SAAT RAMBUT MULAI PANJANG DAN MASALAH ITU DATANG

 

ketika rambut mulai panjang dan masalah itu datang


Saat Rambutku Mulai Panjang dan Masalah itu Datang : Gaes, aku mau cerita. Bukan tentang laptopku yang rusak yang ngebuat aku harus ngebiasain diri ngeblog dari hape. Bukan. Itu udah kuceritain sebelumnya. Ini tentang imbas dari corona yang tak kunjung pergi dari bumi Indonesia tercinta. Tapi tenang aja, aku nggak cerita gimana bosannya aku ketika harus di rumah aja. Nggak. Karena yang ini juga udah pernah aku ceritain beberapa bulan lalu.

Ini cerita tentang pandemi corona dan rambutku. Memang apa hubungannya? Ada. Inilah yang ingin kuceritakan. Siap-siap simak ya. Tak perlu sajikan kopi atau sepiring camilan. Sebab ini hanya cerita pendek, tentang rambutku yang kini tak lagi pendek.

Saat rambutku mulai panjang dan masalah itu datang. Ya, rambutku kini sudah cukup panjang. Memanjangkan rambut, sesuatu yang jarang kulakukan. Biasanya hanya sebatas bisa dikuncir saja, sebagai penahan agar jilbab tak gampang mencang-mencong ke depan ketika dipakai.

Tapi kini rambutku sudah panjang. Ketika hendak keluar mengenakan jilbab, aku harus mengikatnya dan ditekuk. Karena kalau dibiarkan menjuntai ala kuncir kuda, ujung rambutnya bakalan kelihatan karena panjangnya hampir mencapai ujung jilbab.

Biasanya sebelum sampai sepanjang itu sudah kupotong duluan. Kalian mungkin bertanya kenapa dipotong, bukannya rambut adalah mahkota bagi perempuan?!



Tentu aku punya alasan. Selain terasa lebih enteng, ngurusnya juga lebih gampang, lebih hemat shampoo pula, ehehhehe.


Tapi alasan utamanya sebenarnya karena ketika rambutku panjang, masalah itu pun datang: kerontokan rambut. Padahal tipikal rambutku ini yang lurus tapi tipis. Jadi memanjangkan rambut jarang kulakukan sebab nggak pengen rambutku makin tipis karena rontok.

Selain rontok, masalah lain rambutku adalah mudah lepek dan kusam. Ini mah mau rambut lagi panjang atau pendek tetep aja ini masalahnya. Dua hari aja nggak keramas rambut udah lepek banget, kulit kepala rasanya kotor banget.  Kalo dua hari aja nggak keramas bisa dipastikan kepala mulai terasa gatal.


Jadi itu lah gaes alasan kenapa aku jarang manjangin rambut. Karena aku pikir ya apalagi arti rambut panjang kalo terlihat kusam, lepek, dan rontok. Yang ngeliat pun jadi 'nggak sor' kalo kata orang Medan, alias nggak tertarik. Ya walaupun yang ngeliat cuma orang yang tinggal serumah doang. Tetep aja bikin males manjangin rambut. 


Rambut rontok, salah satu alasan enggan manjangin rambut 



Dan kini, rambutku yang udah panjang ini memunculkan kembali kekhawatiran akan rambut yang rontok, kusam, dan lepek. Simpelnya sih tinggal potong aja ini rambut. Tapi pandemi ini membuat urusan potong memotong rambut jadi nggak segampang itu Ferguso. 


Sejak corona mulai masuk ke Indonesia, aku memutuskan mengikuti anjuran pemerintah untuk lebih banyak di rumah. Walaupun kangen pengen pulang kampung tapi bela-belain tetep di perantauan. Puasa pertama nggak pulkam, lebaran nggak pulkam, rindunya ditabung dulu demi kebaikan bersama.


Kalau rindu bisa ditahan, pertumbuhan rambut ternyata gak bisa ditahan men! Tau-tau udah panjang aja. Sementara yang biasa motong rambut aku tuh Emak aku di kampung. Inilah kenapa tadi kukatakan ini cerita tentang corona dan rambutku. Karena corona menahan langkahku untuk pulang kampung, sementara rambutku kian memanjang.



Begonya, kemarin lebaran haji akhirnya pulkam, tapi malah nggak keinget buat potong rambut sama Emak. Yaelaaah! Padahal sebelum pulkam udah rencana buat potong rambut sama Emak. 



Kalau situasinya lagi normal bisa aja sih ke salon buat pangkas. Tapi situasinya masih begini, mau pangkas rambut di salon juga mikir-mikir kan.



Berhubung pulang kampungnya masih belum tau kapan lagi dan ke salon juga nggak memungkinkan. Akhirnya kuputuskan, rambut ini biar aja memanjang. Tapi perihal kerontokan ini harus dicari solusinya. Artinya kudu komitmen merawat si rambut kesayangan ini lebih dari biasanya.




Memutuskan Mencoba Natur Hair Conditioner

Memutuskan mencoba Natur Hair Conditioner 


Akhirnya aku memutuskan mencoba Natur Hair  Conditioner. Karena menurutku, mengetahui penyebab masalah rambut kita itu memang perlu. Tapi berusaha membuat rambut jadi kuat itu juga nggak kalah penting. Karena apapun penyebab rontoknya, kalo si rambutnya sendiri udah seteroong pasti bakal lebih tahan melawan segala drama kerusakan rambut :)



Memakai conditioner sendiri merupakan hal baru buat aku. Mengingat aku emang tipe yang 'seadanya' dalam hal kosmetik ataupun perawatan tubuh. Make up ya cuma bedak dan lipstik, rambut ya cuma pakai shampoo doang. Sesimpel mungkin dah pokoknya.



Tapi ternyata shampoo dan conditioner adalah dua hal yang nggak bisa dipisahkan gaes. Beneran ini aku baru tau loh.


Jadi gini, singkatnya shampoo berfungsi mengangkat kotoran di kulit kepala. Tapi bersamaan dengan itu, kandungan minyak alami di rambut dan kulit kepala juga ikut terangkut gaes. Jadi gak heran kalo habis pakai shampoo rambut yang masih basah itu jadi terasa kering dan kasar kalo dipegang. Dan biasanya di kondisi seperti ini rambut gampang banget rontok.



Ini pengalaman pribadiku gaes. Saat bilas shampoo, tangan kan sambil pegang-pegang rambut tuh, nah di momen ini tuh banyak banget rambutku rontok. Kadang suka takut sendiri kok banyak banget rontoknya ya, bisa jadi botak ini kalo gini hahahaha,,, termasuk over thinking nggak sih gaes kalo aku mikirnya sampe ke botak segala.



Oke, balik ke topik. Kenapa tadi aku bilang shampoo dan conditioner itu dua hal yang nggak bisa dipisahkan alias sepaket. Karena salah satu fungsi conditioner adalah menggantikan minyak alami rambut yang hilang akibat pemakaian shampoo. Minyak inilah yang melindungi rambut sehingga rambut tetap lembut, nggak kering, dan mudah diatur setelah keramas.



Aku pilih mencoba Natur Hair Conditioner karena aku tau, Natur bukan pemain baru dalam urusan kerontokan rambut. Dari kecil udah kenal brand yang satu ini. Satu hal yang aku lihat, Natur dari dulu konsen di masalah kerontokan rambut. Memanfaatkan bahan-bahan alami dari alam. Seperti juga Natur Hair Conditioner ini. Kandungan yang terdapat di dalamnya memang yang dibutuhkan rambut seperti aloe vera, ginseng, dan moringa. Tau sendiri kan, ketiga bahan ini sejak dulu dipercaya memiliki manfaat untuk rambut. Aloe Vera dipercaya dapat memberikan nutrisi dan menjaga kesuburan rambut, kandungan zat yang terdapat pada ginseng bermanfaat untuk menguatkan rambut, dan moringa ampuh menjaga kelembapan serta melembutkan rambut.




Natur Hair Conditioner Moringa Oleifera &  Sweet Almond Oil

Ada tiga varian Natur Hair Conditioner : Moringa, Aloe Vera, dan Ginseng. Masing-masing punya manfaat yang disesuaikan dengan masalah rambut yang banyak kita jumpai. Oya, selain tiga bahan utama di atas, ketiga varian Natur Hair Conditioner juga dilengkapi dengan olive oil, si minyak dengan segudang manfaat itu loh. So, semakin lengkap dan maksimal lah manfaatnya.



Varian Natur Hair Conditioner yang aku coba adalah Natur Conditioner Moringa Oleifera & Sweet Almond Oil yang bermanfaat untuk merawat rambut yang rusak dan mengembalikan kemilau rambut yang kusam. 


Natur Conditioner Moringa Oleifera & Sweet Almond Oil 


Natur banget! Itu yang terbersit di kepalaku waktu lihat kemasan conditioner berbentuk tube dengan warna dominan hitam kombinasi kuning. Lagi-lagi aku ngeliat konsistensi Natur yang selalu memakai warna hitam untuk kemasan produk-produk perawatan rambut mereka.


Untuk conditionernya sendiri berwarna putih dengan tekstur yang lembut dan creamy. Aromanya segar dan ringan. Perihal aroma ini jadi poin plus di mataku. Karena aku suka wewangian yang lembut, ringan, dan nggak menusuk hidung.


Natur Hair Conditioner Moringa Oleifera & Sweet Almond Oil 


Cara penggunaannya gampang, seperti conditioner pada umumnya. Setelah keramas dengan shampoo dan membilasnya, peras sedikit, kemudian usapkan Natur Conditioner Moringa Oleifera & Sweet Almond Oil pada batang sampai ujung rambut hingga merata. Cukup dari batang hingga ujung rambut ya gaes, nggak perlu sampai kulit kepala. Tunggu beberapa saat, 2-3 menitan lah, jangan sampai satu jam juga ya gaes ehehhehe.



Setelah itu bilas rambut hingga bersih. Udah deh. Gampang kan?! Oya, untuk hasil terbaik, keramasnya pakai Natur Natural Extract Shampoo Moringa Oleifera & Sweet Almond Oil juga ya gaes. 



Pengalamanku saat pakai Natur Conditioner Moringa Oleifera & Sweet Almond Oil setelah keramas rambut jadi berasa lembut banget gaes. Dan ini nih yang aku suka, rambut rontok saat keramas berkurang drastis. Aku yang awalnya mesti hati-hati saat pegang rambut ketika ngebilas karena takut rontok, sekarang malah jadi pengen pegang-pegang rambut mulu karena lembutnya.



Itu saat rambut basah, saat udah kering gimana?! Sama, rambut terasa lembut saat dipegang. Dan nggak sekusam sebelumnya. Rontok masih tetep ya, tapi jumlahnya udah berkurang dong. Wajar lah, masih 3 kali pemakaian juga, semua butuh proses toh.



Tapi ini juga aku udah seneng banget loh. Karena artinya aku udah nemu solusi untuk rambut rontokku dan  gak perlu khawatir lagi untuk manjangin rambut. Selain itu dapat bonus rambut lembut, berkilau dan nggak gampang lepek pula, auto bahagia lah kan.

Natur conditioner moringa oleifera & sweet almond oil jadi solusi rambut rusakku


Kalian yang punya masalah kerusakan  rambut sama seperti aku, boleh loh nyobain pakai Shampoo dan Conditionernya Natur. Produknya bisa dibeli di supermarket terdekat. Atau kalau   masih membatasi keluar rumah, bisa banget beli online di Shopee dan Lazada. Sekalian nih aku kasih link Shopee nya ya biar kalian nggak bingung-bingung cari di kolom pencarian Shopee.

https://shopee.co.id/backtonatur?utm_campaign=s38631574_ss_id_othr_diahsiregar&utm_content=septembercondi&utm_medium=seller&utm_source=blog 


Pengen lebih dekat dan tau lebih detail tentang produk-produk perawatan rambut Natur? Kalian bisa follow instagramnya di @backtonatur ya gaes.


Kalau pengen lebih dekat ke aku follownya di @diahkalisa ya hhahahaaa ujung-ujungnya promosi IG sendiri. Gpp lah ya, kan biar menambah pertemanan. Banyak teman banyak rejeki loh :)



Oke deh gaes, sekian ceritaku tentang Saat Rambutku Mulai Panjang dan Masalah itu Datang. Semoga bisa menginspirasi kalian yang memiliki masalah kerontokan rambut ya.



Kalian udah pernah nyobain Natur Hair Conditioner? Gimana kesannya? Share di kolom komentar ya :) 



#lembuttidaklepek

#helairambutkuat

#pilihyangalami

#alamilebihbaik

Share:

21 komentar

  1. Saya juga mengalami rambut rontok banget sejak melahirkan ke 2, makanya rela memotong rambut sepinggang jadi sebahu. Sedih tapi lebih sedih lagi lihat rambut rontok banyak tiap sisiran 😇😇.

    Pernah nyobain produk ini, rambut saya yang biasanya mekar jadi lembut dan lebih rapi.

    BalasHapus
  2. huhuhuhu i feel you. ini rambut tambah panjang aja dan terus rontok. aku sehari-hari di rumah pun selalu dijepit ke atas, biar ga panas. jadi kebayang kan parahnya masalah rambut aku tuh.

    mau cobain natur ini, tapi aku tuh suka males pakai conditioner. harus dipaksain biar ga males ya?

    BalasHapus
  3. Wah, selama ini aku tahunya ada Shampoo Natur aja, rupanya sekarang ada Confitionernya. Langsung masuk Wishlist ini, karena Natur udah recomended lah secara kualitas dan merk.

    Eeh ada link shopee juga, cuss tinggal belanja.. Thanks kakak

    BalasHapus
  4. Bisa ini untuk rekomendasi bagi rambut yang rontok.

    BalasHapus
  5. Natur itu bagus untuk rambut kita loh kak.. aku juga pakai.

    BalasHapus
  6. Saya pernah coba produk Natur yang sampo. Wanginya enak dan bagus.

    BalasHapus
  7. Wah keren juga ya conditionernya Nature ini. Selain dia buat rambut lembut ternyata juga bisa menguatkan rambut yang rontok.

    BalasHapus
  8. Wah kebetulan lagi coba produk natur yang ini juga kak karena rambtku rontok. Wanginya juga aku suka, semoga masalah rambut kita segera tuntas ya kak ~ Aamiin

    BalasHapus
  9. Kaak. Aku juga kalo udah panjang rambutnya, macemlah memang masalah rambut. Makanya akhir-akhir ini milih jadi rambut pendek aja.

    Tapi boleh juga ini di coba Natur ini. makasih infonya ya kaak...

    BalasHapus
  10. Samaan ey kak aku juga jarang punya rambut panjang karena selalu rontok, padahal udah tipis jadi nambah tipis aja hahaha. Thanks rekomendasi shampo dan condi Naturnya kak, bs nanti aku cobak

    BalasHapus
  11. Setipe dengan problem rambut saya, rontok. Salah satu cara mengurangi kerontokan, dikurangi panjangnya. Mikir saya, mgk karena akarnya gak kuat kali ya?

    BalasHapus
  12. So sweet bangeeeet.... Yang potong rambut harus emak. Anak yang sangat berbakti dan bikin emak bahagia.
    Saya juga pakai Nature kalau rontok.

    BalasHapus
  13. Masalah rambut saya selama di rumah aja lepek dan ketombe basah, bikin kesel banget deh, perawatan rambut buat masalah saya ada ga ya di Natur

    BalasHapus
  14. rambur rontok adalah masalah penting ya kak, duhhh pasti sedih banget saat terbawa diikatan rambut. pasti sangat mengkhawatirkan, untung ada natur dan semuanya bisa teratasi dengan baik

    BalasHapus
  15. Aku punya masalah rambut rontok,sis. Semakin panjang emang buat rajin gugur rambutnya. Sering nempel di jilbab dan karet rambut. Bagus nih cobain Natur ya

    BalasHapus
  16. Udah pernah nyobain Natur yang ini kyknya dulu :D Pas rambutku rontok parah hehe
    Emang terkenal bagus dan direkomen sama ahli perambutan sih kalau natur ini ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa aku nulisnya ahli perambutan gini ya T.T

      Hapus
  17. Brand Natur untuk mengatasi rambut rontok uda terkenal banget ya kan Mbak.
    bahkan sejak aku kecil dulu ini brand sering dipake sama bibik dan nenek saya.

    tampaknya Natur memang ahlinya mengatasi rontok di rambut..
    Thx mbak infonya

    BalasHapus
  18. Iyaa...aku juga pakai Natur.
    Dan gak bisa juga berambut panjang karena akarnya kurang kuat. Harus dirawat dengan penuh cinta sama Natur yaa...

    BalasHapus
  19. Samaaa sama kak. Awak pun rontok kali. Apalagi pas menyusui ini. Mudah2an ampuh ni nature ya kk.

    BalasHapus
  20. Mantaabb ... Semangaat cuuuy gudlak yaaaa

    BalasHapus