WAKTU-WAKTU SPESIAL UNTUK MENDAPATKAN TIKET KERETA API

17.07
kereta api
waktu-waktu spesial untuk mendapatkan tiket kereta api (foto : radarcirebon.com)


Waktu-waktu Spesial untuk Mendapatkan Tiket Kereta Api - Mendapatkan tiket kereta api ada kalanya gampang-gampang susah. Mayoritas masyarakat membeli tiket kereta beberapa saat setelah mereka menentukan tanggal perjalanan. Ada juga yang membeli dadakan karena jadwal atau agenda kegiatan yang tidak menentu. Yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang, bahwa sebenarnya jika kita mau cermat melihat momen atau kondisi, ada waktu-waktu “spesial” untuk mendapatkan tiket, yang jika diperhitungkan, bisa jadi akan memberikan manfaat lebih dibandingkan jika hanya sekadar membeli berdasarkan tanggal. Berikut ini penjelasannya.


Pada saat weekdays
Hal yang mungkin sudah diketahui oleh banyak pengguna transportasi umum, bahwa membeli tiket pada hari kerja akan memberikan peluang untuk mendapatkan harga tiket yang lebih rendah dibandingkan dengan membeli pada saat akhir pekan, apalagi jika pada akhir pekan tersebut terdapat libur panjang (long weekend) maka sudah pasti harga tiket akan menjadi lebih tinggi daripada biasanya.


Sesegera mungkin saat pemesanan sudah bisa dilakukan
Satu hal yang tidak banyak diketahui oleh pengguna jasa transportasi kereta api pemula adalah, bahwa dalam satu kereta penumpang, harga tiket bisa jadi bervariasi. Hal ini karena pada kereta api terdapat sistem subclass, di mana untuk subclass yang berbeda maka akan berbeda pula harga tiket yang dikenakan. Dahulu sistem ini digunakan untuk mengkategorikan tingkat kenyamanan penumpang, sedangkan untuk saat ini, lebih banyak digunakan sebagai bentuk apresiasi operator kereta api kepada calon penumpang yang telah melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelum perjalanan.


Momen peringatan hari proklamasi
Pada saat momen peringatan hari proklamasi, sering kali operator kereta memberikan promosi-promosi menarik kepada calon penumpang. Di antaranya adalah promosi harga tiket unik, seperti misalnya Rp. 17.845 .- yang merupakan harga simbolis dari hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 bulan kedelapan (Agustus) tahun 1945. Atau tarif Rp. 73.000 ,- untuk kereta kelas eksekutif, sebagai bentuk peringatan 73 tahun kemerdekaan negara kesatuan republik Indonesia.


Momen peringatan hari kereta api
Hari kereta api di Indonesia diperingati setiap tanggal 28 September. Sedangkan momen peringatan ini bisa dimulai sebelum atau setelah tanggal tersebut. Pada momen ini biasanya terdapat banyak agenda yang dilakukan baik oleh operator kereta api, regulator kereta api bahkan hingga media dan komunitas pun tidak jarang ikut memeriahkan momen peringatan hari kereta api dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan berhadiah tiket kereta api. Dengan ikut memeriahkan momen peringatan hari kereta api, kita berpeluang untuk mendapatkan tiket kereta hingga secara cuma-cuma alias gratis ditambah dengan pengalaman dalam mendapatkan tiket tersebut yang bisa jadi akan sulit untuk dilupakan.


Saat kegiatan pameran khusus kereta api
Momen ini relatif lebih sulit untuk diperkirakan, akan tetapi agenda kegiatan pameran yang melibatkan kereta api tidak jarang juga menyertakan promosi tiket kereta. Sebut saja agenda pameran travel fair, di mana pengunjung yang datang berkunjung ke lokasi pameran akan berkesempatan untuk mendapatkan tiket atau hadiah istimewa berupa pernak-pernik kereta. Tiket kereta eksekutif ke berbagai tujuan dengan harga promosi juga termasuk salah satu hal yang paling ditunggu oleh pengunjung pameran, yang tidak jarang hal ini juga berpotensi untuk menimbulkan pengunjung yang membludak atau antrian yang sangat panjang.



Memang, untuk mendapatkan tiket dengan menunggu waktu-waktu spesial bisa jadi tidak ideal untuk seseorang yang ingin mendapatkannya dengan mudah. Untuk kondisi seperti ini, kita bisa memanfaatkan layanan pemesanan tiket kereta online yang aman, cepat dan mudah. Misalnya saja di Bukalapak yang menyediakan fasilitas pembelian tiket kereta untuk seluruh stasiun-stasiun yang telah terintegrasi secara online sehingga kita bisa mendapatkan tiket kereta tanpa harus menunggu momen atau jauh-jauh datang ke stasiun hanya untuk membeli tiket kereta.


Kalian pernah beli tiket online? Gimana pengalamannya?

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »