Hope to here from you.

Reply
avatar
fiek ghiload
AUTHOR
4 Oktober 2016 10.34 delete

terong belanda???

baru tau... emang enak ya mbak rasanya hehee....

salam kenal :D :p

jangan lupa Mbak kenjungi blog saya tentangUlat Sutra

Reply
avatar
4 Oktober 2016 12.24 delete

Hallo Dilla, Salam kenal.

thanks to reading my post :).

i live in Medan actually.


have u plan to come to Berastagi?! when?!

i have some post about nice spot in Berastagi. u can read in this blog :)

feel free to ask me when u need information :)

Reply
avatar
Nia Haryanto
AUTHOR
9 Oktober 2016 12.06 delete

Wah... Ada terong belanda dan kesemek. Buah unik yang sudah jarang ada di pasaran. Catet ah. Kali aja nanti berkesempatan mengunjungi Berastagi. :)

Reply
avatar
9 Oktober 2016 13.43 delete

Jadi tahu kalau ada pasar buah Brastagi, mba. Teryata nggak hanya jual buah namun bisa jadi pilihan nih kalau main dan cari oleh-oleh

Reply
avatar
9 Oktober 2016 16.23 delete

"Pajak" artinya "pasar" kah mbak?
Di sana buahnya harganya lebih murah kah kalau dibandingin di Jawa?

Reply
avatar
13 Oktober 2016 13.35 delete

lengkap yaa kayaknya buah-buahan dsana.. pusing ppasti hunting oleh2 nya..
<a href="http://madukandungan.edublogs.org/2016/10/10/manfaat-madu-penyubur-kandungan-yang-harus-kamu-ketahui/>Madu Agus</a>

Reply
avatar