PENGALAMAN CARI KOS : PINDAH-PINDAH MULU!


Pengalaman cari kos : Pindah-Pindah kos mulu
Pengalaman cari kos : Pindah-Pindah mulu! 


Pengalaman Cari Kos : Pindah-Pindah Mulu! : Agustus, saatnya bayar-bayar. Kalau Agustus datang, yang diingat selain hari kemerdekaan Indonesia tercinta adalah urusan bayar membayar.


Iya, Bulan Agustus itu termasuk bulan yang nggak bersahabat sama dompet karena ada beberapa pengeluaran tahunan yang wajib dibayarkan di bulan ini. Salah duanya adalah bayar pajak sepeda motor dan bayar kontrakan.



Hal ini udah berlangsung lama gaes, sampe-sampe salah satu temen aku hafal kalo Agustus adalah bulan yang banyak pengeluaran. Jadi kalo misal dia punya rencana di Bulan Agustus yang mesti ngeluarin uang dan pengen ngajak aku, dia bakal ngomong jauh-jauh hari supaya aku bisa siapin budgetnya. Kalo ngomongnya dadakan takutnya budgetnya kagak ada hhahahaha.



Begitu lah gaes yang namanya hidup di perantauan dan masih ngontrak. Mesti inget buat nyisihin penghasilan buat bayar sewa kost ataupun rumah kontrakan. Soalnya bisa ribet kalo sampe kehabisan duit buat bayar sewa tempat tinggal. Sedih say kalo harus terlunta-lunta di perantauan.



Btw, ngomongin masalah hidup di perantauan dan tinggal di kontrakan, udah lama juga ya aku jadi anak rantau, udah lebih dari setengah umurku saat ini, gileee!



Tinggal di Medan sejak tahun 2006 sampai sekarang. 14 tahun mameeen! Dari jaman hape masih polyphonic sampe sekarang era smartphone. Dari pipi masi tirus sampe sekarang tembemnya udah kayak bakpao. Dari masa-masa nuntut ilmu sampe sekarang kerjanya nuntut perhatian mulu #eh



14 tahun tinggal di Medan, 7 tahun pertama aku jalani sebagai anak kos. 7 tahun berikutnya sampe saat ini jadi pengontrak rumah. 7 tahun ke depan semoga udah punya rumah sendiri, Aamiin (tolong diaamiinkan juga ya gaes!)



Nyari tempat tinggal di perantauan, entah itu ngontrak rumah ataupun kost-kostan, menurutku gampang-gampang susah. Gampang karena di Medan ini bertebaran rumah sewa dan kost-kostan. Susah karena nggak semua rumah kost bisa bikin kita betah tinggal disitu. Jadi ya mesti pinter-pinter milihnya. Karena banyak faktor yang mesti dipertimbangkan. Dari mulai jarak dari dan ke tempat kita kerja/kuliah, suasana dan lingkungan sekitar, sampe biaya sewa yang mesti disesuaikan dengan kemampuan kita.



Pengalamanku 7 tahun jadi anak kos di Medan, ada 6 rumah kost yang pernah aku tinggali. Ini masih cerita rumah kost loh ya. Rumah kontrakan beda lagi.



Satu tahun pertama ngekos, sebenarnya nggak betah. Pengen banget pindah. Tapi karena waktu itu temen satu kamarku udah terlanjur bayar buat setahun dan nggak mungkin aku tinggal, jadi aku pertahankan lah sampe setahun kost disana.



Setelah setahun kita pun mutusin pindah kost. Betah kah di kost kedua ini? Ternyata nggak sodara-sodara. Tahun keduaku di Medan diwarnai dengan drama pindahan dan nyari kost baru. Dalam setahun itu aku berkali-kali pindah kost. Sampe akhirnya nemu rumah kost keenam yang aku tinggali dari tahun 2008 sampai tahun 2013.



Kenapa tahun kedua pindah-pindah kost mulu? Banyak faktor sih gaes. Dari mulai lingkungan yang terlalu berisik, bapak-ibu kost yang nggak asik, uang kost naik drastis, sampai masalah banjir dan tingkat keamanan yang rendah. Ada aja hal yang bikin aku memutuskan angkat kaki dan harus mencari tempat kost baru.



Nah perihal nyari rumah kost ini pun seperti yang aku sebutkan tadi, gampang-gampang susah. Seingatku, ada beberapa cara yang kulakukan saat nyari rumah kost-kostan dulu.



1. Lihat papan pengumuman.
Nggak tau ya kalo sekarang, tapi di zamanku dulu tuh *ceilee,, zamanku, berasa tuwir banget dah* banyak selebaran yang di tempel di berbagai sudut kampus. Dari mulai yang tulisannya rapih di mading, sampai yang alakadarnya di tempelin di dinding bangunan. Isinya info kost-kostan. Biasanya berisi informasi alamat, fasilitas, dan nomor yang bisa dihubungi. Biasanya aku cari dulu info dari selebaran, baru kemudian datang ke alamat yang tertera untuk melihat langsung.


Kos cewek
Harus jeli liat info rumah kos



Selain info selebaran di mading kampus, kadang ada juga yang di tempel di depan rumah, di tiang listrik dekat kampus, atau bahkan di depan gang. Pokoknya dulu mata mesti jelalatan dah liatin info-info ini.



2. Tanya Temen
Kalo ada peribahasa malu bertanya sesat di jalan, nah gitu juga dalam usaha nyari kost-kostan. Perlu juga tanya-tanya temen. Siapa tau tempat kost-kostannya dia lagi ada yang kosong. Atau kost-kostan di samping kost dia. Atau mungkin dia nggak sengaja baca info kost-kostan di depan gang. Intinya banyak kemungkinan dah. Jadi nggak ada salahnya kita tanya ke temen-temen. Nggak jarang ada juga temen yang berbaik hati ikut nyari info kost-kostan, atau bahkan nemenin saat kita mau meninjau langsung kamar kostnya.



3. Hunting langsung ke Lokasi
Ini dulu sering juga aku lakukan. Datang langsung ke lokasi yang menurut perkiraan banyak rumah kostnya. Menyusuri gang demi gang. Tiap ada tulisan "menerima anak kost" di tembok atau pintu rumah, langsung ketuk, ketemu yang punya kost dan lihat langsung kondisi kamarnya.



Nggak jarang aku juga tanya ke penduduk sekitar, dimana kira-kira ada rumah yang menyediakan kost-kostan. Biasanya mereka dengan senang hati ngasih tau, tak jarang bahkan dengan senang hati menawarkan diri untuk mengatarkan ke lokasi kost.



Nanya ke warga ini perlu dan efektif juga loh. Karena kadang ada juga rumah kost yang nggak masang plang "menerima kost" di depan rumahnya. Selain itu, biasanya penduduk sekitar lebih jujur dan terbuka kalo misal kita tanya tentang situasi di daerah sekitar. Misal apakah daerah tersebut rawan maling. Atau apakah kalau hujan banjir, dll.


Info kosjangan sungkan buat tanya ke warga sekitar 


Itu dia gaes beberapa cara yang aku lakukan saat nyari rumah kost. Kalau sekarang cara tersebut masih bisa dipakai sih. Tapi ada satu tambahan lagi nih cara nyari rumah kost yang asyik dan mudah zaman sekarang.



Mengikuti perkembangan zaman dimana kini adalah zamannya online, nyari kost sekarang pun bisa lewat online juga gaes. Keuntungan dari nyari kost secara online ini adalah kita bisa menghemat waktu, tenaga, dan uang juga. Hunting rumah kost langsung itu perlu biaya loh. Kita harus keluarin budget transportasi ke lokasi, harus luangin waktu, juga ngeluarin tenaga juga kalo misal hunting dari gang ke gang.



Trus kalo cari online memangnya nggak biaya sama sekali? Ya perlu juga dong. Tapi kan seenggaknya jadi terpangkas waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan buat hunting. Kita cukup cari info kost sesuai yang kita inginkan. Kalau udah ketemu, barulah datang langsung buat survey.



Saat ini ada banyak website dan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mencari kost sesuai yang kita inginkan. Nih aku kasih tau beberapa di antaranya :




Kost RedDoorz 

Yess! Kita bisa cari dan booking kost-kostan di Kost RedDoorz gaes. Kalian pasti mikir aku salah info kan, RedDoorz itu buat booking hotel loh Diah, bukan kost-kostan. Ehehhehee,,, iya kalian bener kok, tapi aku juga nggak salah. Karena selain sebagai platform pemesanan hotel yang harganya murah bingit, RedDoorz sekarang juga punya fitur pemesanan online terbaru, yakni Kost.


Kalian tinggal buka aplikasi RedDoorz. Di pojok kanan atas ada 2 pilihan : Hotel dan Rumah Kost. Nah kalian klik yang Rumah Kost kalo mau nyari kost-kostan. Di Kost RedDoorz kita bisa lihat beragam pilihan rumah kost lengkap dengan info harga, alamat, fasilitas, dan juga foto-foto rumah kostnya. Kalau sudah ada yang cocok dan pengen survey langsung, nanti bakal ada tim RedDoorz yang menemani survey. Oya, untuk booking minimal sebulan sebelumnya ya gaes.


Kost reddoorz
Kost RedDoorz




infokost.id

Website yang satu ini ternyata sudah ada sejak 2007 gaes. Widiiih, ini mah jamannya aku pusing nyari kost-kostan nih. Cuma dulu kan nggak kayak sekarang apa-apa tinggal cek lewat hape. Dulu mesti ke warnet dulu kalo mau akses internet. Jadi dulu belum tau kalo bisa cari info kost dari internet. Coba kalau udah tau, kan nggak perlu pusing-pusing jalan dari gang ke gang buat nyari kost-kostan.


Info kos
Infokos.id



Infokost.id merupakan website yang menyediakan informasi kamar kost, apartemen, villa, dsb. Situs ini memiliki lebih dari 20 ribu listing kost-kostan, villa, dan apartemen di berbagai kota di Indonesia.



yukstay.com

Yukstay.com merupakan online marketplace untuk sewa-menyewa apartemen. 


Yukstay.com mengusung 2 konsep : co-living dan whole living unit.


Co-living sendiri kalau bahasa sederhananya ngekos di apartemen.  Dimana kita punya kamar sendiri yang menjadi ruang privasi kita, tetapi juga punya ruang bersama untuk bersosialisasi dengan yang lain, seperti dapur dan ruang tamu yang digunakan bersama-sama. Jadi porsi kita sebagai makhluk individual dan sekaligus makhluk sosial itu balance.


Saat ini Yukstay.com menyediakan informasi kost apartemen yang strategis di wilayah Jabodetabek dan Surabaya. Selain detail informasi kamar, asiknya cari kost di yukstay.com adalah pilihan lama stay yang berkaitan erat dengan harga sewanya. Jadi ada 3 pilihan harga gaes, per 3 bulan, per 6 bulan, dan per 12 bulan. Semakin lama kita stay so pasti harga perbulannya lebih murah.


Co-living yukstay
Salah satu pilihan kos di apartemendi yukstay


Kalau kalian ada rencana tinggal di area Jabodetabek ataupun Surabaya, bisa  banget loh cari info kost-kostan di Yukstay.com.



cari-kos.com

Kalian selama ini tinggal di Medan tapi mulai bulan depan pindah kerja di Semarang. Masih bingung mau tinggal dimana karena nggak punya sodara di Semarang. Tenang, cari kost aja lewat situs cari-kost.com.


Situs cari kos
Cari kos sekarang mah tinggal online aja gaes! 



Cari-kos.com adalah situs pencari property kos, vila, homestay, guest house, hingga apartemen di seluruh Indonesia. Jadi lewat situs ini dari sekarang kalian udah bisa pilah-pilah rumah kos yang mau ditinggalin selama di perantauan, ntar gitu nyampe di kota tujuan nggak perlu ribet bin pusing-pusing amat perihal kos-kosan. 



babekost.com

Benarlah memang tagline website babekost.com ini : info juragan kos-kosan. Kenapa? Karena begitu kita buka websitenya langsung disuguhi beragam pilihan kos-kosan yang berjejer warna warni. Bener-bener memberi kesan juragan nih, kost-kostannya banyak hhahahhaa.


Babekost
Babekost ini tampilan webnya bener-bener kayak juragan ah. 



Jadi babekost.com ini tempatnya para pemilik kost, apartemen, villa, maupun hunian/rumah kontrakan ngiklanin property mereka. Infonya detail, sampe-sampe nama dan nomor hape pengiklan pun tertera. So, disini kita bisa hunting kost-kostan sesuai selera. Kalau udah dapat tinggal telfon langsung deh ke pemilik kostnya.



flokq.com

Flokq.com ini konsepnya co-living gaes. Yang aku suka dari flokq.com selain tampilan websitenya yang enak dilihat, kamar-kamarnya juga luas, jadi kesannya lega gitu liatnya.


Flokq
Flokq


Website flokq.com juga memiliki 2 pilihan bahasa : Inggris dan Indonesia. Mungkin karena itu ya makanya banyak kalangan ekspatriat yang nyari tempat tinggalnya lewat flokq.com.



sewakost.com

Situs lainnya yang bisa kalian akses saat cari kos adalah sewakost.com. Untuk pilihan kos yang lebih spesifik, kalian bisa isi kolom di bagian atas di beranda situs ini.


Sewa kos
Sewa-kos


Setelah kolom pilihan kita isi, maka muncullah beragam pilihan kost sesuai spesifikasi yang sudah kita pilih. Mau pakai AC atau nggak. Kamar mandi di luar atau di dalam, hingga rentang harga yang bisa kita sesuaikan dengan budget kita. Asik kan?!


 

Itulah gaes 7 platform pilihan kalau kalian pengen nyari kos-kosan. Buat kalian yang sekarang lagi nyari kos, semoga segera menemukan ya. Yang terpenting sesuaikan dengan kebutuhan kamu aja gaes. Selamat hunting kos-kosan :)







Share:

20 komentar

  1. Aku juga udah jadi anak kost dari masuk SMA, berarti sekitar 13 tahun aku ngekos.. haha,, lama juga ternyata.
    Skrg ternyata udah banyak flatform buat cari kos, dlu aku ngandelin nanya dari temen, sama muter2 aja gitu nyari2 info kosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, daku juga dulu ngadelin muter-muter gang ke gang, nanya-nanya temen juga.

      Hapus
  2. biasanya cewek2 jarang suka pindah2 kos hihi karena barangnya banyak. Kalau cowok2 udah kayak kucing beranak pindah-pindah mana sering banyak penumpang gelap ga bayar wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha bener banget mas. Salah satu yang bikin pusing kalo pindahan adalah barang yang seabrek. Packingnya pusing, nyusun laginya juga pusing wkwkkwkw

      Hapus
  3. semogaaaa kak, aku aminkan di tujuh tahun berikutnya sudah punya rumah sendiri yang ciamik. Memang nyari kos kosan tricky banget , kudu dipilih beneran dan jangan terpancing harga murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin ya Allah, pengen bannget punya rumah sendiri, biar nggak pusing bayar kos/kontrakan hhehehe

      Hapus
  4. DUlu, kalau cari kost ribet... tanya-tanya dan cari rekomendasi. Harus punya banyak teman. Sekarang pakai aplikasi saja sudah cukup. Mudah pula ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes mbak. Sekarang mah cuma modal kuota ya kan mbak hehhee

      Hapus
  5. saya dulu jg ngekost di rantau sebelum merit sekitar 4 tahun
    alhamdulillah dapat suami yg dah punya rumah
    dulu mmg susah nyari kost..krn blm ada medsos apalagi aplikasi yg keren spt sekarang
    biasanya klu ada rencana pindah kost dari atas angkot saya sering celingkungan ke luar dan tandai jika ada rumah2 kos yg strategis
    kost yang terakhir nyaman banget..di pinggir jalan dan ibu kost ga reseh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama, aku juga dulu sering pas naik angkot celingukan manatau ada rumah kos-kosan yang asik.

      Hapus
  6. Banyak juga ya aplikasi dan website buat cari kosan. Aku baru mulai berkutat dengan aplikasi dan website kayak gitu setahunan yang lalu. Saat mau nikah. Baru di situlah aku mulai ngekos dan pisah sama orangtua. Agak ribet emang ya hahaha pas awal-awal juga aku pindah mulu sampe sekarang akhirnya nemu yang lumayan cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalau belum ketemu yang bener-bener sreg rasanya pengen pindah mulu ya kan mbak.

      Hapus
  7. Wah banyak juga ya platform buat nyari kost. Aku baru tau beberapa.
    Btw emang nyari kost maupun kontrakan tuh gampang-gampang susah, ya. Mulai dari ibu kostnya sampai fasilitasnya cocok-cocokan kadang. Hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sekarang udah banyak platform buat nyari kost, nggak kayak dulu nyari ya kan mbak

      Hapus
  8. wakakak iyaaa kak nyari kost itu bener2 deh ya kalau detail nemu yg cocok2an, yg penting kenyamanannya biar bs betah apalagi dlm jangka waktu lama. Wuih ternyta skrg banyak apps pencari kost, dlu mah masih konvensional XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka senyum-senyum sendiri kalo inget nyari kost jaman konvensional hihihiii

      Hapus
  9. Ah iya ya aku jg baru tau kalau reddorz bisa buat vari kost2an juga.. selain itu ada banyk pilihan yg lain juga ya kaya babekost.com, cari-kost.com dll ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga awalnya mikir RedDoorz cuma buat booking penginapan doang mbak, ternyata sekarang udah bisa cari kost-kostan lewat RedDoorz

      Hapus
  10. Dulu memang setiap 2 tahun selalu pindah-pindah kost. Kadang bosan aja suasananya makanya pindah. Sekarang sudah berapa ya harga kost-kostan paling murah dan letaknya strategis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah aku setahun entah berapa kali pindah mbak, sekalinya nemu yang pas, ampe 5 tahun nggak pindah-pindah hihihii

      Hapus