ANTARA MARET DAN NOVEMBER

06.33 3
kepada muara rindu


Sekali waktu terjalin sua tanpa sengaja
Terucap sapa yang ragu-ragu
Sesaat kemudian kau menghilang tanpa sempat kuterka langkah

Aku mencari-cari
Menyesali sekian detik waktu yang kita lewatkan percuma hanya karena ego semata
Penyesalan yang melahirkan andai
Andai kau tak menyapa
Andai kita tak berada di tempat yang sama
Atau andai kita bisa sedikit lebih dewasa
Andai saja
Tapi berandai-andai ternyata justru menyulutkan marah di hatiku
Untuk apa menyapa jika akhirnya pergi tanpa kata

Antara Maret dan November
Tidak ada yang berubah selain kekanak-kanakkan kita
Selain pertemuan tak disengaja yang mengobarkan amarah.

Rumah Takdir, 04 Nov’15

CAMPING DI GAJAH BOBOK BARENG SHEILAGANK SUMUT

13.57 18
fans sheila on 7
Camping di Gajah Bobok bareng Sheilagank Sumut

Camping di Gajah Bobok bareng Sheilagank Sumut – Wisata Sumut : Camping di Gajah Bobok Bareng Sheilagank Sumut ini sebenarnya udah lama banget kejadiannya. Udah hampir setahun ciiin. Cuma ya dasarnya saya malesan mau nulisnya tapi tetep pengen punya dokumentasi tulisan biar suatu saat bisa jadi pengingat, jadinya saya paksalah diri ini untuk menuliskannya.


Waktu itu November 2016 *tuh kan bener udah lama banget*. Saya dan beberapa anak Sheilagank Sumut memutuskan untuk camping ke Gajah Bobok. Waktu itu memang Gajah Bobok lagi hits-hitsnya di kalangan pecinta alam dan para muda-mudi yang hobi ke tempat-tempat hits buat selfie-selfie biar ada bahan postingan instagram. Jangan tanya saya termasuk golongan yang mana karena saya sendiri pun bimbang. Di satu sisi saya emang suka camping walau sekarang udah jarang ndaki gunung *faktor U kali ya, rasanya mbayangin ndaki gunung kok ya capek*, di sisi lain saya juga seneng aplot foto di instagram. Jadi anggaplah saya congok karena termasuk di keduanya :D


Kami berangkat 5 sepeda motor, saya, Aisyah, Rossi, Fathur, pacarnya Fathur (sekarang udah jadi mantan :D), Hari, Ibenk, Rival, bang Frans, dan bang Iyus. Jalan-jalan kali ini sedikit berbeda karena ada 2 orang di antara kami yang baru pertama ikutan jalan-jalan yang setengah adventure ini : Rossi dan Hari.

Baca juga :7th Anniversary Sheilagank Sumut : 7 tahun (semoga) untuk selamanya


Gajah Bobok ada di Merek, Kabupaten Karo. Lokasinya berada di berbukitan di sisi sebelah kanan atas Air Terjun Sipiso-piso. Perjalanan dari Medan ke Merek sih aman terkendali karena jalan aspalnya terbilang bagus. Sedikit rintangan saat masuk ke simpang yang menuju ke Bukit Gajah Bobok. Kombinasi jalanan tanah dan bebatuan yang licin karena musim hujan. Tak ada penerang karena memang tidak ada perumahan penduduk.


Saya sempat khawatir musti jalan kaki karena kondisi jalan yang tak memungkinkan seperti kejadian saat camping ke Bukit Gundul di Sipiso-Piso. Dan benar saja yang saya takutkan. Di tengah jalanan gelap, licin, dan berbatu saya musti jalan. Tapi bukan karena yang bonceng saya kewalahan bawa motornya, melainkan karena Rossi yang jalan sendirian. Jadinya minta temenin. Saya sempat kaget kok Rossi jalan, rupa-rupanya bang Frans yang bonceng Rossi masih jauh di belakang. Kebiasaan di jalan aspal nih bang Frans, kena jalan licin berbatu bingung deh hahhahaa… herannya kok lumayan jauh bang Frans ketinggalan sementara Rossi jalan udah nyampe ke tempat saya  dan Ibenk nungguin mereka :D

Baca juga : Camping di Bukit Gundul Sipiso-Piso : Malam Olahraga, Pagi dipeluk kabut


Kami jalan pelan-pelan sambil nunggu bang Frans. Di jalanan yang cukup landai akhirnya Rossi kembali ke boncengan bang Frans. Kami pun melanjutkan perjalanan. Menyusul yang lainnya yang sudah duluan.


Ada sekitar 20 menitan perjalanan tanpa aspal yang kami lalui sebelum akhirnya sampai di area parkir. Saya lupa berapa harga yang harus kami bayar ke penjaga parkir, yang jelas dari lokasi parkir kami masih harus mendaki bukit untuk mencapai lokasi camping.


Dalam keremangan malam, kami mendaki bukit sambil bercengkrama. Sebenarnya jalanan ini masih bisa dilalui sepeda motor bahkan mobil. Tapi berhubung di bawah kami sudah dihadang untuk parkir jadi ya sudahlah. Saat kami berjalan, beberapa sepeda motor melewati kami. Entah mereka pemuda setempat jadi punya hak preogatif bawa motor sampai atas, atau memang sebenarnya dibolehkan sepeda motor sampai di puncak bukit. Kami karena semuanya baru pertama kesini jadi ya manggut-manggut aja waktu disuruh parkir.

camping ground
Besoknya pas jalan mau pulang baru keliatan, beneran disini banyak yang bawa motornya sampai puncak bukit. Lah kami ngos-ngosan jalan kaki -_-


Cukup banyak yang camping malam itu. Kami memutuskan untuk mendirikan tenda di puncak bukit satu lagi karena di puncak pertama sudah terlalu ramai. Yeiii… Bukit Gajah Bobok ini memang terdiri dari beberapa bukit. Mengenai namanya, sampai sekarang saya juga tidak tau kenapa dinamai Gajah Bobok. Mungkin kalau dilihat di dari atas bentuknya seperti gajah yang lagi tidur kali ya.
Menuruni punggung bukit kemudian mendaki lagi, akhirnya kami sampai di puncak bukit yang kedua. Disana sudah ada beberapa tenda. Untungnya masih ada space kosong untuk kami mendirikan tenda, jadilah para pria memasang tenda.




Dan, kami cuma bawa satu tenda hahahhaa… jadi waktu itu harusnya Fredi, teman kami yang punya tenda harusnya ikut camping. Tapi karena satu dan lain hal akhirnya dia nggak jadi ikut. Karena ngabarin batal berangkatnya saat kami sudah dalam perjalanan jadi ya lanjut aja. Emang muat 1 tenda buat 10 orang? Ya nggak lah. Cowok-cowoknya tidur di luar beralaskan mantel hujan :D


Sebenarnya kalau camping gini saya jarang beneran tidur. Biasanya diisi dengan ngobrol-ngobrol dan becanda. Atau kalaupun tidur yang bentar banget lah karena nyampenya juga udah larut malam. Seperti di Gajah Bobok ini, saya, Aisyah, Rossi, dan pacarnya Fathur malah asik ngerumpi ini itu. Walau akhirnya tidur juga sih menjelang pagi.

gajah bobok
Bukannya tidur, di dalam tenda malah ngerumpi sambil ngemil kacang :D




Pagi di Gajah Bobok
Salah satu hal yang saya suka dari camping adalah bisa menikmati suasana pagi yang syahdu. Udara dingin berbalut kabut yang romantis. Saya sungguh jatuh hati dengan suasana pagi seperti ini. Maklum, di Medan biasanya paginya ya diisi dengan kebisingan-kebisinginan yang membosankan. Entah itu deru suara kendaraan, atau udara gerah yang memaksa untuk segera bangun.


Jadi merasakan pagi di puncak bukit di pinggiran Danau Toba dengan awan yang menggantung di atasnya, dan semburat cahaya jingga di ufuk timur yang memantul indah ke air danau, itu sungguh momen pagi yang saya nikmati sekaligus syukuri.

wisata sumut
Maafkan kamera hape saya yang cuma bisa segini doang ngabadiinnya, padahal aslinya cantik banget


pariwisata sumut
Pagi di Gajah Bobok
bukit gajah bobok
Pemandangan pagi di Bukit Gajah Bobok seperti ini sudah cukup membuat saya jatuh hati


pemandangan pagi danau toba
Awannya menggantung di atas danau Toba, cakep


sampah di tempat wisata
Sayangnya banyak sampah. Please deh ya, camping boleh, tapi jangan nyampah dong!

Sayangnya, iya sayangnya. Sayangnya saya belum nemu temen yang sama-sama penikmat suasana pagi seperti yang saya ceritakan barusan. Temen-temen Sheilagank Sumut memang banyak yang hobi jalan-jalan. Tapi mereka bukanlah penikmat suasana syahdu seperti ini. Mereka cenderung sekedar ingin datang dan dapat embel-embel pernah kesana. Jadi nggak heran kalau pergi bareng anak Sheilagank Sumut itu biasanya kami nyampe ke lokasi tengah malam, diriin tenda. Paginya foto-foto, kemudian bergegas pulang.

bukit gajah bobok
Kadang rasanya belum puas menikmati pemandangan sekitar, tapi sudah harus pulang


Buat saya itu sangat kurang. Sangat-sangat kurang bahkan. Saya butuh banyak waktu untuk sekedar diam menikmati sajian pemandangan alam. Membiarkan angin mengibas-ngibas jilbab saya hingga kadang tanpa saya sadari beberapa helai rambut saya menyembul keluar. Saya bakal betah berlama-lama duduk di atas batu dikelilingi semak belukar sambil memutar musik band-band indie.

tempat hist di sumut
Sekedar jalan santai di antara ilalang gini aja udah buat saya seneng :D

Kadang saya suka ngayal punya temen jalan yang betah berlama-lama bercengkrama dengan saya sambil memandangi matahari yang naik perlahan. Membicarakan berbagai hal sambil sesekali menyeruput kopi atau teh hangat yang kami seduh seadanya. Yang tidak memikirkan harus segera kembali ke Medan karena esok musti kerja.

tempat hits dan kekinian di sumut
Kadang suka ngayal punya temen yang asik buat berlama-lama menikmati tempat ini

tempat kekinian dan instagramable di sumut
Pemandangan pagi di Gajah Bobok


Tapi begitu pun ya saya tetep bersyukur temen-temen Sheilagank ini pada suka jalan ke alam. Lah kalau semua sukanya nge-mall saya yang repot dong, nggak punya temen buat berlelah-lelah ke alam *padahal nge-mall juga melelahkan loh muter sana-sini*.

tempat camping kekinian
Tetep bersykur punya temen-temen Sheilagank Sumut yang suka jalan-jalan :)

Okeh, udahan curhatnya. Balik lagi tentang suasana pagi di Gajah Bobok. Sepanjang mata memandang yang ada ya bentangan danau dan berbukitan hijau. Kami berjalan-jalan di sekitaran bukit dan berfoto-foto. Lengkapnya bisa dilihat di foto-foto di bawah ini.

tempat menarik di sumut
Selain pemandangan danau toba, bukit gajah bobok juga menawarkan pemandangan hijau perbukitan dan gunung di kejauhan.

sheilagank sumut
Puncak bukit yang kami lewati tadi malam, penuh tenda warna-warni


View dari gajah bobok


camping di bukit gajah bobok
Sheilagank Sumut

fans sheila on 7
Ciwi-ciwi Sheilagank Sumut
tempat wisata menarik di sumut
Entah foto gaya apa.


camping bareng di bukit gajah bobok
Saya dan Aisyah

Puas berfoto-foto kami pun bergegas membongkar tenda dan bergerak pulang. Berbeda dari jalur saat pergi, kami memilih melewati jalur yang tembusnya bisa ke Sipiso-Piso. Jangan tanya saya rutenya karena so pasti saya nggak ingat. Masalah rute itu urusan Fathur, kami cuma ngekor saja di belakang.
Karena (mantan) pacarnya Fathur pengen ke Air Terjun Sipiso-piso, kami pun memutuskan untuk singgah ke Sipiso-piso. Tapi yang turun sampe ke bawah mah cuma Fathur sama pacarnya doang.
Kami nunggu di atas aja sambil ngeteh dan makan siang. Bukan apa-apa, badan udah lelah ciiiin, takutnya kalau ikutan ke bawah bakal nggak sanggup naiknya lagi :D

camping bareng
Kemas-kemas


bukit gajah bobok
Perjalanan menuruni bukit

tempat wisata kekinian di sumut
Itu tuh bukit tempat kami camping
tempat camping hits di sumut
Ini di bukit yang udah penuh itu. sepeda motor bisa sampai ke puncak bukit ini. Ada pepohonan yang jadi tempat berhammock ria.
tempat hits dan kekinian di sumut
Pemandangan menuju tempat parkir


Menjelang sore kami bergerak kembali ke Medan. Selesailah cerita tentang Camping di Gajah Bobok bareng Sheilagank Sumut. Ada beberapa cerita perjalanan lagi sih bareng Sheilagank Sumut yang belum saya posting. Tungguin dan doain nggak males yak nulisnya.



Kalian pernah camping di Gajah Bobok? Gimana ceritanya?!

SEDANG MERENCANAKAN KEHAMILAN? BACA INI DULU!

21.25 29
prenagen
Sedang merencanakan kehamilan? baca ini dulu!

Sedang Merencanakan Kehamilan? Baca Ini Dulu! : Hamil. Hayooo siapa yang sedang merencanakan kehamilan? Saya ada sih rencana, tapi sebelumnya mau nyari partnernya dulu yang halal ehehhee…


Walau belum pernah ngerasain hamil, tapi menurut saya hamil dan melahirkan itu adalah suatu momen ajaib dan menakjubkan bagi seorang perempuan. Ada yang penuh drama morning sick, ngidam aneh-aneh, sampe yang musti penuh perjuangan karena alasan tertentu.


Ada orang-orang yang begitu mudahnya hamil. Ada yang musti menemui beberapa dokter untuk konsultasi dan ikut progam kehamilan. Pokoknya ada begitu banyak cerita yang saya suka bilang ‘wow’ saking takjubnya kalau dengar cerita-cerita seputar usaha memiliki dan merawat anak.


