PANORAMA INDAH DI KEBUN TEH BAH BUTONG - SIDAMANIK, PEMATANGSIANTAR

21.04
kebun teh bah butong sidamanik pematangsiantar
Kebun Teh Bah Butong - Sidamanik, Pematangsiantar
Panorama Indah di Kebun Teh Bah Butong - Sidamanik, Pematangsiantar - Wisata Sumut : Teh. Umumnya masyarakat Indonesia memiliki budaya minum teh ataupun kopi untuk memulai hari. Saat bertamu ke rumah teman ataupun sanak keluarga, segelas teh manis panas adalah minuman yang biasa disajikan sang tuan rumah. Dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah, teh tak pernah absen dari daftar minuman di buku menu. Di Medan, teh manis dingin bahkan punya nama unik tersendiri, mandi : manis dingin alias teh manis dingin.
teh manis dingin
Mandi a.k.a Manis Dingin :)
Teh. Rasanya tak ada masyarakat Indonesia bahkan dunia yang tak mengetahui jenis minuman ini. Tapi pasti ada yang tidak tahu bagaimana bentuk tanamannya. Karena itulah, di postingan kali ini saya ingin membawa kalian berwisata ke perkebunan teh. Oya, sebelum melanjutkan membaca, tak ada salahnya jika terlebih dahulu menyeduh segelas teh untuk teman membaca postingan saya kali ini.

Perkebunan teh di Puncak – Bogor mungkin adalah perkebunan teh yang sering kita lihat di televisi. Tapi tahukah kalian, di Sumatera Utara, tepatnya Kecamatan Sidamanik - Simalungun, terdapat perkebunan teh yang indah bernama Bah Butong? Perkebunan teh ini sebenarnya bukanlah objek wisata yang sah. Namun keindahannya telah mengundang banyak orang untuk datang dan menikmati keindahannya dari dekat.

Dari Medan, kebun teh Bah Butong berjarak 155 km dengan jarak tempuh sekitar empat hingga lima jam berkendara. Sementara dari kota Pematangsiantar hanya berjarak 26 km ke arah barat daya. Jika kita melakukan perjalanan dari arah Pematangsiantar, perjalanan akan diliputi dengan pemandangan persawahan yang indah dengan sistem terasering. Uniknya, masa tanam dan panen di sawah-sawah ini seakan berbeda-beda, jadi bisa saja kita menemui sawah dengan padi menguning siap panen ataupun yang masih hijau bersemi. Sesekali, pemandangan akan berganti dengan perumahan warga ataupun tanaman lainnya, jagung misalnya.
kebun teh bah butong sidamanik pematangsiantar
Pemandangan sawah dari Pematangsiantar ke Sidamanik
kebun teh bah butong sidamanik pematangsiantar
Pemandangan dari Pematangsiantar ke Bah Butong - Sidamanik
kebun teh bah butong sidamanik pematangsiantar
Selain sawah, pemadangan lain adalah tanaman masyarakat dan bukit barisan di kejauhan
kebun teh bah butong sidamanik pematangsiantar
Kuburan suku Batak yang unik dan khas banyak ditemukan di sepanjang perjalanan
Berjalan terus ke arah Parapat melalui rute Tanjung Unta, melewati perkampungan Sarimatondang hingga menjumpai persimpangan tiga dengan penanda bertuliskan “Selamat Datang di Kebun Teh Bah Butong” dengan tanaman setinggi pinggang orang dewasa, berdaun lebat dan rapat di kanan kiri jalan, berbelok ke sebelah kiri. Dititik inilah pengunjung biasa memarkirkan kendaraan di sisi jalan.
Welcome to Kebun Teh Bah Butong. Sambil memandang ke alam luas, mari melangkah sejenak ke belakang. Dalam situs resmi PTPN IV diceritakan bahwa kebun teh Bah Butong dibuka pada tahun 1917 oleh Nederland Hand Maskapai (NV.NHM). Sepuluh tahun kemudian baru dibangun pabrik pertama yang mulai beroperasi pada tahun 1931. Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1957 barulah pemerintah Indonesia mengambil alih secara kelembagaan kebun teh tersebut. Sementara itu, sumber lain menyebutkan bahwa dulunya kebun teh indah ini konon milik salah satu kerajaan di Simalungun yakni Kerajaan Sidamanik dengan pendirinya Opung Nai Horsik yang sangat pintar mencari lokasi strategis sebagai pusat kerajaan, memperhatikan keseimbangan alam, ketersediaan air hingga pertahanan wilayah.

Mari kembali ke masa kini dan menyimpan kedua informasi di atas sebagai sebuah pengetahuan dan dasar untuk mencari informasi lebih akurat lagi. Di kebun teh yang berada di ketinggian 890 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan kondisi geografis berbukit-bukit, siapapun yang memandang pastilah akan berdecak kagum. Hamparan perkebunan teh nan luas ini dengan warnanya yang hijau bak permadani raksasa yang membentang menyegarkan mata. Pepohonan pinus di pinggiran perkebunan yang seolah berfungsi sebagai pembatas, menjadikan pemandangan semakin manis semanis teh manis. Apalagi jika cuaca cerah dengan langit birunya. Ah, rasanya tak ingin beranjak dari tempat ini.
kebun teh bah butong sidamanik pematangsiantar
View kebun teh Bah Butong
kebun teh bah butong sidamanik pematangsiantar
Berpose dengan latar belakang pepohonan pinus di kiri-kanan jalan
Waktu terbaik mengunjungi Kebun Teh Bah Butong adalah pagi hari saat matahari tersenyum di ufuk timur dan embun pagi singgah di pucuk-pucuk daun teh. Sore hari, ketika matahari hendak pulang ke peraduan dan langit memancarkan semburat jingga dengan semilir angin yang hening namun syahdu, juga merupakan waktu yang tepat untuk bersantai sembari menikmati keindahan panorama Kebun Teh Bah Butong. Namun begitu, jika kita tiba pada siang hari, kebun teh Bah Butong tetap menawan untuk dinikmati.
kebun teh bah butong sidamanik pematangsiantar
Kebun teh Bah Butong - Sidamanik, Pematangsiantar
Apa yang bisa dilakukan di kebun teh Bah Butong? Tentu saja menikmati keindahan panoramanya sambil merasakan sejuknya udara khas perbukitan. Ingat tayangan Teletubbies? Di tayangan tersebut terdapat bukit hijau. Nah, disini kita akan menemukan bukit seperti dalam tayangan tersebut. Berjalanlah ke bukit yang paling tinggi, sampai di titik paling atas, pandanglah ke sekeliling. Kiri, kanan, depan, belakang, semuanya hijau menyegarkan mata. Rentangkan kedua tangan selebar mungkin, tarik napas dan biarkan paru-paru dipenuhi udara bersih dan sejuk khas perkebunan teh Bah Butong.
kebun teh siantar wisata sumut
Di antara hijaunya perkebunan teh
Bersama teman atau pun keluarga, berjalan santai menyusuri gang-gang sempit yang menjadi cela antara satu jalur dengan jalur lain pepohonan teh Bah Butong akan menghadirkan keasikan tersendiri bagi siapa saja. Suasana tenang dan pemandangan hijau seakan berubah menjadi senjata ampuh penghilang kepenatan akan aktifitas sehari-hari. Perbincangan hangat nan akrab akan sangat mudah terjalin di suasana seperti ini. Ya, suasana dan udara sejuk bah Butong akan membawa energi fositiv yang mampu menciftakan kehangatan antara kita dan orang-orang terdekat. Bersama pasangan, pemandangan eksotis Perkebunan Teh Bah Butong akan menyeret kita dan pasangan ke romantisme ala film-film India.
kebun teh siantar wisata sumut
Kebun Teh Bah Butong - Sidamanik, Pematangsiantar
kebun teh siantar wisata sumut
Pasangan yang sedang berpose dengan latar belakang perkebunan teh dan langit yang cerah
kebun teh siantar wisata sumut
Tempat indah begini memang pas jika diabadikan bersama pasangan :)
Kebun Teh Bah Butong adalah tempat dimana siapa saja bisa menghasilkan foto-foto cantik untuk dipamerkan kepada publik di media sosial tanpa harus menjadi fotographer handal. Untuk para penghobi fotographi, tentu saja tempat ini bisa dijadikan objek foto yang luar biasa.
kebun teh siantar wisata sumut
view kebun teh Bah Butong - Sidamanik, Pematangsiantar
kebun teh siantar wisata sumut
Jalanan dengan pohon pinus di kiri-kanannya
Jika beruntung, pengunjung akan bertemu dengan para pemetik teh yang membuat pemandangan kebun teh Bah Butong semakin hidup. Para pemetik teh yang sudah terlatih dan sangat cekatan memetik daun-daun teh pilihan untuk kemudian diproses menjadi teh yang enak untuk dinikmati.
Selain panorama indah dan udara segar, perkebunan teh Bah Butong juga layak untuk dijadikan wisata edukasi. Tak heran jika perkebunan ini juga sering dijadikan tempat study tour dan field trip dari kampus-kampus di Medan. Kita pun bisa datang bersama keluarga dan mengenalkan teh dan sejarah berdirinya perkebunan ini kepada anak ataupun keponakan kita.
kebun teh siantar wisata sumut
Pengunjung yang datang bersama keluarga
kebun teh siantar wisata sumut
Selain bersama teman, kebun teh ini juga cocok untuk tempat rekreasi bersama anak-anak

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
Tira Soekardi
AUTHOR
31 Januari 2016 03.03 delete

wih pastinya seger udaranya ya, kapan bisa kemari ya

Reply
avatar
Eksapedia
AUTHOR
31 Januari 2016 04.44 delete

Ihh keren banget mbak..
waduh jadi kangen maen ke kebun teh.Terakhir maen ke kebun teh sekitar 1 tahun yang lalu. Huhuhu...

Reply
avatar
31 Januari 2016 07.33 delete

Daku belum pernah tea walking, kayaknya seru juga ya tapi kapan bisanya :( btw di foto langitnya cakep cakep banget :D

Reply
avatar
Renal Wijaya
AUTHOR
1 Februari 2016 01.18 delete

Ada tempat penginapan gitu gak ya?

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 Februari 2016 15.54 delete

iya mak, segar dan adeeeem :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 Februari 2016 15.55 delete

siapa yang keren mas? saya atau kebun tehnya? ehehhee..

yuuk main ke kebun teh mas :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 Februari 2016 15.56 delete

kemarin pas beruntung kesana pas langitnya cerah mbak, jadi pas banget buat foto-foto kece :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 Februari 2016 15.57 delete

ini sebenarnya perkebunan teh milik perusahaan mas, bukan tempat wisata. tapi karena tempatnya keren jadi banyak yang kesini. so, tidak didukung dengan penginapan. tapi di kota Pematangsiantarnya banyak penginapan mas :)

Reply
avatar
Eksapedia
AUTHOR
1 Februari 2016 20.50 delete

dua duanya + view nya juga :D Hahaha
Ane mah kalau urusan ngetrip langsung berangkat..
Ayoo ayooo :D

Reply
avatar
Wahab Saputra
AUTHOR
3 Februari 2016 05.53 delete

Kayaknya..klo dibuka sebagai objek wisata keren juga nich Mbak...

Reply
avatar
Wahab Saputra
AUTHOR
3 Februari 2016 05.56 delete

Apalagi bareng keluarga atau teman,jadi makin seru...

Reply
avatar
Dul Haq
AUTHOR
3 Februari 2016 08.55 delete

Ngelihatnya aja dah bisa merasakan keindahannya, apalagi benar2 mampir kesana. Terima kasih infonya. Mampir juga ke taman buah nangka di mekarsari

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
3 Februari 2016 19.19 delete

iya mas, tapi ya itu kebijakan perusahaan :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
3 Februari 2016 19.20 delete

hayuk berkunjung ke kebun teh bah butong pematangsiantar mas, biar membuktikan sendiri keindahannya hehhee..

oke siap mas, meluncur :)

Reply
avatar
arief Sigli
AUTHOR
4 Februari 2016 21.14 delete

suasana-nya pedesaan banget, suka saya :)

Reply
avatar
rendiswis
AUTHOR
13 Februari 2016 10.51 delete

keeeereeen la memang :)

"Pasangan yang sedang berpose dengan latar belakang perkebunan teh dan langit yang cerah"

akhirnya berjodoh :'D

Reply
avatar