MEMANFAATKAN RICE COOKER SECARA MAKSIMAL ALA ANAK KOS

05.56
rice cooker

Memanfaatkan Rice Cooker Secara Maksimal Ala Anak Kos : Menjadi anak kos haruslah kreatif. Apalagi untuk hal-hal yang menyangkut pengiritan demi bertahan hidup di ibukota yang kejam ini *eh tapi Medan nggak kejam lah, cuma sedikit sangar aja hehhehe*.

Rice cooker adalah salah satu benda yang nggak asing lagi di mata anak kos *emang ada yang masih asing dengan rice cooker yak?*. Biasanya, para anak kos akan masak nasi sendiri di rice cooker dan beli lauk ataupun katering di luar.

Dari namanya saja sudah jelas bahwa rice cooker artinya adalah penanak nasi. Kalaupun ada yang multifungsi, biasanya untuk memanasi dan mengukus. Tapi tahukah kalian, sepanjang pengalaman saya sebagai anak kos, saya dan sahabat saya pernah pernah melakukan aktifitas lain selain menanak nasi di rice cooker. Beberapa di antaranya akan saya ceritakan di postingan ini :)

Memasak Air
Seingat saya, dulu di awal-awal booming air galon siap minum, harganya hanya 3000-4000 satu galon. Itu pun sudah dijemput dan diantar ke rumah, kita tak perlu repot-repot ke depot air minum. Tapi harga galonnya yang lumayan mahal menurut dompet mahasiswa kere seperti saya. Jadi, di jaman orang sudah beli air galon dan minum dari dispenser, saya dan sahabat saya memilih memasak air di rice cooker. Kebetulan dulu rice cooker kami yang ukuran besar. Dan yang lebih kebetulan adalah uang kos kami sudah termasuk air dan listrik. Jadi saya tidak perlu mikirin tagihan listrik bakal nambah karena sering masak air menggunakan listrik. Palingan ibu kos yang pusing *maafkan mantan anak kosmu yang bandel ini ya bu :D*

Merebus Telur
Berhubung saya kurang suka telur rebus, jadi saya jarang melakukan ini. Tapi pernah melihat teman satu kamar saya melakukannya. Telur matang dengan sempurna, hehehee..

Menggoreng Telur
Jangan pikir rice cooker tidak bisa untuk menggoreng loh. Tidak percaya, coba saja sendiri.

Menggoreng Risol
Nah kalau ini ada saksinya, Sheilagank Sumut. Jadi pas kebetulan ada junior di organisasi kampus yang ngasi risol siap goreng *orangtuanya berjualan risol siap goreng*. Nah besoknya anak-anak Sheilagank Sumut maen ke rumah rame-rame. Ya uding saya goreng deh si risol di rice cooker. Mereka pada geleng-geleng liat kegilaan saya, tapi tetep risol gorengnya habis tak tersisah.

rice cooker
risol gorengnya nggak sempat diabadikan sudah ludes. jadi ini foto risol kukus yang saya eksekusi keesokan harinya
Buat Agar-Agar
Prinsipnya sama seperti merebus air. Memasukkan bubuk agar-agar dan mengaduk-aduknya. Jadi deh. Tinggal tuang ke cangkir, nitip di kulkas ibu kos supaya dingin. Ini dulu sering saya lakukan waktu kos. tapi sekarang udah nggak pernah. Kalau pengen pudding atau agar-agar, sekarang saya tinggal telfon sepupu saya yang juga tinggal di Medan. Dia pasti akan membuatkan pudding pesanan saya walau dengan bersungut-sungut :D

Buat Pudding
Ini sama seperti buat agar-agar. Tinggal beli pudding instannya saja, very simple to do ;)

Membuat bubur kacang ijo
Sebenarnya baik bubur kacang ijo, pudding, agar-agar, telur goreng/rebus, semuanya mudah didapat di luar. Tapi sekali lagi, dengan alasan ekonomis, saya jadi berpikir buat bubur kacang hijau sendiri. Seringnya sih cuma kacang hijau dan gula merah saja direbus *Emak saya sering bawain gula merah asli kalau saya pulkam, jadi saya tinggal beli kacang hijaunya*

Masak Sarden
Ini kemarin kejadian pas puasa. Saya masak sarden adabi di rice cooker. Sebelumnya numis sawi hijau dulu. Udah berasa masak konvensional dah :D

rice cooker
ini hasil memasak di rice cooker loh :D
Merebus ubi rambat
Yihaaa… dasar anak kampung, jadinya saya suka kangen makanan kampung, ubi rambat rebus salah satunya. Saya suka kangen ubi rambat rebus. Jalan satu-satunya mengobati kerinduan kalau masih lama pulang kampung ya beli ubi rambat trus direbus di rice cooker, kangen pun terobati :)

Masak Coklat
Selain mengirit, ternyata rice cooker bisa juga buat nambah penghasilan kita loh. Saya dan Ayoe sering masak coklat di rice cooker, bukan untuk konsumsi pribadi sih, melainkan dijual *dititipin ke sekolah-sekolah* hasilnya lumayan lah buat beli lauk makan. Eh, btw, kalau mau pesan coklat ke saya bisa juga loh hehhehee.. sampe sekarang masih jalan soalnya usaha coklat ini. Mimpinya sih nanti jadi pengusaha coklat yang sukses, amin *mohon diaminkan sodara-sodara*

rice cooker
jadi, siapa yang mau beli coklat kami?! ehehhehe...
Emang ya, bagi mereka yang berpikir positif, keterbatasan justru melahirkan orang-orang yang kreatif #banggajadianakkos. Segitu dulu postingan saya tentang Memanfaatkan Rice Cooker Secara Maksimal Ala Anak Kos. Semoga bisa menginspirasi kalian semua :)

