BLOGGER DAN UNDANGAN SERU KE BERBAGAI ACARA

10.03
BLOGGER DAN UNDANGAN SERU KE BERBAGAI ACARA
Blogger dan undangan seru ke berbagai acara
Blogger dan Undangan Seru ke Berbagai Acara : Apa enaknya ngeblog?! Apa motivasimu ngeblog?! Saya sering sekali mendapat pertanyaan senada. baik oleh sesama blogger ataupun oleh orang yang tidak mempunyai blog.

Sepertinya sudah pernah saya ceritakan. Awal mula saya ngeblog adalah karena menurut saya blog layaknya sebuah buku harian yang bebas mau saya isi apa saja. Bedanya buku harian yang ini sifatnya tidak rahasia dan bebas dilihat siapa saja. Tidak seperti buku harian yang biasanya berisi hal-hal yang pribadi, rahasia, dan tak ingin kita bagi ke orang lain.

Pandangan tentang blog sebagai diari kemudian bergeser setelah saya sadar ada hal-hal yang tidak bisa saya bagi di blog. Blog saya kemudian berfungsi sebagai arsip bagi tulisan-tulisan saya yang pernah terbit di Media. Jadi postingan barunya ada kalau tulisan saya terbit di media.

Di masa-masa itu, saya nggak kenal yang namanya komunitas blog ataupun aktifitas blog walking. Saya cuma posting lalu meninggalkannya begitu saja. Nggak ngerti yang namanya seo, template dkk *sampai sekarang masih nggak ngerti sih*

Baru setelah bergabung dengan komunitas blogger di Medan pada 2014 lalu, blog bagi saya seperti rumah. Tempatnya campur-campur. Berbagi pengalaman, informasi, dan sebagai tempat mengarsipkan tulisan yang publish di media.

Setelah gabung di komunitas dan maraknya blogger-blogger baru yang lahir, barulah saya ngeblognya pakai mikir *sedikit*. Mulai belajar rajin posting, beralih ke TLD, ganti template,blog walking, dan ikutin berbagai kegiatan di komunitas blogger.

Maraknya blogger dan pegiat dunia sosial membuat perusahaan mulai melirik profesi ini. Perusahaan, instansi, dan penyelenggara acara kini tak hanya mengundang awak media saat mereka mengadakan event, tetapi juga blogger dan buzzer.

Alhamdulillah saya beberapa kali mendapat undangan blogger, baik itu dari komunitas maupun diundang secara pribadi by email. Perasaannya tentu senang ya, apalagi kalau rame-rame bareng teman-teman blogger yang lain. Berasa seru aja.

Undangan blogger itu biasanya jadi ajang ngumpul-ngumpul para blogger. Apalagi sejak setaunan ini Blog M (Blogger Medan) lagi senang-senangnya ngumpul. Walau jadwal kumpul bulanan itu cuma sekali sebulan, tapi kadang kita suka ngumpul juga sekedar hang out bareng. So, undangan blogger dari perusahaan/instansi biasanya juga jadi ajang kumpul seru *bukan kumpul kebo ya*.
BLOGGER DAN UNDANGAN SERU KE BERBAGAI ACARA
Waktu diundang kulineran di amaliun foodcourt Medan. Sekalian ngumpul sama anak-anak Blog M
Salah satu undangan yang seru itu waktu diundang Jelajah XL. Jadi kita diundang untuk mengunjungi MSC (Mobile Switching Center) nya XL. Ya semacam pusat data dan operasinya XL lah. Jadi kita ke sebuah lokasi di Tanjung Morawa untuk melihat secara langsung tempat yang sebenarnya rahasia. Iya loh rahasia. Soalnya itu pusat operasinya XL di Sumatera. Kalau diibaratkan manusia, itu jantungnya. Jadi nggak boleh banyak yang tau karena dikhawatirkan ada yang ngisengin. Lokasinya bahkan nggak pakai plang penanda nama perusahaan karena memang ini tempat sakral. Nggak semua orang boleh masuk. Bahkan yang kerja di XL saja kalau pekerjaanya tidak berhubungan dengan tekhnis operator tidak diijinkan masuk. Dan you know what?! Ini untuk pertama kalinya XL ngundang orang di luar perusahaan untuk masuk ke wilayah sakral mereka. Bahkan wartawan juga benar-benar hanya yang terpilih yang diajak. Waktu itu lebih banyak jumlah bloggernya yang diajak. So pasti sebagai blogger saya senang banget dong diundang ke tempat yang nggak sembarang orang bisa masuk.
BLOGGER DAN UNDANGAN SERU KE BERBAGAI ACARA
Melihat jantungnya XL
Banyak keuntungan yang didapat saat diundang ke sebuah acara. Selain bisa ngumpul bareng sesama komunitas. Juga mendapat kenalan baru, entah itu orang penting dari penyelenggara acara, blogger lainnya, ataupun jurnalis. Dan so pasti dapat pengalaman baru mencoba sesuatu. Ilmu baru. Informasi baru yang belum tentu bisa kita dapat kalau kita bukan blogger. Ya seenggaknya jadi lebih duluan tau dibanding masyarakat umum.
BLOGGER DAN UNDANGAN SERU KE BERBAGAI ACARA
Waktu diundang ke Istana Koki. Icip-icip menu baru mereka
Trus apalagi untungnya?! Masih ada. Keuntungan lainnya adalah : dapat goodie bag. Iyess.. seringnya itu pihak pengundang nyediain goodie bag buat para undangan. Belum lagi cemilan dan makan siang/malam gratis. Kan lumayan buat anak kos seperti saya. Ngerasain makanan hotel dengan gratis plus nampang kece di ruangan berpendingin. Apalagi kalau ada quiz, livetweet/gram, undian, ataupun lomba blognya, widiiih… semangat men!! Yaah.. walaupun sejauh ini belum pernah menang lomba blognya. Keseringan menang livetweet sama menang undian *ini mah faktor keberuntungan ya. Tapi tetap amat sangat bersyukur loh* Moga-moga ke depan bisa menang lomba blog. Aamiin.

