CARI ULOS DAN OLEH-OLEH KHAS SUMUT?! DISINI TEMPATNYA!

07.41
kain tradisional batak
Ulos dan oleh-oleh khas Sumut

Cari Ulos dan Oleh-Oleh Khas Sumut?! Disini Tempatnya! : Medan ini ya, sebenarnya punya banyak produk kerajinan. Cuma orang seringnya bingung mau kemana belinya. Apalagi kalau yang lagi traveling ke Medan, pasti yang dicari buat oleh-oleh kalau nggak yang berupa makanan ya kerajinan khas daerah.

Baca Juga : Pusat Oleh-Oleh Khas Medan

Eh tapi ternyata di Medan ada galeri yang isinya adalah produk-produk kerajinan masyarakat Sumut loh. Ini entah saya yang ketinggalan berita atau memang belum banyak yang tau. Padahal galerinya besar dan beragam produk ada disana.

produk kerajinan
Tak hanya ulos, produk kerajinan lain pun ada

Berawal dari seorang konsumen Penov Bracelet *itu loh, usaha gelang handmade kecil-kecilan saya* yang cerita tentang galeri Ulos Sianipar yang nggak begitu jauh dari rumahnya. Saya jadi penasaran, emang ada ya tuh galeri.

Gelang Handmade
Ini nih Penov Bracelet, gelang handmade ala-ala Perempuan November :D

Karena penasaran, saya pun ngajak Robby buat maen kesana. Alamatnya di jalan Pendidikan No. 130, Pasar Merah – Medan. Kalau dari arah Aksara, jalan Pendidikan ini ada di sebelah kiri. Di jalan masuknya ada kok gapura bertuliskan galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama. Masuk lurus saja, bangunanannya paling mencolok dibanding rumah-rumah di sekitarnya, jadi nggak perlu takut nyasar.

Robby Subrata
Percaya lah sodara-sodara, ini Robby nggak beli, cuma pinjem buat foto hahhahaha

Bangunannya berlantai 3. Nah di lantai 3 paling atas itu ada lagi rumah berbentuk rumah adat Batak Toba. Kalau dari jauh pas kita lagi celingak-celinguk nyari galerinya pasti bakal kelihatan deh rumah adat ini.


pusat ulos di medan
Yang paling atas itu rumah tradisional Batak Toba, kelihatan mencolok dibanding rumah-rumah yang lain disini. Kalau patung yang paling depan itu patung selamat datang.

Di sekitar pagar yang mengelilingi bangunan depan, ada patung khas Batak Toba *saya katakan khas karena kalau lagi main ke Tomok dan Samosir sering liat patung sejenis. Di tembok kirinya terpajang aneka jenis kain ulos. Ulos ternyata banyak jenisnya guys, mulai dari jenis warna,corak, dan aturan siapa pengguna dan kapan harus digunakan.

jenis-jenis ulos
Aneka jenis kain Ulos dipajang di tembok depan galeri

Nah di halaman bagian kiri, berdiri rumah tenun berbentuk rumah tradisional Batak Toba juga. Rumah panggung ini kece dan menarik perhatian saya. Selain karena bentuknya, juga karena suara berisik yang berasal dari bagian atas rumah ini.

pusat ulos dan aneka kerajinan di Medan
Beginilah penampakan Galeri Ulos Sianipar kalau dari luar

ulos batak
Narsis doloooo di depan rumah tenun :D

Setelah kami naik ke atas, ternyata suara itu berasal dari pengrajin yang tengah menenun. Ada 6 pengrajin dan 6 mesin tenun di rumah ini. Dari pengrajin-pengrajin inilah aneka Ulos yang ada di galeri tersebut. Aslinya sih ada lebih banyak pengrajin. Yang tempatnya nggak di galeri ini meski masih di jalan Pendidikan juga. Yang di rumah tenun ini sebagai display saja. Siapa tau ada pengunjung yang ingin tau proses pembuatan ulos di galeri ini.

kain tenun
Biasanya ada yang menenun ulos disini, tapi pas kami naik ke atas mereka lagi istirahat

Nah untuk bagian bawah rumah panggung ini dimanfaatkan sebagai tempat nyantai bagi yang sedang menunggu teman, pacar, suami, istri, atau majikan mereka berbelanja. Yang asiknya, disini bebas kalau mau ngopi atau ngeteh. Gratis. Bisa sambil nonton tv juga.

ngopi gratis
Area bawah rumah panggungnya dijadikan tempat untuk ngopi ataupun ngeteh gratis bagi yang sedang menunggu orang terkasih berbelanja di Galeri Ulos Sianipar & UKM Bersama
Saya paling suka sama tempat ngopinya. Didisain sederhana berupa kayu dan meja khas tempat ngopi. Tapi juga sangat artistik dengan patung-patung yang di beberapa bagian. patung-patung kayu yang khas.

ukiran patung tradisional
Patung-patung khas Batak yang berada di area ngopi dan ngeteh. Itu yang tengah bukan patung ya :D

Oya, toilet juga ada di bagian bawah rumah panggung ini guys.

Dari luar sebenarnya sudah kelihatan isi dalam galeri Ulos Sianipar ini, secara dinding depannya itu kaca. Tapi ya nggak afdol dong kalau kesini tapi nggak masuk ke ruangannya. Tapi sebelum masuk, lepas alas kaki dulu guys,,, biar lantainya tetap bersih. Jadi bisa liat-liat ulos sambil ‘ndeprok’ di lantai :D

kain tradisional Batak
Liat-liat Ulos sambil 'ndeprok'

Seorang pramuniaga yang selalu standby di depan pintu akan membukakan pintu kaca untuk siapa saja yang hendak masuk. Satu set kursi dan meja ada di bagian depan. Taplak meja dan sarung bantalnya bermotif ulos. Di dinding juga terpajang aneka motif ulos, foto-foto serta piagam penghargaan yang pernah diterima.

museum rekor muri
Salah satu penghargaan yang pernah di dapat

Apa aja yang ada disini? Buanyaaak. Ada aneka jenis ulos dan kain tradisional lainnya. pernak-pernik seperti gelang ulos, gantungan kunci, aneka patung kayu berukuran kecil khas Batak Toba. Miniature rumah adat, tas, dompet, baju jadi juga ada. Oya, disini juga dipajang barang hasil kerajinan dari UKM-UKM di Sumatera Utara. Barangnya beragam, dari mulai kerajinan hingga makanan.
Untuk harga dimulai dari 5 ribu rupiah hingga jutaan, tergantung jenis barang dan tingkat kesulitan memproduksinya.

pusat ulos di medan
Ini di lantai dasar. Aneka produk ada disini


seni ukir
Aneka ukiran patung khas batak

tas ulos
Tas-tas modern dengan sentusan etnik

sigale-gale
Ada yang tau ini patung apa? Iyess,,, ini patung Sigale-gale
baju motif etnik
Mau beli kainnya bisa, pakaian jadi juga bisa :)

Baca juga : Tauko Medan : T-Shirt Khas Medan

tunggal panaluan
Bahkan Tunggal Panaluan, tongkat penuh ukiran khas batak pun ada disini :)

Kalian pengen beli barang-barang kerajinan dengan sentuhan etnik sumut? Bisa lah datang ke Galery Ulos Sianipar & UKM Bersama di Jalan Pendidikan No 130 Pasar Merah – Medan. Buka dari pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Mau untuk dipakai pribadi atau dijadikan oleh-oleh juga tetap cocok kok :)

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
12 November 2016 20.14 delete

Bagus banget ulosnya, makasih atas infonya mbak...
Hafidz

Reply
avatar
Dewi Nielsen
AUTHOR
12 November 2016 20.40 delete

Ih aku baru tau ini tempat lah Diah..dah lama di Medan, tapi mungkin karena nggak pernah merhatiin kali ya ...

Reply
avatar
risky abadi
AUTHOR
12 November 2016 21.59 delete

ternyata di sana banyak oleh-oleh yang menarik yang masih belum saya ketahui
pastiguna

Reply
avatar
Rolif Refo
AUTHOR
13 November 2016 14.15 delete

Deweezz pengen banget ke sana, keren keren ulosnya

Reply
avatar
ARYA -
AUTHOR
14 November 2016 09.00 delete

Kain sumatera utara keren keren eh. Bikin baper ngeliatnya dan pingin beliii.... Rumusan Masalah

Reply
avatar
fajar gt
AUTHOR
15 November 2016 13.17 delete

pengen banget liat langsung proses pembuatannya, hasilnya bisa bagus-bagus gitu

walet

Reply
avatar
muti mimut
AUTHOR
16 November 2016 09.25 delete

Warna kain ulos ternyata variatif sekali, menarik dikunjungi nih

Reply
avatar
16 November 2016 12.58 delete

Bagusnya, aku belum pernah sampai sono Mbak :)

Reply
avatar
abc
AUTHOR
30 November 2016 13.37 delete

Salah fokus sama Penov Bracelet-nya. :"D *jadi mupeng*

Keren-keren dan suka sama semua motif kain ulosnya, memang deh kain ulos memang yang terbaik buat jadi oleh-oleh dari tanah Batak. :D

Boleh diliat juga Mbak Brainking Plus Aslinya. :D

Reply
avatar
Ina Inong
AUTHOR
1 Desember 2016 14.27 delete

ada toko onlinenya gak ya :D pengen punya ulos

Reply
avatar