MENU SEHAT ANDALAN ALA ANAK KOS

12.59
menu sehat murah dan praktis
Menu sehat andalan anak kos. foto : healthhurnia[dot]blogspot[dot]com

Menu Sehat Aandalan Ala Anak Kos : Akhir-akhir ini pola hidup saya lumayan buruk. Sering telat makan dan jarang makan nasi pula. Entah kenapa saya lagi selera sama bakso dan mie ayam,kopi, dan minuman dingin. Ditambah lagi jajanan pinggir jalan seperti gorengan dan sejenisnya. Terus tidurnya selalu larut malam Cuma buat memandangangi layar smartphone dan laptop. Bangunnya siang saat kamar udah berasa panas banget karena di luar matahari bersinar dengan cerahnya. Benar-benar pola hidup yang jauh dari kata sehat.

Hari ini, setelah bangun hampir jam sepuluh siang. Entah dapat ilham dari mana, saya merasa harus memperbaiki pola hidup yang buruk semingguan ini. Saya pun bangkit dari tempat tidur dan langsung menuju kamar mandi. Merendam pakaian saya yang memang sudah menumpuk.

Saya teringat tadi malam kelaparan, membongkar kulkas dan ternyata isinya sampah semua : sayuran kering, buah-buahan busuk, dan ayam/ikan yang sudah jamuran. Ada juga sayur daun ubi yang dibawa oleh seorang teman beberapa malam lalu. Tentu saja sudah basi.

Tadi malam, karena malas keluar membeli makanan, saya pun merebus mie instan double. Sebenarnya saya sadar kalau porsi makan mie instan saya terbilang sedikit. Mie yang isi satu saja kadang nggak habis. Makanya lebih sering beli mie gelas ataupun mie dalam cup kecil. Kemarin beli mie isi 2 untuk jaga-jaga kalau 1 rumah pada kelaparan tengah malam. Cuma malam tadi saya sedang sendiri dan mie isi 2 tersebut satu-satunya yang tersisah. Jadilah saya rebus saja itu mie di rice cooker karena memang lapar.

Baca juga : Tips Agar Rice Cooker Awet

Habis? Tentu saja tidak. Yang ada saya merasa eneg/mual dan ingin muntah padahal setengahnya pun belum usai saya lahap. Ah, sepertinya saya memang tipe penggemar mie instan dalam porsi kecil.
Untuk mengatasi mual, saya pun menyeduh teh panas tanpa gula. Kemudian melanjutkan aktifitas di depan layar laptop.

Dan hari ini, usai merendam pakaian dan kemudian memandangi kulkas sambil teringat kejadian tadi malam, spontan saya memutuskan untuk merebus kacang hijau dalam toples di atas kulkas. Selagi menunggu kacang direbus, saya membersihkan ruang tamu yang memang sangat berantakan dan sudah beberapa hari tidak saya sapu *ah… saya makin sadara kalau saya orangnya moody banget. Kalau rajin ya rajin banget, kalau malas ya mau seberantakan apapun bakal santai-santai saja*.

About kacang hijau yang saya rebus di rice cooker bersama irisan jahe, adalah salah satu menu sehat andalan saya sebagai seorang anak kos yang sudah malang melintang di dunia kos-kosan selama 13 tahun *heiii… ini sudah seringkali saya sebutkan*

Baca juga : Memanfaatkan Rice Cooker Secara Maksimal Ala Anak Kos

Jangan tanya saya apa saja kandungan yang terdapat dalam jahe dan kacang hijau hingga saya menyebutnya sebagai menu sehat ala anak kos. Yang pasti setau saya jahe itu bagus untuk tubuh dan memberikan efek hangat di perut dan badan. Sedangkan kacang-kacangan *yang kacang hijau termasuk di dalamnya* juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sejak awal saya memang suka bubur kacang hijau. Tapi ini bukan bubur kacang hijau. Hanya kacang hijau yang direbus bersama irisan jahe. Kadang juga saya tambahkan gula merah asli yang saya bawa dari kampung. Jika tidak ada gula merah asli, biasanya hanya kacang hijau dan jahe saja yang saya rebus. Saya memang enggan beli gula merah disini, banyak campurannya sih.

Resep kacang hijau jahe ini saya dapatkan awalnya dari salah seorang ibu yang pernah jadi ibu kos saya. Ini ibu lumayan perhatian ke saya. Kalau sedang tidak enak badan, biasanya si ibu akan membuatkan menu makan ataupun minum yang sekaligus sebagai obat. Pernah suatu ketika saya terkena ulat bulu saat duduk-duduk di bawah pohon besar di kampus. Badan saya gatal-gatal dan bentol-bentol, saya pun jadi demam. Sampai di rumah, si ibu langsung menumbuk beberapa bahan hingga halus, lalu mengusuk-ngusuk badan saya yang bentol-bentol dengan bahan-bahan yang ia haluskan tadi *sayangnya saya tidak tanya bahannya apa saja*.