BLOGGER DAN UNDANGAN SERU KE BERBAGAI ACARA
Undangan launching Bolt di Medan. Alhamdulillah menang banyak hehhehe
Tapi bukan berarti semangat menghadiri undangan karena ada gratisannya aja loh. Nggak gitu juga lah. Gratisan-gratisan itu emang jadi penyemangat, tapi tanpa itu pun biasanya saya usahain datang kalau memang bisa datang. Kalau nggak bisa, mau banyak iming-iming gratisan ya tetap nggak datang juga.

Kekurangan diundang sebagai blogger ini sebenarnya lebih ke diri sendiri sih : malas nulis. Iya malas nulis. Paling sebel kalau udah malas nulis. Datang ke undangannya semangat, begitu giliran nulis malah malas, ooh God please help me! Saya suka ngomelin diri sendiri kalau si malas ini sudah menghampiri.

Malas nulis ini biasanya karena 2 hal : karena memang malas dan karena merasa produknya emang kurang berkualitas, jadi kebawa beban nggak pengen ngebohongin pembaca. Kalau sudah begini saya biasanya langsung mikir cari cara dan cari kata-kata yang tepat supaya bisa tetap nulis, nggak ngebohongin pembaca, dan gak ngecewain yang ngundang.

Malas nulisnya juga kadang karena pihak pengundangnya nggak asik. Waktu ngundang baik-baik, ramah banget, nyuruh ngusahain supaya banyak yang datang, minta tolong info acaranya di share, eh pas di acaranya tuh orang nggak ada ramah-ramahnya, kitanya dicuekin, kan males.

Hal males lainnya itu kalau kita nggak punya pengalaman tentang produk tersebut. Diundang peluncuran produk baru, smartphone misalnya. Tapi kitanya cuma disuruh dengerin mereka presentasi doang. Nggak dikasi kesempatan buat ngerasain sendiri pakai itu produk. Kasih gratis gituh *ngarep*. Ya minimal ada produk contohnya yang bisa dipegang, dirabah, dan diterawang *emang duit*. Jadi kita punya pengalaman yang bisa diceritakan.

Tapi sejauh ini sih pengalaman diundang sebagai blogger masih kebanyakan asik dan serunya. Wawasan jadi lebih luas dan banyak pengalaman. Jika ditanya mengapa perusahaan/instansi mengundang blogger di acara mereka, rasa-rasanya pertanyaan ini lebih tepat dijawab oleh si perusahaan/pengundang. Kalau menurut saya, mungkin karena mereka menyadari peran blogger dalam menyebar informasi di era digital ini tidak bisa disepelekan. Apalagi tiap blogger memiliki gaya penulisan masing-masing. Jadi tulisannya lebih beragam dan dari berbagai sudut pandang.
BLOGGER DAN UNDANGAN SERU KE BERBAGAI ACARA
Waktu diundang nginap di Mikie Holiday Resort Berastagi, sekaligus nyobain wahana di Mikie Funland. Seru dan berasa liburan jadinya.

Eh iya, semalam saya baru saja menghadiri undangan bincang-bincang tentang nutrisi anak dari sebuah perusahaan nasional. Alhamdulillah dapat pencerahan tentang nutrisi anak *tinggal nyari partner untuk kerja sama buat anak biar bisa dipraktekkin ilmu yang didapat tadi :D*. Asiknya dapat ilmu, goodie bag, dan Alhamdulillah menang livetweet competition. Tinggal mikirin nulisnya *semoga nggak males*.
BLOGGER DAN UNDANGAN SERU KE BERBAGAI ACARA
Nah kalau yang ini masih anget nih, barusan semalam. Ditulis juga belum, cari wangsit dulu buat nulisnya, soalnya ada lomba blognya. Doain menang ya :D
Ini sekilas cerita saya tentang Blogger dan Undangan Seru ke Berbagai Acara. Semoga ke depan makin banyak diundang ke acara *harapannya sih wisata gratis*. Kalian, sejak jadi blogger udah pernah diundang ke suatu acara? Bagi-bagi dong ceritanya.


Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

41 komentar

Write komentar
damarojat
AUTHOR
15 Maret 2016 10.49 delete

ga enaknya jadi punya utang nulis ya mbak. tapi tetep senang dong ya bisa kopdar dan dapat pengalaman baru.

@diahdwiarti

Reply
avatar
15 Maret 2016 10.54 delete

malas nuliss adalah musuhhh ....
kadang pengen nulis tapi stuck.. hehehe

Reply
avatar
15 Maret 2016 11.21 delete

iya mbak, punya utang tulisan itu rasanya sama aja kayak utang duit, jadi pikiran hehhehee..

Reply
avatar
15 Maret 2016 11.21 delete

musuh utama para penulis dan blogger sepertinya si malas ini ya kan mbak.

Reply
avatar
Wida Zee
AUTHOR
15 Maret 2016 15.28 delete

Ternyata ngeblog itu enak ya banyak ilmu baru yang di dapat dari teman dunia maya, informasi juga jadi sudah lumayan up to date, agak sedih sih saya terlambat mengenal blog ini pas masuk kerja aja di tahun 2014 hehe

Reply
avatar
15 Maret 2016 15.52 delete

saya sih nggak punya tips khusus mas. yang penting rajin ngeblog, rajin BW, dan gabung di komunitas di kotanya mas. semoga segera mendapat undangan acara sebagai blogger ya :)

Reply
avatar
15 Maret 2016 15.54 delete

aku juga mulai (sedikit) rajin ngeblog sejak 2014 mbak.
ngeblog itu asik. nggak hanya bisa berbagi info yang kita punya, tapi juga mendapat info dan pengalaman baru lewat berbagai kegiatan yang kita ikuti :)

Reply
avatar
Nur Islah
AUTHOR
15 Maret 2016 16.39 delete

Ini namanya blogger banyak acara hehehe

Reply
avatar
15 Maret 2016 20.05 delete

belum banyak-banyak banget lah mbak :)

Reply
avatar
15 Maret 2016 21.16 delete

xl yah? enaknya makan gratis
pernah diundang
@guru5seni8
http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

Reply
avatar
Rahmat Menong
AUTHOR
16 Maret 2016 08.19 delete

Ayik banget ya bisa kayak gini.

Reply
avatar
Jerry Han
AUTHOR
16 Maret 2016 10.24 delete

Wah, ceritanya seru. Brand yang ngundang juga keren2. Salut.
Ngomelin diri sendiri itu gimana caranya ya? Sambil bercermin trus ngomel hehehe...
Btw, ceritanya bikin iri dan bisa jadi motivasi ngeblog. Hebat.
Semangat bu :)
@ge1212y

Reply
avatar
16 Maret 2016 12.34 delete

iya XL salah satu corporate yang pernah ngundang mbak :)

Reply
avatar
16 Maret 2016 12.34 delete

alhamdulillah mas, asik :D

Reply
avatar
16 Maret 2016 12.36 delete

ngomelin diri sendiri itu ya kayak orang ngomel, tapi ngomelnya ditujukan buat diri sendiri hehhee..

alhamdulillah, undangan-undangan ini jadi nambah motivasi sekaligus nambah sering ngomelin diri sendiri kalau datang malasnya :D

Reply
avatar
16 Maret 2016 13.31 delete

wah seru ya jadi blogger, ajarin aku ngeblog kakak :)

Reply
avatar
Wida Zee
AUTHOR
16 Maret 2016 13.32 delete

*tsaaah* setuju kak hihi

Reply
avatar
Elisa
AUTHOR
16 Maret 2016 15.18 delete

Saya mah Blogger kurang acara.. Hehehe. Kurang usaha juga, ding. #eh ^^

Reply
avatar
ria mustika
AUTHOR
16 Maret 2016 17.30 delete

di daerahku belum ada komunitasnya mbak
hmm... asyik ya blogger medan keren acaranya rame

