SPOTS, APLIKASI KASIR DENGAN FITUR BERAGAM

03.16
spots 5
SPOTS, aplikasi kasir dengan fitur beragam

SPOTS, Aplikasi Kasir dengan Fitur Beragam : Maret-April tahun ini jadi bulan yang cukup sibuk buat saya. Selain rutinitas biasa, ada beberapa aktifitas tak biasa yang harus saya jalankan dua bulanan ini. Salah satunya adalah ikutan stand di PRSU (Pekan Raya Sumatera Utara).


Yass,, sama memberanikan diri untuk buka usaha lagi dan menyewa stand di PRSU. Cukup excited karena ini merupakan pengalaman baru buat saya. Nyoba-nyoba buka usaha sih udah sering, tapi buat ikutan dalam sebuah event itu baru kali ini. Langsung event sebulan lagi, so pasti biaya sewanya nggak murah. Sungguh nekat memang, ehhehee…


Asiknya ikut stand ini jadi punya kenalan baru sesama pengusaha kecil yang masih merintis. Banyak yang masih muda. Beberapa juga perantauan seperti saya.


Ada cerita yang menurut saya lucu tentang PRSU ini. Sebelum PRSU berlangsung, saya sudah berencana bawa bekal tiap hari supaya ngirit. Saking niatnya sampe bongkar  kardus untuk ambil wadah bekal makan saya. Eh gitu event berlangsung, bawa bekalnya cuma 2 kali doang, selebihnya jajaaaaan.


Ada dua alasan sih kenapa akhirnya memutuskan buat nggak bawa bekal. Pertama karena di sederetan stand saya itu isinya penjual makanan dan minuman semua. Cuma stand saya yang nggak jual makanan. Dikelilingi gerobak dengan aneka jajanan itu beraaat sodara. Bawaannya mau jajan mulu. Bekal saya sukses cuma di hari pertama doang. Hari kedua gagal. Bukan gagal bawa bekal, melainkan gagal menghabiskan bekal. Keasikan kulineran sampe bekalnya utuh tak tersentuh.


Alasan kedua ya karena walau baru kenal sama sesama pengisi stand, nggak tau kenapa langsung merasa senasib seperjuangan. Jadi mutusin buat beli jajanan mereka sekalian ngebantu supaya jualan mereka cepat habis. Soalnya PRSU tahun ini tergolong sepi pengunjung. Kan kasian yang jualan jajanan kalau nggak laku bahannya bisa busuk. Beda ama jualan saya yang masih bisa dijual kapan-kapan.


Begitu lah ya, ternyata perasaan senasib ini sukses membuat saya melupakan niat luhur saya untuk bawa bekal supaya hemat. Juga sukses membuat saya masa bodoh sama lemak-lemak yang menggelambir. Rasanya senyum mereka saat kita beli jualannya ketika pengunjung sepi itu kok ya lebih penting ketimbang lemak-lemak yang bisa dihancurkan dengan olahraga *walaupun olahraganya entah kapan :D*


Ngeliat banyaknya penjual makanan di PRSU kemarin ngebuat saya keinget usaha-usaha yang udah pernah saya jalankan sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah usaha kuliner. Semuanya tumbang sebelum sempat mengecap manis kesuksesan *ahaaiii,,, gaya banget bahasa saya*


Saya jadi mikir, apa ya yang bikin usaha kuliner saya dan temen saya dulu itu gulung tikar. Selain karena memang kami yang belum fokus, mungkin masalah lokasi juga kali ya. Dulu lokasi café kita tuh di pinggir jalan sih emang. Kita mikir bakal rame nih pengunjung. Eh ternyata salah perhitungan. Karena emang walaupun siang rame, jam 9 malam aja udah mulai jarang orang melintas. Sementara kita jualannya sore ke malam.


Sekarang, di jaman digital yang apa-apa tinggal klik, saya kok tergelitik untuk nyobain buka usaha kuliner lagi. Secara ya, era digital ini nggak cuma memanjakan kita sebagai konsumen aja, tetapi juga memberi peluang selebar-lebarnya bagi yang mau mengambil peluang, jualan online misalnya.
Iya, saya pengen buka usaha kuliner. Tapi nggak pengen gagal lagi seperti yang sudah-sudah. Makanya semuanya musti dipikirkan dengan bijak. Harus dipersiapkan dengan baik. Termasuk masalah catatan penjualan. Harus rapi dan dicek tiap hari.


Apalagi sekarang teknologi sudah sangat memudahkan. Promosi bisa dari online. Jualan bisa online *Dulu bisa juga sih, cuma belum dimaksimalkan seperti sekarang*. Catatan penjualan juga nggak harus ditulis manual di buku, karena sudah ada SPOTS, sistem Point of Sale yang membantu operasional usaha kita dengan beragam fitur yang dimilikinya.


Jadi SPOTS ini adalah aplikasi kasir yang masih satu grup dengan perusahaan GO-JEK. You know lah ya GO-JEK, si unicorn pertamanya Indonesia ini sudah terbukti kualitasnya lewat nama besar yang masih mereka pertahankan hingga kini.


Nggak cuma sebagai mesin kasir, SPOTS ini multifungsi gaes. Cocok banget untuk pengusaha kuliner. Dari mulai usaha kecil yang pakai gerobak keliling, warung sederhana, café, sampe resto, semuanya cocok menggunakan SPOTS karena memang praktis dan efektif. Dengan SPOTS kita bisa menghemat waktu, khususnya untuk hal-hal yang berhubungan dengan catatan penjualan.


spots 2


Masalah catat mencatat ini emang hal sepele tapi wajib buat yang bener-bener serius berwirausaha. Bayangin kalau sampai salah nyatet penjualan, bisa pusing tujuh keliling. Nah SPOTS ini solusi buat pengusaha kuliner yang pengen catatan penjualannya rapih tanpa perlu repot-repot nulis di buku catatan tiap kali orderan datang.


Beragam Fitur dalam Satu Perangkat
Mengatur menu. Dengan SPOTS, kita bisa mengatur menu jualan kita. Atur manual bisa, impor dari menu GO-FOOD juga bisa kalau kita sudah terdaftara sebagai partner GO-FOOD. Karena seperti yang udah saya sebutkan, SPOTS dan GO-JEK ini satu grup perusahaan, so pasti bisa terkoneksi ke akun GO-FOOD kita.


Kita bisa atur menu kita sesuai keinginan, dari mulai jumlah, harga, foto, serta kategori, semuanya bisa diatur.

spots 1



Terima pesanan GO-FOOD
Ini juga buat yang sudah terdaftar sebagai partner GO-FOOD. Lewat SPOTS kita bisa dapet notifikasi real time kalau ada pesanan lewat GO-FOOD. Jadi menurut saya menghemat waktu banget untuk semua pihak. Kita bisa segera siapin orderan tanpa harus menunggu driver GO-JEK tiba, waktu menunggu si driver jadi lebih singkat, konsumen juga nggak harus nunggu lama untuk pesanannya.



Terima pembayaran GO-PAY
Punya akun GO-JEK memang idealnya punya GO-PAY juga dong. Karena selain praktis juga bisa digunakan di SPOTS. Cukup scan kode QR dan dana pun masuk ke akun GO-PAY kita. Praktis. Nggak pake acara bingung ketika nggak ada uang receh untuk kembalian.

spots 7



Mencatat ragam tipe pembayaran
Nggak cuma menerima pembayaran pakai GO-PAY aja loh. Pakai kartu debit, kredit, tunai, dan yang lainnya juga bisa kok. Semuanya tercatat di SPOTS. Jadi kita bisa tau tipe pembayaran apa yang sering digunakan pembeli.



Cetak resi instan
SPOTS memang bukan mesin kasir semata. Karena perangkat ini ternyata juga dilengkapi dengan mesin printer sodara sodara. So, nggak perlu mesin tambahan lagi dong kalau sewaktu-waktu mau cetak resi transaksi.

spots 4



Dapatkan laporan harian
Baik usaha baru merintis ataupun yang sudah maju, yang namanya usaha itu memang musti dipantau tiap waktu.  Sebab dengan memantaunya, kita tau apa- apa yang musti dilakukan untuk perkembangan usaha kedepannya. Kalau kita pakai SPOTS kita bisa melihat rekap penjualan kita setiap hari, baik dari aplikasi maupun lewat email.



Ternyata ya, banyak kegunaan SPOTS. Fitur-fiturnya sangat membantu pengusaha nggak hanya mencatat penjualan, tapi juga cetak resi, mengatur menu, laporan harian, dan berbagai kemudahan lainnya. Dan untuk satu perangkat dengan banyak fungsi seperti yang sudah saya ceritakan di atas, kita cuma perlu ngerogoh kocek 290 ribu saja untuk biaya pendaftaran dan 2.900 rupiah untuk biaya hariannya. Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang didapat, harga tersebut sangat worth it lah ya menurut saya.



Hmmm,,, malam-malam gini ngobrolin mesin kasir dan usaha kuliner. Apakah itu artinya saya bakal membuka usaha di bidang kuliner lagi? Entah lah! Kita lihat saja nanti :)


Ada yang pernah pakai SPOTS? Gimana pengalamannya? Ceritain di kolom komen ya :)



Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

26 komentar

Write komentar
17 April 2019 06.51 delete

Kalo ikut pameran gitu, sering lapar mata sendiri ya lihat dagangan tetangga stan kiri kanan :D

Reply
avatar
17 April 2019 14.57 delete

Semoga usahanya lancar dan berkah ya mbak. Saya pun dulu pernah bikin usaha kuliner join sama temen. Tapi sayang kita bubar gara-gara berbenturan sama jadwal kuliah. Menurutku SPOTS ini keren banget dah, semua fitur udah komplit jadi satu apalagi sistemnya bisa online. keren banget deh.

Reply
avatar
Ayu lestari
AUTHOR
19 April 2019 08.07 delete

Spots itu ada alatnya sendiri ya? Bukan aplikasi yang bisa dibuka dan digunakan via handphone?

Reply
avatar
Nina
AUTHOR
19 April 2019 12.32 delete

Senengnya SPOTS karena bisa digunakan oleh pengusaha kuliner kecil, hingga menengah ya mba :)

Reply
avatar
Hydriani
AUTHOR
19 April 2019 14.11 delete

Wah lengkapnya kegunaan aplikasi kasir SPOTS ini, biaya pendaftaran & biaya sehari2 nya pun termasuk murah lho untuk ukuran teknologi cashless kayak gini :)

Reply
avatar
20 April 2019 05.38 delete

Kehadiran SPOTS sangat membantu para pengusaha kuliner dan bikin nyaman para konsumen dalam melakukan pembayaran secara cashless.

Reply
avatar
nurul rahma
AUTHOR
21 April 2019 07.58 delete

SPOTS keren buangeeettt!
Pokoke GoJek and team tuh inovatif bgt yak
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply
avatar
Ridsal
AUTHOR
22 April 2019 14.04 delete

Banyak pilihan fitur-nya, apalagi sudah tersedia layanan Go-jek, semakin mudah nih menjalankan usaha..

Reply
avatar
yulia yuli
AUTHOR
23 April 2019 12.40 delete

Baru tahu nih alat ini.. ini kena administrasinya berapa ya kira-kira.. minat sih, karena rencana aku mau buka usaha kulineran. Kan enak ya kalau pake Spot gak ribet harus nyediain uang recehan.

