BERBAGAI CARA MEMUTIHKAN GIGI YANG PERNAH SAYA COBA

19.02
berbagai cara memutihkan gigi
Berbagai cara memutihkan gigi yang pernah saya coba

Berbagai Cara Memutihkan Gigi yang Pernah Saya Coba : Kebiasaan saya kalau buka instagram salah satunya adalah klik ikon penelurusan, dimana disitu biasanya bisa lihat foto-foto dan video orang yang nggak kita follow muncul secara random. Biasanya kalau foto/videonya terlihat menarik bakal saya klik untuk liat secara detail.


Nah tadi lihat ada foto Kimmy Jayanti, saya klik dong. Eh ternyata foto postingan dari akun sejenis lambe-lambean gituh. Cerita tentang komentar netizen pada salah satu foto yang diposting di IG pribadi mbak Kimmy. Salah satu yang dikomentarin tentang giginya mbak Kimmy yang putih rapi.
Itu netizen menduga gigi putih dan rapinya mbak Kimmy karena proses instan, bukan putih dari sononya ataupun karena perawatan alami jangka panjang. Nggak disangka mbak Kimmy balas komennya. Ngasih bocoran kalau gigi putihnya karena bahan alami yang ternyata eh ternyata bahannya nggak sulit dicari. Bisa dibilang ini bahan yang selalu ada di tiap dapur kita.


Bahan tersebut tak lain tak bukan adalah baking soda dan lemon. Caranya cukup dengan nyampurin baking soda plus lemon, diaduk sampai jadi pasta, trus dipakai untuk sikat gigi 3x sehari. Selain bahan tersebut, mbak Kimmy juga ngasih satu tips lainnya sebagai cara memutihkan gigi, yakni dengan menggunakan charcoal.


Saya melongo, jujur aja baru tau kalau pengen memutihkan gigi bisa pakai campuran baking soda dan lemon. Padahal meskipun jarang masak, kedua bahan itu sering ada di dapur kontrakan saya. Fitri, teman kontrakan saya, punya stock baking soda satu toples ukuran sedang karena percaya baking soda banyak manfaatnya untuk kesehatan. Biasanya ia minum dengan melarutkannya ke air mineral. Sementara lemon termasuk buah yang sering saya beli karena kegemaran saya buat aneka minuman hangat, dari wedang jahe sampai lemon tea.


Coba dari dulu tau cara memutihkan gigi yang satu ini, pasti udah saya coba deh. Soalnya gigi saya termasuk gigi yang nggak putih. Disamping bentuknya yang nggak rapi dan ukurannya yang besar-besar. Pokoknya nggak masuk kriteria model iklan pasta gigi deh. Makanya kalau foto senyumnya jarang senyum lebar yang nampakin gigi. Karena udah pasti senyumnya bakalan kelihatan lebbaaar,,, karena gigi depan saya yang besar-besar :D

berbagai cara memutihkan gigi yang pernah saya coba
Lihatlah gigi saya yang gede-gede itu :D


Berbagai cara memutihkan gigi sebenarnya udah pernah saya coba. Tapi ya mungkin karena usaha belum maksimal, plus caranya yang belum tepat kali ya, makanya hasilnya juga nggak maksimal.
Emang apa aja sih berbagai cara memutihkan gigi yang pernah saya coba? Belum banyak sih hehehee,,, tapi gapapa lah saya bagi disini ya. Rata-rata ini cara yang diajarkan orang tua saya ataupun merupakan kebiasaan orang-orang di kampung saya untuk merawat gigi supaya tetap putih.


1. Rutin gosok Gigi
Kalau ini udah pasti lah ya. Dari kecil saya udah dibiasain untuk rutin menyikat gigi. Khususnya saat mandi pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Kalau sekarang sih kebiasaannya berubah, tiap mandi sikat gigi. Mau tidur juga sikat gigi, tapi kadang mau juga kecolongan, udah sikat gigi eh masih ngemil lagi hahhahaa..


2. Menggunakan Abu Cuci Piring
Ada yang pernah dengar cara memutihkan gigi menggunakan abu cuci piring? Saya pernah melakukannya. Dulu sih waktu tinggal di kampung. Jadi di kampung saya itu biasanya mencuci piring menggunakan sabun batangan. Bukan pakai produk pencuci piring berbentuk gel itu.


Untuk peralatan makan, minum biasanya cukup pakai sabun batangan. Tapi untuk kuali, periuk, atau peralatan makan yang terkena minyak, biasanya selain sabun juga ditambahkan abu pencuci piring. Abu ini gunanya untuk menghilangkan minyak yang menempel dan membersihkan bagian luar kuali yang menghitam.


Tapi selain membersihkan kuali, orang-orang di kampung saya percaya abu pencuci piring juga dapat membersihkan dan memutihkan gigi. Cara gunainnya gimana? Gampang, tinggal basahi mulut dengan berkumur, basahi tangan, taruh serguk abu di jari telunjuk, kemudian gosok-gosokkan ke gigi. Tidak menggunakan sikat, langsung pakai jari teluntuk aja menggosok-gosok permukaan gigi.


Sampai sekarang saya nggak tau apakah menggosok gigi dengan abu pencuci piring terbukti secara ilmiah dapat memutihkan gigi atau nggak. Tapi yang jelas saya pernah mencoba cara ini untuk memutihkan gigi saya. Berhasil?! Nggak lah, wong saya melakukannya sekali-sekali. Entah kenapa untuk cara yang satu ini saya nggak senurut ketika disuruh gosok gigi pakai pasta gigi :D


3. Menggunakan Tusuk Gigi
Tusuk gigi bukan hal baru buat orang Indonesia. Di warung-warung, café, bahkan restoran banyak yang menyediakan tusuk gigi. Setau saya orang menggunanak tusuk gigi untuk mencongkel atau mengeluarkan makanan yang masuk ke giginya yang bolong. Tapi buat emak saya, tusuk gigi merupakan salah satu cara untuk memutihkan gigi.


Iya, membersihkan gigi menggunanakan tusuk gigi rutin dilakukan emak saya. Bukan karena giginya bolong, tapi untuk membersihkan gigi dengan cara menggosok-gosoknya ujung kayu ke gigi, terutama ke sela-sela sempit, pertemuan antara satu gigi dan gigi lainnya. Biasanya setelah makan emak memanfaatkan ranting kecil pohon di sekitar rumah sebagai tusuk gigi, bukan membeli tusuk gigi khusus seperti yang ada di warung.


Apakah saya pernah mencobanya? Pernah. Tapi saya nggak telaten. Terus rasanya kok nggak enak gituh waktu kayu kecil itu nempel di gigi. Makanya cara ini pun akhirnya saya hentikan. Sampe sekarang saya nggak terbiasa membersihkan gigi atau sekedar mengeluarkan makanan dari gigi berlubang menggunakan tusuk gigi.


4. Membersihkan Karang Gigi
Cara memutihkan gigi selanjutnya yang pernah saya coba adalah dengan membersihkan karang gigi. Yess,,, walaupun rajin sikat gigi, tapi tipe gigi saya tipe yang berkarang, seperti lautan aja yaaak hihihiii… karang gigi ini bikin gigi keliatan nggak kece. