ROMLAN GUESTHOUSE : PENGINAPAN MURAH DAN BERSIH DI TUK-TUK, SAMOSIR

22.59

romlan guest house : penginapan murah dan bersih di tuk-tuk
Romlan Guest House : Penginapan murah dan bersih di Tuk-tuk, Samosir

Romlan Guesthouse : Penginapan Murah dan Bersih di Tuk-Tuk, Samosir [Review Penginapan] : Haloo… semuanya. Apa kabar awal tahun ini duhai kalian pembaca setia blog saya (perasaan ada yang setia ngebaca blog saya, padahal mah gak ada ya :D).


Rasanya udah lama banget nggak posting di blog. Sok sibuk tak menentu padahal ya nggak ada juga yang dikerjain. Kemarin pas menjelang akhir tahun gayanya udah niatin awal tahun musti rajin ngeblog lagi. Eh sampe sekarang si malas masih aja nempel -_-


Hari ini diniatin yes buat postingan pertama, mengawali 2018 yang penuh pengharapan ini :D
Hmm… mau nulis apa ya. Sejujurnya saya sendiri juga belum tau mau nulis apa. Kayaknya banyak yang pengen ditulis. Tapi pas ngadep ke laptop gini kok ya malah ngeblank, nggak tau mau nulis apaan. Ah… saya masih payah ternyata huhuhuu.

…………………………………………………………………………………………………………


Oke, setelah beberapa saat laptop cuma saya biarkan nyala dan saya main hape karena nggak tau mau nulis apa, saya putuskan lah untuk tetep nulis.


Postingan Desember taon lalu saya ada nulis tentang Murni Inn Hotel Parapat, sebuah penginapan yang menurut saya cukup murah dan bersih di Parapat. Saya jadi kepikiran buat nulis hotel murah di Tuk-Tuk, Samosir.

Baca juga : Murni Inn Hotel : Penginapan Murah dan Bersih di Parapat

Ada banyak pilihan hotel di Samosir, khususnya di Tuk-Tuk yang memang dikenal sebagai tempat nginapnya para wisatawan baik dalam dan luar negeri.  Dari yang murah ala-ala penginapan, sampe yang mahal ala-ala hotel.


Saya beberapa kali nginap di Tuk-Tuk, dari jaman-jaman kuliah sampe sekarang. Dari yang fasilitasnya seadanya sampe yang terbilang mewah. Dari yang alasan nginapnya sekedar perkara hepi-hepi alias liburan bareng temen-temen sampe karena urusan kerjaan.


Romlan Guesthouse adalah salah satu penginapan yang pernah saya inapi dan saya rekomendasikan. Berawal dari hunting penginapan murah di sekitaran Tuk-Tuk, saya menemukan informasi mengenai Romlan Guesthouse dari blognya mbak Noni (nonikhairani.com). Mbak Noni bilang tempatnya bersih dan murah. Saya pun jadi tertarik dong. Etapi postingan tersebut ternyata postingan taun 2013, jadi saya ragu apakah masih murah dan bersih seperti yang dibilang mbak Noni atau udah berubah.
Saya cek di e-commerce, eh ternyata masih ada kamar harga 70 ribu di Romlan Guesthouse di booking.com.  Jadi semangat dong saya. Hari gini nginap seharga 70 ribu dengan ruangan bersih di pinggir danau, siapa coba yang nggak mau.


Cuma sayangnya pas saya cek lagi ternyata kamar harga 70 ribu itu udah habis dibooking. Tinggal yang harga 160 ribu dan yang lebih mahal dari itu. Oke lah, gpp 160, masih terhitung murah menurut saya.


Tapi sebelum booking di booking.com saya iseng mencoba menelfon nomor hape yang tertera di postingan blog mbak Noni, ternyata si pemilik nomor hape sudah tidak bekerja di Romlan lagi. Tapi kemudian dia memberikan nomor telfon Romlan Guesthouse. Saya pun segera menelfon, menanyakan ketersediaan kamar. Saya lupa pastinya, tapi yang jelas harga yang ia sebutkan di atas 200 ribuan dengan tipe kamar yang sama dengan yang saya lihat di booking.com, hohohooo… saya pun memilih booking via booking.com


Dari pelabuhan Simanindo, saya menggunakan google map untuk panduan ke Romlan Guesthouse. Tapi setelah sampai area Tuk-Tuk dan penunjuk lokasi di map menunjukkan kalau kami sudah melewati Romlan Guesthouse, tetap aja saya nggak ada ngebaca plang bertuliskan Romlan Guesthouse. Duuuh.. mulai panik dong, soalnya udah kebelet pipis hahhaaa.


Akhirnya saya memutuskan tanya sana-sini. Rupa-rupanya si Romlan Guesthouse ini memang agak tersembunyi letaknya sodara-sodara. Penanda yang pas itu adalah plang penginapan Sumber Pulomas. Iya, penginapan ini bersebelahan dengan Romlan Guesthouse. Jalan masuknya pun sama, hanya saja tak jauh dari jalan masuk itu ada pertigaan ke kiri dan lurus. Nah yang kekiri itu agak turunan dikit, Romlan Guesthouse itu yang lurusnya. Setelah mentok, belok kanan, keliatan deh tulisan Romlan gede-gede di tembok.  Nggak usah heran kalau penampakannya sama sekali nggak mirip penginapan, karena memang itu sebenarnya bagian belakangnya. Bagian depannya itu menghadap ke danau.

sumber pulomas hotel
Plang penanda ke Romlan Guesthouse Tuk-Tuk - Samosir


hotel romlan guest house samosir
Tulisan "Romlan" yang ketutup semak kalau dari jalan raya


romlan guest house samosir
Gak usah heran yang yang keliatan cuma kayak di gambar ini, ini memang bagian belakang cuy, bagian depannya menghadap ke danau :)


………………………………………………………………………………………………………


Terhenti beberapa hari, baiklah saya lanjutkan lagi tulisan ini. Maafkeun kemalasan saya sodara-sodara -_-


Ternyata citra bersih yang diceritakan mbak Noni di blognya sampai kini masih terjaga. Romlan Guesthouse emang bener bersih menurut saya.


Saya tidak tau berapa jumlah kamar yang dimiliki Romlan Guesthouse. Tapi sepenglihatan saya  tidak terlalu banyak. Bentuk bangunannya juga tak seperti penginapan pada umumnya yang berada dalam satu bangunan dengan kamar-kamar berjejer. Bangunan kamar di Romlan Guesthouse lebih mirip resort menurut saya. Dimana kamar-kamarnya berada tersebar dalam banguanan rumah-rumah kecil yang terpisah-pisah. Satu bangunan rumah bisa terdiri dari 1 kamar, 2 kamar, ataupun 4 kamar. Dua kamar di bawah, dua kamar lagi di atas. Oya, salah satu hal menariknya adalah bentuk atap bangunan yang menyerupai atap rumah adat suku Batak Toba. Jadi berasa banget kalo lagi ada di tanah Batak :)


Selain tempat tidur, terdapat sepasang kursi rotan dan meja, lemari, dan juga lampu tidur yang berdiri di sudut ruangan. Saya sempat memeriksa isi lemari, siapa tau ada sandal atau handuk. Yang saya temukan justri kabel cok sambung yang lumayan panjang, tergulung dengan rapi tapi lupa saya foto :D

romlan guest house tuk-tuk
Sepasang kursi rotan dan meja di dalam kamar

penginapan murah di pinggir danau toba
sebelum checkout, rapiin dikit tempat tidurnya buat difoto :D


Kamar mandinya juga bersih dan lumayan luas, berlantaikan keramik. Tersedia shampoo dan sabun cair untuk mandi, namun tidak ada odol dan sikat gigi. Tapi untuk kamar seharga 160 ribu buat saya ini sudah bagus. Awalnya saya bahkan mikir kamar harga segitu di daerah yang emang udah dikenal sebagai tempat nginapnya para bule pasti bakal nggak nyaman tempatnya, eh ternyata penilaian saya meleset.

fasilitas romlan guest house
Seperti inilah bentuk lemarinya :)


harga kamar di romlan guest house
Kamar mandinya lumayan bersih

Dua buat kursi malas dari rotan tersedia di teras kamar, juga fasilitas penjemur handuk/pakaian.
Bersih adalah poin plus dari saya buat Romlan Guesthouse. Poin lainnya adalah suasananya yang tenang. Iya, pas banget kala itu saya memang lagi pengen menikmati suasana yang tenang. Pengennya cuma duduk di depan teras sambil mandangin danau. Nah kalau nginap di Romlan Guesthouse dapet banget tuh suasananya. Entah karena emang biasanya gitu, atau pas kebetulan aja pas saya datang nggak ada bule-bule yang lagi party.

teras kamar
Teras kamar saya


penginapan murah di danau toba
Pohon dan bunga di depan kamar yang bikin pikiran adem

Tapi kayaknya emang suasanya tenang sih. soalnya saya perhatikan mereka nggak punya bar. Ada sih cafénya yang sekaligus ruangan reception, tapi tempat nggak mirip bar tuh.

romlan guest house
resepsion sekaligus cafe romlan guest house

penginapan di samosir
Kartu pos di salah satu sudut ruang resepsionis


jajanan di romlan cafe
Makanan ringan di romlan cafe, kebanyakan biskuit sih

penginapan murah di tuk-tuk
Ruangan cafe sekaligus ruang resepsionis, di luar juga ada kursi-kursinya

Nah untuk lebih jelasnya saya tunjukkin aja foto-fotonya yaaak. Tapi ya harap maklum soalnya jepretan saya hanya seadanya. Intinya saya pribadi rekomendasiin penginapan yang satu ini. Cocok banget buat yang emang lagi pengen liburan leyeh-leyeh, bermalas-malasan di pinggir danau sambil menikmati pemandangan dan kibasan angin.

hotel murah di tuk-tuk
Penampakan bangunan kamar yang saya inapi


alamat romlan guest house tuk-tuk
Nah yang atap rumahnya seperti rumah ada Batak Toba itu juga termasuk kamar Romlan Guesthouse ya gaes

hotel murah dan bersih di tuk-tuk
Kapan-kapan kalau kesini lagi pengennya nginap di banguan yang ini ah :D

hotel murah dan bersih di samosir
Coba punya rumah disini, asik bener kayaknya :D

hotel di pinggir danau toba
Ada gazebo dan tempat berjemurnya booook...


santai di pinggir danau toba
Duduk santai disini juga pastinya asik


Tips kalau kalian pengen nginap di Romlan Guesthouse :
1. Pesan kamarnya dari e-commerce aja kayak traveloka, booking.com, trivago dan sejenisnya. Soalnya seperti pengalaman saya pas iseng nanya langsung ke mereka harganya justru lebih mahal meski tipe kamarnya sama.

2. Kalau kalian datang saat peak season, mending booking jauh-jauh hari. Takutnya kalian kehabisan kamar karena sepenglihatan saya kamar mereka nggak banyak. Kalau pesan jauh-jauh hari siapa tau kalian bisa dapat kamar yang harga 70 ribu.

Baca juga : Rogate Beach Hotel : Hotel Cantik di Pinggir Danau Toba

3. Harga 160 ribu itu nggak termasuk sarapan ya. Saya kurang tau pemilik atau karyawannya muslim atau nggak. Secara Samosir kan memang mayoritas nonmuslim. Tapi tenang aja, sekarang udah ada kok beberapa café/resto/rumah makan muslim di Tuk-Tuk. Tapi kalau kalian nggak bawa kendaraan, Romlan Guesthouse juga ada cafenya. Mereka nyediain makanan Eropa dan Nusantara. Ada juga menu buat yang vegetarian. Tapi kalau ragu ya beli roti-rotian dan snack aja, ada kok dijual mereka. Kalau mau lebih irit ya bawa bekal sendiri coi :D

4. Walaupun sudah pakai google map, plang hotel yang musti kalian cari itu bukan yang bertuliskan “Romlan Guesthouse” melainkan yang bertuliskan “Sumber Pulomas” seperti yang ada di gambar di atas, karena memang nggak ada plangnya. Kalau pun ada tulisannya di tembok, terhalang semak-semak, jadi dari jalan raya sulit terlihat, apalagi kalau kalian datangnya malam. Kecuali kalau naik kapal, justru lebih mudah dicari :)


5. Hanya ada shampoo dan sabun cair di kamar mandinya, jadi perlengkapan mandi lainnya bawa sendiri yeiii.

6. Jangan lupa untuk menyempatkan diri duduk-duduk santai di pinggir danau karena Romlan Guesthouse mendukung banget buat yang suka suasana tenang dan santai.

7. Kalau butuh guide buat kesana hubungi saya aja, tapi dengan catatan semua keperluan saya kalian yang tanggung, plus dikasih uang jajan juga, ehehheeee


Romlan Guesthouse :
Ring Road Tuktuk : (0625) 451386


Oke deh, itulah sedikit ulasan tentang Romlan Guesthouse : Penginapan Murah dan Bersih di Tuk-Tuk, Samosir. Kalau kalian udah pernah kesini, ceritain dong kesannya di kolom komentar yak.

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
18 Januari 2018 18.06 delete

Lumayan lah ya guesthousenya. Viewnya juga lumayan bagus :)

Reply
avatar
20 Januari 2018 19.37 delete

iya mbak, lumayan banget malahan kalau menurut saya :)

Reply
avatar