Minggu kemarin, saya mengisi weekend saya dengan hadir ke acara PRENAGEN Pregnancy Educational Jurney (PPEJ) 2017 di Grand Aston City Hall Medan. Medan merupakan kota ke-empat dalam rangkaian event PPEJ 2017 ini. Dan tahun ini adalah tahun kedua saya menghadiri acara serupa.

ppej 2017
Pada antri untuk registrasi

Kenapa saya masih mau hadir padahal udah pernah datang di tahun lalu? Ya karena materi yang diberi berbeda dari tahun ke tahun. Jadi nggak ada alasan buat nggak datang. Sayang ilmunya terlewatkan ciiin kalau nggak datang. Mumpung ada kesempatan ya datang aja, serap ilmu sebanyak-banyaknya. Ntar kalau udah ketemu partner halalnya dan berencana punya anak kan tinggal praktekin aja :D


Beragam pengetahuan baru dan hal-hal yang berkaitan dengan PPEJ 2017 di Medan kemarin saya rangkum secara singkat untuk kalian semua. Kenapa singkat? Yang biar nggak bosan bacanya. Lagian walaupun singkat isinya padat dan jelas kok.


Hal-Hal yang Perlu Kamu Tau dari PPEJ 2017 di Medan

- Selain acara talkshow di ballroom, di luar ballroom juga ada aneka booth yang ciamik. Para calon orang tua bisa mendapat banyak ilmu di tiap booth. Juga berkonsultasi dengan dokter ahli seputar masalah kehamilan, menyusui dan merawat anak. Ada juga chef Eddrian Tjhia yang berbagi resep nutrisi sehat dan gampil banget buatnya. Dari resep pra kehamilan, resep saat hamil, dan menu resep ketika menyusui.

prenagen esensis
Chef Eddrian lagi demoin menu praktis dan sehat untuk masa kehamilan dan menyusi

medan
Paling seneng dan salut kalau pas acara parenting ada ayah-ayah yang datang
prenagen mommy
Salah satu booth di PPEJ 2017 Medan

- Calon orang tua yang hadir kompak dari rumah pakai dress code ungu. Udah gitu dapet kaos juga dari #PRENAGEN. So pada kompak deh pakai kaosnya. Jadi lah hari itu ballroomnya hotel Aston dipenuhi warna ungu yang kece.


- Mona Ratuliu jadi moderator di PPEJ 2017 kali ini. Ibu 3 anak yang cantik dan awet muda ini selain artis juga merupakan praktisi parenting loh.


- Pada sesi talkshow, #PPEJ2017MDN menghadirkan 2 dokter ahli, yakni  : dr. Boy Abidin , SpOG (K) dengan materi mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil. dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ) membawakan materi mengenai Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Red flag Si Kecil.


- Pada sesi sharing, Andien Aisyah, brand ambassador PRENAGEN hadir dan membagikan pengalamannya menjadi orang tua baru. Eh Andien bawa suami (Ippe) dan anaknya (Kawa) yang lagi lucu-lucunya loh.



- PPEJ 2017 ini merupakan salah satu rangkaian kampanye “PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat ” di tahun 2017 & bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah memilih PRENAGEN.


- Panggung dan acara disetting sedemikian rupa, seolah tengah berada di rumah Mona sang moderator. Membuat acara berkesan santai namun tetap bermutu.


- Ada juga sesi senam PRENAFit , senam khusus untuk  Ibu hamil &  Ibu  pasca melahirkan yang  memberikan manfaat yang baik  untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot perut dan paha yang dibutuhkan oleh Ibu saat & pasca  melahirkan. Senam ini praktis dan bisa dilakukan di rumah sesuai dengan petunjuk dokter.


- Selain memberikan edukasi seputar kehamilan dan menyusui, pada PPEJ 2017 di Medan kali ini juga sekaligus  melaunching aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia  “Hallo Bumil “ yang interaktif memberikan informasi kepada para calon Ibu yang sedang hamil dengan tepat waktu. Jangan lupa didownload aplikasinya ya buibu, membantu banget loh!



Hal-Hal yang perlu kamu tau tentang Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil

Materi ini dibawakan oleh dr. Boy Abidin, SpOG (K). Saya sering dengar kata plasenta, tapi baru kali ini tau kalau plasenta itu perannya banyak banget buat janin ya.


- Menurut dr. Boy plasenta adalah penghubung janin dengan Ibu. Maka harus diperhatikan kesehatannya, karena akan memberikan dampak jangka panjang terhadap si kecil.


- “You are what your mother eat”, begitulah kira-kira kalimat yang tepat untuk menggambarkan tentang kaitan antara nutrisi yang diserap ibu terhadapat kesehatan janin. Sebab nutrisi yang masuk ke tubuh ibu juga akan dialirkan ke janin.


- Plasenta menempel di tempat yang aliran darahnya paling bagus, sehingga bisa mengalirkan nutrisi ke janin.


- Beberapa peran penting plasenta selama masa kehamilan, di antaranya dapat dilihat dalam foto berikut :

prenagen lactamom
Perang penting plasenta bagi janin

- Plasenta juga sangat berperan dalam pembentukan sistim saraf dan mekanisme transfor  DHA.


- Kondisi plasenta yang kurang baik bisa berdampak buruk dan serius terhadap janin, seperti terjadinya preeclampsia (komplikasi pada kehamilan yang biasanya ditandai dengan hipertensi), diabetes mellitus gestasional (kondisi dimana janin mengalami kegemukan akibat mengalami gangguan plasenta), prematuritas (kelahiran premature), dan kematian janin. Duuh… serem ya buibu, makanya sebelum terjadi yuk dicegah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil dan saat berencana hamil.


- Karena fungsinya yang sangat penting, maka dibutuhkan nutrisi pendukung yang tepat agar plasenta selalu dalam kondisi yang baik.


- Susu ibu hamil adalah pilihan yang tepat dikonsumsi agar ‘kendaraan’ pembawa nutrisi ke janin bisa melaksanakn tugasnya dengan baik :D kenapa susu? Karena susu memiliki gizi yang lengkap yang dibutuhkan tubuh.

prenagen esensis
Kenapa ibu hamil harus minum susu khusus hamil? ini alasannya.





Hal-hal yang perlu kamu tau tentang Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Red flag Si Kecil
- Menurut dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ), tumbuh kembang anak bukanlah tentang anak gemuk atau kurus. Definisi tumbuh menyangkut bertambahnya ukuran fisik, kuantitatif, ukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala. Sementara defines kembang menyangkut bertambahnya struktur & fungsi tubuh, kualitatif, motorik kasar, motorik halus, bahasa dan persona – social.

prenagen emesis
Tumbuh kembang anak bukan tentang anak gemuk atau kurus.

- Faktor tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh 40% internal (genetik, ras, usia, jenis kelamin) dan 60% eksternal (nutrisi, lingkungan, penyakit, stimulasi). Jadi jika ada orang tua yang merasa tidak pintar, tidak perlu khawatir anaknya jadi tidak pintar juga. Fokuskan saja untuk mengembangkan faktor eksternalnya, seperti pemberian nutrisi yang baik dan stimulasi yang tepat.


- Di samping stimulasi, nutrisi adalah hal penting untuk perkembangan otak.


- Semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak si kecil terdapat di ASI. Oleh karena itu, usahakan untuk memberi ASI eksklusif ke buah hati ya buibu. Selain memperhatikan nutrisi si kecil, nutrisi si Ibu juga wajib diperhatikan.

Air Susu Ibu
ASI, sumber nutrisi utama bayi.

- Red Flag atau bendera merah merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukkan tanda bahaya pada tumbuh kembang anak.


- Untuk mengetahui apakah anak berada pada zona red flag atau tidak, orang tua harus tau indikator-indikator tumbuh kembang yang normal pada tiap fase usia tertentu. Misalnya pada usia 6 bulan, anak harusnya sudah bisa mengangkat kepala dan pundak saat tengkurap. Jika pada usia tersebut si anak belum mampu melakukannya, artinya perkembangan motorik kasar si anak terganggu.


- Jika mendapati anak yang mengalami keterlambatan perkembangan atau berada di zona red flag, orang tua disarankan untuk segera membawa anak ke dokter spesialis. Jadi orang tua musti rajin-rajin memantau, bukan hanya sekedar diberi nutrisi dan distimulasi, tetapi juga dipantau apakah perkembangannya sudah sesuai dengan usianya atau belum ya buibu :)


- Beberapa tanda anak mengalami red flag bisa dilihat di gambar di bawah ini :

gangguang tumbuh kembang


gangguan tumbuh kembang



prenagen esensis



gangguan tumbuh kembang
Ingat buibu, usia berapapun jika memiliki tanda-tanda ini, segera bawa ke dokter spesialis ya.




Hal-Hal yang Perlu Kamu Tau Tentang Pengalaman Andien jadi Orang Tua Baru
- Saat ini Andien memiliki seorang anak bernama Kawa, berusia 7 bulan. Iiiih.. lagi lucu-lucunya nih.


- Setelah menikah, Andien sempat kosong (nggak hamil) selama 1 tahun. Nah saat itu justru suaminya, Ippe yang nyaranin untuk minum PRENAGEN Esensis.


- Ini Andien beruntung banget dapet suami yang care. Selain nyaranin, Ippe juga ternyata pernah loh nyobain minum PRENAGEN. Katanya dia penasaran rasanya seperti apa. Hahahhaha.. aya aya wae ya Ippe.


- Ippe selalu menekankan ke Andien bahwa jika nanti Andien hamil, itu adalah kehamilan mereka berdua. Artinya harus dilewati bersama dan selalu support. Aaaakk.. kamu so sweet banget sih Ippe.


- Setelah akhirnya hamil, Andien dan Ippe sepakat untuk nggak gembar-gembor ke orang lain tentang kehamilannya Andien. Jadi karena kru dan klien nggak ada yang tau, pada trisemester pertama Andien masih disibukkan dengan aktifitas manggung. Padahal saat itu ia tengah mual-mualnya.


- Andien kemudian memutuskan untuk mengonsumsi PRENAGEN Mommy untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya selama masa kehamilan. Si Andien mah tau aja ya kalau #HamilYaPRENAGEN lah susunya :D

PPEJ 2017
Andien dan suami tengah berbagi kisah saat hamil dan menyusui Kawa

- Saat Kawa lahir, Ippe mengaku sempat khawatir apakah anaknya akan berkembang dengan baik atau tidak, tapi kemudian pasangan ini banyak tanya sana-sini dan baca berbagai info seputar parenting, jadi nggak begitu khawatir. Iya, jadi orang tua emang musti rajin baca dan tanya ya buat nambah wawasan.


- Karena ingin memberikan yang terbaik buat Kawa, Andien memutuskan memberikan ASI ke Kawa. Yess.. pilihan cerdas Ndien, ASI memang yang terbaik buat bayi.


- Selama menyusui, Andien juga minum PRENAGEN Lactamom. Ini karena menurut Andien ASI bukan hanya tentang banyak atau tidaknya saja, tetapi juga tentang kualitasnya yang harus terjaga.


- Terinspirasi oleh kalimat “You are what your mother eat”, selain minum PRENAGEN Lactamom Andien juga sangat memperhatikan apa yang ia makan agar Kawa juga dapat asupan nutrisi yang baik lewat ASInya.



Hal-hal yang perlu kamu tau tentang PRENAGEN
- Ternyata oh ternyata, tahun ini adalah tahun ke-30 perjalanan PRENAGEN dalam mendampingi para ibu dalam mempersiapkan kehamilan dan menyusui. Wuiiidddiih,, udah lama banget yaaak. Lebih tuwir dari saya dong. Semoga PRENAGEN terus setia menjadi #SahabatTerbaik yang mendampingi para ibu pada persiapan kehamilan,hamil, dan menyusui..


- PRENAGEN PRENAPRO adalah formula terbaru dari PRENAGEN yang dirancang khusus untuk memberikan solusi nutrisi dalam membantu memenuhi kebutuhan dan mengurangi kekhawatiran ibu di awal 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).


- Rangkaian produk PRENAGEN meliputi : PRENAGEN Esensis (nutrisi persiapan kehamilan), PRENAGEN Mommy Emesis (Nutrisi kehamilan mengurangi mual muntah), PRENAGEN Mommy (nutrisi masa kehamilan), PRENAGEN Lactamom (Nutrisi masa menyusui), dan PRENAGEN Juice.


- PRENAGEN Juice merupakan sari buah asli Pomegranate & Anggur, serta fruit & veggie yang merupakan sumber asam folat dan tinggi kandungan vitamin C. PRENAGEN Juice bisa diminum kapan saja, dimana saja, selama masa persiapan kehamilan, hamil, dan menyusui.




Yaiii…. Itulah beberapa hal yang perlu kamu tau seputar PPEJ 2017 di Medan, Plasenta, Pengaruh Nutrisi terhadap pembentukan sistem saraf, juga tentang pengalaman Andien sebagai ibu baru. Pokoknya kalau kamu Sedang Merencanakan Kehamilan, Baca ini dulu ya buibu :) atau kalau mau yang lebih lengkapnya bisa lihat di :

website : www.prenagen.com
FB : Prenagen World
Twitter : @PrenagenWorld
IG : @prenagenworld

Ada banyak info seputar kehamilan dan menyusui disana.



Kalian hadir di PPEJ 2017 di Medan kemarin? Atau punya info tentang plasenta dan nutrisi untuk pembentukan sistem saraf si kecil? Share disini ya.






MEDAN MENJADI KOTA TERTIB LALU LINTAS DAN MENGINSPIRASI INDONESIA, MUNGKINKAH?!

10.14 20
astra 60 tahun
Medan menjadi kota tertib lalu lintas dan menginspirasi Indonesia, mungkinkah?!

Medan Menjadi Kota Tertib Lalu Lintas dan Menginspirasi Indonesia, Mungkinkah?! : Udah pernah berkendara di kota Medan? Kalau belum, kalian musti coba gaes. Berkendara di jalanan Medan, dibutuhkan kekuatan ekstra. Kombinasi antara kesabaran dan mental sekeras baja. Tapi kalau kalian berhasil menaklukkan jalanan kota Medan, itu artinya kalian nggak akan kesulitan menghadapi keruwetan lalu lintas di kota manapun. Seperti itulah menurut mereka yang udah pernah ngerasain lalu lintas kota Medan.


Kalau menurut saya sih, lalu lintas kota Medan adalah kompetisi yang paling nyata. Orang Medan berkendara seakan mereka tengah diburu waktu hingga harus bergerak secepat mungkin. Semuanya ingin cepat. Saat lampu merah menyala, semua berlomba agar berada paling depan, bahkan melewati garis yang ditentukan. Beberapa bahkan sengaja mencapai paling depan agar jika sewaktu-waktu ada cela ia bisa segera melaju meski lampu masih berwarna merah. Dan ketika lampu berubah kuning *kuning, belum hijau* tak peduli apakah posisimu tepat di depan lampu merah atau jauh di belakang, suara klakson langsung menerormu agar segela melaju.


Dengan kondisi lalu lintas Medan seperti yang saya sebutkan di atas, mungkinkah Medan di masa depan bisa menjadi kota yang tertib lalu lintas dan menginspirasi Indonesia? Buat saya tentu hal itu sangat mungkin. Tapi setidaknya ada 6 hal yang musti diperhatikan untuk mencapai hal tersebut :

1. Edukasi
Anggaplah orang Medan belum paham bahwa trotoar adalah jalan khusus pejalan kaki. Atau anggaplah orang Medan banyak yang belum bisa membedakan arti merah, kuning, dan hijau pada traffic light. Apalagi membaca simbol dan tanda-tanda lalu lintas seperti dilarang parkir dan sebagainya. Iya, anggaplah seperti itu supaya tensi kita nggak naik saat melihat pelanggaran lalu lintas dimana-mana di Medan. Sehingga dibutuhkan edukasi lebih. Sebab rasanya akan sia-sia toh mengharapkan sebuah kota dengan masyarakat yang tertib lalu lintas sementara masyarakatnya memang belum paham.

60 tahun astra
Anggaplah para pengendara itu tidak tau kalau saat lampu merah mustinya berhenti di belakang garis putih, bukan di depan.


satu indonesia astra
Dan anggaplah para pengendara mobil di depan itu nggak tau kalau zona merah bergambar sepeda motor itu diperuntukkan untuk pengendara motor :D

Saya nggak mau jauh-jauh ngomongin orang. Lah saya sendiri pernah kok lewat trotoar. Di tengah lalu lintas yang padat, cuaca panas, udara berdebu campur asap kendaraan. Memicu rasa lapar dan haus naik level. Di tengah kondisi seperti itu, rasanya pengen cepat-cepat sampai karena kepala mulai pusing. Yang ada dipikiran ya cara supaya cepat sampai tujuan. Maka ketika ada pengendara ya berbelok ke trotoar ataupun halaman pertokoan, saya pun ikutan.


Sampai akhirnya pada suatu ketika saya baca status seorang kawan di facebook tentang hak-hak pejalan kaki yang dirampas paksa oleh para pengendara sepeda motor. Dari situ saya sadar kalau saya nggak lebih baik dari mereka yang suka ngelanggar lampu merah dan sering saya omeli.

Ya, kadang kita hanya perlu diingatkan, atau diberi pemahaman kalau yang kita lakukan itu keliru.


2. Beri Sentuhan Seni
Medan memang bukan kota yang nyaman dan aman bagi pedestrian. Saya kemudian membayangkan sebuah trotoar dengan sentuhan seni yang menarik. Dengan pepohonan yang menaungi dan bunga-bunga bermekaran di pinggirannya. Juga gambar-gambar yang tak hanya menarik tetapi juga edukatif. Dengan begitu mungkin pengendara motor akan enggan untuk melintas :D


3. Libatkan Anak Muda
Dengan 10 anak muda, Soekarno percaya bakal bisa mengguncang dunia. Gimana lagi coba misalnya dengan 10 komunitas anak muda di Medan yang dirangkul pemerintah buat diberi edukasi perilaku berlalu lintas yang baik. 10 komunitas yang kemudian ikut serta mengkampanyekan perilaku berlalu lintas yang baik ke lingkungan sekitarnya. 10 komunitas yang kemudian bukan tidak mungkin akan menjangkau 10 RT, 10 Kelurahan, 10 Kecamatan, 10 kabupaten, atau bahkan 10 Provinsi hingga se-Indonesia raya. Mungkinkah? Ya mungkin mungkin aja toh.


4. Beri sanksi tegas
Iya, ini penting. Lah gimana mau tertib dan kapok kalau pas kena tilang saat melakukan pelanggaran, cukup dengan tebusan 15 ribu (temen saya bahkan pernah ngasih 5 ribu beberapa tahun lalu) bisa melenggang kangkung.


5. Beri contoh yang baik
Pegimana coba masyarakatnya mau tertib lalu lintas kalau penegak lalu lintasnya aja nyerobot lampu merah. Gimana mau kapok kalau pas ada pengendara nggak pake helm, pas mau ditilang dianya nyodorin duit 50 ribu *bahkan 15 ribu* pak polisinya luluh. Kadang bahkan polisinya yang ngajak ‘dame-dame’ alias nego.


Intinya mah selain masyarakatnya diberi edukasi, penegak hukumnya juga intropeksi diri. Masak iya sih sanggup nilang yang nyerobot lampu merah sementara dia sendiri juga nyerobot. Ini saya sendiri liat nih beberapa kali bapak-bapak berpakaian dinas yang ngelanggar lampu merah. Yang lucunya saat itu kami-kami masyarakat pada diem nunggu lampu ijo, eh si bapak nyelonong lewat aja tanpa mengurangi laju sepeda motor. Kami-kami cuma melongo. Dalam hati saya coba berpikir positif, mungkin si bapak lagi kebelet pipis :D


6. Telusuri penyebabnya
Menurut saya, kondisi masyarakat Medan yang kurang tertib dalam berlalu lintas adalah imbas dari berbagai hal. Jadi kalau mau diperbaiki ya perbaiki dulu pencetusnya. Masyarakat nggak paham rambu lalu lintas, ya perbaiki dong sistem dan aturan pembuatan SIM. Jangan ada calo atau nembak. Nggak ikut ujian bisa dapat SIM terus ngarep mereka bisa tertib lalu lintas. Hellaauw,,, yang benar aja ciiiin.


Macet dimana-mana? Artinya jumlah kendaraannya banyak. Iya, selain kendaraan pribadi, angkutan umum di Medan juga lumayan banyak jumlahnya. Mungkin pemerintah udah musti mikir buat menekan peningkatan jumlah kendaraan, secara jalannya itu-itu mulu (yang banyak berlubang dimana-mana itu). Beda ceritanya kalau infrastrukturnya diperbaiki dan ditambah.


Polusi? Nah ini nih yang beberapa tahun belakangan ini kondisinya semakin memprihatinkan menurut saya. Selain jumlah kendaraan, pembangunan gedung-gedung bertingkat dimana-mana disadari atau nggak bikin lalu lintas terganggu. Truk-truk besar masuk. Debu beterbarangan.
Ada satu jalan di kota Medan yang saya males banget lewat situ. Pasalnya lagi ada pembangunan yang lama banget. Udah setaunan lebih nggak siap-siap. Jadi suka macet disitu karena truk keluar masuk. Belum lagi debunya. Belum lagi saat jam para pekerja keluar ataupun masuk. Jumlahnya cukuplah bikin lalu lintas tambah padat :(


Bukannya nggak suka kota Medan berkembang. Cuma ya pemerintah mikir dulu dong imbasnya apa ke masyarakat kalau mau ngasih ijin pembangunan. Air ke rumah warga aja masih suka mampet kok ya mau bangun bangunan segede itu. listrik aja masih byar pet kok ya ngasih ijin bangunan mewah yang kebutuhan listriknya luar biasa gedenya. Apalagi lokasinya yang pas di salah satu sisi perempatan lampu merah yang tanpa bangunan itu aja udah sering macet. Apalagi… ahh.. begitulah. Intinya berpikir aja dari berbagai sisi, bukan sekedar angka dan nominal yang didapat ;)




Ah, rasanya saya sudah terlalu nyinyir hari ini. Intinya sih menurut saya perilaku kurang tertib lalu lintas masyarakat Medan adalah sebuah akibat. Akibat dari kurang paham, kurang dirangkul, dan kurang diperhatiin kebutuhannya (kebutuhan infratruktur yang baik, misalnya). So, kalau mau mengatasi akibatnya, yang ditangani ya penyebabnya :)


Untungnya Medan memberi saya banyak pengalaman dan pelajaran hidup yang berharga. Jadi di tengah carut-marut lalu lintasnya saya nggak pake acara kepikiran atau koar-koar mau pindah negara. Palingan ya nyoba mulai dari diri sendiri buat tertib berlalulintas. Sambil pelan-pelan nularin ke orang-orang sekitar. Yang pasti banyak kok masyarakat Medan yang udah paham dan nerapin perilaku tertib lalu lintas. Walau yang nggak tertib juga banyak :D


Yang pasti menjadi kota tertib lalu lintas dan menginspirasi Indonesia bukanlah hal mustahil bagi Medan. Yang penting ada kesadaran dan sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Iya, nggak hanya pemerintah dan masyarakat, peran serta swasta juga dibutuhkan dalam membangun sebuah kota menjadi layak huni dan masyarakatnya sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas. Misalnya saja seperti Astra dengan berbagai program SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) yang merupakan langkah nyata Astra dalam berkontribusi untuk membangun negeri. Lewat SATU Indonesia, Astra berkarya dan berusaha untuk turut serta meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang berkualitas dan berkarya untuk sama-sama menjadikan Indonesia lebih baik ke depannya.

inspirasi 60 tahun astra
SATU Indonesia

Inspirasi 60 Tahun Astra dalam perjalanannya di Indonesia sejak 1957 hingga kini, tahun ini digelar di kota Medan. Menjadi kian menarik dengan adanya SATU Indonessia Awards yang merupakan wadah bagi para blogger di Medan untuk menuangkan ide-ide kreatifnya untuk kota Medan yang lebih baik. Saya appreciate dengan program ini, secara sebagai blogger yang cuma laksana remahan rengginang, saya merasa diberi kesempatan dan untuk mengeluarkan ide untuk Medan tercinta.


60 tahun astra



Oke deh, sekian cerita saya tentang lalu lintas di Kota Medan. Kalau kalian punya ide untuk lalu lintas yang lebih baik bagi Kota Medan, share disini dooong :)

KONFERENSI AYAH BUNDA PLATINUM : SIAPKAN KECERDASAN MULTITALENTA SI KECIL SEJAK DINI

23.50 43
kecerdasan multitalenta
Konferensi Ayah Bunda Platinum : Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini

Konferensi Ayah Bunda Platinum : Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini : Punya anak cerdas, siapa juga yang nggak mau. Tiap orang tua pasti impiannya punya anak yang sehat dan cerdas. Masalahnya membentuk anak supaya jadi cerdas itu bukan hal sepele. Bukan tentang memilihkan sekolah mahal dan bergengsi serta mendaftarkannya berbagai les. No no no,,, bukan seperti itu. Menciptakan anak cerdas itu butuh persiapan jauh-jauh hari sebelum si anak disekolahkan, bahkan jauh-jauh hari sebelum si anak lahir.


Iya, anak cerdas itu nggak tercipta begitu saja. Perlu dipersiapkan bahkan saat ia masih dalam kandungan sang bunda. Membentuk anak cerdas memerlukan orangtua yang cerdas pula. Makanya saya selalu semangat kalau ada acara seputar parenting. Saya anggap ini bagian dari proses panjang dalam membentuk generasi penerus saya yang cerdas nantinya *esseeehh… gaya ngomongnya kayak udah siap banget buat dihalalin abang itu :D*


Sabtu  19 Agustus 2017, pagi jam 9 saya udah beredar manjah di Mahogany Grand Ballroomnya Hotel Grand Aston Medan. Ini jarang kejadian nih yang kayak gini. Biasanya weekend pagi saya kalau nggak leyeh-leyeh di rumah yang ngebolang kemana gituh. Tapi hari ini saya sengaja kesini buat menghadiri acara Konferensi Ayah Bunda Platinum : Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini yang diadain oleh Morinaga, susu untuk generasi platinum.


Ketika saya sampai suasana udah rame aja sama para peserta yang hari itu mengenakan dresscode warna merah. Yang menarik adalah banyak para ayah yang datang. Biasanya kan acara parenting yang hadir kebanyakan para ibu, tapi kali ini para ayahnya juga banyak. Saya jadi seneng liatnya, artinya kan banyak ayah-ayah di Medan ,yang mulai sadar kalau ngerawat anak itu nggak hanya tugasnya para bunda, tetapi kerjasama ayah dan bunda.

kecerdasan majemuk
Begitu nyampe eh udah rame di dekat pintu masuk ballroom

seminar parenting
Paling seneng kalau lihat ada ayah-ayah yang mau ikut seminar parenting seperti ini

Saya melihat ke sekeliling, ada beberapa stand yang disediakan panitia. Umumnya standnnya berisikan tentang pengetahuan seputar tumbuh kembang anak, misalnya aja stand yang berisikan info tentang alergi pada si kecil.

multiple intelligence
Salah satu booth di lokasi acara


Selain itu ada juga kids zone yang menyediakan area bermain si kecil. Si kecil pada hepi main-main dan ketemu temen baru di area ini.

Konferensi Ayah Bunda Platinum
Nih anak semangat banget main perosotan

Konferensi Ayah Bunda Platinum
Pada asik main


kecerdasan majemuk
Acara belum mulai, ada yang dengan pede naik panggung :)


kecerdasan majemuk
Yang ini malah mau ikutan naik panggung. Bikin gemes aja nih anak :D

Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017 di Medan dipandu oleh ayah kece Irgi Ahmad Fahrezi, artis sekaligus ayah 3 anak yang peduli pada tumbuh kembang anak-anaknya. Irgi ini dulu pemain sinetron berjudul Sephia. Dia main barenga Marcella Zalianty. Iih kok saya ingat? Padahal itu sinetron udah lama banget dan saya dulu masih kecil. Ya inget lah, secara saya dulu *sampe sekarang* fansnya Sheila On 7, jadi all about SO7 itu dulu saya tau, termasuk sinetron yang ide ceritanya diambil dari lagu mereka : Sephia *lah kok malah nyeritain sinetron toh*.

irgi ahmad fahrezi
Ayah Irgi menyapa para ayah bunda yang hadir

Okeh balik lagi ke Konferensi Ayah Bunda Platinumnya Morinaga. Acara berupa seminar ini menghadirkan dua pembicara yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama diisi oleh DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo / FK Unair Surabaya. Dokter yang akrab dipanggil dokter Wawan ini mengulas tentang 4 Faktor Pembentuk Anak Generasi Multitalenta.


Dokter Wawan ini merupakan 1 dari 60 dokter spesialis tumbuh kembang anak yang ada di Indonesia loh buibu. Iya, Indonesia yang luas ini memiliki 4 ribu dokter anak. Tapi hanya ada 60 dokter spesialis tumbuh kembang anak. Jadi beruntung banget bisa hadir di acaranya Morinaga kali ini. Kapan lagi coba dapat pengetahuan tentang tumbuh kembang anak langsung dari ahlinya. Pengalaman berharga nih buibu, makanya saya bagi disini apa yang disampein dokter Wawan.

irgi ahmad fahrezi
Dokter Wawan dan Ayah Irgi ngobrolin 4 faktor pembentuk anak generasi multitalenta

Menurut dokter Wawan, usaha membentuk anak generasi multitalenta merupakan proses yang panjang dari sejak bayi masih dalam kandungan hingga seseorang berusia 18 tahun :


“Kualitas tumbuh kembang jangka panjang seorang anak juga ditentukan oleh keseimbangan faktor risiko dan faktor protektif sejak usia janin di dalam kandungan hingga usia 18 tahun,” ujar dokter Wawan.


