TIPS SEPUTAR CUCI PIRING ALA ANAK KOS

17.42
dapur bersih
Dapur impian, bersih dan bikin refresh

Tips Seputar Cuci Piring Ala Anak Kos : Lihat foto di atas. Bersih kan? Saya selalu ngayal suatu saat punya dapur yang bersih dan keren seperti di foto itu. Iya, itu bukan dapur saya. Masih sebatas impian saja, secara saya kan anak kos ya. Jadi dapurnya ya nggak bisa saya atur sesuai keinginan saya bentuk dan disainnya.

Cerita punya cerita tentang dapur dan kehidupan sebagai anak kos. Saya, Ayu, dan Yokko punya kebiasaan berbeda dalam hal bersih-bersih. 3 tahun ngontrak bareng, kami nggak seperti anak kos lain yang punya jadwal membersihkan rumah secara bergilir. Kami mah sistemnya ya semaunya aja. Kalau lagi mau bersihin ya bersihin. Kalau nggak ya nggak usah ngomel nyuruh yang lain buat bersihin.

Meski pada dasarnya kami sama-sama malesan, tapi kalau diingat-ingat lagi ternyata kami bertiga punya ‘kerajinan’ masing-masing. Saya biasanya paling rajin nyapu ruang tamu. Ayu rajin nyuci piring. Dan Yokko paling sering bersihin kamar mandi. Kebiasaan ini nggak ada yang ngatur loh, cuma muncul gitu aja.

Saya nyuci piring palingan kalau lagi rajin aja. Biasanya ada masa-masa jiwa ngebabu saya muncul. Dari pagi sampe sore kerjaannya ngerapiin koleksi buku, nyapu, ngepel, nyuci piring, dan bersihin kamar mandi.

Tapi meskipun malesan dan terbilang jarang nyuci piring, sore ini nggak tau kenapa saya kok ya pengen ngasi tips seputar dunia percucipiringan ke kalian semua. Mungkin karena hari ini saya lagi rajin kali ya :D jadi anggap saja lah ini tips cuci piring ala anak kos yang jarang nyuci piring :D


Jangan Tunggu Sampai Numpuk
Ini sebenarnya kebiasaan saya. Nyuci piring tunggu sampai piring kotor menumpuk dan piring bersihnya habis. Kadang kalau lagi mualeees banget malah yang dicuci cuma yang mau dipakai saja. Misalnya beli nasi bungkus, kan nggak perlu pakai piring tuh karena ada bungkus nasinya. Biasanya saya malah cuma nyuci sendoknya saja untuk makan saya. Mualesssaaaan… jangan ditiru yak. Nggak baik. nggak mencerminkan calon istri dan menantu idaman *duuuuh.. semoga nggak dibaca sama calon suami dan calon mertua yang masih di awang-awang itu :D*

tips dapur bersih
Jangan sampai numpuk begini guys, selain capek nyucinya, juga bisa menimbulkan bau tak sedap

Nah kalau si Ayu lebih parah lagi. Kalau mau makan dan semua peralatan makan lagi kotor, dianya bela-belain makan pakai tangan, bukan karena makan pakai tangan itu dianjurkan, tapi karena malas nyuci *ter..la..lu..* padahal Ayu biasanya yang paling rajin nyuci piring. Cuma kalau lagi bener-bener males ya males semales-malesnya dah dianya.

Tapi kalau lagi rajin biasanya kami usai makan langsung cuci piring sih. Cuma ya rajinnya itu jarang banget :D


Pisahkan Sampah Dari Piring Kotor
Yang namanya anak kos dan makan terbang *makannya beli maksudnya, nggak masak sendiri*, saya perhatikan sampah bekas makannya lebih banyak deh dibanding yang masak di rumah. Soalnya kan apa-apa beli. Jadi tiap beli pasti ada sampah pembungkusnya. Entah itu daun pisang, kertas nasi, atau plastik. Belum lagi plastik asoinya. Ditambah lagi sampah makanan seperti duri ikan, atau bumbu-bumbu yang tak termakan semisal irisan cabai.

Buat kalian yang suka nunda-nunda nyuci piring seperti saya and the gank, usahakan untuk tidak menumpuk serta sampah-sampah bekas makan ya. entah itu pembungkusnya, duri-duri ikan, ataupun sayur/nasi sisa dan basi. Sampahnya langsung masuk plastik dan tong sampah saja. Soalnya kalau digabungin di tumpukkan piring kotor, kalau sampai berhari-hari tak dicuci, akan menimbulkan bau tak sedap.

Pengalaman saya pernah tuh niatnya pengen nyuci piring tapi nggak jadi karena liat banyak sampah sisah makanan yang menimbulkan aroma busuk.


Gunakan Sedikit Alat Makan
Ini tips untuk yang malas nyuci piring –skali lagi saya tegaskan- seperti saya. Ada baiknya gunakan sedikit saja alat makan. Kalaupun punya alat makan yang banyak, simpan saja, gunakan saat ada banyak tamu datang ke kos. Untuk sehari-hari, gunakan alat makan sedikit saja.