Reply
avatar
16 Maret 2016 18.55 delete

ah bang Yoga gitu, dia suhunya padahal :P

Reply
avatar
16 Maret 2016 18.56 delete

Mbak Elisa, yuuuk perbanyak usaha *dan do'a* biar makin banyak acara :D

Reply
avatar
16 Maret 2016 18.57 delete

kalau belum ada, mungkin mbak Ria bisa mulai cari-cari teman sesama blogger di kota mbak dan ajak buat komunitas.

yang keren teman-teman blogger Medan mbak, saya cuma kecipratan aja :D

Reply
avatar
Ahliah Citra
AUTHOR
16 Maret 2016 19.20 delete

Pengalaman jadi banyak and punya bahan tulisan, mba. Jadi ga bingung mau nulis apa di blog

Reply
avatar
16 Maret 2016 20.46 delete

iya mbak, karena undangan tersebut kita jadi punya sesuatu untuk ditulis :)

Reply
avatar
16 Maret 2016 22.03 delete

Eh iya acara NutriTalk-nya juga ada di Surabaya nanti tapi akhir Maret. Seru ya? Penasaran...

@amma_chemist
http://chemistrahmah.com/blogger-dan-fenomena-undangan-event.html

Reply
avatar
17 Maret 2016 06.53 delete

Itu dari bolt menang banyak mba :) Duh smartphone sama modem *ngiler

@gemaulani

Reply
avatar
17 Maret 2016 11.21 delete

ada di 3 kota kalau nggak salah acara Nutritalk mbak. iya seru mbak, ikutan gih, ada lomba blognya juga loh :)

Reply
avatar
17 Maret 2016 11.23 delete

alhamdulillah iya menang banyak mbak Lani :) dapat Smartphone, Wifi Modem, trus voucher pulsa senilai 200ribu. ngarepnya sih sering-sering menang banyak gini hehhehe

Reply
avatar
17 Maret 2016 13.13 delete

enak di medan udah ramai ya undangan.. Di Pekanbaru masih sikit

Reply
avatar
17 Maret 2016 14.32 delete

Serunya dapat undangan blogger selain ketemua teman sehobi, juga berkesempatan icip produk terbaru ya mba :)

@siethi_nurjanah

Reply
avatar
17 Maret 2016 18.09 delete

Seneng yah, jadi blogger apalagi gabung sama komunitas bisa diundang sana-sini, bener dapat goodie bag juga udah seneng loh..

Reply
avatar
Dini Febia
AUTHOR
17 Maret 2016 22.25 delete

Iya, ngeblog itu enak dan asyik. Apalagi kalau ikut acara begituan. Serasa tenar. Hahaha. :D

@epatyci16

Reply
avatar
Ririn Anindya
AUTHOR
18 Maret 2016 10.56 delete

Huum, jadi nambah teman & arus informasinya juga kencang. Ahaha, acara yang terakhir ikutan juga :D

Reply
avatar
Retno Andini
AUTHOR
18 Maret 2016 14.09 delete

wah seru ya di Medan :D aku pernah dtg ke beberapa acara, tapi belum undangan personal sih, baru dari komunitas aja hehe salam kenal dari Jkt :D

Reply
avatar
18 Maret 2016 15.01 delete

Siapa yang nolak kalo diundang gitu kan? Apalagi kalo yang ngundang udah ternama. Biarpun ga ada goodie bag nya tapi acaranya keren plus dapet banyak ilmu, aku siy iyes :D. Cuma buat nulis pengalamannya di blog ini yang kadang suka gimanaaa gitu... hahaha. Dasar blogger mau enaknya ajah aku nih :p

Reply
avatar
21 Maret 2016 02.28 delete

serunya kalo di undang itu bisa jumpa banyak teman baruuu, tapiantung orientasi si bloggernya itu sendiri sih,
intinya smeangat ngeblog kaka!

Reply
avatar
21 Maret 2016 23.01 delete

alhamdulillah disini lumayan sering dapat undangan mbak :) semoga di Pekanbaru bakal seramai Medan juga ya :)

Reply
avatar
21 Maret 2016 23.03 delete

iya mbak, seru-seruan bareng temen sekaligus nambah ilmu. kalau dapat hadiah ya alhamdulillah :)

Reply
avatar
21 Maret 2016 23.04 delete

senang banget. apalagi kalau bareng kak rin menghadiri undangannya :)

Reply
avatar