Reply
avatar
23 April 2019 14.17 delete

Belum pernah tahu sih mbak wujudnya, cuman kalau nemuin di internet sih keknya pernah liat itu hehee
Bagus banget fungsinya, memudahkan untuk pengusaha nih..
apalagi bisa cetak resensi selama melakukan transaksi
Mantul sekalii

Reply
avatar
Zefy Arlinda
AUTHOR
23 April 2019 16.06 delete

belum pernah coba sih tapi kalau berdasarkan ceritanya mbak aku yakin kalau si kecil ini bermanfaat banget

Reply
avatar
unggulcenter
AUTHOR
23 April 2019 16.17 delete

Nah ini punya gojek ya. bagusss ngga hanya monopoli OVO yaaa

Reply
avatar
Ali Muakhir
AUTHOR
23 April 2019 17.15 delete

Waaah, sekarang kasir semakin simpel ya, nggak perlu laptop apalagi desktop. Ini cocok banget kalau mau jualan kuliner. Jadi penasaran pengin nyoba euy

Reply
avatar
Molzania
AUTHOR
23 April 2019 19.05 delete

Cocok untuk usaha kuliner zaman now .. Keren dan canggih.

Reply
avatar
Tomi Purba
AUTHOR
23 April 2019 22.53 delete

baru pertama kali ini aku mendengar nama Spots mba.. tapi setelah dibaca dan dipelajari, sepertinya SPOTS ini cocok untuk dipake nanti klo buka cafe atau tempat nongkrong karena SPOTS sangat simple dan bisa membantu bisnis jualan kita

Reply
avatar
24 April 2019 08.18 delete

hihi, jadinya jajan apa aja tuh kak di pekan raya?

Reply
avatar
24 April 2019 12.58 delete

Mbak Diah keren, bisa wirausaha dan buka stand. Salut. Semoga bisnisnya laris manis ya ka dibantu dg aplikasi Spots.

Reply
avatar
24 April 2019 17.19 delete

aku nanti kalau buka usaha kuliner sepertinya akan menggunakan spots. lah enak eeee, kasirnya gak ribet, haha

Reply
avatar
24 April 2019 18.33 delete

Kalau serius jualan emang penting banget buat mencatat ini itu. Masalahnya kan kadang kita lupa. Jadi pakai SPOT ini sangat bermanfaat banget buat kita

Reply
avatar
24 April 2019 19.12 delete

Aku udah sering lihat alat ini. Beberapa kali ke tempat makan dan melihat tukang ojek dan masy laen bagar pake go pay. Luar bisa. Semakin memudahkan dan cashless

Reply
avatar
24 April 2019 19.21 delete

Wah.. ternyata udah pengalaman berbisnis ya, mbak Penov ini. Ayo Mbak aku dukung usaha kuliner lagi. Apalagi ada SPOTS yang bakalan bantu ngitung-itung laba rugi dan sebagainya. Hehehe.
Keren emang ya inovasi dari Gojek ini :)

Reply
avatar
Dikki Cantona
AUTHOR
24 April 2019 19.34 delete

aplikasi yang sangat berguna untuk para pengusaha makanan nih, pernah lihat disuatu tempat makan dan mereka pake Spots sebagai mesin kasir penghitungannya gitu dan sangat berguna banget keluar struk dllnya bener bener berubah jadi modern dengan budget yg relatif murah dikelasnya

Reply
avatar
24 April 2019 22.29 delete

Aplikasi yang menguntungkan khususnya buat yang punya usaha makanan dan udah terkoneksi sama GOFOOD ya mbak. Jd lbh bisa memantau transaksi yg masuk plus sekalian lbh cepet ngitungin pembelian dan penjualan.

Reply
avatar
lendyagasshi
AUTHOR
24 April 2019 23.31 delete

Kemudahan menggunakan SPOTS tentu membuat motivasi tersendiri bagi para pengusaha baru yaa...
Semoga inovasi SPOTS terus berkembang.
Dan bisa dinikmati semua pengusaha kuliner.

Reply
avatar
Mugniar
AUTHOR
26 April 2019 08.28 delete

Bisa mendapatkan laporan harian secara detail dengan bantuan SPOTS itu membantu banget ya

Reply
avatar
Heri Heryanto
AUTHOR
30 April 2019 11.29 delete

Oenasaran saya dengan spots, ini lagi cari testimoni pengusaha yg sudah pake spots. Biar lebih mantep pakenya..

Reply
avatar