Eh, kalian pernah masak apa saja di rice cooker selain masak nasi?!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

28 komentar

Write komentar
6 Agustus 2015 06.30 delete

Wkwkwk Baru denger goreng risol di rice coocer :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
6 Agustus 2015 07.15 delete

baru dengar kan hehehe.. rice cooker emang alat ajaib bagi sebagian besar anak kos :D

Reply
avatar
6 Agustus 2015 09.22 delete

yang cokelat itu sip banget mbak, lumayan untuk bisnis :D

kakak saya juga pernah bikin postingan kayak gini mbak, cuma gak pake rice cooker, melainkan pake multicooker.

postingannya bisa ditengok disini:
https://mydhiearry.wordpress.com/2015/05/09/aneka-resep-ala-anak-kosan/

Reply
avatar
Daniel Nagata
AUTHOR
6 Agustus 2015 09.22 delete

Jadi ingat wkt masih ngekos dulu....rebus telur pake ini andalannya

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
6 Agustus 2015 14.48 delete

iya mbak, bisnis kecil-kecilan tapi cukup lumayan untuk membantu perekonomian hehhee..

seep mbak, ntar aku meluncur ke postingannya :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
6 Agustus 2015 14.49 delete

kalau diinget-inget bikin senyum-senyum sendiri ya mas :)

Reply
avatar
Medan Wisata
AUTHOR
6 Agustus 2015 15.32 delete

eetttt dahh,, multi fungsi tuh,, bisa tuh dipasarkan ala Mbak diah,, hahhaha

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
6 Agustus 2015 17.57 delete

hahhahaha.. apanya nih yg dipasarkan min medan wisata? coklatnya atau rice cookernya :D

Reply
avatar
6 Agustus 2015 18.37 delete

Bisa dicoba tu bentar lagi jadi anak kos juga :v
Hahahaa :D

Reply
avatar
Diyah Ifada
AUTHOR
6 Agustus 2015 20.41 delete

Mantap nih mbak, emg jadi anak kosan itu mesti banget kreatif ya, jadi pengen bikin coklat juga :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
6 Agustus 2015 22.15 delete

silahkan dicoba dan buktikan sendiri betapa kerennya rice cooker hehhehee... btw, selamat jadi anak kos :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
6 Agustus 2015 22.17 delete

iya mbak, wajib kreatif klo jadi anak kos. dicoba mbak bisnis coklatnya, mudah dan menjanjikan asal telaten :)

Reply
avatar
7 Agustus 2015 06.44 delete

Semua bisa dikerjakan di rice cooker yah.. Uishhh... inilah rice cooker serbaguna, btw tuh rice cooker nggak rusak ?

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
7 Agustus 2015 06.51 delete

iya kaka, rice cooker si serba bisa.

ini udah beli baru abis lebaran kak. warna, tipe dan mereknya sama ama yg rusak kemarin :D

soalnya kalau nggak beli baru ya bingung mau masak nasi dimana :D

Reply
avatar
Hajir ™
AUTHOR
7 Agustus 2015 10.20 delete

Dipakai masak mie paling irit tuh mba

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
7 Agustus 2015 12.17 delete

iya mas, cuma kebetulan saya sebisa mungkin menghindari makan mie. makanya saya nggak pake rice cooker kalo masak mie. tapi temen biasanya sering sih masak mie di rice cooker :)

Reply
avatar
Lily Nur
AUTHOR
10 Agustus 2015 12.40 delete

rice cookernya da mirip kantong doraemon ya kak. Lengkap, smwnya bisa :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
10 Agustus 2015 15.46 delete

itu lah hebatnya alat bernama rice cooker Li, apalagi kalau dia dimiliki oleh orang yang tepat, a.k.a anak kos :D

Reply
avatar
ayu lestari
AUTHOR
13 Agustus 2015 18.25 delete

Masak nasi goreng dan jamur tiram goreng juga bisa loh, itu udah pernah saya praktekin sendiri. Ini rencananya mau nyoba ngetin coklat digabung sama rebus telur biar lebih efisien :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
13 Agustus 2015 19.42 delete

wooo.. iya iya.. inget..inget, dirimu pernah goreng jamur tiram di rice cooker hahhahaha..

weiiiss.. ide bagus tuh, sekali nyolokin rice cooker ke listrik, dua jenis masakan tereksekusi, keren ;)

Reply
avatar
Reza Andrian
AUTHOR
16 Agustus 2015 16.44 delete

Menggoreng di rice cooker? Gue baru denger wkwkwk XD
Dengan keterbatasan sekalipun, kalau mampu berpikir positif, pasti akan menghasilkan orang-orang yang kreatif. Kayak yang satu ini XD

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
16 Agustus 2015 19.21 delete

mau nyoba buktiin sendiri menggoreng di rice cooker ;) seru loooh.. hehhehe

iyaps... apapapun dan bagaimanapun, yg penting tetep mikir positif :)

Reply
avatar
19 Agustus 2015 15.09 delete

ga cepet rusak kah pancinya?
apalagi buat goreng risol, nanti rasa nasi nya aneh dong? hehe

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
20 Agustus 2015 08.33 delete

aman-aman aja kok mbak hehhehehe..

Reply
avatar
29 Januari 2016 00.22 delete

Luar biasaaaa gilanya.....hahaa XD

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
30 Januari 2016 23.42 delete

gila dan kreatif memang beda tipis mas :D

Reply
avatar
1 Februari 2016 15.01 delete

Kreatif kalo gak sampe gila itu ibarat softwere masih trial, belum full version, wkkk

Reply
avatar
Rei_tsuya
AUTHOR
18 Maret 2017 10.03 delete

Nyokap suka masak nasi uduk di rice cooker
Jadinya tetep enak

Reply
avatar