Jumlah alat makan yang banyak di rak piring bisa membuat kita jadi malas nyuci piring loh. Lagi-lagi ini karena pengalaman pribadi. Karena melihat masih ada banyak stock piring, sendok, dan gelas bersih, saya jadi kebiasaan menunda-nunda untuk mencuci piring dengan pemikiran ‘Ah masih ada piring bersih kok, nanti saja lah nyuci piringnya’.

Beda kejadiannya saat saya ngekos per kamar dan hanya menyediakan 2 piring di rak mungil saya. Karena piringnya cuma 2, sendok cuma 2, mangkuk 1, gelas 3, mau tak mau jadi sering nyuci piring deh.


Pilih Produk Pembersih yang Terpercaya
Nggak mau dong ya alat makan kita masih kotor meski sudah dicuci. Udah bela-belain tangan berbuih eh piringnya masih berminyak. Alhasil harus nyuci ulang. Untuk itu harus diperhatikan juga produk pembersih peralatan masak dan makannya. Beli produk yang selain udah terpercaya juga yang serasi di tangan.

Secara jenis kulit tangan beda-beda, ada yang asik-asik aja meski mencuci piring dalam jumlah banyak. Ada yang alergi seperti kulit terasa panas, hingga ada yang sampai kulitnya mengelupas. Kalau saya biasanya pakai pembersih berbentuk cairan kental/jel. Soalnya kalau pakai sabun colek di kulit bikin gatal.

Selain produk sabun pembersih, alat pencuci piringnya juga harus diperhatikan loh guys. Jangan asal saja. Karena kalau sabun pembersihnya berkualitas tapi alat pembersihnya nggak berkualitas, hasilnya kan jadi nggak maksimal. So, pilih juga alat pembersih yang terbukti kualitasnya agar kolaborasi keduanya menghasilkan peralatan makan yang kinclong, bersih, dan bebas kuman.

Pasti kebanyakan selama ini yang diutamakan sabun pencuci piringnya saja kan, sabut sponsnya diabaikan. Padahal ngaruh juga loh guys ke hasil cucian. Terus kebiasaan lainnya adalah menggunakan sabut spons yang sama untuk segala jenis alat makan dan alat masak. Padahal beda peralatan beda juga sabut sponsnya.

Scotch-Brite adalah merek produk yang paham banget kalau kebutuhan akan sabut spons itu nggak sama. Makanya ada beberapa varian produk yang disesuaikan dengan kebutuhan aktifitas bersih-bersih peralatan masak dan makan. Sabut Spons Hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak. Duuuh… jadi inget dulu waktu masih usaha kafe, sabut sponsnya sama aja untuk semua peralatan. Dulu belum kenal sih sama Scotch-Brite.

tips dapur bersih ala anak kos
Ini nih penampakan Sabut spons hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak

Nah kalau untuk membersihkan alat makan dan alat masak anti lengket, gunakan sabut spons anti gores yang berwarna biru muda ya guys. Karena jarang masak, saya seringnya pakai yang biru ini. Bagian sponsnya lembut, dan sabutnya bekerja maksimal membersihkan peralatan makan saya.

Mencuci alat masak dan alat makan dengan sabut spons Scotch-Brite ini selain bersih juga menghemat loh guys. Hemat karena dibanding produk sejenis lainnya, sabut spons Scotch-Brite lebih tahan lama. Bersih karena sabut dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran. Jadi nggak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menggosok-gosok permukaan yang kotor. Lebih hemat waktu nyuci juga kan. Selain itu juga karena sabut mengandung serat mineral berkualitas.


sabut cuci piring
Anak kos yang jarang masak cocoknya pakai sabut yang ini guys, karena yang dicuci biasanya cuma alat makan :)

Cara mencucinya bagaimana? Gampiiil… biarin aja disitu, nanti sabut sponsnya nyuci sendiri, kita tinggal liatin aja. Huehheeee.. ya nggak lah. Sama kayak nyuci piring biasanya. Basahi sabut sponsnya dengan air *dengan air ya, bukan dengan minyak :P*, trus kasi sabun di bagian sponsnya. Remas spons hingga berbusa. Nah untuk mencucinya gunakan bagian sabutnya. Gosok dengan penuh perasaan. Peralatan makan dan alat masak jadi bersih kinclong. Oya, usai mencuci jangan lupa untuk membilas spons dan letakkan di tempat yang kering.


tips mencuci piring
Remas sposnnya sampai berbusa ya. Ini saya sengaja contohin pas sponsnya lagi kering dan nggak pake cairan pembersih, soalnya takutnya hapenya yang kecuci, bukan piringnya :D

Oke, itulah sekilas tips mencuci piring ala anak kos yang aslinya malas nyuci piring :D jangan lupa ya guys, sabut spons hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak. Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak Teflon/anti-lengket. Jangan disamain semuanya, karena alat masak dan alat makan itu nggak mau disamain, sama kayak kamu yang nggak mau disamain dengan dia *eaaaakk..