4 Faktor Pembentuk Anak Generasi Multitalenta
Dokter Wawan menjelaskan bahwa setidaknya ada 4 faktor yang perlu diperhatikan jika ayah bunda ingin anaknya memiliki kecerdasan majemuk yang baik. Keempat faktor ini merupakan perisai pelindung yang saling berkaitan satu sama lain.

1. Perkembangan Otak
Otak membutuhkan nutrisi dan stimulasi untuk berkembang dengan baik. Untuk membentuk sel-sel kecerdasan otak, dibutuhkan nutrisi seperti makronutrien yang terdiri dari zat besi, zat seng, tembaga, selenium, yodium. Vitamin yang terdiiri dari vitamin B (B6, B12), Vitamin A, K, Asam Folat, dan Kolin. Juga Makronutrien (Alfa Laktabulmin dan AA DHA). Bingung?! Tenang saya juga hehhehee… intinya zat-zat tersebut yang dibutuhkan otak bayi ada di dalam ASI. Karena itu dokter Wawan sangat menyarankan pada tiap bunda untuk memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan. Dilanjutkan dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat lewat MP-ASI, dan makanan keluarga


Asupan nutrisi yang tepat pada bayi akan berdampak baik bagi perkembangan otak anak hingga ia dewasa. Sebab 1000 hari pertama kehidupan (sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun) merupakan periode emas dimana perkembangan otak mencapai 80 %. Di periode ini adalah masa membentuk dan mematang sel-sel otak anak.


Selain nutrisi, stimulasi juga dibutuhkan dalam perkembangan otak yang maksimal bagi bayi. Stimulasi berguna untuk memperkaya sel-sel otak anak cerdas. Nah stimulasi ini yang kebanyakan orangtua masih keliru. Stimulasi yang benar hendaknya dilakukan secara interaktif, menyenangkan, dan rutin. Misalnya saja dengan bermain bersama anak. Permainan-permainan yang membuat anak senang  dan membangun interaksi yang baik antara anak dan orangtua.


Jadi Ayah Bunda, walaupun sedang lelah mengerjakan pekerjaan rumah, atau sedang penat karena banyak kerjaan di kantor, jangan lupa untuk meluangkan waktu bersama anak. Waktu bersama anak ini benar-benar dilewatkan bersama dan interaktif ya, bukan menghabiskan waktu di tempat yang sama namun Ayah Bunda asik dengan aktifitas sendiri, semisal gadget atau laporan-laporan kantor yang dibawa pulang ke rumah.


Stimulasi dini dan pemberian nutrisi yang baik sejak dini akan membantu membentuk kecerdasan otak anak. Catet ya Ayah Bunda :)


2. Sistem Ketahanan Tubuh
Faktor kedua adalah ketahanan tubuh. Sama sepertin perkembangan otak, sistem ketahanan tubuh tiap anak juga dimulai sejak masih berbentuk janin dalam kandungan. Dalam kandungan, ketahanan tubuh janin bergantung pada asupan nutrisi sang Bunda. Kalau bundanya mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik, maka akan berdampak baik pula pada ketahanan tubuh bayi dalam kandungan.


Setelah lahir, sistem ketahanan tubuh bayi sebenarnya sudah terbentuk, hanya saja belum bisa bekerja secara mandiri. Namu seiring bertambah usia, tubuh anak akan membentuk antibodi sendiri.


Sistem ketahanan tubuh anak setelah lahir bisa dibentuk lewat pemberian ASI yang merupakan nutrisi terbaik bagi bayi *Ini sebabnya dokter Wawan sepanjang sesi menyarankan agar para Bunda memberikan ASI eksklusif*. Selain ASI, Imunisasi juga baik dilakukan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh anak.


3. Tumbuh Kembang Optimal
Disini Ayah Bunda dituntut untuk cermat memperhatikan tumbuh kembang si kecil baik itu dari sisi sistem ketahanan tubuhnya maupun perkembangan otak. Pola pertumbuhan anak terdiri dari beberapa fase. Misalnya saja pertumbuhan otak, saat baru lahir otak anak perkembangannya mencapai 25%. Saat anak berusai 2 tahun perkembangan otaknya mencapai 80%. Sedangkan saat usia 6 tahun mencapai 95%. Dari sana bisa dilihat bahwa masa kecil adalah masa perkembangan otak seseorang.

Ayah Bunda bisa memperhatikan apakan tumbuh kembang anak sudah maksimal dengan memperhatikan bagaimana anak merespon sesuatu maupun dari perkembangan fisiknya.


Untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal, anak membutuhkan asupan nutrisi tidak hanya mikronutrien, makronutrien, dan vitamin, tetapi juga prebiotic, probiotic, nukleotida, dan laktoferin.


4. Kesehatan Saluran Cerna
Kesehatan saluran cerna memegang peranan penting agar tumbuh kembang anak optimal. Bisa dikatakan, ketiga poin sebelumnya bergantung pada kesehatan saluran cerna anak. Kenapa? Ya karena nutrisi yang masuk ke tubuh anak diproses di saluran cerna. Kalau saluran cernanya terganggung otomatis nutrisi untuk 100 milyar sel pembentuk otak cerdas juga akan terganggu. Tidak hanya itu, 100 triliun mikrobiota saluran cerna juga akan terganggu. Otomatis sistem ketahanan tubuhnya bisa terganggu dan tumbuh kembangnya jadi tidak optimal. Itu sebabnya kesehatan saluran cerna memegang peranan penting pada masa pertumbuhan anak.



Keempat hal di atas merupakan perisai pelindung sekaligus faktor penting yang musti diperhatikan Ayah Bunda agar anaknya tumbuh menjadi generasi multitalenta yang memiliki kecerdasan majemuk. Berkaitan dengan hal tersebut, dokter Wawan memberikan tips untuk para Ayah Bunda dalam membentuk anak generasi multitalenta.

dokter wawan
Tips 1

Dokter wawan
Tips 2


dokter wawan
Tips 3


dokter terapul
Kedatangan spesial tumbuh kembang anak asal Medan, Dr Terapul


Tanpa terasa sesi pertama usai. Tau-tau udah break makan siang saja. Ya gini deh kalau yang bawain materinya asik. Waktu berlalu tanpa terasa.


Usai makan siang, acara berlanjut dengan sesi kedua. Sayanya malah ngantuk. Efek kenyang kali ya. Untungnya pemateri kedua nggak kalah seru bawain materinya. Siapakah dia? Jreng jreng jreeng… dia adalah Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi a.k.a Bunda Romi yang merupakan Ketua Progran Studi Psikologi Terapan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Presiden Direktur ESSA Consulting.
Bunda Romi membawakan materi dengan tema Kekuatan Bermain untuk membentuk kecerdasan multitalenta di era milenial. Di awal naik panggung Bunda Romi udah buat suasana hidup kembali dengan games-games yang bikin ngantuk saya ilang.

Bunda Romi
Bunda Romi bikin suasana kembali hidup


Bercerita tentang kecerdasan, Bunda Romi mengingatkan para orangtua bahwa tiap anak sudah dianugerahi berbagai kecerdasan sedari lahir oleh Allah. Berbagai kecerdasan ya Ayah Bunda. Artinya bukan hanya satu kecerdasan saja. Namun sayangnya kebanyakan masyarakat kita mengukur kecerdasan seseorang hanya dari sisi kecerdasan matematik saja. Jika kecerdasan matematika seorang anak rendah maka anak tersebut dinilai bodoh. Padahal kecerdasan jenisnya beragam.


