BEBERAPA PILIHAN TERAPI ALTERNATIF PENGOBATAN STROKE

beberapa pilihan terapi alternatif pengobatan stroke
Beberapa pilihan terapi alternatif pengobatan stroke


Beberapa Pilihan Terapi Alternatif Pengobatan Stroke : Pengobatan stroke bisa dilakukan dengan berbagai cara. Setidaknya ada beberapa terapi yang biasanya didapatkan untuk penderita stroke dan diberikan oleh fisioterapi yang berpengalaman. Jenis terapi tersebut pada umumnya mempunyai keunggulan karena dapat membuat penderita stroke mendapatkan kemampuannya kembali sehingga akan menjadi lebih baik secara fisik maupun mental.


Terapi tersebut adalah terapi bicara, terapi gerakan, dan juga terapi psikologis. Berbagai terapi tersebut mempunyai keunggulan untuk membuat penderita stroke dapat mencerna kata dan menjadikannya sebagai bahan komunikasi. Sehingga hal tersebut akan dapat untuk membuat komunikasi lebih baik. Selain itu ada juga terapi ingatan yang dapat membuat kehidupan sehari-hari pasien stroke menjadi lebih mudah.


Pada umumnya pengobatan untuk pasien stroke dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan tingkat keparahan stroke, kondisi sebelum mempunyai stroke, dan juga dari hal lainnya. Sehingga bagi penderita yang akan memilih terapi bisa menentukan jenis terapi yang terbaik. Ada juga terapi psikologis yang digunakan untuk memberikan dukungan dan juga mencegah pasien stroke mengalami depresi pasca stroke.


Fisioterapi stroke  tidak hanya dari terapi medis yang telah dijelaskan dengan fungsinya, tetapi ada juga terapi alternatif yang bisa digunakan untuk mendukung terapi medis tersebut. Adapun untuk beberapa jenis terapi alternatif yang bisa diberikan untuk pasien stroke adalah sebagai berikut ini:


1. Pengobatan akupuntur
Jenis terapi pertama yang bisa dipilih untuk pasien stroke adalah pengobatan akupuntur. Terapi alternatif ini sendiri sebenarnya merupakan jenis yang mudah didapatkan dan biasanya digunakan untuk banyak pengobatan penyakit lainnya. Akupuntur sendiri merupakan cara terapi dengan menggunakan jarum khusus yang akan ditusukkan ke kulit pasien. Akupuntur sebagai pengobatan stroke sendiri diklaim dapat untuk membantu mengurangi rasa sakit, masalah otot, dan juga kelumpuhan yang dialami oleh penderita stroke. Kita bisa untuk memilih terapi alternatif ini di rumah sakit ataupun tempat lainnya yang menyediakan layanan untuk pasien stroke untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan.


2. Pijat
Pengobatan selanjutnya yang paling populer sebagai cara alternatif untuk mendapatkan kesembuhan adalah pijat. Cara ini juga bisa digunakan untuk pasien stroke yang akan mempunyai beberapa manfaat yang ditawarkan. Dimana manfaat tersebut berhubungan dengan mood pasien karena dengan mendapatkan pijat dapat untuk memperbaiki suasana hati, dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan, dan juga dapat untuk membuat pasien stroke merasa lebih santai. Dengan pijat secara rutin juga dapat untuk mengurangi masalah otot yang dialami oleh pasien stroke.


terapi alternatif pengobatan stroke
alternatif pengobatan stroke (foto: halodoc.com)



3. Yoga
Cara selanjutnya yang dapat digunakan adalah dengan melakukan olahraga yang tepat untuk penderita stroke. Dimana olahraga yang paling disarankan adalah yoga yang mempunyai manfaat untuk memperbaiki kualitas hidup sehingga mempunyai hidup yang lebih baik pasca stroke. Yoga dapat membantu untuk meningkatkan fokus mental pasien stroke sehingga hal ini juga akan membuatnya merasa lebih tenang. Yoga juga merupakan pilihan terbaik karena merusakkan olahraga yang tidak terlalu banyak gerakan yang beresiko membuat cidera.


4. Pengobatan herbal
Pengobatan terakhir yang dapat dilakukan bagi pasien stroke adalah pengobatan herbal. Penderita stroke bisa mencoba berbagai cara selain cara pengobatan medis asalkan pengobatan alternatif tersebut dijamin aman. Oleh karena itulah ketika memilih pengobatan herbal juga pastikan memilih jenis obat yang aman untuk dikonsumsi. Pilihlah pengobatan herbal yang mempunyai manfaat untuk dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dan juga manfaat lainnya.



Itulah beberapa pilihan alternative pengobatan stroke yang bisa dijadikan bahan pertimbangan saat ingin melakukan pengobatan. Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana tetap berpikir positif dan semangat dalam menjalani pengobatan.

Share:

0 komentar