Pokoknya urusan bersih-bersih alat makan dan alat masak jadi 3X Cepat Bersih, 3X Tahan Lama deh kalau pakai sabut spons Scotch-Brite. Nah kalau nyucinya sambil ditemenin sama yang terkasih bakal nambah jadi 3x lebih senangnya hehheee..

Baiklah, berhubung udah sore dan saya mau nyuci piring *pakai sabut spons scotch-brite tentunya* jadi saya undur diri dulu yak, sekian tips seputar cuci piring ala anak kos dari saya. Kalau kalian punya tips lain, bagi ke saya ya :)



NB : Sumber foto tanpa watermark
Foto dapur bersih (paling atas) : 3.bp.blogspot.com
foto piring kotor : media.rooang.com 

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
Avy Chujnijah
AUTHOR
26 Oktober 2016 18.01 delete

kelihatannya sepele tapi penting juga ya mbak....
terutama spon yg hrs kering setelah mencuci piring terakhir semalem

Reply
avatar
26 Oktober 2016 23.08 delete

duh iya -_- kalo peralatan makan banyak, rasanya makin males nyuci. bener tuh. gegara sering beli makan, jadi nyuci sendok seuprit pun males banget ya mbak. hahahahhaha

ini aja aku habis makan.. dan piring-sendok masih terabaikan di pinggir ruangan belum dicuci *sigh*


tulisandarihatikecilku.blogspot.com

Reply
avatar
Tira Soekardi
AUTHOR
27 Oktober 2016 03.17 delete

aku juga jarang numpuk cucian piring atau baju samapi numpul malah jadi capai. sedikit lebih cepat kerjanya juga jadi lebih bersih

Reply
avatar
Nur Rochma
AUTHOR
27 Oktober 2016 08.15 delete

Aku kalau cuci piring, dikumpulkan dulu, sekalian banyak, sekalian capeknya. *salah ya...

Reply
avatar
27 Oktober 2016 10.03 delete

Hahaha, baca kata KOSAN jadi pengen baca. Bener loh, kdng kebantu dgn bungkusan makanan, jd cuman perlu sendok doank.

Yah tp tetep ajah sendok di tumpukin. Hihihii

Reply
avatar
Furqon Albar
AUTHOR
29 Oktober 2016 05.52 delete

pengalaman dulu pas masih nimbrung di sekre <a href="http://panahive.com/>Komunitas Panahan</a>, males banget mau cuci piring, mesti nunggu weekend pas bersih2 masal :D

Reply
avatar
2 November 2016 17.53 delete

iya mbak. hal-hal sepele kayak gini sering kita abaikan, sama kayak anak kos yang suka mengabaikan mencuci piring, juga memperhatikan alat pencuci piringnya.

Reply
avatar
2 November 2016 17.55 delete

wohohooo... anak kos banget ya mbak, sama kayak aku hahahhaa...
nggak boleh gitu mbak, harus dibiasakan rajin cuci piring *sok nasehatin padahal saya juga malesan :D*

Reply
avatar
2 November 2016 17.56 delete

good job mbak. duuuh.. harus belajar dari mbak nih masalah cuci piringnya. eh masalah sabut cuci piringnya diperhatikan juga nggak tuh mbak?! :D

Reply
avatar
2 November 2016 17.58 delete

wah... salah besar tuh, kamu harus dihukum muehheeheeee...
tapi kadang kalau nunggu numpuk pas nyuci pegel juga tangan mbak, apalagi kalau sabut spons nya nggak pas di genggaman :D

Reply
avatar
2 November 2016 17.59 delete

beeugh.. ternyata kamu sama aja kayak aku, tak bagus..tak bagus.. :D

Reply
avatar
6 November 2016 13.31 delete

klo saya ngekos pasti beli makanan bungkusan, jadi gak perlu piring tinggal buang atau makan langsung di warungnya.

soalnya kalau makan sama piring di kospasti bawaannya males nyuci.

pernah lupa nyuci sisa nasi sampe berjamur. jadi trauma, haha

Reply
avatar
Merida Merry
AUTHOR
10 November 2016 16.01 delete

lihat tumpukan piring di foto itu aku jadi pusiing mbaak .. haha..
aku setuju tipsnya, pada dasarnya biar ga terasa berat ya jangan di tumpuk hehe..

Reply
avatar
Jancok-V
AUTHOR
25 Januari 2017 15.12 delete

Kadang saya kesal, “kenapa sih noda segitu aja, ga papa kali” https://www.itsme.id/kenapa-sih-harus-aku-yang-cuci-piring/

Reply
avatar
31 Januari 2017 11.49 delete

ahahhaa... iya, aku juga pernah kejadian sampe bejamur sisah makanan di piring. sering juga beli di luar. tapi berhubung makanan di luar juga nggak terjamin kebersihannya, jadi masih suka masak sendiri juga di rumah.giliran nyuci piring mualesnya pake poool

Reply
avatar
31 Januari 2017 11.52 delete

sama mbak, aku juga pusing kalau liat tumpukan piring kotor banyak banget, ujung-ujungnya malah jadi malas nyuci piring -_-

Reply
avatar