MANJUR BANGET! OBAT GATAL-GATAL ALERGI JAMUR

manjur banget obat gatal gatal alergi jamur
Manjur banget! Obat gatal-gatal alergi jamur

Manjur Banget! Obat Gatal-Gatal Alergi Jamur : Judulnya berasa lagi jualan obat banget ya saya, heheheee,,, tapi tenang, saya nggak bakal jualan kok. Cuma berbagi info aja tentang obat gatal-gatal karena alergi ataupun jamur yang menurut saya manjur banget karena udah saya coba.


Barangkali di antara kalian ada yang pernah ngalami gatal-gatal di badan yang ngeganggu banget sampe nggak konsen mau ngapa-ngapain. Udah nyoba berbagai jenis obat gatal tapi nggak mempan juga, mungkin bisa coba resep saya ini, mudah-mudahan sembuh ya.


Obat gatal-gatal manjur banget ini nggak perlu ngeluarin uang banyak untuk ngedapetinnya. Karena obatnya ada di sekitar kita kok. Bukan sesuatu yang susah dicari. Harganya pun terbilang murah. Pemakaiannya nggak mesti harus berkali-kali baru sembuh. Karena pengalaman saya kemarin cuma sekali aja udah sembuh.


Apakah obat gatal-gatal alergi jamur yang manjur banget itu?! Eitsss,,,, penasaran plus nggak sabar pengen tau ya?! Tenang, bakal saya kasih tau ke kalian semua kok. Tapi tunggu dulu, sebelum saya kasih tau, saya cerita dulu gimana awalnya saya tau obat gatal-gatal alergi jamur yang manjur banget ini.


Jadi nggak tau karena apa tiba-tiba leher saya gatal-gatal. Awalnya cuma gatal sedikit aja. Tapi kian hari kok kian melebar area yang gatalnya. Malah di tangan juga muncul gatal-gatal serupa. Saya bertanya-tanya dong, ini gatal-gatal kenapa ya? Perasaan nggak ada main ke semak-semak atau hutan-hutan. Alergi makanan tertentu pun rasanya nggak. Lah ini gatal-gatal kenapa toh?!


Awalnya cuma saya kasi minyak zaitun dan sebisa mungkin tidak menggaruknya. Tapi ya itu, kian hari makin melebar dan mulai muncul juga di area lain di badan. Waaah,,, nggak bisa dibiar-biarkan ini.


Saya mulai menerka-nerka apa penyebabnya. Alergi makanan sepertinya tidak. Pernah memang punya riwayat gatal-gatal kalau makan ayam boiler. Tapi itu waktu awal-awal pindah ke Medan, mungkin efek sebelumnya tinggal di kampung, dan kalau makan ayam ya ayam kampung yang bebas berkeliaran di sekitar rumah, nyari makan sendiri. Bukan ayam ternak suntikan yang makannya pun pakai pakan ayam ternak yang biasa dijual itu.


Tapi itu dulu ya. Sekarang makan ayam kota udah biasa aja tuh. Selain itu, rasa-rasanya saya nggak punya riwayat alergi terhadap makanan. Dan lagi memang belakangan saya nggak ada makan yang aneh-aneh. Jadi saya berasumsi ini gatal-gatalnya bukan dari makanan.


Debu bisa juga bikin badan saya gatal-gatal. Ini keliatan kalau saya abis bersih-bersih atau bongkar kardus barang-barang yang lama nggak dipakai. Tapi biasanya akan segera hilang kalau saya mandi.
Riwayat gatal-gatal lainnya yang pernah saya alami adalah kena ulat bulu. Tapi saya lihat bentol-bentol di leher saya beda sama bentol-bentol saat kena ulat bulu dulu. So pasti bukan karena ulat bulu.


Hmmm…. Saya terus mengingat-ngingat riwayat gatal-gatal yang pernah saya alami supaya tau ini gatal-gatal karena apa. Jadi tau juga ngobatinnya gimana. Berhubung pakai minyak zaitun nggak nunjukin perubahan. Harus pakai obat lain nih.


Biasanya badan saya bakal gatal-gatal kalau sprei atau sarung bantal yang saya pakai tidur sudah terlalu lama nggak diganti. Lewat sebulan nggak ganti sprei dan sarung bantal bisa dipastikan saya bakal mulai gatal-gatal badannya. Makanya saya biasanya dua minggu sekali ganti sprei dan sarung bantal. Ya walaupun pernah juga sampe sebulanan nggak ganti. Yang begini ini jarang banget sih kejadian, palingan kalau lagi males banget atau lagi banyak kegiatan.


Tapi kemarin itu saya baru aja ganti sprei dkk. Baru seminggu yang lewat. Jadi bisa dipastikan bukan karena sprei.


Sempat khawatir juga kalau ini gatal-gatal tanda penyakit berbahaya. Duuuh,,, syereeem, jaoh-jaoh deh. Jangan sampe lah, sehat-sehat panjang umur, aamiin!


Keparnoan saya ini bukan tanpa alasan loh. Soalnya pernah seorang kenalan cerita. Dia sakit ginjal. Dan tanda-tanda awal yang muncul di badan dia itu ya gatal-gatal kulit. Awalnya mikir cuma sakit kulit biasa. Udah pakai sabun ini itu dari yang murah sampe yang mahal nggak baik-baik juga. Akhirnya periksa ke dokter. Cek lab. Barulah ketauan kalau ternyata sakit ginjal.


Lah gimana ceritanya gatal-gatal kulit kok bisa lari ke ginjal. Iya jadi gini ceritanya *berdasar penjelasan si beliau*, ginjal kan kerjanya memfilter cairan yang masuk ke tubuh. Nah karena ginjalnya rusak, jadi cairan yang masuk ke tubuh nggak tersaring oleh ginjal. Jadi lah bakteri, kuman, virus, yang ada dalam cairan yang masuk ke tubuh dan nggak tersaring dengan baik itu nyebar ke tubuh. Nah biasanya si kuman ini bakal nyerang organ tubuh yang kondisinya sedang lemah. Ini tiap orang tentu beda-beda kondisinya. Misal paru-parunya yang lemah, maka paru-parunya lah yang diserang. Nah si temen ini kebetulan jaringan kulitnya lemah, maka kulitlah yang diserang. Muncul lah gatal-gatal yang dia kira cuma sakit kulit biasa itu. Begitu lah kira-kira penjelasan logisnya gaes.


Jadi karena pernah dengar cerita tersebut dari si penderita langsung. Saat muncul gatal-gatal di leher saya pun jadi parno dong. Apalagi kian hari kian melebar, ditambah lagi muncul juga di tangan. Woaaah,,, atuuut!


Sambil tetap berpositif thinking bahwa gatal-gatal di leher saya ini bukan pertanda penyakit berbahaya. Saya cari-cari info juga obat untuk gatal-gatal kulit. Sebenarnya kalau mau jelasnya sih langsung ke dokter aja ya kan. Atau beli salep kulit di apotik.


Tapi saya emang paling males minum obat atau ke dokter kalau nggak terpaksa banget. Kalau ada keluhan di badan, biasanya saya coba atasi dengan yang alami-alami dulu. Kalau nggak sembuh juga baru minum obat sesuai gejala yang timbul. Kalau nggak sembuh juga baru lah ke dokter.


So, mulai lah saya googling obat gatal-gatal alami yang bahannya mudah didapat. Muncullah beberapa anjuran. Saya lupa apa-apa aja. Tapi waktu itu semuanya adalah bumbu dapur. Yess,,, bumbu dapur ternyata ada juga yang bisa untuk mengatasi gatal-gatal kulit gaes.


Silahkan googling apa aja bumbu dapur yang manjur banget buat dijadikan obat gatal-gatal. Karena seperti yang saya katakan, saya lupa apa saja. Yang saya ingat cuma bawang putih, karena itu yang saya pilih kemarin.


Yess,,, bawang putih ternyata manjur banget gaes untuk obat gatal-gatal. Kalian pasti nggak percaya kan?! Sama, saya juga awalnya nggak percaya. Saya pikir bawang putih cuma bisa untuk bumbu masak doang. Ternyata bisa untuk menyembuhkan penyakit euy.


bawang putih
Nggak nyangka ini bawang putih manjur banget untuk obat gatal-gatal alergi jamur (foto: palapanews[dot]com)


Gimana caranya? Gampang banget kok. cukup siapkan satu siung bawang putih, haluskan. Bisa kalian giling, blender, atau kalo anak kos dan nggak punya blender, diparut aja juga bisa kok. Nggak perlu banyak-banyak juga. Sekiranya cukup aja untuk kalian balurkan di kulit yang gatal.


Saya kemarin cuma satu siung aja sih bawang putihnya. Terus saya tetesin minyak zaitun. Tempel. Tunggu beberapa saat, bilas. Gatal-gatal akan hilang dengan segera. Manjur banget lah pokoknya. Nggak perlu sampe berkali-kali pengobatan. Saya kemarin cuma sekali langsung manjur.


Segampang dan semanjur itu? Iyess banget gaes.


Tapi, ada tapinya nih hahahhaaaa. Syarat utama ngobatin gatal-gatal pake bawang putih ini adalah kalian harus tahan sensasi yang ditimbulkan saat parutan bawang putih ditempel ke kulit yang gatal tersebut gaes. Kenapa? Karena sensasinya itu sungguh terlalu gaes. Sulit diungkapkan dengan kata-kata hhahhahaa


Jadi awalnya saya kan nggak mikir ini parutan bawang putih bakal menimbulkan sensasi yang wow banget saat ditempelin ke kulit yang sakit. Jadi saya nggak ada persiapin mental bakal gimana-gimana dong hahhahaa,,, santai aja gitu saya tempelin ke leher.


Tapi ternyata oh ternyata, begitu si parutan bawang putih nempel di leher, saat itu juga saya shock dengan rasa yang ditimbulkannya. Reaksinya saat itu juga gaes, pokoknya gitu nempel langsung kerasa, secepat kilat banget dah. Salep, balsam, koyo, minyak atau apalah itu namanya kalah lah sama si bawang putih ini. Biasanya produk-produk yang saya sebut itu kan nunggu beberapa saat dulu buat kita bisa ngerasain sensasinya, entah itu hangat, panas, atau dingin menthol. Nah ini si bawang putih kagak pake nunggu-nunggu, langsung aja gitu.


Gitu nempel langsung nyos!!! Aneka rasa yang sulit diungkapkan pun muncul. Rasa panas, perih, pedih, seperti disengat, dibakar, ah entah lah, sulit menggambarkannya. Pokoknya saat itu saya sampe jalan mondar-mandir ruang tamu, dapur, kaca, sambil teriak-teriak dan tangan refleks kayak ngipas-ngipas. Lari-lari kecil, lompat-lompat, antara gemes dan bingung, mau diudahin aja langsung bilas atau bertahan karena pengen sembuh gatal-gatalnya.


Tapi di antara kepanikan itu saya terus aja ngebalurin bagian kulit yang belum teroles parutan bawang putih sampe semuanya rata diolesi. Dan tentunya sensasinya makin menjadi-jadi.


Dari yang awalnya cuma tereak “aah,, woaah” dan ucapan spontan lainnya, sampe berubah jadi “omegot,,,omegoot” panik sendiri mondar-mandir, sampe nyoba nenangin diri sendiri dan refleks berzikir “Allah,,Allah,,Allah”. Dari yang dzikir “Allah” dalam hati, sampe diucapin kayak berbisik, ucapin pelan, sampe ngucapin kuat kayak ngegas saking bingungnya mau gimana hahahhahaa kalo diingat-ingat lucu juga.


Momen di atas itu nggak lama gaes. Palingan cuma semenit atau dua menitan lah setelah semuanya rata terolesi. Tapi itu rasanya lama banget. Saya awalnya mikir mau bertahan sampe minimal 5 menit gitu, tapi sungguh tak sanggup menahannya. Nyerah! Langsung ke kamar mandi buat ngebilas.


Setelah dibilas, sensasi nyut-nyutan pedih seolah ribuan sengatan itu langsung hilang. Tapi sensasi panas kayak terbakar itu masih ada. Cuma masih tertahankan sih. Nggak sampe bikin panik kayak waktu diolesi. Dan lagi berangsur-angsur sensasi panas terbakarnya berkurang kok. Dan memang ajaibnya gatal-gatal nan nyelekit itu langsung cling musnah.


Bener-bener nggak ada kerasa lagi loh gaes. Bintik-bintik merah gatal yang awalnya berasa kayak lembab dan luka itu pun jadi berasa kering. Hari-hari setelah saya olesi parutan bawang putih dan minyak zaitun itu, yang tertinggal di leher saya adalah bekas ruam merah yang berubah hitam kering dan kemudian bikin tangan saya gatel pengen ngegaruknya. Bukan karena beneran gatel, tapi supaya kulit kering bekas ruam merahnya terkelupas dan hilang tak berbekas.


Jadi gaes, buat kalian yang punya sakit kulit berupa gatal-gatal merah, mungkin bisa coba cara saya ini, menggunakan parutan bawang putih dan minyak zaitun. Manjur banget! Tapi ya itu, mesti tahan ngerasain sensasinya. Karena ternyata sebelum saya, seorang teman saya juga pernah nyoba. Dan dia nggak tahan dengan sensasi pedih sengatan saat diolesi bawang putih itu. Jadi sekarang saat kebetulan kulitnya gatal-gatal lagi, dia masih bertahan nggak mau pakai bawang putih lagi dan nyari cara lain supaya gatal-gatal kulitnya bisa hilang.


Kalau menurut saya sih tergantung tingkat parahnya si gatal-gatal ini gaes. Karena saat saya olesi di area leher saya sampe bener-bener bingung saking runyamnya rasanya. Nah keesokan harinya saat saya buat lagi untuk olesin di tangan *waktu hari pertama olesin di leher, yang ditangan kelupaan saking paniknya*, disini cenderung bisa saya tahanin sensasinya. Entah karena memang sebelumnya saya udah nyiapin mental, atau karena memang area gatal-gatal di tangan lebih sedikit dibanding di leher.


Tapi intinya, parutan bawang putih plus minyak zaitung ini manjur banget untuk mengobati gatal-gatal kulit gaes. Khususnya gatal-gatal yang disebabkan oleh jamur.


Sampe sekarang saya nggak tau gatal-gatal saya kemarin disebabkan apa. Tapi setelah saya pikir-pikir mungkin karena ganti sabun mandi. Iya, jadi waktu itu saya baru aja ganti sabun. Ceritanya mau menghemat gituh, jadi ganti lah sabun yang lebih murah harganya. Dari yang awalnya pakai sabun beras merah Herborist, ganti sama sabun mandi biasa yang harganya jauuuuuuh lebih murah memang sih.


Entah memang karena itu atau karena yang lain saya nggak tau juga. Yang jelas setelah saya olesi bawang putih dan sembuh. Saya pun memutuskan ganti ke sabun Herborist lagi. Sampe sekarang, hampir setengah tahun berlalu, Alhamdulillah gatal-gatalnya nggak muncul lagi.


Oke gaes, sekian cerita saya tentang pengalaman ngobatin gatal-gatal kulit dengan bawang putih yang manjur banget itu. Semoga bermanfaat ya.


Kalian pernah ngalamin gatal-gatal kulit, share dong cara mengatasinya!

Share:

0 komentar