TELAH DIBUKA! PLAZA UKM, PUSAT OLEH-OLEH SUMUT

21.51 0

Telah dibuka! Plaza UKM, Pusat oleh-oleh Sumut.


"Awas ya kalau pulangnya nggak bawa oleh-oleh"

"Jangan lupa oleh-oleh buatku ya"

Kalian yang sering bepergian pasti sering banget mendengar kalimat sejenis di atas kan?! Sama, saya juga.

Saya pribadi biasanya sebisa mungkin nggak latah ikut-ikutan minta oleh-oleh waktu temen lagi traveling. Takutnya malah membebani. Walaupun ya kalau misal dikasih oleh-oleh rasanya senengnya minta ampun. Merasa jadi orang spesial gituh :)

Perkara oleh-oleh ini sebenarnya seru-seru jambu ya. Bukan hal yang wajib tapi bisa bikin ribet juga kadang-kadang.

Lah iya, kalau misal temen sampe ngambek karna dia nggak dibawain oleh-oleh. Atau misal jadi nggak enakan ama salah satu temen karena oleh-oleh yang kita bawa ternyata kurang, jadi ada yang nggak kebagian, kan jadi ribet tuh.

Atau kalau misal saking banyaknya belanja oleh-oleh sampe kelebihan bagasi. Wohohoo.. Kalau ini saya pernah alami.

Waktu itu berempat sama temen-temen. Mau balik ke Medan dari Surabaya. Duit udah cekak, eh pake acara kelebihan bagasi lagi, amsyooong dah.

Pernah juga biaya beli oleh-olehnya setelah dihitung-hitung ternyata lebih besar dibanding biaya selama traveling. Kalo ini mah saya sendiri pun sampe geleng-geleng kepala sendiri.

Sebenarnya ya, oleh-oleh ini bukan hal wajib juga. Cuma memang rasanya nggak afdol ya ke suatu tempat nggak beli sesuatu yang khas dari daerah tersebut. Entah itu mau buat oleh-oleh, ataupun untuk dipakai sendiri. Rasanya seneng aja kalo bawa pulang sesuatu yang khas dari tempat yang kita kunjungi.


Nah ngomongin tentang oleh-oleh, Senin 18 Maret kemarin saya baru aja menghadiri soft launching Plaza UKM Pusat Oleh-Oleh Sumatera Utara di Bandara Kualanamu.

Berhubung lokasinya di luar Medan, cari kawan dong berangkatnya, biar nggak diem-diem aja di perjalanan. Secara Medan-Kualanamu satu jam juga naik motor ala saya. So, janjian lah sama kak Fuji buat berangkat bareng.

Berangkat jam 10an lewat, agak balap-balap dikit, nyampe lah di lokasi jam 11 kurang dikit. Sudah ada beberapa undangan yang datang, tapi acara belum dimulai. Jadi lah kami muter-muter bentar sambil foto-foto.

Eh iya, sedikit cerita. Plaza UKM Pusat Oleh-Oleh Sumut ini kan lokasinya di lantai 2 gedung Stasiun Railink Kualanamu. Nah, sayanya walau udah sering ke Bandara Kualanamu, baru kali ini masuk ke gedung railinknya. Ketauan ya nggak pernah naik kereta api kalo ke bandara hahhahaaa



Jadi karena baru pertama masuk, agak-agak surprised lah ya liat bangunannya. Segala koper-koper digantungin, lucuuuuk hheheee. Receh banget ya saya, liat koper-koper digantung aja udah seneng, berapa mau berangkat traveling, padahal cuma memenuhi undangan acara doang :D




Balik lagi ke acara soft launching Plaza UKM Pusat Oleh-Oleh Sumatera Utara. Menghadirkan Sofyan Sauri dari Plaza UKM, Suwito dari Angkasa Pura, dan Mayke Ritonga yang merupakan Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata.



Jadi kan gaes, Plaza UKM ini memang baru soft launching. Beberapa space juga masih kosong. Tapi sudah ada beberapa yang berisi tenant-tenant yang menjual produk-produk khas Sumatera Utara, baik itu berupa kerajinan maupun kuliner.

Ke depan, rencananya Plaza UKM ini nggak hanya menjual barang kerajinan dan kuliner Sumut, tetapi juga bakal ada event-event seperti handycraft expo, sumatra batik fashion expo, temu rama creativepreneur UKM Sumut, dan sejenisnya.  Tiap Selasa, Sabtu dan Minggu juga bakal ada panggung interactive dengan penampilan berbeda-beda.

Trus, harga-harganya gimana? Mahal nggak sih? Kan biasanya di Bandara mahal-mahal.

Sepenglihatan saya harganya variatif sih. Tinggal sesuaikan ama budget aja. Sortali yang khas dan lagi hits saya cek harganya 15 ribu, standart kan. Di luaran juga harganya segitu, bahkan ada yang lebih mahal.



Kalau saya lihat nih ya, lokasinya asik, soalnya disediakan kursi di beberapa tempat. Jadi kalau capek muter-muter bisa duduk dulu. Rencananya bakal ada juga kafe dengan menu-menu khas Sumut. So bisa jadi tempat nongkrong juga doong.



Jadi buat kalian yang maen ke Sumut terus bingung beli oleh-olehnya dimana, di Plaza UKM aja, pas sekalian mau pulang, sambil nunggu jadwal penerbangan, bisa belanja dulu. Atau buat orang Sumut  yang hendak berkunjung ke kota lain, ingin bawa oleh-oleh khas Sumut, bisa juga beli disini.




Asiknya di Plaza UKM ini, oleh-olehnya beragam. Nggak cuma dari satu daerah aja, tapi dari semua daerah di Sumut ciiiin. So, kalau cuma sempatnya maen ke Medan tapi pengen bawa oleh-oleh khas Danau Toba, ke Plaza UKM aja.



Oke baiklah, sebenarnya pengen ngobrol lebih banyak lagi. Tapi berhubung laptop lagi rusak dan ini ngetiknya dari hape, jadi segitu dulu lah ya cerita tentang Plaza UKM, pusat oleh-oleh Sumut.

Kalian ada yang udah pernah ke Plaza UKM? Gimana ceritanya?!

