REFRESHING AND EDUCATING DI TAMAN HEWAN PEMATANGSIANTAR

kebun binatang siantar
Kebun Binatang Siantar
Refreshing and Educating di Taman Hewan Pematangsiantar – Wisata Sumut : Jika ke Pematang Siantar, kemanakah tempat yang asik untuk berwisata bersama keluarga? Salah satu jawaban yang paling tepat adalah Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) atau biasa disebut Kebun Binatang Siantar (KBS).

Sebuah bangunan memanjang dengan sisi tengah lebih menjorok ke depan, sebuah logo bertuliskan “Rahmat Foundation Indonesia” dengan huruf capital RR di tengahnya terpampang di bagian depan. Di bawahnya, terbaca dengan jelas huruf-huruf berwarna emas “Taman Hewan Pematang Siantar” dan sebuah gambar kepala harimau tepat di bawah kalimat tersebut. Pepohonan rindang di sekitar bangunan memberi kesan asri.

Kami melangkah ke arah bangunan tersebut. Melewati beberapa pedagang yang dikerumuni pembeli anak-anak, remaja dan dewasa. Melewati gate yang telah disediakan dan berkenalan dengan Ir. Gilzen Waldino, manager THPS.
kebun binatang siantar
Pak Wilzen tengah mengelus kepala unta
Ternyata, bangunan yang saya sebutkan tadi adalah akses masuk dan keluar THPS. Loket pembelian tiket masuk juga terdapat di bangunan tersebut. Tepatnya di sisi kanan gate.

Dari brosur yang diberi pak Wilzen, saya jadi tahu bahwa THPS memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya, THPS dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 dengan luas 4,5 Ha yang didirikan oleh Dr. Coonrad. Pada bulan Juni 1956 didirikan Museum Zoological oleh Prof. Dr. F. J. Nainggolan yang diresmikan oleh Rahmi Hatta (Ibu wakil Presiden RI kala itu). Namun, melihat kenyataan bahwa kondisi THPS tersebut tidak lagi memenuhi harapan masyarakat seperti jumlah hewan yang sedikit dan tidak terawat, maka sejak 1 September 1996, THPS yang sebelumnya dikelolah oleh Pemko Pematangsiantar diambil alih oleh Pengusaha Nasional Pecinta Lingkungan yang juga merupakan putra daerah, DR. H. Rahmat Shah selama 30 tahun. Nah, Rahmat Shah ini juga yang punya Galeri Rahmat Shah di Medan yang berisi aneka jenis hewan yang sudah diawetkan.
kebun binatang siantar
Foto Rahmat Shah bersama kawanan burung terpajang di salah satu lokasi kebun binatang
Itu sekilas sejarah tentang THPS alias Kebuan Binatang Siantar ini. Sekarang, bersama pak Wilzen saya hendak mengajak kalian untuk berjalan-jalan menyusuri kebun binatang yang beralamat di Jalan Kapt. M. H. Sitorus Nomor 10 Pematangsiantar ini.

Dari pintu masuk, memandang ke segala arah, selain suara para pengunjung, kami disambut oleh suara beraneka jenis hewan. Dan suara burung adalah yang paling dominan singgah di telinga kami. Kami memilih berbelok ke kanan, menyusuri jalan yang tak begitu lebar dengan kandang aneka burung di sisi sebalah kanan. Alahay, pantas saja suara burung yang dominan kami dengar. Sebuah pohon trembesi yang tadi terlihat dari halaman luar, terlihat berdiri kokoh. Pohon-pohon trembesi inilah yang membuat kawasan THPS teduh dan menghadirkan rasa nyaman bagi pengunjung untuk mengitarinya.
kebun binatang siantar
Site Plan Kebun Binatang Siantar
Secara geografis, THPS terletak di dua bukit yang terpisahkan oleh lembah. Di bawah, mengalir sungai kecil yang seakan menjadi oase bagi kehidupan hewan-hewan disana.

Kami terus berjalan hingga menemukan museum mini di sebelah kanan. Kemudian berbelok ke kiri, menuruni anak tangga untuk kemudian mendapati sungai dan menyeberang lewat jembatan yang telah disediakan, lalu kembali melewati anak tangga, kali ini naik. Sambil mengatur napas, saya memperhatikan rusa tutul yang kelihatannya juga sedang memperhatikan kami dan para pengunjung yang tengah berseliweran. Di sebelah rusa tutul, ada rusa Arjuna dan kangguru.
kebun binatang siantar
Jangan takut tersesat kalah mengunjungi Kebun Binatang Siantar, ada petunjuknya :) 
Sampai di atas, di ujung kanan, terdapat sebuah pintu yang merupakan akses masuk ke wahana permainan. Meski dibatasi tembok, wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak tersebut adalah bagian dari THPS. Jadi, jika kesini bersama keluarga/anak-anak, setelah berkeliling THPS, kita dapat mengajak keluarga untuk mencoba aneka permainan disana : kuda putar, kereta api, mandi bola, permainan ketangkasan,serta hiburan musik pun tersedia.

Kami melanjutkan langkah ke arah kiri. Menyapa berbagai jenis ayam dan burung yang kandangnya berjajar memanjang. Merpati, ayam hutan, puyuh gonggong, pergam, puyuh sengayam dan aneka jenis burung dan ayam lainnya yang akan banyak sekali jika saya sebutkan satu persatu. Ah… mereka cantik-cantik sekali. Bertengger  dengan manis di dahan-dahan buatan menyerupai dahan pohon. Burung-burung ini asyik bercicit-cuit (berkicau-red), seolah tengah menyapa pengunjung yang banyak mengabadikan mereka dalam kamera pribadi.
kebun binatang siantar
Cantik bener warna ini burung yaaak
kebun binatang siantar
Jalan santai sambil melihat aneka burung
Di seberang, ada komodo. Hohohoo… tak perlu jauh-jauh ke Pulau Komodo untuk melihat hewan yang satu ini. Di THPS juga ada loh. Hewan yang mirip biawak ini tampak tak terusik saat saya melambaikan tangan ke arahnya “siapa loh?”, mungkin begitu yang ada dalam pikirannya hehheee…
Selanjutnya, langkah saya sedikit tertinggal dari pak Wilzen. Mungkin karena saya asik memperhatikan hewan-hewan dalam kandang yang saya lewati.
kebun binatang siantar
Para pengunjung tengah melihat-lihat koleksi Kebun Binatang Siantar
Setelah melewati kandang Kijang Mas dan Sitatungga, langkah saya terhenti pada kandang Panthera Tigris Sumatrae alias Harimau Sumatera. Saya gemes melihat si kucing besar ini, ingin membelai bulu-bulunya yang terlihat cantik itu. Tapi kala matanya mengedarkan pandangan, saya malah bergidik. Huh… untung ia terkurung dalam kandang berterali besi. Pengunjung juga diproteksi dengan pagar besi agar pengunjung yang iseng tidak bisa menjangkau kandang harimau berbulu coklat berliris hitam itu. Saya pun kembali merasa aman. Uniknya, harimau ini memiliki nama. Di sisi kandangnya terdapat tulisan yang berbunyi begini “Kami adalah Harimau Sumatera, kami memiliki nama panggilan. Nama saya : Jendral”. Wohohooo…. Si Jendral ternyata, pantas saja terlihat gagah dengan tatapan mata tajam seolah ingin menundukkan siapa saja yang menjadi lawannya, Jendral… hehheee.
kebun binatang siantar
Eheeemm... serem amat bos :D
Saya kemudian beralih ke kandang berikutnya. Ada Tina, si harimau putih yang tengah bersantai. Kemudian adan singa yang jika mengaum suaranya bisa terdengar hingga radius 4 km. Kandang singa dan harimau ini lumayan banyak dikerumuni para orang tua bersama anaknya.
Beberapa hewan di THPS memang diberi nama. Selain itu, ditiap kandang terdapat informasi mengenai si hewan. Informasi tersebut biasanya mencangkup tentang nama, nama latin. Penyebaran daerah, jenis pakan dan informasi lainnya.
kebun binatang siantar
Papan info mengenai hewan tertera di dekat kandang
“Kita memang memberi nama ke mereka (hewan). Sejak lahir atau sejak awal mereka tiba disini, kami beri nama,” beber pak Wilzen.

