TELAH DIBUKA! PLAZA UKM, PUSAT OLEH-OLEH SUMUT

21.51

Telah dibuka! Plaza UKM, Pusat oleh-oleh Sumut.


"Awas ya kalau pulangnya nggak bawa oleh-oleh"

"Jangan lupa oleh-oleh buatku ya"

Kalian yang sering bepergian pasti sering banget mendengar kalimat sejenis di atas kan?! Sama, saya juga.

Saya pribadi biasanya sebisa mungkin nggak latah ikut-ikutan minta oleh-oleh waktu temen lagi traveling. Takutnya malah membebani. Walaupun ya kalau misal dikasih oleh-oleh rasanya senengnya minta ampun. Merasa jadi orang spesial gituh :)

Perkara oleh-oleh ini sebenarnya seru-seru jambu ya. Bukan hal yang wajib tapi bisa bikin ribet juga kadang-kadang.

Lah iya, kalau misal temen sampe ngambek karna dia nggak dibawain oleh-oleh. Atau misal jadi nggak enakan ama salah satu temen karena oleh-oleh yang kita bawa ternyata kurang, jadi ada yang nggak kebagian, kan jadi ribet tuh.

Atau kalau misal saking banyaknya belanja oleh-oleh sampe kelebihan bagasi. Wohohoo.. Kalau ini saya pernah alami.

Waktu itu berempat sama temen-temen. Mau balik ke Medan dari Surabaya. Duit udah cekak, eh pake acara kelebihan bagasi lagi, amsyooong dah.

Pernah juga biaya beli oleh-olehnya setelah dihitung-hitung ternyata lebih besar dibanding biaya selama traveling. Kalo ini mah saya sendiri pun sampe geleng-geleng kepala sendiri.

Sebenarnya ya, oleh-oleh ini bukan hal wajib juga. Cuma memang rasanya nggak afdol ya ke suatu tempat nggak beli sesuatu yang khas dari daerah tersebut. Entah itu mau buat oleh-oleh, ataupun untuk dipakai sendiri. Rasanya seneng aja kalo bawa pulang sesuatu yang khas dari tempat yang kita kunjungi.


Nah ngomongin tentang oleh-oleh, Senin 18 Maret kemarin saya baru aja menghadiri soft launching Plaza UKM Pusat Oleh-Oleh Sumatera Utara di Bandara Kualanamu.

Berhubung lokasinya di luar Medan, cari kawan dong berangkatnya, biar nggak diem-diem aja di perjalanan. Secara Medan-Kualanamu satu jam juga naik motor ala saya. So, janjian lah sama kak Fuji buat berangkat bareng.

Berangkat jam 10an lewat, agak balap-balap dikit, nyampe lah di lokasi jam 11 kurang dikit. Sudah ada beberapa undangan yang datang, tapi acara belum dimulai. Jadi lah kami muter-muter bentar sambil foto-foto.

Eh iya, sedikit cerita. Plaza UKM Pusat Oleh-Oleh Sumut ini kan lokasinya di lantai 2 gedung Stasiun Railink Kualanamu. Nah, sayanya walau udah sering ke Bandara Kualanamu, baru kali ini masuk ke gedung railinknya. Ketauan ya nggak pernah naik kereta api kalo ke bandara hahhahaaa



Jadi karena baru pertama masuk, agak-agak surprised lah ya liat bangunannya. Segala koper-koper digantungin, lucuuuuk hheheee. Receh banget ya saya, liat koper-koper digantung aja udah seneng, berapa mau berangkat traveling, padahal cuma memenuhi undangan acara doang :D




Balik lagi ke acara soft launching Plaza UKM Pusat Oleh-Oleh Sumatera Utara. Menghadirkan Sofyan Sauri dari Plaza UKM, Suwito dari Angkasa Pura, dan Mayke Ritonga yang merupakan Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata.



Jadi kan gaes, Plaza UKM ini memang baru soft launching. Beberapa space juga masih kosong. Tapi sudah ada beberapa yang berisi tenant-tenant yang menjual produk-produk khas Sumatera Utara, baik itu berupa kerajinan maupun kuliner.

Ke depan, rencananya Plaza UKM ini nggak hanya menjual barang kerajinan dan kuliner Sumut, tetapi juga bakal ada event-event seperti handycraft expo, sumatra batik fashion expo, temu rama creativepreneur UKM Sumut, dan sejenisnya.  Tiap Selasa, Sabtu dan Minggu juga bakal ada panggung interactive dengan penampilan berbeda-beda.

Trus, harga-harganya gimana? Mahal nggak sih? Kan biasanya di Bandara mahal-mahal.

Sepenglihatan saya harganya variatif sih. Tinggal sesuaikan ama budget aja. Sortali yang khas dan lagi hits saya cek harganya 15 ribu, standart kan. Di luaran juga harganya segitu, bahkan ada yang lebih mahal.

Baca juga : Harga Headset Logitech Gaming Terbaik 2019 dan Spesifikasinya



Kalau saya lihat nih ya, lokasinya asik, soalnya disediakan kursi di beberapa tempat. Jadi kalau capek muter-muter bisa duduk dulu. Rencananya bakal ada juga kafe dengan menu-menu khas Sumut. So bisa jadi tempat nongkrong juga doong.



Jadi buat kalian yang maen ke Sumut terus bingung beli oleh-olehnya dimana, di Plaza UKM aja, pas sekalian mau pulang, sambil nunggu jadwal penerbangan, bisa belanja dulu. Atau buat orang Sumut  yang hendak berkunjung ke kota lain, ingin bawa oleh-oleh khas Sumut, bisa juga beli disini.




Asiknya di Plaza UKM ini, oleh-olehnya beragam. Nggak cuma dari satu daerah aja, tapi dari semua daerah di Sumut ciiiin. So, kalau cuma sempatnya maen ke Medan tapi pengen bawa oleh-oleh khas Danau Toba, ke Plaza UKM aja.



Oke baiklah, sebenarnya pengen ngobrol lebih banyak lagi. Tapi berhubung laptop lagi rusak dan ini ngetiknya dari hape, jadi segitu dulu lah ya cerita tentang Plaza UKM, pusat oleh-oleh Sumut.

Kalian ada yang udah pernah ke Plaza UKM? Gimana ceritanya?!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »