LIMA FAKTA YANG MUNGKIN KAMU BELUM TAHU MENGENAI ADIDAS

10.01
adidas
lima fakta yang mungkin kamu belum tahu mengenai Adidas

Lima Fakta yang Mungkin Kamu Belum Tahu Mengenai Adidas : Di luar sana memang bertebaran merek-merek dan produk perlengkapan olahraga yang di dunia. Tetapi tidak semuanya mampu menjadi sebuah brand yang serba bisa dalam bidang olahraga, fashion, gaya hidup, dan budaya seperti Adidas.

Dengan warisan yang membentang hampir tujuh dekade, Adidas telah mengalami pasang dan surut di sektor sepatu. Tetapi Adidas terus bertempur dengan berkembangnya kekuatan industri lain untuk mencapai posisi yang cukup elit seperti sekarang ini. Merilis banyak sepatu-sepatu, pakaian, dan aksesoris ikonik yang mampu mengubah pandangan dunia tentang alas kaki yang dipakai. Nah kalau kalian memang pencinta dari brand asal Jerman ini, yuk simak lima fakta tentang brand Adidas:

1. Brand ini lahir dari persaingan sengit dua saudara kandung


sejarah adidas
Siapa sangka kalau Adidas lahir dari persangaingan dua saudara

Setelah perang dunia pertama usai, Adolf Dassler, atau yang lebih dikenal dengan nama Adi Dassler, dan kakaknya Rudolf Dassler bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan keluarga Gebrüder Dassler. Perusahaan ini ada pabrik sepatu yang sangat berkembang, hingga menjelang perang dunia kedua, usaha ini mampu memasarkan 200 ribu lebih pasang sepatu setiap tahunnya.

Setelah perang dunia kedua usai, Adi dan Rudolf bersitegang dan memilih jalannya sendiri-sendiri. Sang adik, yaitu Adi Dassler membuat brand dengan nama Adidas, yaitu singkatan dari namanya Adi Dassler. Sedangkan sang kakak membuat usaha dengan nama Puma. Pertikaian panas ini berlangsung selama bertahun-tahun. Bahkan saking sengitnya, hingga kedua adik kakak ini meninggal pun dimakamkan saling berjauhan, padahal mereka dimakamkan di lokasi yang sama. Sungguh disayangkan ya!


2. Merek sneaker yang paling disukai di Instagram tahun 2015

sneaker paling disukai di instagram
Adidas, Sneaker paling disukai di Instagram di tahun 2015


Dilansir dari Business Insider, dengan memacu pada penelitian kecil-kecilan yang dilakukan oleh Dan Freebairn pada akun-akun Instagram milik brand-brand sneakers, Adidas ternyata merupakan merek sneakers terpopuler di Instagram (2015). Jika melihat jumlah followers yang dimiliki Adidas, total like pada akun @adidasoriginals mencapai 78,8 juta likes. Menurut Dan, hal ini dikarenakan kepopuleran sepatu Yeezy Boost, yaitu hasil kolaboratif Adidas dengan Kanye West. Tidak mengherankan dengan hasil likes yang didapat, sepatu Yeezy Boost memang sangat dicintai oleh banyak orang. Selain nyaman dipakai, bentuknya yang ikonik, sepatu ini digunakan oleh artis terkenal seperti Calvin Harris, Adam Levine, dan masih banyak lagi.




3. David Beckham memiliki kontrak seumur hidup dengan Adidas


david beckham
Wow, David Beckham punya kontrak seumur hidup dengan Adidas

Mantan bintang sepak bola ini sudah pensiun dari sepak bola sejak 2013 dari LA Galaxy, klub MLS asal Amerika. Sudah tidak bermain secara profesional, namun Beckham tetap menjadi bagian dari keluarga Adidas, dan selamanya akan. Di tahun 2003, Beckham menandatangani kontrak seumur hidupnya senilai $160.800.000 USD. Pada saat itu memang tidak terdengar jika ia menandatangani kontrak seumur hidupnya tersebut. Adidas tak ingin ikon andalan ini pindah, kontrak ini bertujuan agar Beckham tidak dikontrak brand pesaing. Adidas tidak ingin mengulangi kesalahan yang pernah mereka lakukan, yaitu kehilangan Jerman Boris Becker, atlet tenis yang pernah mereka sponsori, secara tiba-tiba dikontrak oleh Puma, produk pesaing sepanjang masanya. Maka langkah Adidas sudah sangat betul dengan menjalin kerjasama seumur hidup selamanya dengan pria empat anak ini. Setelah pensiun, Beckham mewakili Adidas sebagai global brand ambassador.



4. Sempat hampir bangkrut

Perjalanan panjang Adidas memang menarik perhatian, setelah mengetahui pertikaian antar adik kakak ini, Adidas sempat nyaris bangkrut di awal tahun 1990-an. Walaupun sekarang Adidas menjadi salah satu produsen terbesar di Eropa, dan dunia, ternyata Adidas pernah mengalami kesulitan membayar bunga bank. Diambil alih oleh Bank Crédit Lyonnais, brand ini dijual ke pria bernama Robert Louis Dreyfus. Pria inilah yang mampu mengembalikan kejayaan Adidas hingga saat ini yang memiliki banyak pembeli loyal dan pecinta sneakers.



5. Memproduksi pakaian untuk pakaian luar angkasa

lima fakta tentang adidas
Nggak cuma memproduksi sepatu, Adidas juga memproduksi pakaian luar angkasa gaes!

Sukses menjalin kerjasama dengan Yohji Yamamoto, Y-3 adalah kolaborasi antara Adidas dengan desainer asal Jepang ini. Kolaborasi ini juga menghadirkan pakaian untuk ke luar angkasa setelah sepakat dengan Virgin Galactic. Virgin Galactic yang memutuskan hal ini mempercayakan Adidas dan Yohji untuk membuat pakaian dengan kualitas terbaik. Pembuatan baju luar angkasa adalah hal menantang yang sensitif dan tidak dapat dipercayakan ke sembarang pihak. Kolaborasi ini membuktikan jika Adidas saja mampu membuat produk untuk luar angkasa dengan baik, tentu saja produk untuk kita yang ada di bumi ini juga yang terbaik.



Itu dia gaes Lima Fakta yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang Adidas. Eh iya, informasi di postingan ini dipersembahkan oleh : Bobobobo

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »