HORE! AKHIRNYA HOKBEN HADIR DI MEDAN

hore akhirnya hokben hadir di medan
Hore! Akhirnya HokBen Hadir di Medan


Hore! Akhirnya HokBen Hadir di Medan : Hola gaes, Perempuan November kembali lagi setelah sekian purnama tak berbagi cerita di rumah maya ini.


Sabtu, 01 Februari 2020. Hari ini harus dilewati dengan penuh semangat. Kenapa? Karena ini weekend. Selain itu juga karena ini awal bulan yang artinya dompet kalian bakal kembali tebal setelah beberapa hari cuma dihuni recehan. Trus juga ini kan udah masuk Februari, kata orang ini bulan kasih sayang. Apa lagi ya? Ya pokoknya tiga hal itu udah cukuplah jadi alasan buat kita jalani hari ini dengan semangat.


Eh tapi ada satu lagi ding alasannya. Apa itu?! Tak lain tak bukan adalah karena postingan saya kali ini mau menyampaikan berita bahagia. Khususnya buat para warga Medan, warga luar Medan tapi bentar lagi mau pindah di Medan, ataupun warga luar Medan yang sering maen ke Medan. Intinya yang sering bersinggungan dengan Medan lah.


Hore! Akhirnya HokBen Hadir di Medan. Yes,, itu berita gembira yang ingin saya sampaikan di postingan awal Februari ini. Iyess, HokBen kini udah buka gerai di Medan loh. So, udah nambah lagi lah referensi kulineran ya kan.


Kalau buat saya pribadi, hadirnya HokBen di lantai 4 Sun Plaza Medan yang mulai buka sejak 28 Januari 2020 kemarin ini adalah sesuatu yang saya tunggu-tunggu. Beneran loh. Secara gitu ya, dari kecil udah kenal HokBen lewat iklan di TV. Dulu namanya Hoka-Hoka Bento. Nah sejak 2013 mereka rebranding jadi HokBen karena emang dari dulu banyak yang nyebut restoran ini begitu, jadi ya sekalian aja dipatenkan ye kan.


Kalau gerai makanan yang sering muncul di TV kayak resto ayam goreng krispi, burger, ato pizza kan udah menjamur alias banyak banget di Medan ya. Jadi udah ngerasain lah, nggak penasaran. Tapi HokBen ini dari dulu kagak ada di Medan say, jadi ya penasaran lah sayanya.


Sebenarnya restoran dengan menu khas Jepang itu di Medan yo udah banyak. Pernah juga beberapa kali diundang waktu mereka opening. Menu-menu di hotel juga sering nyajikan menu khas Jepang. Jujur saya seneng aja kalau pas dapat undangan kunyah-kunyah dari mereka, karena pengalaman beberapa kali makan makanan ala Jepang, lumayan cocok sama lidah dan perut saya.


Cuma yo tetep aja penasaran sama HokBen. Sempat bertanya-tanya juga, kapan ya HokBen hadir di Medan. Penasaran akut saya tuh. Soalnya kan pertama kali kenal resto bergaya Jepang itu ya Hoka-Hoka Bento alias HokBen waktu kecil dulu. Mosok ya sampe segede gini belum pernah ngerasain. Apa kata dunia?!


Makanya kemarin waktu dapat undangan icip-icip opening HokBen di Medan saya seneng banget, Hore! Akhirnya HokBen Hadir di Medan, begitulah kira-kira sorak-sorai di hati saya.


HokBen di Medan resmi dibuka untuk umum pada 28 Januari 2020, kita-kita para blogger dan undangan lainnya berkesempatan curi start nyobain menu-menu HokBen di hari Seninnya, 27 Januari 2020.


Saya semangat dong hadir hari itu. Nggak sulit buat nemuin gerai HokBen di Sun Plaza Medan. Dari lantai dasar tinggal naik lift ke lantai 4, keluar dari lift bisa ambil ke kanan atau ke kiri juga bisa, tinggal arahkan pandangan ke sekeliling aja pasti nemu lah. Secara restonya berada di seberang lift, logo dan tulisannya juga gede kok, pasti keliatan lah.


Sampai di HokBen saya bergabung dengan teman-teman blogger lainnya. Banyak juga undangan dari berbagai kalangan hari itu.


Sebelum icip-icip, kita ngobrol-ngobrol dulu sama mbak Irma Wulansari selaku Communications Division HokBen. Nah dari mbak Irma ini jadi lebih kenal lagi deh sama HokBen.


Jadi gaes, kalian pasti selama ini mikir kalau Hokben ini brand luar kan. Sama, saya juga mikirnya gitu. Tapi ternyata salah gaes. HokBen adalah merek asli Indonesia loh. Jadi nggak usah heran kalau misal kalian ke Jepang dan nggak nemuin restoran HokBen disana. Karena ya memang nggak ada.


Berdiri sejak tahun 1985 dan sekarang sudah punya banyak gerai di berbagai kota di Indonesia. Gerai HokBen di Sun Plaza Medan sendiri merupakan gerai ke 168. Denger-denger sih bakal nambah terus gerainya gaes, semoga bakal bukan di kota kalian juga ya.


Meski HokBen merupakan restoran yang mengusung gaya Jepang. Ternyata ada juga loh menu yang otentik kreasi HokBen sendiri, yang artinya juga nggak ada di Jepang. Ada dua menu otentik di HokBen yang sudah memiliki sertifikat merek: Ekkado dan Tori No Teba. Kedua menu ini tentunya terinspirasi dan bergaya ala makanan Jepang ya gaes.


Makanan Jepang, halal nggak tuh? Nggak perlu khawatir gaes, sejak 2008 HokBen sudah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) ya.  Bahkan di tahun 2017 HokBen memperoleh Sertifikat Sistem Jaminan Halal. Maksudnya gimana tuh, beda ya dengan sertifikat halal?


Iya beda. Kalau bahasa simpelnya sih, sertifikat halal itu untuk sebuah produk, sementara sistem jaminan halal ini menyangkut keseluruhan sistem dan proses yang terkait dengan produk tersebut. Semisal nih HokBen, produknya halal, nah untuk bisa dapat Sertifikat Sistem Jaminan Halal, vendor-vendor yang bekerja sama dengan HokBen juga harus punya sertifikat halal juga.


Bukan apa-apa ya, buat yang muslim, perkara sertifikat halal ini memang jadi pertimbangan besar buat mutusin mau makan di restoran atau kafe mana. Dan HokBen memahami betul hal tersebut. Makanya untuk menjaga kepercayaan dan kenyamanan para konsumen, HokBen komitmen menjaga kehalalan menu-menu mereka yang dibuktikan melalui sertifikat sistem jaminan halal dan sertifikat halal MUI.


Oke, karena sudah terbukti halal, mari kita makan! Hari itu saya mencoba menu Bento Special 4, Shrimp Dumpling Soup, sama Ocha dingin. Mari makan gaes. Dimulai dari minumnya, ya semua udah tau lah ya ocha itu tak lain tak bukan adalah teh khas Jepang. Dan biasanya disajikan tanpa gula gaes.

hokben medan
Menu yang saya icip-icip kemarin


hokben sun plaza medan
Bento Special 4 (Rp. 54.546), porsi beef teriyakinya nggak pelit. 


Mau ocha panas atau dingin, tinggal infoin aja ke mbak-mbaknya. Kalau saya kemarin ocha dingin biar nggak terasa pait banget. Dan memang pahitnya nggak terasa kelat banget. Normal lah. Kenapa saya pilih ocha padahal ada fresh juice, milo dingin, dan beberapa pilihan minuman lainnya. Itu karena saya mudah enek kalau makan makanan yang terlalu lemak atau yang kaldunya terasa banget. Jadi jaga-jaga buat penetralisir gituh.

hokben hadir di medan
ocha dingin untuk penetralisir 


Shrimp Dumpling Soup. Begitu menyeruputnya saya langsung suka dengan kuah soupnya. Cucook banget di lidah saya. Soupnya itu terasa kaldunya namun ringan gaes. Jadi nggak bikin saya cepat enek. Disajikan panas-panas, mantap jiwa!


hokben di medan
Shrimp dumpling soup (Rp. 18.182), teksturnya lembut, kuahnya oishii banget, favorit saya nih.


Bento Special 4 terdiri dari Tori No Teba, Ebi Furai, Ebi Fried, Beef Teriyaki, Nasi, dan salad. Oke, Tori No Teba ini yang tadi saya katakan salah satu menu otentik HokBen. Terinspirasi dari Gyoza yang merupakan salah satu hidangan popular di Jepang. Nah Tori No Teba ini salah satu tipe Gyoza yang menggunakan sayap ayam sebagai bungkus Gyoza nya gaes.


Saya dan beberapa kawan blogger kecele saat makan Tori No Teba ini. Kirain awalnya ya memang sayap ayam biasa gituh. Tetapi ternyata setelah digigit eh kok empuk, gak ada tulangnya, dagingnya pun gurih berbumbu gitu. Ternyata emang daging ayam yang udah diolah dengan aneka bumbu trus dibalut kulit sayap ayam, digoreng sedemikian rupa hingga kering dan renyah di luar tapi lembut dan bercitarasa saat digigit.

hokben tori no teba
Itu, yang udah dimakan separuh itu tuh si Tori No Teba, menu otentik Hokben


Kalo Ekkadonya saya belum nyoba nih. Cuma kata mbak Wulan menu ini terinspirasi dari Jepang juga. Berasal dari kata Egg yang berarti telur, dan Kado. Jadi Ekkado ini adalah telur yang dibungkus seperti kado.


Oke balik lagi ke Bento Special 4. Selain Tori No Teba, yang jadi perhatian saya di menu ini adalah nasi dan saladnya. Saya nggak tau apakah HokBen menggunakan beras tertentu atau memang diberi semacam racikan bumbu tertentu hingga nasinya berbeda dengan yang saya masak sendiri di rumah atau di resto-resto lain.


Nasi putih di HokBen ini selain putih, lembut, dan wangi, juga terasa ada lemak-lemaknya. Apa mungkin masaknya pakai santan ya seperti nasi uduk. Tapi biasanya kalau pakai santan warnanya akan berubah, nggak putih kinclong gituh. Atau mungkin dicampur sama beras pulut ya. Soalnya rasa lemaknya mengingatkan saya pada beras pulut. Ah tau ah, gelap. Saya memang nggak ahli dalam mengolah makanan, jadi perkara nasi gurih berlemak gini aja saya nggak bisa pecahin kenapa bisa begitu. Saya demennya soal kunyah mengunyah alias makannya doang :D


Oya, satu lagi. Saya syuuuka saladnya HokBen. Fresh! Krenyes-krenyes pas dikunyah. Secara keseluruhan menu-menu HokBen yang saya makan hari itu tuh cocok di lidah saya. Dan itu cukup jadi alasan buat saya berencana untuk datang lagi next time.

hokben salad
Ini salad juga favorit saya, krenyes krenyes endes!


Dan memang saya beneran datang lagi gaes. Tadi malam bareng temen. Rencananya bertiga sih, tapi karena satu temen nggak jadi ikutan karena ada urusan, jadi lah cuma berdua. Luar biasa rame euy. Antriannya mengular, panjang. Gileee, segitu antusiasnya masyarakat Medan sama HokBen ternyata.


hoka hoka benti medan
Ngantri panjang. Antusias banget warga Medan sama kehadiran HokBen ya


Karena udah lapar dan kayaknya bakal nggak sanggup ngantri sepanjang itu, kita mutusin makan di resto laen. Saya pikir yaudah lah laen waktu aja ke HokBen lagi. Eh tapi ini si Ibenk ternyata punya rencana lain. Selesai makan kita bukannya pulang, dia ngajak ke HokBen lagi. Saya bilang ngantri loh, dia bilang gpp, udah makan jadi kuat buat ngantri. Hahhaha,,,, geblek nih anak. Tapi saya ngikut aja lah hehhehe.


Antriannya masih panjang gaes. Dan berhubung si Ibenk yang ngotot pengen ke HokBen yaudah dia yang ngantri. Saya duduk aja nunggu  makanan.


hore hokben hadir di medan
Pilih-pilih menu kesukaan


Karena udah makan, saya pesan yang nggak berat-berat banget. Saya pilih Value Set yang ternyata ada nasinya juga. Kirain cuma terdiri dari Egg Chicken Roll + Shrimp Roll + Ocha + dan Clear Soup doang. Jadi lah si nasi dibungkus, nggak saya makan karena udah kekenyangan.

hokben hadir di sun plaza medan
Value Set (Rp 28.182)


Ibenk pesan Simple Set Teriyaki, Chicken Tofu Soup, sama Milo dingin. Komentarnya? So pasti lah dia suka, keliatan dari lahapnya dia makan. Waktu aku tanya mana yang paling jadi favoritnya, dia bilang dia suka teriyakinya.

hoka hoka bento
Bela-belain antri panjang buat bisa makan di HokBen


Saya penasaran nyoba Milonya. Gaes saya kasi tau ya, kalau kalian ke HokBen dan nggak suka Ocha, jangan ragu buat pesan milo dinginnya. Kenapa, karena milo dinginnya emang terasa Milonya. Ini mungkin sepele ya, cuma saya sering kecewa pas di kafe-kafe pilih menu Milo tapi sangat encer dan nggak kerasa Milonya. Nah di HokBen ini taste Milonya nggak ngecewain.


Hmm… oke baik, ini udah terlalu panjang gaes. Nanti kalau dipanjangin lagi bakal bikin saya kepengen ke HokBen lagi ehhehehee… eh iya, untuk harga makanan dimulai 26.364 sampe 70an ribu gitu. Menurut saya worth it lah ya, apalagi mereka memang nggak pakai pengawet dan ngejaga bener kualitas bahan-bahan menu mereka.


Oke gaes, segitu dulu cerita saya hari ini. Kalau mau info lebih lanjut bisa cek IG mereka ya : @hokben_id berbagai info dan promo yang sedang berlangsung bisa kalian lihat disana.


hokben sun plaza
Nih saya kasih bocoran promo bulan ini :)


Hore! Akhirnya HokBen Hadir di Medan, kalian udah ke HokBen belum?


Share:

0 komentar