HAL GILA YANG SAYA LAKUKAN DI SAMOSIR

11.23 0
hal gila yang saya lakukan di samosir
Hal gila yang saya lakukan di Samosir

Hal Gila yang Saya Lakukan di Samosir : Ingat postingan saya November tahun lalu? Di beberapa postingan kala itu saya ada sedikit cerita kalau saya ke Samosir sendirian. Tanpa rencana ingin kesini atau kesana. Hanya sekedar berdiam di penginapan dan menikmati pemandangan danau yang tersaji di depan kamar. Iya, kamar yang saya inapi memang tepat berada di pinggir Danau Toba dan menghadap ke danau, udah pasti pemandangannya kece.

Baca juga : Welcome my November!

Hari kedua di Samosir, karena mendadak ada keperluan di Simanindo, saya pun rental sepeda motor. Tapi sebelum tanya ke tempat rental, saya hunting info dulu, siapa tau kan disini sistemnya mereka kasi harga dan kita harus tawar. Jadi harus tau harga pasaran dulu dong.


Saat hunting info tarif rental sepeda motor itulah saya nyasar ke blog yang ngebahas tentang 3 hal bodoh yang bisa dilakukan saat berlibur di Samosir. Saya lupa nama blognya dan judul artikelnya.
Yang pasti dia bahas hal-hal bodoh yang bisa jadi hal seru namun juga bisa jadi hal bodoh yang kamu sesalin karena melakukannya saat liburan ke Samosir.


Hal bodoh pertama adalah bersepeda di Tuk-Tuk. Iya, banyak penyedia rental sepeda dan sepeda motor di Tuk-Tuk. Bersepeda di Tuktuk bisa jadi menyenangkan karena bakal disuguhi pemandangan Danau Toba yang memukau, tapi buat yang nggak biasa sepedaan bisa jadi hal bodoh juga, karena jalanan di Tuk-Tuk kan banyak turunan dan tanjakan, dengkul puegeeel coiii,,, saya udah pernah ngerasain dulu. Jadi nggak saya lakuin.


Hal bodoh kedua adalah nyoba magic mushroom. Di café dan resto di Tuk-Tuk Samosir ada banyak nih yang nyediain menu ini katanya. Tapi saya baru tau ini sih. Katanya efek setelah makan magic mushroom bisa beda-beda tiap orang, ada yang happy banget, liat hal-hal sepele yang menurut kita yang normal itu nggak lucu, dianya bisa ketawa ngakak sengakak-ngakaknya.


Bisa juga jadi mellow banget, liat daun jatuh di tempat yang menurut dia nggak sesuai aja bisa nangis. Atau ada juga yang efeknya marah-marah. Saya nggak tau ini jamurnya kayak gimana. Apakah memang efek jamurnya seperti itu atau karena diberi bumbu-bumbu tertentu. Saya nggak tau pasti. Tapi pengen nyoba sih, penasaran hahhaaaa


Tapi karena kemarin sendirian dan takutnya ntar saya dikira gila atau melakukan hal-hal aneh setelah makan tuh jamur, jadi nggak saya coba. Ntar aja nyobanya kalau pas kesana sama temen, jadi kalau saya kena efek magicnya itu jamur, ada yang ngurusin saya hehhehee


Hal bodoh ketiga menurut blog tersebut adalah mencoba jalur Ring Road Dalam Samosir. Nah ini saya baru tau nih ada jalur ini. Padahal entah sudah berapa kali maen ke Samosir loh.


Jadi biasanya kalau dari Tuk-Tuk atau Tomok kalau mau ke Pangururan itu ya lewat jalur umum yang biasa dilalui orang. Jalur ini rutenya memutar, melintasi pinggiran danau. Jadi nggak heran kalau lewat jalur ini kita disuguhi pemandangan hutan di perbukitan di sisi kiri, dan danau di sisi kanan, tentunya juga rumah dan kebun/sawah penduduk lokal di sepanjang jalur. Jalur ini disebut jalur ring road luar.


Nah kalau jalur ring road dalam adalah jalur yang melintasi bukit dan hutan. Jalur ini sepi dan menurut cerita di blog tersebut jalannya masih banyak yang rusak. Jadi kalau lewat jalur ini musti mempersiapkan diri kalau misal kehabisan bensin, ban bocor, atau sepeda motor mogok.

rental sepeda motor di samosir
Si merah, sepeda motor rental yang menemani perjalanan gila saya di Samosir


Oke, saya memutuskan untuk mencoba jalur ring road dalam setelah urusan saya di Simanindo selesai. Cukup bodoh menurut saya, secara saya sendirian. Jujur ada rasa was-was. Gimana kalau jalannya itu rusak banget. Trus hutannya nyeremin. Gimana kalau tersesat. Atau gimana kalau ada yang berniat jahat di tengah jalan sementara saya hanya seorang diri.


Semua pikiran negative itu muncul, tapi toh nyatanya saya tetap melajukan sepeda motor yang saya rental itu ke arah Pangururan. Uedaaan, tolong jangan ditiru ya.


Memasuki Pangururan, entah berapa kali saya bertanya jalan menuju Ronggur Ni Huta, daerah yang akan saya lalui jika lewat jalur Ring Road dalam Samosir. Tiap ada persimpangan selalu saya tanya orang. Daripada nyasar, lebih baik bertanya, pikir saya.


Selain tanya jalan ke Ronggur Ni Huta, saya juga tanya jalan ke Tomok lewat Ronggur Ni Huta, jawabannya beda-beda euy. Ada yang bikin optimis, ada yang bikin nyali keder dan pengen putar arah, walau ujung-ujungnya tetap ke rencana awal.


Ada yang bilang jalannya payah, rusak, sepi, dan hutan-hutan. Ada yang bilang jalannya bagus dan aman. Apalagi memang setelah melewati Pangururan, jalannya menanjak, berbatu dan rusak. Duuh nyali sempat ciut dong. Tapi ya nekat aja lah, lanjot terosss…


Sekitar pukul 15.00 WIB saya menepikan sepeda motor dan mematikan mesinnya. Sebuah pemandangan indah berupa danau, perbukitan, dan kebun penduduk menyita mata saya. Ditambah lagi ada beberapa bangku kayu di tepi jalan, ya sudah lah, pas sekali untuk berhenti sejenak pikir saya. Sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan.

jalur ring road dalam samosir
Ini aslinya pemandangannya kece badai gaes, cuma ya kemampuan memoto saya yang standar banget :D


Kalau saja kala itu tidak sendirian, kalau saja waktu itu masih pagi, dan kalau saja waktu itu mendung hitam tak bergelayut manja di langit, mungkin saya bakal lebih lama lagi duduk santai di tempat itu. Kelak jika lewat kesini lagi, saya ingin duduk disini lebih lama, apalagi jika sambil menyeruput kopi, pasti lebih maknyuus. Yess,,, tempat ini adalah spot favorit saya dalam perjalanan kali ini.


Melewati Danau Sidihoni yang terkenal dengan sebutan danau di atas danau, saya menemukan tempat favorit kedua saya. Sebuah gereja di sisi kiri jalan. Letaknya sedikit menanjak dan hanya ada satu bangunan gereja tersebut saja. Tidak ada bangunan lain. Halaman gereja ditumbuhi rerumputan hijau yang membuat saya merimajinasi menjadi anak kecil kembali dan berlari-larian di halaman rumput tersebut.


Beberapa saat saya duduk di atas sepeda motor, diam seorang diri sambil memandangi bangunan gereja tersebut. Dari mulai ngayal jadi anak kecil kembali, beranjak ngayal punya duit banyak dan punya villa pribadi yang suasananya nyaman seperti gereja tersebut.

gereja di samosir
Keliatan nggak sih bangunan gerejanya?


Oya, sedikit cerita lucu waktu saya di sekitaran Danau Sidihoni, saya bertanya ke seorang pemuda yang tengah mencuci mobil di depan rumah. Saya tanya tentang jalan ke Tomok, apakah bagus dan aman untuk dilewati. Sambil tertawa dia bilang jalannya bagus, tenang saja, kalau masih di area Samosir ini dijamin aman, katanya. Saya cuma menanggapi dengan nyengir aja, mungkin keliatan raut wajah khawatir saya kali yaaak :D

keliling samosir sendirian
Sempatin buat selfie dulu ah :)


Sepanjang jalan saya senyum-senyum sendiri mengingat kekhawatiran saya sebelumnya. Jalannya memang sudah bagus, mulus. Beda dengan yang diceritakan di blog yang saya baca. Beberapa kali ke Samosir memang saya lihat banyak pengerjaan jalan dan saluran air di berbagai lokasi. Jalanan mulus ring road dalam ini pun memang masih baru sekali, bahkan sebagian masih dalam tahap pengerjaan (Waktu saya melintas, awal November. Sekarang kemungkinan besar sudah selesai).

kondisi jalan ring road dalam samosir
Jalanan mulus gaes. Btw walau melintasi hutan gini, selama masih ada tiang listrik mah saya woles, artinya ada desa yang bakal saya lewati :)


Jalanan pun tak sesepi yang saya bayangkan. Karena walau banyak hutan dan pepohonan, jarak satu kampung dan kampung lainnya nggak jauh. Empat, lima kali tikungan dan hutan (ya sekitar 5-10 menitan lah), udah ketemu kampung lagi.

desa di samosir
Anjing dan kerbau di sisi jalan adalah pemandangan biasa di Samosir :)


Tapi sodara sodara, senyum-senyumnya saya berubah ketika langit semakin gelap, beberapa menit berkendara meninggalkan kampung terakhir yang saya temui, tak terlihat tanda-tanda ada kampung lagi. Pepohononan terlihat semakin lebat dan tinggi di sisi kiri-kanan jalan. Dan, yang semakin membuat raut wajah saya berubah adalah ketika melihat di ujung jalan sana aspal berakhir.
Kendaraan seketika saya hentikan. Celingak-celinguk sendirian sambil dilingkupi was-was. Mungkinkah setelah aspal berakhir di ujung sana jalanan berubah jadi berkerikil dan licin?!

kondisi jalan di samosir
Omegooot,, di ujung sana aspal berakhir!


Saya diam, menimbang-nimbang, antara melanjutkan perjalanan dan membuang jauh-jauh perasaan ngeri yang muncul ketika melihat rerimbunan pohon. Atau balik arah ke Pangururan dan kembali ke penginapan lewat jalan biasa.


Ketika sedang menimbang-nimbang itulah dari ujung tikungan terlihat seorang pria tengah berjalan. Entah dari mana saya kurang tau, tapi melihat pakaiannya sepertinya dari ladang atau sejenisnya. Saya menghidupkan sepeda motor dan melaju ke arahnya. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah menanyakan jalan ke Tomok.


Ternyata ketakutan saya terlalu berlebihan gaes, karena di balik tikungan itu jalanannya sudah aspal lagi. Kata pria tersebut saya hanya perlu mengikuti jalanan aspal itu saja, tak perlu hiraukan jika ada persimpangan, cukup ikuti jalan besar beraspal saja, bakal nyampe ntar ke Tomok.
Wokelaaah,,, saya pun melanjutkan perjalanan.


Hilangkah rasa was-was saya? Nggak seratus persen gaes. Karena yang saya lewati ternyata adalah Hutan Raya Samosir. Walau jalanannya relative bagus, tapi sunyiiiiik. Nggak saya sarankan untuk lewat sini sendiri, apalagi buat yang penakut atau suka mikir-mikir nggak jelas kayak saya hahahhaaa.


Langit yang mendung sore ini bikin perjalanan saya jadi makin dramatis. Seorang diri melewati jalanan sunyi. Sambil terus melajukan sepeda motor, saya sempatin lirik kiri-kanan. Cukup unik pepohonan di hutan raya ini. Sebelah kanan pepohonannya tipe-tipe yang tinggi menjulang, ramping, dan daunnya berwarna hijau muda. Jadi waktu ngeliatnya kesannya tuh agak cerah gitu dibanding pepohonan sebelah kanan.


Karena emang pepohonan sebelah kanan itu pohonnya cenderung lebih pendek, banyak cabang, dengan dedaunan rapat berwarna hijau gelap. Kesannya rimbun, gelap, dan agak ngeri liatnya kalau sendirian gini. Apalagi beberapa kali jalanan menikung ke kiri, jadi saat akan mencapai tikungan itu yang terlihat di depan mata adalah pepohonan rimbun dan gelap. Ngeri gaes,, ngeri. Terserah lah kalau dibilang lebai, Cuma sayanya jadi kepikiran film-film horor dan film yang settingnya di tengah hutan dan ada penjahatnya gitu hahhahaa.

trip to samosir
Jalannya sih bagus, tapi sepiiiiiii banget, jadi agak-agak gimana gitu melintasinya sendirian


Jujur saat melewati hutan raya ini saya sedikit mengutuk diri akan keputusan bodoh yang saya ambil. Kok ya berani-beranian mutusin buat lewat jalur Ring Roang Dalam Samosir sendirian. Walau nggak sedikit yang bilang jalanan aman dan kondisi jalannya bagus, tetep aja kalau sendirian lewat jalanan hutan begini seram juga.


Untungnya, sebelum pikiran saya semakin melayang kemana-mana, terlihat kendaraan pengaspal jalan dan beberapa pekerja, Alhamdulillah,, selamat,,selamat hahhahaa,, keliatan banget cemennya saya ya gaes. Ngakunya dulu sering naik gunung, camping, giliran ngelewatin jalanan sepi sendirian sekitar 20-30 menitan udah keder :D

wisata samosir
akhirnya ketemu perkampungan dan kendaraan pengaspal jalan


Setelah menemui perkampungan, jalanan mulai menurun, Danau Toba di bawah sana pun mulai terlihat. Melewati jalanan menurun disini musti ati-ati gaes, kalo nggak bisa nyungsep ke jurang hehehee,,, rem sepeda motornya juga musti berfungsi dengan baik. Kemarin saat saya lewat beberapa ruas jalan sedang diperbaiki.

view danau toba
View Danau Toba dari atas sini cakep guys, cuma ya itu tadi, kemampuan memoto saya standar :D


Selain bonus pemandangan perbukitan dan Danau Toba, jalanan menurun menuju Tomok ini juga ada spot air terjun di pinggir jalan. Lupa nama air terjunnya, cuma gampang banget dijumpai karena letaknya memang di pinggir jalan. Nggak terlalu besar sih debit airnya. Tapi ya lumayan lah percikkannya bikin muka seger lagi.

air terjun di samosir
Air terjun di pinggir jalan


Dari sini juga ada lokasi buat yang pengen nyoba terjun payung. Saya semangat dong pengen nyoba, etapi ternyata cuma lokasi startnya aja. Peralatan, perlengkapannnya ya bawa sendiri. Ealaaah, kirain emang ada yang sediain kita tinggal bayar gituh.


Akhirnya saya nyampe juga ke Tomok. Makan sebentar, kemudian lanjut ke tempat rental sepeda motor trus ke penginapan.


Bener kata blog yang saya baca itu, mencoba jalur Ring Road Lingkar Dalam Samosir memang merupakan hal gila. Khususnya kalau melakukannya sendirian. Karena kalau berdua atau rame-rame jatuhnya ya asik, secara sekarang jalannya udah bagus. Kalau dulu tantangannya di kondisi jalan, saya tantangannya adalah melawan ketakutan yang dihasilkan oleh pikiran saya sendiri.


Hal gila yang saya lakukan di Samosir, rasanya kalau diingat-ingat lucu juga. Apa jadinya kalau misal jalannya belum bagus dan saya musti melewati Hutan Raya Samosir sendirian dengan kondisi jalan yang jelek. Lha wong jalannya udah bagus gitu aja saya masih was-was.


Oke deh, sampe sini aja cerita saya tentang hal gila yang saya lakukan di Samosir. Kalian yang maen ke Samosir, boleh lah nyobain ring road dalam Samosir ini. Etapi kalau penakut seperti saya ya jangan sendirian, rame-rame lah biar bisa menikmati hijaunya pepohonan Hutan Raya Samosir :D


Kalian, apa hal gila yang pernah kalian lakukan di Samosir?!

WAH DELI SERDANG PUNYA MUSEUM DAERAH!

19.26 2
museum daerah deli serdang
Wah Deli Serdang punya Museum Daerah!

Wah Deli Serdang Punya Museum Daerah! : Hari Minggu lalu waktu lewat Lubuk Pakam saya nggak sengaja liat tulisan Museum Daerah Deli Serdang di seberang komplek kantor Bupati Deli Serdang. Saya penasaran dong jadinya. Cuma mau singgah nggak memungkinkan karena udah malam dan sayanya lagi lelah banget.


Hari Selasanya, bertepatan dengan libur imlek, saya ke Lubuk Pakam lagi karena suatu hal. Iseng lah singgah ke museum ini. Cuma sayangnya museumnya tutup, padahal pengen liat isinya. Entah karena hari libur atau karena kesananya udah kesorean, nggak tau juga sih.


Cuma karena waktu lewat ada banyak kendaraan parkir di sisi kanan bangunan jadi saya mutusin buat singgah. Kirain rame orang berkunjung ke museum, ternyata oh ternyata itu kendaraan banyak yang parkir disitu milik pengunjung kolam renang. Iya, tepat di belakang gedung museum ada Kolam Renang Deli Serdang.

museum daerah di deli serdang
Bagian samping, daeri depan keliatan banyak kendaraan di samping kirain pengunjung museum, rupanya pengunjung kolam renang :D

kolam renang deli serdang
Nah ini kolam renang Deli Serdang yang juga baru saya tau, kapan-kapan renang disini asik juga sepertinya.

Sama kayak Museum Daerah Deli Serdang, kolam renang ini juga hal baru yang baru aja saya tau keberadaannya. Entah sudah lama ada, entah memang baru dibangun/direnovasi makanya langsung menarik mata para pengendara. Yang jelas, saya baru tau ada Museum Daerah Deli Serdang dan lumayan tertarik pengen tau dalamnya. Cuma ya itu tadi, kebetulan udah tutup. Yowes lah, saya lanjut ke lokasi yang jadi tujuan saya datang ke Lubuk Pakam.


Baca juga : Museum Negeri Sumatera Utara


Menjelang malam urusan saya di Lubuk Pakam selesai. Awalnya berencana mau langsung balik ke Medan. Tapi tiba-tiba muncul ide buat main ke Museum Daerah Deli Serdang yang tadi sore sempat kami kunjungi sejenak. Kami? Eh iya, saya kesana nggak sendirian, tapi bareng seorang teman.


Btw ngapain malam-malam ke Museum Daerah Deli Serdang, kan udah tau kalau tutup?! Iya memang museumnya tutup, tapi di depan museum itu ada taman kecil yang kece menurut saya. Cocok untuk duduk-duduk sore atau malam gini.

taman museum deli serdang
Suasana malam hari, remang-remang. Aslinya nggak segelap ini sih, soalnya ada lampu-lampunya juga.


Pas sore waktu kesini kan banyak tuh pengunjung yang duduk-duduk di taman. Dari muda-mudi sampai keluarga yang bawa anak mereka. Nah waktu malam? ternyata sama sodara-sodara, masih ada beberapa pengunjung yang tampak asik duduk-duduk dan berselfie ria.

taman di museum daerah deli serdang
Nah ini suasana taman waktu sore kesini


taman cantik di lubuk pakam
Kalau ini suasana taman saat malam hari

Meski hanya taman kecil, tapi menurut saya keberadaannya cukup menarik perhatian dan mempermanis tampilan keseluruhan dari museum itu sendiri. Terbukti banyak yang duduk-duduk dan foto-foto di area museum dan taman ini.


Kalau tak salah hitung, ada 10 bangku di taman dengan lantai kotak-kotak hitam putih bak papan catur. Kesepuluh bangku tersebut semuanya ada yang duduki ketika kami sampai malam itu. Untungnya tak lama setelah kami sampai ada yang beranjak pergi, karuan saja saya bergegas di bangku sebelum diduduki pengunjung lain.

taman cantik museum daerah deli serdang
Kalian yang di sekitaran Lubuk Pakam, jalan-jalan sore ke taman di Museum Daerah Deli Serdang ini asik juga loh


Bersih dan nyaman. Itu kesan yang saya tangkap ketika duduk-duduk di bangku taman Museum Daerah Deli Serdang. Tampak juga beberapa pengunjung yang duduk di lantai di tengah taman. Mungkin karena terlihat bersih ya makanya santai aja duduk di lantai. Semoga aja ke depannya tetap bersih ya. Ada petugas rutin yang bersihin dan merawat tanaman. Pengunjungnya juga, semoga pada sadar kebersihan, nggak buang sampah sembarangan dan nggak merusak fasilitas yang udah disediakan gratis. Bukan apa-apa yei, seringnya kan gitu ya, udah disediain fasilitas eh dirusak.

taman kekinian di lubuk pakam
Bersih dan nyaman ya gaes 

Sama kayak tulisan “Museum Deli Serdang” di bagian depan taman (bukan yang nempel di bangunan museum). Huruf D di kata “Serdang” nya udah ilang. Entah rusak, lepas, atau ada yang nyuri. Kalau lepas atau rusak dengan sendirinya kok ya cepat banget, secara info yang saya dapat ini museum baru diresmikan 18 September 2018 kemarin. Kalau hilang/rusak dicuri orang ya sangat disayangkan, ayo dong kita jaga sama-sama fasilitas yang udah disediakan.

museum di deli serdang
Huruf D di kata "Serdang" nya udah ilang huhuhuuu,,,


Cukup lama kami duduk-duduk di taman di Museum Daerah Deli Serdang ini. Sambil ngobrol-ngobrol sambil meratiin tingkah pengunjung yang main ke taman ini juga. Cuma memang kalau malam main disini ada plus minusnya. Plusnya kan cuacanya lebih adem, minusnya karena so pasti ada nyamuk. Biasa lah, di taman terbuka gini biasanya memang ada nyamuk kan kalau malam. Cuma ini kalau emang niat banget kesini bisa lah disiasati dengan bawa lotion nyamuk.


Trus ada minusnya satu lagi. Etapi belum bisa dibilang minus juga sih karena saya belum buktiin. Jadi di bangku sebelah ada beberapa ibu muda yang juga bawa anaknya. Nah ini mereka mau pipis cuma udah ke bagian samping bangunan nyari toilet nggak nemu. Saya sih mikirnya belum nemu aja dimana letak toiletnya. Cuma kalau memang nggak ada, bisa lah jadi pertimbangan pihak museum
buat bangun tioletnya :)


Buat kalian yang melintas di Lubuk Pakam, khususnya di area Kantor Bupati Deli Serdang, bolehlah disempatkan mampir ke Museum Daerah Deli Serdang. Kalau misalnya tutup ya bisa duduk-duduk di tamannya seperti yang saya lakukan. Tamannya cakep, jadi bisa sekalian foto-foto buat diupload di sosmed ehheheee.

Baca juga : Mengenal Sejarah Karo di Museum Pusaka Karo

museum deli serdang
Buat lokasi foto-foto disini oke juga loh :)


Yang penting kudu diingat, jaga kebersihan dan jangan ngerusak fasilitas yang ada ya. Trus kalau datang sama gebetan, pacar, atau bahkan pasangan halal, nggak perlu lah ya pake acara mesra-mesra berlebihan, sewajarnya aja. Nggak enak dipandang ama pengunjung lain, apalagi kalau ada anak-anak :)


Buat yang emang pengen datang khusus berkunjung ke Museum Daerah Deli Serdang, nggak susah kok nemuin bangunan Museum Daerah Deli Serdang ini. Letaknya di pinggir jalan lintas, ada tulisan besar di bangunannya juga, jadi mudah dikenali. Kalau dari Medan bangunannya berada di sisi kiri, tepat di pinggir jalan. Di seberang Kantor Bupati Deli Serdang.

Kalian pernah ke Museum Daerah Deli Serdang? Gimana kesannya?!

TRIP TO TAPANULI UTARA : KETINGGALAN MOMEN OPENING TAPUT SPORT TOURISM FEST COLOUR RUN 2018

16.50 0
ketinggalan momen opening sport tourism fest colour run 2018
Trip to Tapanuli Utara : Ketinggalan momen opening Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018

Trip to Tapanuli Utara : Ketinggalan Momen Opening Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018 : Ingat postingan saya akhir tahun lalu tentang perjalanan ke Muara-Tapanuli Utara? Nah ini kelanjutannya.


Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya kalau kedatangan kami ke Muara salah satunya untuk menyaksikan event Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018. Karena acaranya diadakan di hari kedua, hari pertamanya kita manfaatin buat jalan-jalan dong, liat-liat spot wisata lainnya di Tapanuli Utara.


Tapi karena keasikan muter-muter itulah justru kami ketinggalan pembukaan Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018 hhahaaaha. Geblek nggak sih.


Jadi hari pertama itu gitu nyampe Muara, sarapan di GNB Sentosa Hotel, ketemu pak Daniel, naruh tas di Homestay di Silali Toruan, trus go muter-muter sampe tengah malam baru nyampe homestay lagi. Pake acara nanjak bukit lagi karena habis ujan mobilnya nggak berani naik. Iya, homestay nya lokasinya agak nanjak dikit gitu. So bisa dibayangin ya kita malam sebelumnya berangkat di malam yang dingin dari Medan, pagi nyampe ke Muara, trus langsung gerak lagi kesana-kemari, tengah malam baru bisa ngerebahin badan.

Baca juga : Trip to Tapanuli Utara : Kejutan-Kejutan Kecil yang Tak Disangka

Tapi yang bikin kita telat nyaksiin pembukaan Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018 itu bukan itu sih hahhahaaa *lah terus kenapa itu yang diceritain?*. Kita udah pada bangun pagi sebenarnya. Cuma tanpa disangka-sangka Pak Bupati Taput, Nikson Nababan maen ke homestay tempat kami nginap. Karena emang ini homestay masih dalam tahap pembangunan ya. Baru selesai sebagian.


Jadi sebelum membuka acara Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018 ini beliau nyempetin kesini dulu. Ya ngecek gituh pembangunannya udah sampe mana. Dan ya namanya warga didatengin pemimpinnya tiba-tiba di pagi hari yang cerah, pada excited dan seneng banget dong. Kitanya juga jadi ikut-ikutan seneng liat warga yang pada happy.

homestay di muara taput
Pak Bupati Taput lagi ngobrol sama warga


Sebenarnya kalau selepas pak Bupati pamit dan kitanya langsung gerak pamit juga nggak bakal ketinggalan momen sih. Secara yo Pak Bupatinya emang mau menghadiri acara, dari pembukaan sampe penutupan.


Cuma kitanya kemaren karena dari datang belum sempat ngobrol-ngobrol sama warga disitu, jadi acara pamitannya agak sedikit makan waktu. Salaman, cipika-cipiki, pelukan, foto-foto, ngobrol dikit baru say bye. Itu di satu rumah, nah kalau di rumah lain ada yang lagi di depan rumah kan nggak mungkin dilewatin gitu aja. Yo semua dipamitin.

homestay desa silali toruan
Pamit ke ibu-ibu homestay di Desa Silali Toruan, Bintang Pariama


Sampai disini juga sebenarnya harusnya masih bisa terkejar sih acaranya kalau misal langsung gerak. Lah trus apa dong penyebabnya, dari tadi cerita ngalor ngidul mulu.


Apalagi kalau bukan acara foto-foto. Jadi waktu jalan mau turun ke bawah itu kita pada terpukau liat viewnya. Sawah, danau, pulau, dan langit yang cerah. Udah lah terhenti kita disitu. Yang foto ya foto, yang ngevlog ya ngevlog. Nah para cowok-cowok juga ternyata masih pada foto-foto di depan rumah yang mereka inapi.

trip to tapanuli utara
Nah ini pemandangan dari desa Silali Toruan yang bikin kami sulit beranjak, bawaannya foto-foto mulu :D


Ya intinya kami ketinggalan acara pembukaan Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018 karena kepincut keindahan pemandangan di Desa Silali Toruan yang membuat kami tak henti foto lagi dan lagi. Tentang Desa Silali Toruan, nanti saya ceritain di postingan selanjutnya.


Jadi jujur saya [kami] nggak punya foto-foto pas pembukaan. Tapi yang pasti saya apresiasi banget buat Pemkab Tapanuli Utara yang udah buat event ini. FYI Taput Sport Tourism Fest Colour Run diadakan pada 15 Desember 2018 dan merupakan event colour run pertama di Taput.


 “Enjoy the Wonderful View of Lake Toba” itulah tema dari event yang diselenggarakan Dinas Pariwisata  dan Dinas Pemuda dan Olahraga Taput, yang juga bekerjasama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Pemrov Sumut, dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut yang dalam event ini ambil bagian sebagai race organizernya. Total hadiahnya 110 juta gaes,,gile!!


Menggabungkan olahraga dan pariwisata, lomba lari marathon 18 kilometer ini start dari Dermaga Pelabuhan Muara dan finish di Lapangan Gantole Hutaginjang. Menurut saya event-event sejenis perlu sering-sering diadain deh buat promosi wisata Taput. Secara emang pemandangan Danau Toba dari Muara ini daebak banget gaes. Apalagi dari Lapangan Gantole – Hutaginjang, ajib badaiiii


Saat perjalanan dari Desa Silali Toruan ke Lapangan Gantole – Hutaginjang itu kan kita lewat jalan yang dipakai buat rute marathonnya. Nah tinggal beberapa peserta aja yang kita lihat lagi lari. Satu dua lah. Gitu nyampe ke lapangan Gantole ternyata banyak peserta yang udah nyampe, omegooot, kami kelamaan banget nyampenya hihihii

taput sport tourism fest 2018
Beberapa peserta Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018 yang akhirnya nyampe ke Lapangan Gantole - Hutaginjang yang jadi lokasi finishnya


Tapi karena ini memang perjalanan hepi-hepi jadi yo nggak masalah, nggak bakal kena setrap kayak anak sekolah yang terlambat masuk kelas :D


Nunggu semua peserta nyampe, kita muter-muter dulu doong. Soalnya ada beberapa stand di sisi kanan lapangan yang nampilin khasnya Tapanuli Utara. Ada stand makanan (kopi, nanas, bakso, dll), dan kerajinan (ulos dan produk kreasi ulos).


Yang kami serbu apalagi kalau bukan stand Nanas Sipahutar. Kenapa? Karena hari sebelumnya kita udah nyinggah duluan ke Sipahutar dan nyobain nanasnya. Uenak dan seger banget gaes. Ntar diceritain dah pengalaman maen ke kebun nanas dan makan nanas sepuasnya.

nanas sipahutar
Stand yang ramai dikerumuni pengunjung. Makan Nanas Sipahutar sepuasnya


Herannya ya, sehari sebelumnya makan nanas banyak. Nah hari itu dengan kondisi belum sarapan pagi trus kita makan nanas banyak-banyak lagi, itu perut nggak ngulah loh. Biasanya mah udah kembung duluan tuh perut. Jempolan banget emang nanas Sipahutar ini.


Matahari mulai tinggi, cuma karena disana udara dan anginnya memang dingin jadi kitanya asik-asik aja. Jalan sana, jalan sini. Foto sana foto sini, puas-puasin dah. Ntar sampe medan udah kegerahan lagi :D

hutaginjang
Lagi muter-muter eh ada yang asik tidur di pinggir bukit, salah satu peserta. Ini bukan pingsan ya gaes, dia cuma istirahat aja  sambil menikmati udara di Hutaginjang

taput sport tourism fest
Pak Bupati jago nyanyi ternyata gaes...


Yashh,, akhirnya seluruh peserta Sport Tourism Fest Colour Run 2018 berhasil mencapak garis finish. Nama-nama pemenang sudah diumumkan. Saatnya berpesta! Apalagi kalau bukan seru-seruan pake tepung warna-warni. Cuma pas momen ini sayanya nggak nyaksiin karena sibuk nyari toilet. Udara dingin bikin pipis-pipis aja gaes. Tapi sempat juga sih joget rame-rame di depan panggung. Padahal di Medan kalau lagi koro-koro mah saya kalem banget duduk anteng :D

piala pemenang sport tourism fest
Sebelum diserahkan ke pemenang, difoto dulu...


sport tourism fest
Selamat untuk pemenang pertama kategori putra

taput sport tourism
Foto bersama para pemenang kategori Putra


Okeee… segitu dulu cerita saya tentang Trip to Tapanuli Utara : Ketinggalan Momen Opening Taput Sport Tourism Fest Colour Run 2018. Kalian ada yang pernah ke Muara, Taput? Atau kemarin turut menyaksikan event Sport Tourism Fest Colour Run 2018? Gimana kesannya?

WOW UNDIAN GRAND PRIZE SOBATKU BERHADIAH UANG 100 JUTA DAN 4 PAKET UMROH!!!

12.21 0
hadiah grand prize undian sobatku
Wow Undian Grand Prize SOBATKU berhadiah uang 100 juta dan 4 Paket Umroh!!!

Wow Undian Grand Prize SOBATKu Berhadiah Uang 100 Juta dan 4 Paket Umroh!!!

“Minggu jadi jalan-jalannya kak?”

“Kita jadikan?”

“Ayooook!”

“Yaudah coba bilang ke yang lain”


Begitu kira-kira obrolan saya dengan seorang teman, Auldra. Minggu sebelumnya kita emang ketemu dan rencana mau jalan-jalan bareng di minggu selanjutnya. So, saya oke-oke aja waktu dia tanya tentang rencana jalan-jalan tersebut.


Tapi selepas obrolan di WA itu kening saya mengerut, mencoba mikir sesuatu tapi nggak nemu. Kayaknya ada sesuatu di hari Minggu, apa ya kira-kira. Karena nggak nemu juga akhirnya saya mengabaikannya.


Baru beberapa jam kemudian misteri itu terpecahkan *ceileee misteri* saat saya lagi scrolling email. Saya baru inget kalo hari Minggu itu ada agenda hahahaaa,,, buruan aja saya kabari Auldra kalau hari Minggu nggak bisa jalan-jalan, ada agenda kece yang sayang buat dilewatkan. Dan ternyata Auldra juga ada agenda, fix acara jalan-jalannya kita undur sampe Februari.


Minggu 20 Januari saya tetep jalan-jalan tapi nggak bareng Auldra, melainkan bareng temen-temen Blogger di Medan. Iya, Minggu itu saya dan beberapa temen sesama blogger jalan-jalan ke pelataran Ring Road City Walk Mall, menghadiri undangan acara “Undian Grand Prize Pesta Jutawan SOBATKU”.


Nggak tanggung-tanggung, total hadianya ratusan juta mameeen. Iya, jadi puncak acara Pesta Jutawan SOBATKU ini adalah undian 100 juta dan 4 paket umroh buat para pemenangnya. Selain itu ada puluhan hadiah lainnya juga yang nggak kalah menggiurkan.


Saya yakin pasti dari tadi banyak yang bertanya-tanya, SOBATKU ini apaan sih!? Nah loh, kita sama, ehehheee. Jadi awalnya saya juga nggak tau sebenarnya SOBATKU ini apaan. Tapi sekarang udah tau dooong. Jadi bisa ngasi tau kalian.


Jadi SOBATKU ini adalah tabungan online berbasis aplikasi dari KSP SMS (Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati). Mudah, praktis, gratis, dan loyal, empat kata ini rasanya cocok untuk menggambarkan SOBATKU.  Mudah cara pembuatannya, nggak perlu ke bank, dari hape kita aja guys. Download aplikasinya, trus daftar dan ikuti petunjuknya.No rekeningnya ya no hape kita. Mudah kan?!


Trus kalo mau nabung gimana? Gampang, tinggal ke alfamart atau alfamidi aja, bisa juga transfer bank atau transfer sesama SOBATKU. Praktis bangeet.


Nabung di SOBATKU juga banyak gratisannya loh. Dari mulai gratis biaya administrasi, gratis biaya beli pulsa, gratis tarik tunai di Alfamart/Alfamidi, Gratis transfer antar sesama SOBATKU. Kalau mau transfer ke bank lain juga murah kok.


Dan selain banyak gratisnya, banyak hadiahnya juga. SOBATKU ini menurut saya loyal banget ke pelanggannya.  Selain undian per triwulan dengan hadiah grand prize 100 juta dan 4 paket umroh. Undian bulanannya juga ada say, nominalnya juga nggak kalah menggiurkan, dari 100 ribu sampai 10 juta, wow! Pantesan aja ya sejak diluncurkan pertengahan 2017 sampe sekarang itu penggunanya mencapai 70 ribu orang, salah satu faktornya mungkin karena loyal ngasih hadiah tiap bulan kali ya :)


Meskipun bentuknya berupa tabungan online, tapi nggak usah khawatir untuk keamanannya, karena emang SOBATKU ini didukung dengan sistem keamanan yang sangat baik. Masuk ke rekening pake password, mau transaksi pake OTP (On Time Password) doong :) yang penting kitanya juga jangan ngasi nomor PIN ke orang lain.

Nah ini beberapa hal yang mesti diperhatikan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ya :
1. Waspada terjadap penipuan yang mengatasnamakan SOBATKU, entah itu dari telfon, SMS ataupun email. Idealnya sih ganti PIN secara berkala, rahasiakan PIN, OTP dan pertanyaan keamanan kalian. Cukup kalian yang tau deh, jangan dikasih tau ke yang lain.

2. Berhati-hati lah saat hendak bertransaksi online, selalu waspada saat hendak bertransaksi. Kalau merasa ada transaksi yang tidak kalian lakukan, segera hubungi call center atau email ke [email protected]

3. Undian SOBATKU tidak dipungut biaya/pajak. Jadi kalau ada yang meminta pajak hadiah dengan mengatasnamakan SOBATKU udah fix lah itu penipuan. Segera hubungi call center atau email yang tertera di poin dua ya.



Okay, itu dia sekilas tentang SOBATKU. Sekarang saya mau cerita pengalaman saya hadir di acara Pesta Jutawan SOBATKU di Medan kemarin.


Acaranya sebenarnya dari jam 11 pagi udah berlangsung sih, ada games,lomba dance dan lomba modeling juga. Cuma sayanya datang sekitar jam setengah tiga sore. Biasa lah ya, berhubung hari libur jadi bersih-bersih kontrakan dulu. Gitu selesai baru langsung mandi dan siap-siap meluncur ke Ring Road City Walk Mall.

Beberapa teman blogger udah pada nyampe, say hello bentar terus misah-misah deh. Soalnya masing-masing punya ketertarikan beda-beda. Ada yang merapat ke panggung liat performance pengisi acara, ada yang nyobain kuliner di booth di sisi kanan kiri, ada yang ke booth registrasi pendaftaran rekening SOBATKU, ada juga yang asik futo-futo di spot-spot kece yang emang udah disediain panitia. Kalau saya sih milih keliling dulu, baru deh foto-foto, trus pesan rice bowl di salah satu food truck sambil ngobrol bareng Kina.

pesta jutawan sobatku
Foto-foto dulu di spot kece yang ada

rice bowl
Usai muter-muter dan foto-foto baru deh nyobain rice bowl sambil ngobrol sama Kina


Iya jadi emang walau agenda utama adalah undian, tapi Pesta Jutawan SOBATKU ini tetap seru buat yang nggak punya rekening di SOBATKU dan pengen menghabiskan Minggu sorenya dengan asik. Venue acara yang kece, memanjang dengan kiri-kanannya booth dan food truck. Bisa kulineran sambil duduk-duduk santai disitu sambil dengerin penampilan band. Ada Nowela Idol juga ntar di penghujung acara.


Pesta Jutawan SOBATKU ini juga dihadiri oleh beberapa orang penting di balik suksesnya SOBATKU loh. Ada pak Ceppy Y. Mulyana (Ketua pengurus), Pak Hengky Suryaputra yang merupakan perwakilan dari Bank Sahabat Sampoerna, Mbak Oktavia Laksmi Wardani (Head of SOBATKU), Pak Olo Naibaho (KSP SMS Sumatera), dan Pak Anto Zen (Bank Sahabat Sampoerna). Sore itu kita para blogger dan media berkesempatan dengerin sharingnya mereka all about SOBATKU. Makanya saya bisa cerita ke kalian tentang SOBATKU.

rekening digital sobatku
Orang-orang di balik Tabungan online SOBATKU lagi sharing all about SOBATKU


Makin sore pengunjung makin rame. Masyarakat Medan banyak yang antusias sepertinya ya dengan SOBATKU ini. Nggak salah memang Medan dipilih sebagai kota keenam lokasi pengundian Grand Prize 100 juta dan 4 paket Umroh ini. Cuaca mendung juga nggak bikin antusias mereka berkurang, area depan panggung malah makin rame.

undian grand prize sobatku
Semakin sore semakin rame

Daaan… yang dinanti-nanti pun tiba, undian grand prize 100 juta dan 4 paket umroh!! Karena ini undian nasional jadi pemenangnya dari berbagai daerah gaes! Mupeng banget sayanya waktu pemenang 4 paket umroh diumumkan. Ngayal nama saya yang dipanggil hhahaha

pemenang undian sobatku
Yeiii selamat kepada Subha Widjaya di Jakarta Barat yang memenangkan hadiah undian 100 juta dari SOBATKU


undian sobatku
Penyerahan hadiah secara simbolis. 


Selesai undian, saatnya Nowela beraksi…. Yeiii… mengenakan jumpsuit berwarna merah Nowela tampil menghibur pengunjung sore yang gelap itu. Iya, Mendungnya gelap bangeeeet. Cuma semua seolah enggan beranjak.

nowela idol
Penampilan Nowela Idol

Bahkan saat gerimis mulai turun, baik pengunjung maupun Nowela malah tambah semangat menikmati sore itu. Apalagi saat Nowelanya turun panggung, menghampiri penonton untuk ikut bernyanyi, makin seruuu.


Lalu hujan pun turun begitu derasnya. Acara selesai?! Nggak tuh. Malah tambah asik. Lagi-lagi Nowela turun dan menghampiri penonton yang neduh. Wes  lah ya, panggung dan band pengiringnya dimana, penyanyi dan penontonnya dimana, terpisahkan oleh hujan tapi nggak mengurangi keseruan. Ini disini saya acungin jempol dah buat panitia dan Nowela as a guest star. Biar ujan deras dia nggak jadiin alasan buat berenti show. Trus mau gitu datengin penonton di tenda n nyanyi bareng. Jadi suasananya tetap asik walaupun ujan deras melanda.

undian sobatku di medan
Ujan deras, show must go on!! ini sebelum Nowela turun panggung dan bergabung dengan pengunjung yang berteduh di tenda

Eh iya sampe lupa cerita. Selain undian yang bersifat nasional, kemarin juga ada undian yang khusus untuk pemilik KTP Sumatera Utara. Hadiahnya lumayan banget loh, paket umroh gaesss,,, Dan pemenangnya adalah kaka,,,, yeeee congratulation.

pemenang undian sobatku medan
Ini dia mbaknya yang menang paket umroh, selamat mbak :)

Asiknya undian paket umroh SOBATKU ini adalah bisa diuangkan jika pemenangnya non muslim. So, siapa aja berkesempatan menang. Lumayan loh, kalau diuangkan jadi 25 juta.




Oke oke, segitu aja dulu cerita saya tentang Wow Undian Grand Prize Sobatku Berhadiah Uang 100 Juta dan 4 Paket Umroh! Kamu yang belum punya daftar, yuk segera, dari hape doang loh daftarnya. Kamu yang udah punya tabungan SOBATKU tapi belum menang, santai. Banyak kesempatan menang di depan. Secara gitu ya, undiannya ada yang bulanan ada yang per tiga bulan. Jadi sekempatan menangnya banyaaaak.


Secaranya lagi, dari waktu ke waktu SOBATKU terus melakukan pengembangan gaes. Di awal tahun 2019 ini aja sudah ada beberapa fitur dan update terbaru dari SOBATKU, di antaranya :

- Fungsi transfer dan pembayaran dengan fitur QR Code

- Top Up Gopay baik untuk driver maupun customer

- Menu favorit untuk transaksi yang rutin dilakukan

- Pembayaran di merchant-merchant ternama seperti Elevenia dan KFC

- Belanja di Alfamart dengan SOBATKU, melengkapi fitur yang sudah ada sebelumnya yaitu setor dan tarik tunai di SOBATKU

- Pembayaran parkir bekerjasama dengan Secure Parking
- Fitur pembayaran Tiket KAI.

Kedepannya bakal lebih update dan banyak lagi fitur-fiturnya gaes.



Yaolooh perasaan tadi bilang mau udahan deh, kok masih lanjut. Yaudah lah ya, kalau masih belum jelas juga bisa pantengin sosial media mereka ya :

sobatku tabungan online
Nah kalau ada yang kurang jelas coba pantengin sosmed SOBATKU aja ya :)