Salah satu yang sering dibuatkannya untuk saya adalah jus kacang hijau jahe dan jus kacang kedele jahe merah. Bahan dan cara membuatnya sangat mudah. Ini saya bagi untuk kalian ya.

Jus kacang hijau jahe
Bahan :
Kacang hijau
Jahe
Gula (bagusnya tidak usah pakai gula, tapi bagi yang takut tidak suka rasanya, bisa menambahkan gula secukupnya)

Alat :
Blender
Saringan
Periuk

Cara membuat :
Cuci kacang hijau hingga bersih. Kupas jahe dan cuci bersih. Rebus kacang hijau dan irisan jahe dalam periuk. Merebusnya tidak usah sampai matang. Cukup sampai kacang hijaunya setengah matang.

Blender kacang hijau dan jahe yang sudah direbus setengah matang tadi. Saat diblender tak perlu menambahkan air baru, gunakan saja air rebusannya. Tambahkan gula jika diperlukan.
Saring kacang hijau dan jahe yang sudah diblender agar saat menikmatinya tidak tergigit serat-serat jahe ataupun kacang hijau yang belum halus. Hidangkan dalam gelas, jus kacang hijau jahe panas siap dinikmati.

Saya sebenarnya suka dengan jus kacang hijau jahe ini. Tapi lumayan malas membuatnya. Padahal terbilang mudah. Selain itu, karena lumayan kental, saya kadang malah terbatuk saat meminumnya karena butiran-butiran sari kacang hijaunya *tapi kalau ada yang buatin tetap aja habis tak tersisah saya buat :D*

Setelah pindah kos. Kacang hijau jahe tetap jadi menu sehat andalan saya. Tapi tidak diblender, melainkan direbus bersama irisan jahe hingga matang. Seperti yang hari ini saya buat. Kacang hijau rebus plus irisan jahe dan gula merah asli. Rasanya jadi manis dan pedas khas jahe. Dinikmati saat panas enak banget di badan. Enaknya kacang hijau jahe rebus ini adalah kuahnya yang encer dan dengan rasa jahenya. Tapi saat menyendok kacang hijaunya musti memilah-milah, karena kalau kesendok jahenya bakal ikut kekunyah hihihii.. kalau saya mah biasa aja karena kadang malah jahe mentah saya gigit-gigit, katanya kan bagus tuh buat kesehatan. Tapi kalau yang nggak suka jahe, harus memilah-milah saat menyendoknya agar tak ikut terkunyah. Atau mungkin lebih bagus pakai resep ibu kos saya di atas :)

kacang hijau jahe
Menu sehat hari ini, berhubung ada gula merah, jadi pakai gula merah juga :)

Itulah sedikit menu sehat andalan anak kos versi Perempuan November. Ingat untuk selalu jaga kesehatan ya guys. Eh iya, kalian punya menu sehat andalan yang praktis dan murah? Share dong.

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
5 September 2016 13.15 delete

Waktu jadi anak kost zaman kuliah dulu, aku boro-boro masak ato bikin apa gitu. Selalunya makan terbang, Di. Hahahaha :D. Jadi anak kost memang penuh drama, bolak balik sakit n masuk rumah sakit, itu kalo aku :p

mollyta(dot)com

Reply
avatar
5 September 2016 17.37 delete

Iss..iss..iss...kok samaaaa....akhir ini pun pola makan tah cemana2...trus begadang liatin laptop. Masak nasi 1 mug bisa 3 hari pun masih setengah yg habis...πŸ˜„.
Trakhir, malas makan jadinya minum susu ibu hamil ahaha....
Bisa bahaya ni kita klu jadi 1 kosan yaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Kbetulan lagi stok kacang hijau ni...bisala dipraktekkan resep nya iniπŸ˜„

Reply
avatar
30 September 2016 14.14 delete

iya kak, drama kali memang kehidupan anak kos ya. kalo awak dulunya seringnya masuk angin kak karena telat makan. tapi nggak sampe masuk rumah sakit (dan semoga kalau sakit yang ringan-ringan aja, jangan sampe masuk rumah sakit :D)

Reply
avatar
30 September 2016 14.16 delete

jangan dibiasakan ya wi pola makan tak teratur itu hehheee... wah.. nyetok kacang ijo juga dirimu ya. sama berarti kebiasaan kita. hayuuuk jadi anak kos sehat :)

Reply
avatar