SUNSET DI LAMPUUK

sunset di lampuuk aceh
Sunset di Lampuuk - Aceh


Sunset di Lampuuk – Wisata Aceh : Menikmati senja di Lampuuk bukan hal yang saya dan Yokko rencanakan sebelumnya. Namun saat perjalanan pulang dari Greuteu dan melewati persimpangan menuju Pantai Lampuuk, rencana itu pun muncul begitu saja. Kebetulan malam belum turun, jadi ya tak ada salahnya singgah. Sukur-sukur bisa lihat sunset.

Baca juga : GREUTEU OH INDAHNYA!

Memang sejak kunjungan pertama saya pada 2013 lalu, saya berkeinginan kembali ke pantai ini. Utamanya untuk merasakan menginap di penginapan yang salah satu kamarnya menempel di tebing di area ujung utara Pantai Lampuuk. Entah sekarang masih ada atau tidak. Tapi kunjungan pertama dulu itu benar-benar membuat saya ingin mencoba bermalam disana suatu saat nanti.


Pantai Lampuuk merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi baik oleh orang lokal maupun turis mancanegara. Cuma turis lokal biasanya sukanya yang area selatan. Nah turis asing lebih suka di area utara. Garis pantainya panjang. Membentang dari arah selatan ke Utara. Sayang Yokko, teman saya pergi kala itu nggak tau jalan menuju area Pantai Lampuuk yang berbatasan dengan tebing bukit. Kami sudah mencoba mencarinya tapi malah kembali ke area pantai yang biasa dikunjungi warga lokal.


Seingat saya dulu memang jalan menuju kesana itu sepi melewati banyak pepohonan. Tapi karena nggak nemu juga, ya sudah lah kami masuk ke pantai yang area selatan. Setelah memarkirkan sepeda motor barulah kelihatan kalau posisi kami di tengah-tengah. Jadi kalau tetep pengen ke area utara ya bisa aja tinggal jalan kaki menyusuri pantai.


Tapi berhubung sudah terlanjur pewe duduk di pantai sambil melihat matahari yang sebentar lagi terbenam, ya kita nggak kemana-mana. Duduk-duduk saja disitu. Sore itu lumayan banyak pengunjung. Berjalan menyusuri pantai. Kebanyakan anak muda yang rombongan sama temen-temennya. Ada juga yang keluarga.


Pantai Lampuuk area utara banyak ditumbuhi pepohonan cemara dan terdapat beberapa penjual. Yang dijual tentu khasnya warung-warung di tepi pantai. Es kelapa, mie instan, dan menu laut tentunya. Sementara area utara tidak ada penjual seingat saya.


Saya yang memang menyukai suasana sore hari, langsung duduk di atas pasir putih yang kering karena tak tergapai ombak laut. Sementara Yokko memilih mendekati bibir pantai. Ah, tak menyangka akhirnya bisa ke pantai ini lagi.

sunset di pantai lampuuk
Suasana sore di Pantai Lampuuk


Semua pastilah setuju jika saya katakan sore di tepi pantai adalah sore yang syahdu. Begitupun sore di Pantai Lampuuk. Suara deru ombak yang besar dan berisik itu menghadirkan nuansa tersendiri bagi saya yang memang jarang main ke pantai.


Mungkin untuk banyak orang, mengunjungi suatu tempat wisata hanyalah sekedar datang, melihat-lihat sejenak. Foto-foto untuk diupload di sosial media, lalu pulang. Tapi tidak dengan saya. Saya adalah tipe menikmati suasana, meski tak menyangkal saya pun biasanya berfoto dan mengambil video. Tapi biasanya itu sebatas dokumentasi saja. Selebihnya, diam seorang diri ataupun ngobrol santai sembari menikmati suasana adalah hal yang saya suka.


Sore itu, saya nikmati betul suasana di Pantai Lampuuk yang tidak begitu ramai namun juga tidak sepi. Surprisednya adalah bahwa matahari tepat berada di depan kami. Di batas laut sana. Terpampang nyata dengan cahayanya yang keemasan.


Ya, ternyata Pantai Lampuuk adalah salah satu pantai ideal buat pecinta sunset. Sebab matahari tepat berada di area tengah. Jadi bisa leluasa memandangi matahari bergerak turun mendekati garis laut dan hilang perlahan disana. Tak ada yang menghalangi entah itu bukit ataupun pepohonan. Cakep bener.

sunset di pantai lampuuk aceh
Menikmati momen sunset di Pantai Lampuuk


Sama seperti tempat-tempat menarik lainnya yang pernah saya kunjungi, keindahan suasana sore di Pantai Lampuuk ini pun tak terdokumentasikan dengan baik di kamera hape saya. Maklum lah, hape seadanya. Ditambah lagi memang jiwa fotografer saya sungguh lah tipis. Jadi hanya ada beberapa foto seadanya.


Kalian penasaran bagaimana indah nan syahdunya sunset di Lampuuk? Buruanlah susun agenda kesana.

Share:

8 komentar

  1. Haduh jadi pengen ke pantai juga, itu sunsetnya indie beud ....

    BalasHapus
  2. wah bagus ya kak tempatnya, tapi kayaknya ada yang kurang kak, kurang putar lagu indie sama kopinya, biar makin syahdu, ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. WHY HARUS INDIE GITU???....
      Lagu anime kek sesekali... Hadeuuuhh

      Hapus
  3. catet nih. belum pernah kesana soalnya

    BalasHapus
  4. masih nyesek... ingat kemaren, ngajak mendadak :D

    BalasHapus
  5. Senjanya cantik kali kak Diaaaah...
    Dari dulu pengin kali keliling aceh tapi belum pernah kesampean

    BalasHapus
  6. Kalo aku pribadi sih,, gak prefer kali ke aceh... Cuman yaaa kalo dibayarin mau... Heheheh,,,

    Sunsetnya amaziiingggg bet,

    BalasHapus
  7. keknya pernah, tapi lupa.

    BalasHapus