RESEP KUE LAPIS BOGOR DAN TEPUNG BERAS YANG MUDAH DIBUAT

kue lapis bogor
Kue Lapis Bogor (Foto : foody.id)


Resep Kue Lapis Bogor dan Tepung Beras yang Mudah Dibuat : Kue lapis adalah hidangan yang sangat nikmat disantap sebagai kudapan keluarga bersama teh dan kopi hangat. Selain dihidangkan untuk keluarga, kue lapis juga cocok untuk menjamu tamu.


Salah satu toko kue yang sudah sangat terkenal di Surabaya, yaitu Toko Kue Ny Liem menyediakan beraneka ragam kue khas nusantara seperti kue lapis Surabaya, kue lapis Bogor dan lain-lain. Kue yang dijual di toko ini dipuji karena rasanya yang super lembut dan enak.


Kue lapis Bogor yang cukup terkenal adalah kue lapis yang menggunakan bahan utama tepung talas. Namun tentu saja kita tidak bisa mengambil resep kue lapis buatan toko-toko tersebut begitu saja karena resep tersebut pastinya dirahasiakan oleh pemiliknya.


Selain kue lapis yang disebutkan di atas, kita juga dapat mencoba varian kue lapis tradisional lainnya yang cukup unik. Keunikannya adalah karena terbuat dari tepung beras dan cara memasaknya adalah dengan cara dikukus. Penasaran? Bagi kalian yang ingin mencoba untuk membuatnya berikut ini adalah resep kue lapis tepung beras khusus untuk kalian gaes.


Bahan-bahan:

• Tepung beras sebanyak 200 gram

• Gula pasir sebanyak 150 gram

• Tepung tapioka sebanyak 100 gram

• Garam sejumput (kurang lebih ½ sdt)

• Santan yang sudah dimasak sebanyak 700 ml

• Pewarna makanan

• Vanili bubuk jika suka


Selanjutnya adalah cara membuatnya:

• Campurkan bahan-bahan berikut dalam satu wadah yang bersih yaitu tepung beras, gula pasir, tepung tapioka, gram dan vanili bubuk lalu aduk hingga rata.

• Tuang santan ke dalam campuran bahan tersebut sedikit demi sedikit hingga nampak mengkilap

• Bagi adonan tersebut menjadi dua bagian dan berikan pasta makanan dengan dua warna yang berbeda tapi tetap senada. Bisa menggunakan warna hijau tua dan hijau muda atau warna-warna kesukaan Anda lainnya

• Panaskan panci kukusan

• Siapkan loyang dan olesi minyak di seluruh permukaannya

• Masukkan loyang ke dalam panci yang telah panas lalu tuang adonan ke atasnya

• Tunggu selama 5 menit lalu tuang lagi adonan berwarna berbeda ke atasnya hingga menghasilkan warna yang berselang seling.

• Setelah semua adonan dituangkan. Tutup panci lalu kukus selama kurang lebih 20 menit hingga semua lapisan matang dan mengeras dengan baik

• Angkat dan dinginkan lalu potong sesuai selera.


Perlu diperhatikan bahwa saat memotong kue lapis tepung beras ini sebaiknya tidak menggunakan pisau, melainkan dengan menggunakan benang. Kenapa? Sebab kue lapis ini akan menempel pada pisau dan mengakibatkan bentuknya menjadi rusak.


Maka memotong dengan menggunakan benang akan menjaga lapisan kue agar tetap cantik dan rapi. Caranya adalah dengan membentangkan seutas benang pada dua tangan hingga benang terbentang kuat, lalu mengarahkannya ke kue untuk dipotong dengan ukuran yang diinginkan.

resep kue lapis beras pelangi
Kue lapis tepung beras, cantik benar ya :) (foto : resephariini.com)


Kue lapis tepung beras adalah kuliner tradisional Indonesia. Selain kue ini, terdapat banyak kue lapis lainnya seperti kue lapis bogor yang dapat kalian temukan di berbagai toko kue di seluruh Indonesia.
Ada banyak brand kue lapis Bogor yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan rasa yang lembut dan penampilan yang menarik dari perpaduan warna kue yang indah. Contohnya kue lapis Sangkuriang yang menggunakan buah talas dan berwarna ungu yang cantik. Kalian juga dapat mencoba berbagai rasa toping kue seperti parutan keju, marble ataupun coklat.


Selain resep kue lapis di atas, kalian juga dapat mencoba resep-resep kue lainnya seperti kue lapis Bogor. Selamat memasak.

Share:

2 komentar

  1. ya ampun mbak, ngiler bgt liat kue nya hiks.sayang aku gak pinter bikin kue tapi pinter makannya doank hahaa..eniwei makasih dah berbagi yaa

    BalasHapus
  2. ehehhee... iya mbak, aku juga ngiler sih liatnya hahhaaa,,, secara aku tuh syukaaa kue-kue beginian :)

    buruan dibuat lah mbak, ini nggak ribet kok buatnya :)

    BalasHapus