MANFAAT DALAM PENGGUNAAN COLONATION SERVER

manfaat penggunaan colonation server
Manfaat dalam penggunaan colonation server


Manfaat dalam Menggunakan Colocation Server : Bagi seseorang yang membangun usaha di bidang TI (Teknologi Informasi), atau mungkin bisnismu memang membutuhkan pertolongan dari bidang ini, akan sering mendengar istilah-istilah seperti data center, server, hosting, dan colocation. Namun, pasti ada yang tidak mengerti, padahal kita sangat membutuhkannya jika memang bergelut di bidang TI.


Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu colocation server? Sebagai sedikit penjelasan, yaitu merupakan sebuah wadah atau tempat, biasa juga disebut dengan rack, untuk menyimpan server yang berasal dari data center atau pusat data. Bisa juga diartikan sebagai suatu perlakukan yang memercayakan perawatan dan keamanan server pada orang lain atau penyedia layanan jasa.


penyewaan colonation server
Colonation server (foto: nexdatacenter.com)


Ketika kamu ingin menyewa server ini untuk mengelola server yang kamu miliki, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Di antaranya yaitu daya arus listrik yang harus stabil, temperature control harus tersedia, UPS, flooring, power generator, stabilnya koneksi internet, CCTV, juga keamanan yang memantau keseluruhan server.


Lalu, apa manfaat dari colocation server sendiri? Jika kamu masih ragu untuk menggunakan server ini, kamu bisa mengetahui apa saja manfaat yang akan kamu terima saat menggunakannya. Karena, penggunaan server ini lebih disarankan dibandingkan kamu membuatnya sendiri. Terutama apabila skala dari perusahaan yang kamu bangun masih berada di kecil sampai menengah. Akan lebih menguntungkan untuk menyewa servernya saja.



Lebih Menghemat Biaya
Jika kamu ingin membangun data center dan colocation server sendiri, sudah dipastikan akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Kamu harus benar-benar mempersiapkan biaya yang besar agar mencukupi pembuatan dari server tersebut. Karena kamu harus membeli hardware atau peralatan sendiri. Tidak hanya itu, kamu pun harus mempersiapkan biaya untuk perawatannya.


Dengan kamu menyewa server, kamu hanya perlu membayar harga sewa yang ditentukan oleh pihak penyedia layanan jasa. Tanpa harus membeli peralatan yang dibutuhkan, yang harganya sudah pasti sangat mahal. Kamu juga tidak perlu lagi melakukan perawatan sendiri karena sudah dilakukan oleh penyedia jasa.



Efisien
Dalam membangun bisnis, kamu tentunya harus fokus pada hal-hal yang penting. Maka dari itu untuk pemeliharaan server, jika kamu memilih untuk melakukannya sendiri, kamu sudah pasti akan disibukkan oleh maintenance tersebut. Berbeda halnya saat kamu menyewa layanan jasa, semua hal mengenai perawatan server akan diurus oleh staf yang sudah profesional. Jadi, kamu bisa fokus untuk mengurus hal-hal lain yang lebih penting untuk membangun bisnismu.


colonation server
Kamu fokus ke bisnis aja, urusan perawatan server biar ahlinya yang handle (foto : nexdatacenter.com)



Tingkat untuk Produktivitas yang Akan Meningkat
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat menggunakan penyedia layanan jasa, tentu saja kamu akan mendapatkan pelayanan dari orang-orang yang sudah paham betul dan profesional. Bayangkan jika kamu harus mengurusnya sendiri, apalagi ketika kamu masih belum memahami  dengan baik cara merawat server.


Dengan bantuan dari tenaga profesional, hal ini akan membantumu dalam meningkatkan keproduktivitasan perusahaan. Mereka lebih memahami kondisi dan cara memperbaiki jika ternyata terdapat gangguan. Bahkan, bisa langsung memperbaikinya, jadi meminimalisir kesalahan menjadi lebih luas.



Tingkat Keamanan yang Tidak Perlu Diragukan Lagi
Saat kamu menggunakan penyedia layanan jasa, kamu sudah pasti akan mendapatkan semua fasilitas yang ada. Salah satunya adalah security atau keamanan. Jika kamu belum tahu, data yang kita miliki dalam bentuk digital ini sebenarnya lebih rawan dicuri atau diambil oleh pihak ketiga. Maka dari itu, sistem keamanan yang digunakan harus sangat tinggi. Dengan menggunakan pihak yang profesional, tentu kamu tidak perlu khawatir lagi.



Untuk penyewaan colocation, kamu bisa mengunjungi nexdatacenter.com. Di sana tersedia penjelasan-penjelasan lebih lanjut mengenai hal-hal yang berkaitan dengan infrastruktur TI. Kamu juga bisa menyewa server.

Share:

0 komentar