SARDEN ADABI : SARDEN ANDALAN ANAK KOS

Sarden Adabi : Sarden Andalan Anak Kos - Sebagai anak kos yang sudah teruji selama belasan tahun *tsaah.. gaya banget* dan sering melewatkan bulan ramadhan tanpa orangtua, saya sudah punya beberapa makanan ampuh yang mudah pengerjaannya saat sahur. Mm.. sebenarnya bukan saat sahur aja sih. Di hari-hari biasa juga makanan-makanan ini sering jadi teman setia saya di saat-saat lapar tapi malas keluar untuk beli makanan .

Daaan.. apa-apa saja sih makanan tersebut? Ini dia, yiihaaa.. :

Mie Instant
Oke, saya tak menganjurkan kalian untuk sering-sering makan mie instant. Tapi saat level kemalasan kalian meningkat tinggi seiring datangnya bulan purnama *loh.. apa hubungannya?! #abaikan*, mie instant bisa dijadikan pilihan. Itu sebabnya walaupun saya sebisa mungkin jarang mengkonsumsinya, tetap saja ia ada di list stock makanan saya hehhehe.. mmm.. bisa dikatakan alternative terakhir lah ya :D

Sambal Pecal
Auldra -teman ngontrak saya di kontrakan lama- paling suka kalau saya bawa sambal pecal saat kembali dari kampung. Menurutnya sih, sambal pecalnya mantap surantap *membusungkan dada, bangga. Padahal yang buat bukan saya, melainkan emak saya :D*. iya, sambal pecal ini jadi salah satu bumbu andalan saya. Biasanya sih saya tinggal beli timun, merebus mie lidi ataupun sayuran, encerkan sambal pecal, campurkan sambal dengan mie/sayuran rebusan, jadi dah. Tapi seringnya malas saya akut, jadinya sambal pecalnya difungsikan kayak sambal merah/ijo pada umumnya, tanpa tambahan mie ataupun sayuran :D

Kecap dan Saus
Hiyaaa… walaupun fungsinya hanya sebagai pelengkap. Tapi ya tetap saja kalau tidak ada mereka rasanya tidak lengkap hehehe.. jadi ya kedua jenis ini biasanya selalu ada di atas meja bersama stock lainnya.

Sarden
Nah ini buat yang pengen lauk makannya pakai ikan tapi males ribet, sarden adalah pilihannya. Ikan kalengan ini memang kerap dijadikan pilihan dengan alasan kepraktisannya. Tak perlu membersihkan ikan ataupun menyiapkan bumbu yang ribet.

Salah satu produk ikan kalengan yang mudah didapatkan di kios ataupun minimarket terdekat adalah sarden ADABI. Sarden Adabi terbuat dari ikan sarden, saus tomat dan garam *ikan sarden dan saus tomatnya asli loh* yang diproses dalam waktu 24 jam.

sarden adabi : sarden andalan anak kos
ini nih penampakan si sarden dan bumbu tambahannya. eh tapi bumbu tambahannya nggak sebanyak yang difoto ya :)
Cara penyajian sarden Adabi tidaklah ribet. Tinggal menumis satu buah bawang merah, setengah bawah putih dan cabe *ditumbuk, takarannya bisa sesuai selera*. Jika kurang asin menurut lidah kita, tinggal ditambah sedikit garam saja. Atau jika suka, akan lebih enak jika ditambah Asam Jawa Adabi. Masukkan sarden Adabi, aduk perlahan hingga merata. Sarden siap dinikmati. Mudah kan. Saya berhubung cuma adanya rice cooker, jadi mengeksekusinya di rice cooker heehhehe, mantap ala anak kos ;)

sarden adabi : sarden andalan anak kos
nah ini penampakan setelah dimasak. karena saya suka sayur jadi saya beri campuran daun sawi hijau :)
Tak perlu susah-susah membuka kaleng sarden seperti sarden pada umumnya. Cara membuka sarden Adabi cukup praktis karena bagian atasnya dibuat seperti minuman kaleng. Tinggal tarik dan tekan seperti kita membuka minuman kaleng, sarden akan terbuka dengan mudah.

Asiknya, sarden Adabi ini terdapat yang ukuran kecil *155 gram, isinya 3 potong ikan*, jadi kalau saya cuma sendiri ataupun berdua dengan Yoeger, nggak perlu khawatir akan nggak habis. Tapi kalaupun masak yang ukuran lebih besar tetap habis juga sih. Soalnya rasanya yang enak dengan daging lembut dan bumbu yang pas membuat kami tak akan rela untuk menyisahkannya *bilang aja rakus hehhehe..*

sarden adabi : sarden andalan anak kos
nyam..nyam.. berasa jago masak, padahal emang sarden adabinya yang udah enak dari sononya :D
Nah, dengan keempat senjata di atas itu, biasanya rasa lapar saya akan teratasi. Begitupun saat ramadhan. Apalagi saat bangun menjelang waktu-waktu imsak, pilihan pasti jatuh ke sarden Adabi dkk. Praktis dan nggak perlu waktu lama untuk mengeksekusinya.

Eh, kalian, apa nih stock makanan terjitu saat ramadhan?!

Share:

16 komentar

  1. Aku juga nyetok sarden kaleng... hihi. Diujung-ujung Ramadhan gini makan sahurnya agak mepet, jadi sarden begini bisa jadi penyelamat disaat kepepet sebelum imsak... hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Moll, sarden memang bisa diandalkan di saat-saat mepet :D

      Hapus
  2. enakk banget nih,, jago masak kakak ini ya,,,
    untuk bumbu pecel,, mak juga sering buat gitu,, :D hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan aku yang jago masak rud, emang sarden adabinya yang mantap punya hehehe.. wah, bisa lah ini minta buatkan mamakmu rud kalo bumbu pecelku abis :)

      Hapus
  3. ROTI TAWAR! Temen saya ada yg beli roti tawar di minimarket buat sahur sama buka puasa dimakan selembar. Bisa awet untuk 5 hari, hehehe. Rotinya dimakan polosan gitu aja, nggak pakai mentega dan pelengkap. Namanya juga anak kos, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini jaman kuliah saya pernah juga stock roti tawar, tapi sekarang udah nggakk pernah lagi. anak kos memang punya berbagai cara dan makanan ampuh untuk penghalau lapar :)

      Hapus
  4. Aku baru dengar merk sarden ini dan belum pernah coba. Kalau ada kesempatan mau juga nyoba sih

    BalasHapus
  5. biasanya kalau kami sardennya pake bihun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku karena suka sayur win, makanya pake sayuran. inilah fleksibelnya sarden, bisa dikombinasikan sama yang kita suka :)

      Hapus
  6. Kok produk ini gak saya temukan di supermarket ya. Kebanyakan sarden dari ABC mulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh.. iya kah?! disini ada loh. wah mana nih orang distributor sarden adabi, kami butuh penjelasan hehhee..

      Hapus
  7. eksekusi fotonya cantek qaqa

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih iyah, ini udah pake cari wangsit dulu nih biar menghasilkan foto yang tak seberapa itu :D

      Hapus
  8. Balasan
    1. eh kerupuk juga ya. kalau aku jarang sih memang nyetok kerupuk. tapi kalau orong-orong sering juga :D (termasuk kerupuk nggak ya)

      Hapus