Saya merasa beruntung saat singgah ke kandang merak. Merak-merak berwarna biru, putih dan hijau yang kandangnya berjajar ini, tidak hanya mengeluarkan suara saat saya menghampiri mereka. Beberapa di antara mereka juga mengembangkan sayapnya yang super cantik itu. Wahh..wah… saya sungguh surprised dibuatnya.
kebun binatang siantar
Beruntungnya bisa melihat si merak mengembangkan sayap indahnya :)
Masih ada banyak koleksi hewan di THPS. Saya pun tak mungkin menyebutkan semuanya. Bagaimana tidak, saat ini ada 700 ekor dan 204 jenis koleksi hewan di kebun binatang ini. Saya pun tentu tak hapal satu persatu nama mereka.
kebun binatang siantar
Tau kan ini hewan apa namanya ;)
kebun binatang siantar
Kira-kira apa yang dikatakan si burung ya :D
“Dulu saat pertama kali diambil alih pada 1 September 1996, koleksi hewannya masih sedikit. Hanya ada 37 jenis dan 135 ekor. Sekarang Alhamdulillah sudah banyak. Jadi para orang tua yang berkunjung kesini bisa memperlihatkan banyak koleksi hewan kepada anak-anak mereka. Refreshing sekaligus edukasi,” papar pak Wilzen.
kebun binatang siantar
Kalau disini, pengunjung bisa memberi makan zebra
kebun binatang siantar
Anak-anak antusias melihat koleksi kebun binatang
kebun binatang siantar
salah satu jenis monyet di Kebun Binatang Siantar
Usai melihat-lihat unta, sepuluh spesies monyet, beruang madu, zebra dan koleksi lainnya. Kami undur diri kepada pak Wilzen karena harus kembali ke Medan. Pria sederhana tersebut mengantarkan kami hingga ke pintu keluar.

Jika kalian berkunjung ke kota Pematangsiantar, datanglah ke THPS. Disana bisa refreshing sejenak menikmati pohon-pohon rindang dan aneka jenis hewan : burung, musang, ayam, buaya, ular, macan, kucing bakau, landak, dan masih banyak lagi. Bersama keluarga dan anak *ponakan deh kalau masih single unyu seperti saya* bisa memperkenalkan aneka fauna tersebut pada anak/ponakan. Refreshing and educating, ideal bukan?!
kebun binatang siantar
Yang ingin beli souvenir, bisa beli disini
kebun binatang siantar
Rekreasi bersama keluarga sambil mengedukasi si kecil

Share:

23 komentar

  1. wah keren juga ya kebun binatang Pematangsiantar

    BalasHapus
  2. Ihh bersih banget tempatnya, udah gitu hewan-hewannya bahagia, gemuk-gemuk, sehat...pasti dirawatnya dengan hati. Hehe

    itu pak Wilzennya memang suka nganter tour pengunjung apa kebetulan ada mbak?

    @onlykharisma

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, lumayan terawat dan bersih mbak :)

      aku kebetulan waktu kesana itu statusnya tamu, jadi beliau ikut nemanin muter-muter :D

      Hapus
  3. Udah lama banget aku nggak ke taman hewan atau kebun binatang, nampaknya sekarang jarang diminati ya, andai deket sama taman hewan ini

    @umimarfa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hari libur biasanya rame disini mbak. ini foto-fotonya waktu kami berkunjung bukan di hari libur. jadi lumayan sepi. tapi pernah waktu hari libur kesini ramenya lumayan :)

      Hapus
  4. Salam kenal mbak.. Semoga ya, suatu hari bisa ke pematang siantar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. nanti kalau kesini jangan lupa berbagi pengalaman di blog ya mbak :)

      salam kenal.

      Hapus
  5. itu meraknya pasti jantan. ya kan mak? :-D

    yang foto harimau itu bukannya singa ya mak?

    paling senang kalau ke kebun binatang yang hewannya terawat. ikut bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, yang jantan. nah kalau harimaunya itu emang fotonya foto singa ixixixiiii... soalnya pas si harimau dy jaraknya jauh. kandangnya kan lumayan gede tuh. nah dianya di ujung belakang kandang. kagak kejangkau ama kamera kita. tetep bisa kefoto sih, tapinya lebih keren foto si singa ini :D, nah sayanya udah terlanjur nulisnya tentang si harimau. gitu liat fotonya gak memadai xixiixii

      Hapus
  6. Balasan
    1. cantik memang mbak, kebetulan waktu saya kesana dianya mau memperlihatkan keindahannya :)

      Hapus
  7. meraknya cantik banget Mbak :)
    monyetnya albino yah Mbak? baru kali ini saya melihat monyet yang berwarna putih :D

    BalasHapus
  8. Tempatnya keren ... Binatanngnya juga lumayan lengkap di sini. Aku beneran baru tahu kera putih, tak pikir hanya ada di hanoman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhee... aku juga baru liat salah satu jenis monyet ini di kebun binatang siantar ini mbak :)

      Hapus
  9. Waah..kebun binatangnya terlihat rapi, tertata dan bersih ya..
    @siethi_nurjanah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, lumayan asri juga karena banyak pohon rindang :)

      Hapus
    2. iya mbak, lumayan asri juga karena banyak pohon rindang :)

      Hapus
  10. Kayaknya asik nich buat tempat liburan bareng keluarga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaps, asik sekaligus jadi nambah pengetahuan, terutama buat anak-anak

      Hapus