Dr. Howard Gardner memperkenalkan istilah Multiple Intelligence (kecerdasan majemuk). Dalam konsep multiple intelligence, indikator kecerdasan tidak hanya dilihat dari satu aspek, tetapi menyangkut banyak bidang. Jadi ketika seorang anak tidak pandai dalam matematika bukan berarti dia tidak cerdas, bisa jadi dia memiliki kecerdasan di bidang lain. Karena memang Tuhan sudah menganugerahkan tiap anak dengan beragam kecerdasan, hanya levelnya berbeda-beda tiap anak. Dan tugas orangtua adalah melatih mengembangkan kecerdasan yang dimiliki tiap anak.


Bunda Romi menjelaskan berbagai jenis kecerdasan majemuk. Apa saja kah? Ayah Bunda bisa simak di bawah ini :

Kecerdasan Musikal : kemampuan dalam memahami dan mengekspresikan diri dengan musik dan irama, menciptakan lagu, memainkan alat musik, dan sebagainya.

Kecerdasan Kinestetik : berkaitan dengan kelenturan tubuh dalam mengatasi masalah ataupun menghasilkan produk.

Kecerdasan Logika Matematika : kemampuan dalam memahami situasi dan kondisi dengan menggunakan penalaran logika, termasuk perhitungan matematis. Masyarakat kita masih banyak yang menjadikan jenis kecerdasan ini sebagai indikator kecerdasan seseorang. Padahal ya itu tadi, jenis kecerdasan beragam, nggak fair dong kalau hanya melihat dari satu sisi saja.

Kecerdasan Visual-Spasial : merupakan kemampuan untuk berpikir kreatif dan berimajinasi.

Kecerdasan Linguistik : Kemampuan mengekspresikan diri lewat bahasa. Bisa dengan menulis, membaca, ataupun berkomunikasi.

Kecerdasan Intrapersonal : Kemampuan menganalisa diri sendiri, menggunakan perasaannya untuk membuat perencanaan dan tujuannya.

Kecerdasan Natural : Kemampuan untuk mengenali flora dan fauna serta melihat perbedaan dan persamaan yang ada di alam. Anak yang memiliki kecerdasan natural biasanya memiliki kepekaan tinggi terhadap alam dan hewan-hewan.

Selain jenis kecerdasan di atas. Ada satu lagi jenis kecerdasan yang menurut Bunda Romi penting untuk dilatih sejak dini ke anak : kecerdasan moral. Kecerdasan moral menyangkut rasa empati, menghargai, tenggang rasa, dan hal-hal yang menyangkut moral.


Untuk mengasah kecerdasan majemuk anak, orangtua perlu melakukan stimulasi yang disesuaikan dengan usia dan karakteristik perkembangan anak. Kenapa kecerdasan perlu distimulasi, ya karena mereka masih anak-anak yang belum tau kejamnya dunia hehhehe,,, nggak gitu ding. Ya supaya si anak bisa memunculkan talenta-talenta terpendamnya, dan orangtua bisa melihat jenis kecerdasan mana yang dominan di anak tersebut. Kalau menurut saya sih salah satunya biar kalau udah gede nggak bingung mau kuliah di jurusan apa hahahhahaa… banyak kan kejadian yang pas mau kuliah bingung ambil jurusan apa, bingung bakatnya apa. Kalau dari kecil udah udah nemu talentanya kan bakal sedikit mahasiswa salah jurusan :D


Karena dunia anak adalah dunia bermain, maka stimulasi yang tepat diberikan adalah dengan bermain pula. Hayo Ayah Bunda, jangan dimarahin kalau anak-anak kerjanya main mulu. Mending ikut main, selain membangun kelekatan anak dan orangtua, juga sekaligus mengasah kecerdasan anak.


Menurut Bunda Romi, suatu kegiatan bermain yang bertujuan untuk stimulasi kecerdasan majemuk anak harus memiliki kriteria sebagai berikut :

- Motivasinya dari dalam diri (intrinsic)
- Diwarnai emosi yang positif
- Fleksibel, mudah beralih dari satu kegiatan ke kegiatan lain
- Menekankan proses daripada hasil
- Anak bebas memilih
- Memiliki kualitas pura-pura


Mengingat perkembangan anak terdiri dari beberapa fase, maka jenis permainannya juga harus disesuaikan. So Ayah Bunda, bukan asal main aja loh. Sesuaikan permainannya dengan tahapan usianya. Seperti yang dijelaskan di bawah ini :

generasi multitalenta
Bermain fungsional untuk anak 0-2 tahun

generasi multitalenta
Bermain konstruktif (2-3 tahun)


generasi multitalenta
Bermain Peran (3-7 tahun)

generasi multitalenta
Bermain dengan aturan (7 tahun ke atas)


Menghadiri Konferensi Ayah Bunda Platinum di Medan ini bermanfaat banget. Saya dan para Ayah Bunda yang hadir jadi tau banyak hal mengenai Nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal, Parenting, Multiple Intelligence, dan Kecerdasan Multitalenta.




Tentang Morinaga
Konferensi Ayah Bunda Platinum


Morinaga hadir di Indonesia sejak tahun 1986 lewat kerjasama Kalbe Nutritional dan Morinaga Jepang. Dengan Fokus pada ASI sebagai sumber ideal nutrisi, Morinaga Notrition Reseach Center Jepang melakukan banyak penelitian guna mengembangkan nutrisi anak berkualitas. Morinaga Platinum merupakan inovasi unggulan Morinaga dengan kandungan nutrisi lengkap untuk kecerdasan multitalenta, ketahanan tubuh ganda, sekaligus mendukung tumbuh kembang optimal anak.
Konferensi Ayah Bunda Platinum


Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+Prodiges diperkaya dengan sinergi nutrisi MoriCare+Prodiges untuk generasi platinum multitalenta. Morinaga memiliki rangkaian produk yang diformulasikan untuk memenuhi nutrisi berkualitas terbaik bagi anak Indonesia : Morinaga Platinum dengan MoriCare+Prodiges, Morinaga Gold untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil, Morinaga Soya untuk si kecil yang alergi susu sapi, Morinaga P-HP untuk si kecil yang memiliki potensi alergi susu sapi, dan Morinaga Chil-Go! Susu cair siap minum dengan kandungan Prebiotik Inulin 1000 mg sebagai pendamping dari susu Morinaga Chil Kid dan Morinaga Chil School.

Selain riset dan inovasi, Morinaga juga menghadirkan modul stimulasi digital bernama Multiple Intelligence Play Plan atau MI PlayPlan yang bisa diaksesn di www.morinagamiplayplan.com. Modul stimulasi digital ini dipersembahkan Morinaga untuk memfasilitasi para orangtua untuk mengembangkan multitalenta si kecil secara konsisten dan optimal.

Lebih lengkap tentang Morinaga bisa dilihat di :
Website : www.morinagaplatinum.com
Facebook: Morinaga Platinum
Twitter: @MorinagaID
Instagram: @morinagaplatinum
YouTube: Morinaga Platinum



Widiiih… panjang banget postingan kali ini yaaak. Gapapa deh, berbagi pengetahuan kan nggak ada salahnya kan ya. Kalian punya info lain seputar generasi multitalenta anak? share dong disini.