TIPS AGAR RICE COOKER AWET


Tips Agar Rice Cooker Awet : Melanjutkan postingan saya kemarin yang berjudul Memanfaatkan Rice Cooker Secara Maksimal Ala Anak Kos, kali ini saya ingin berbagi tips agar rice cooker awet. Ini berawal dari rice cooker kami yang sebelum lebaran kemarin rusak dan harus ganti baru *nggak ada yang nge-cie-in nih, kan kami rice cooker baru :D*

Ini tips standar sih. Mungkin kalian sudah pada tau. Jadi, anggaplah sebagai pengingat saja. Tips ini saya himpun dari pengalaman pribadi, anjuran penjual rice cooker, dan petunjuk di kertas keterangan yang saya dapat saat beli rice cooker kemarin.

Mencuci Beras
Saya baru tau hal ini dari cici/kakak penjual rice cooker. Cucilah beras menggunakan panci lain. Jangan panci rice cooker. Setelah beras tercuci bersih, baru masukkan ke panci rice cooker. Hal ini agar panci tidak mudah tergores beras yang dapat membuat warna panci hilang/pudar seperti bekas goresan. Saya ngekeh waktu dijelasin si cici. Pasalnya dulu ada teman sekos yang kalau nyuci beras pakai panci lain, saya suka senyum lucu, kenapa nggak langsung pancinya saja. Ternyata itu maksudnya :D

Panci bagian luar
Pastikan panci bagian luar itu kering saat hendak dimasukkan ke rice cooker. Saya sering lalai dalam hal ini. Alhasil begitu kabel terhubung ke listrik, terdengar bunyi seperti ledakan-ledakan kecil dibagian bawah rice cooker. Panci bagian luar yang basah bisa mengakibatkan proses pemanasan berjalan sedikit lebih lama karena harus mengeringkan air yang menempel di bagian luar panci tersebut. Selain itu juga bisa mengakibatkan lempengan pemanas menjadi berkarat. Jadi, lap dulu panci bagian luar hingga benar-benar kering sebelum memasak.

Penampung uap air
Rajun-rajin cek penampung uap air (Dew Collector). Buang air yang ada di dalamnya. Jangan membiarkan air berada terlalu lama di Dew Collector karena akan menimbulkan bau tak sedap.

Sendok nasi
Gunakan sendok nasi bawaan saat membeli rice cooker. Kalaupun harus memakai yang lain, pakailah sendok nasi yang terbuat dari bahan plastik atau kayu. Jangan gunakan sendok nasi yang berbahan metal karena akan merusak permukaan panci.

Spon halus untuk membersihkan
Gunakan spon yang halus untuk membersihkan panci. Sebelum mencuci panci, isi panci dengan air panas, diamkan sejenak, lalu cuci dalam keadaan panas. Keringkan dengan kain lembut.

Bodi luar
Untuk membersihkan bodi luar rice cooker, gunakan kain bersih dan lembab. Jangan gunakan obat pencuci, cukup kain lembab saja.

Kepingan pemanas
Jika terdapat sesuatu pada kepingan pemanas, bersihkan segera dengan cara melap perlahan-lahan dengan bahan yang halus. Setelah itu baru dilap menggunakan kain yang lembab.

Stop kontak
Cabut stop kontak dari rice cooker ketika tidak sedang digunakan atau sebelum dibersihkan. Jangan membersihkan rice cooker saat rice cooker dalam keadaan panas. Biarkan dingin terlebih dahulu baru dibersihkan.

Menggoreng di rice cooker
Sebenarnya rice cooker bukan untuk menggoreng. Tapi jika kalian anak kos seperti saya dan sering menggoreng sesuatu di rice cooker, yang harus diperhatikan adalah jangan biarkan rice cooker dalam keadaan tertutup. Biarkan saja tutupnya terbuka. Karena jika ditutup,uap panas dari minyak goreng dapat mengakibatkan material plastik pada tutup rice cooker meleleh*pengalaman pribadi :D*

Pada dasarnya sih kalau mau awet ya cukup gunakan rice cooker hanya untuk menanak nasi saja, jangan seperti kami yang menganggapnya panci serba bisa : menanak, mengukus, merebus, bahkan menggoreng.

Sekian dulu tips agar rice cooker awet ala Perempuan November :D jika kalian punya tips lain, silahkan tambahkan di kolom komentar ya ;)

Share:

14 komentar

  1. wah bener juga mb, aku juga sering belum kering bener dalem pancinya, jadinya ada efek bunyi bunyiannya pas dicolok listrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dulu juga sering gitu mbak. tapi sekarang mulai membiasakan diri, sebelum dicolokin listrik, keringkan dulu pancinya pakai kain lap :)

      Hapus
  2. Jujur, untuk point pertama baru tahu juga aku setelah membaca tulisan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru tahu dari cici saat beli rice cooker baru kemarin itu mas :)

      Hapus
  3. oh jadi kayak gini biar awet -_- pantesan rice cookerku kagak awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, begitu lah kira-kira tips dari saya mas. coba diterapkan tips di atas mas, mudah-mudahan rice cookernya awet :)

      Hapus
  4. punya rice cooker di kosan, cuman dipake seminggu setelah itu gapernah dipake lagi krn kata ibu kos mesti nambah 50rb perbulan hiks :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. sayang banget gak digunain. yaa.. untungnya saya dulu uang kos sudah termasuk listrik dan air, jadi bisa pakai rice cooker tanpa tambahan biaya :)

      Hapus
  5. dew collector ini kyknya yg srg dilupain..makanya nasi jd cepet bau yaaa -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kalau kelamaan nggak dibuang, bisa menimbulkan bau tak sedap :)

      Hapus
  6. Tipsnya sangat membantu. Bentar lagi gue kan mau kuliah, dengan tips ini, gue jadi tau apa-apa saja yang harus gue lakukan supaya rice cooker tetap awet :))

    Main lagi ya ke blog gue :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat menjalankan tips-tips yang aku buat ya. semoga rice cookernya awet :)

      seep.. nanti bakal maen lagi :)

      Hapus
  7. Owalaah, baru tau bisa goreng2 di rice cooker. Haha... Ini postingan mbikin inget ricecookerku yg udh memprihatinkan, kudu ganti baru blm ada uwit :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mbak, rice cooker memang alat sakti mbak. walau memprihatinkan tapi masih bisa digunakan kan mbak?! semoga segera bisa ganti rice cooker baru :)

      Hapus