SELERA UNDE, SEBUAH KEISENGAN YANG NIAT BANGET!

 

Selera-unde

Selera Unde, Sebuah Keisengan Yang Niat Banget! -  Hai kalian, apa kabar?! Semoga dalam keadaan baik ya. Aku, si blogger remahan rengginang yang postingnya sebulan sekali belum tentu ini mau cakap-cakap sedikit lah, biar ada tulisan baru disini ehehheheee



Kemarin siang, bangun tidur, aktifitan hape, trus ketawa-ketawa sendiri baca chatnya kak Nana. Dia nanya apa aku ada kirim paket ke dia. Gara-garanya dia dapat kiriman snack box tapi dia nggak tau siapa orang di balik nama pengirim Selera Unde yang tertera di box tersebut. Aku jelas berkelit dong. Walau ngetiknya sambil ketawa-ketawa sendiri.


Cemilan-selera-unde
WA dari Kak Nana :D


Dari beberapa kawan yang aku kirimin snack box, cuma Kak Nana yang nanya untuk memastikan. Yang lainnya nggak tau kenapa kok ya langsung tau aja gituh kalo aku yang ngirim. Langsung upload di sosmed ngetag akunku, hahahhaha,,, nggak berhasil aku tuh nyupreisin orang dan bikin penasaran. Cuma ke Kak Nana doang (sedikit) berhasilnya, itu juga dia udah curiga kalo aku yang ngirim. Nggak pinter nih aku buat kejutan.


Ide ngirimin snack box ke kawan-kawan ini sebenarnya muncul gitu aja. Berawal ketika aku upload foto bawang goreng bikinanku di FB dan story WA. Salah satu yang respon adalah Tipa. Dia ternyata bawang goreng lover, sama kayak aku. Nah dia tuh yang nyuruh jual, mau jadi pelanggan pertama katanya wkwkkwkwkw.


Tapi yang terbersit di pikiran justru pengen ngirimin dia bawang goreng buatanku yang menurutku ya not bad lah. Kriuk-kriuk kok, nggorengnya juga pas, nggak kegosongan.


Kepikiran buat tiba-tiba aja gitu ngirimin, nggak usah bilang-bilang dulu, biar kejutan gitu loh maksudnya. Kan pasti bakal terkejut tuh orang ketika ngerasa nggak ada order sesuatu tiba-tiba ada paket datang dengan box diikat pita.

Penampakan snack box setelah udah jadi (foto kiriman Tipa) 


Tapi kan nggak asik dong kalo cuma ngirimin bawang goreng doang, harus ada temennya nih. Apa lah gitu biar isi boxnya rame. Langsung lah kepikiran cemilan.


Nggak tau kenapa kemarin itu aku spontan banget deh. Ide-ide bermunculan gitu aja. Dari mulai kepikiran pake standing pouch plastic, kemasan plastik kekinian itu, stiker label, sampe boxnya. Kalo pita mah emang udah ada di rumah. Tapi yang lainnya ini nggak ada gaes, dan aku bela-belain beli loh. Entah karena emang lagi gabut jadi langsung spontan eksekusi. Atau ya  nggak tau lah kenapa.


Pokoknya waktu itu langsung aja gituh terbersit nama Selera Unde buat jadi nama labelnya. Spontan cari-cari info harga cetak stiker. Spontan juga download aplikasi untuk buat logonya.


Gile!!! Beneran gila sih menurutku. Soalnya blog perempuannovember.com aja dari awal dibuat ampe sekarang aku nggak pernah tuh buat logonya sendiri. Selalu minta tolong temen untuk buatin. Udah pernah dikasi tau pake aplikasi ini ono ini ono untuk bikin logo, tetep aja aku milih minta buatin. Nggak ada bakat aku mah disain-disain gitu. Ribet menurutku. Nggak pernah seniat itu juga buat belajar bikin logo sendiri. Makanya selama ini tiap temen buatin logo Perempuan November mau gimana pun disainnya tetep aja aku pake. Karena ya itu, aku ngerasa aku nggak bisa buatnya.


Tapi kali ini meeeen, entah apa yang merasukiku sampe download aplikasi pembuat logo, trus belajar sendiri deh, sampe tadaaaaa,,,, jadi lah itu logo Selera Unde. Walau mungkin menurut kalian disainnya biasa aja atau bahkan aneh, tapi buatku ini sebuah pencapaian. Dan aku seneng aja gituh liatnya. Nggak nyangka aku bisa loh buat logo itu, bahagia aku tuh, ehhehehe mulai lebay deh.


Logo udah jadi, cari-cari info percetakan. Dapet. Kemasan plastiknya? Nah ini yang beneran kayak semesta tuh ngedukung banget gituh. Lagi bawa sepeda motor di jalan apa gituh kemarin ya. Eh nggak sengaja liat plang toko plastik yang model standing pouch gitu. Sebenarnya dia jasa cetak logo di kemasan produk gitu sih. Tapi kalo beli plastiknya doang bisa. Aku beli lah plastiknya doang berhubung udah cetak sticker logo.


Cuma boxnya aja sih yang salah beli. Kan beli online tuh. Di deskripsi disebutin sih ketebalan kertasnya. Cuma ya aku nggak mikir kalo setipis itu ternyata. Bukan kayak kardus tebal gitu. Tipis kayak kemasan nasi kotak gitu gaes. Tapi ya berhubung udah dibeli ya tetap dipake walau gitu nyampe alamat penerima ada penyok-penyoknya :D


Eh iya, hal terniat lainnya adalah aku sampe bela-belain beli alat pengiris bawang gaes wkkwkwkkw. Karena niat awalnya emang mau ngirimin bawang goreng, aku mikir bakal capek banget nih ngiris bawang dalam jumlah banyak. Soalnya yang mau dikirimin nggak cuma satu orang. Udah gitu selama ini kan buat bawang gorengnya untuk konsumsi pribadi jadi nggak dalam jumlah banyak. Jadi kubeli lah alat pengiris bawangnya, online juga belinya.


Buat bawang goreng kan udah pernah, nah buat cemilannya nih yang belum pernah. Simpelnya sih beli aja lah. Tapi kan pengennya ada campur tanganku dalam proses buatnya. Yaudah lah nyoba-nyoba buat aneka keripik dengan bumbu micin. Ada yang manis, pedas, pake wijen, pake cokelat. Nyobain beberapa macam lah. Ada yang berhasil. Ada yang gagal. Ada yang berhasil tapi nggak masuk list untuk dibuat lagi karena menurutku ribet dan makan waktu buatnya walau rasanya enak. Capek. Aku tuh maunya yang simpel-simpel aja. Nggak mau ribet.


Nah keripik-keripik yang berhasil ini udah oke lah menurut lidahku, lidah si bro, sama lidah mertua. Nggak yang wow enak banget gitu, tapi untuk ukuran aku yang males ribet dan nggak pinter masak ini ya udah bisa lah hehhehee. Jadi diputuskan lah bawang goreng dan si keripik-keripik ini yang bakal diproduksi lagi dan dikirim ke temen.


Tapi etapi sodara-sodara, buatan yang kedua ini ternyata nggak secakep buatan pertama. Alat pengiris bawang gorengnya berfungsi sih. Tapi tipis banget. Waktu belum digoreng sih oke. Tapi setelah digoreng bentuknya jadi banyak yang nggak utuh. Jadi kayak patah-patah kecil gituh. Terus dia nggak sekriuk seperti biasanya aku buat. Ditambah lagi waktu nggoreng aku entah karena capek atau gimana gak tau deh, tau-tau itu bawang agak gosong aja gitu wkwkkwkwk. Trus lagi setelah dingin dia jadi cepat amam. Nggak crispy.


Huhuhuuu,,,, kesel! Keripik-keripiknya juga  gitu. Ada yang wijennya nggak nempel ke keripik, padahal step by step nya udah sama kayak yang pertama kali buat. Lah kok hasilnya beda. Hiks! Capek. Kesel. Semua jadi satu. Mana buatnya banyak lagi.


Gara-gara hasil bawang goreng dan keripik yang nggak sesuai ekspektasi, mood pun jadi nggak asik. Sempat mikir buat mengurungkan niat ngirimin ke manteman. Tapi yo ini udah banyak dibuat, dimakan sendiri pun nggak mungkin lah.


Akhirnya tetep mutusin buat dikirim walau hati udah kayak males gitu loh gaes. Tapi dari pada mubazir kan. Yaudah lah terima kenyataan kalo emang segitu kemampuanku buat ngolah makanan. Salah sendiri juga ngapain sok-sokan mau buat sendiri, beli aja udah diah diah.


Tapi males-males gitu tetep aja pas udah dikemas aku sempatin foto cemilannya dan aku upload di akun jualanku wkwkkwkw. Mumpung gaes, mumpung! Niat untuk jualan cemilan gini ada sih. Tapi bukan yang beginian lah, sadar diri aku tuh kemampuanku memasak.


Camilan-enak-selera-unde
Penampakan cemilan setelah dikemas


Niatan jualan cemilanku justru jauuuh lebih sederhana dari konsep Selera Unde yang kekinian ini. Aku malah mikir jualan cemilan nitip di warung-warung gitu loh, cemilan gopek atau seribuan gitu. Cemilannya juga nggak buat sendiri, beli yang kiloan itu trus dibungkus kecil-kecil. Titipin dah di warung. Nggak tau kenapa menurutku yang receh-receh gini sebenarnya potensi untungnya lumayan untuk sampingan. Ngerjainnya juga nggak harus ngotot, sekedar ngisi kegabutan aja. Nggak ribet mikirin kemasan, nggak pusing ngurusin promosi. Lebih simpel lah menurutku.


Tapi bukannya ngerealisasiin ide tersebut aku malah heboh sendiri buat cemilan berlabel Selera Unde yang niatnya juga buat seru-seruan aja. Iseng-iseng yang niat banget aku ngerjainnya. Sampe buat akun IG nya segala loh ya ampun ya ampun hahhahaa, ketawa-ketawa sendiri aku tuh pas ngetik ini.


Selain Tipa, ada beberapa temen yang aku kirimin juga. Nggak ada kriteria khusus mau ngirimin si A si B ato si C sih. Ramdom aja. Dan karena aku ngirimnya lewat JNE, harus yang aku tau alamatnya dong. Kan nggak asik kalo mau ngirim paket kejutan tapi nanya alamat dulu, nggak surprised lagi dong namanya. Kriterianya paling selain aku tau alamatnya, juga yang lokasinya di Medan, biar hemat ongkir gituh. Sesama Medan kan cuma 7 ribu via JNE.


Jadi lah si Tipa (ini diantar langsung ama si bro karena rumahnya terbilang searah ama jalan dia berangkat kerja), si Mbek dan Kak Nana yang aku kirimin.


Langsung dikasi review jujur ama si Tipa :) 


Dari mana aku dapat alamat mereka? Kalo si Mbek sih karena pas banjir kemarin kan aku sempat tuh numpang di rumahnya. Nah ada kakak baik hati yang nanya alamat buat nganter baju-baju dia untuk aku pakai (iya, kemarin pas banjir aku cuma sempat bawa dompet, hape, surat-surat, sama baju di badan). Nah si kakak itu lah yang minta alamatnya Mbek. So aku tinggal buka lagi aja obrolan di WA ama si kakak baik hati itu buat liat alamatnya Mbek.


postingan si Mbek, keliatan kan itu kotaknya penyok :D


Kalo kak Nana? Gampang, liat di google aja alamat tempat dia kerja, langsung nemu deh hhahahaa.


Tapi ada juga sih memang yang nggak orang Medan, si Febri dan si Ocik. Ini dua anak baek ini sebelumnya aku udah pernah kirim paket ke mereka, jadi alamatnya masih tersimpan di WA.


Yang lucunya, malemnya aku kirimin ke Febri, eh besoknya dia ultah. Yaelaaah,,, tau gitu kan aku ucapin met ultah sekalian di kertas memonya. Atau selipin apa gituh buat kado ultah hhehehe,,, sorry ya Feb, aku tuh bukan pengingat tanggal ultah yang baik :D


Kalo Si Ocik lain lagi, tau-tau udah muncul aja tuh postingan foto cemilan Selera Unde di sosmed, kena tag dong akunya hahhaha. Ini anak rajin banget nyuruh aku jualan cemilan. Cuma akunya aja yang belum pede.

Postingan si Ocik, langsung tau dia kalo aku yang ngirim


Btw ini si Ocik salah satu yang care banget waktu aku kena musibah banjir awal Desember taon lalu. Dia yang intens tanya gimana kondisiku, apa-apa yang aku butuhkan, situasi rumah, dll. Dia juga yang inisiatif buat galang donasi, ngasi tau kawan-kawanku yang dia kenal, kawan-kawan kami berdua tentang musibah kemarin. Bahkan menghubungkan aku ke relawan penyalur bantuan, infoin ke mereka apa-apa yang kubutuhkan saat itu. Luar biasa lah pokoknya supportnya.


Mungkin karena sebelumnya kami pernah ngontrak bareng di rumah ini, jadi dia tau aku tuh jarang upload tentang musibah atau kesedihan pribadi di sosmed. Pernah ngerasain punya duit dan nggak punya duit bareng-bareng. Mungkin juga karena dia tau di rumah ini ada stock barang jualanku yang semuanya terendam dan harus diikhlaskan. Stock barang yang kalau ditotalin jumlahnya, ah syuudahlah,,, nanti jadi baper wkwkkwkwwkw. Lagian ini kok malah jadi melebar gini sih obrolan, kan lagi bahas Selera Unde tadi, kok jadi melenceng sih.


Ya intinya saat itu dia tau aku sedang butuh support walau dari luar keliatan baik-baik aja. Eh,, eh udah nggak usah ngomongin banjir lagi. Ntar ada partnya tersendiri buat ngomongin ini, oke.


Ya begitu lah gaes, Selera Unde ini sebenarnya cuma sebuah keisenganku. Keisengan yang niat banget ngerjainnya. Cuma buat nyenengin kawan-kawan aja dengan ngirimin snack box yang isinya ala kadarnya. Maklum, masih belajar aku mah kalo urusan masak-memasak. Tapi kalo urusan makan-memakan nggak perlu diajari gaes hahahaa.


Jadi kedepannya mau gimana nih Selera Unde? Belum tau ah, kita liat aja nanti. Yang pasti misi kirim mengirim snack box udah terlaksana. Udah nyampe ke alamat masing-masing. Misi selesai.


Eh, ke Febri kayaknya belum nyampe deh. Semoga hari ini. Semoga dia nggak syok dengan rasanya :D


Oke gaes, segini dulu ceritaku tentang Selera Unde, Sebuah Keisengan Yang Niat Banget. Sampe ketemu di tulisan selanjutnya ya :)

Share:

0 komentar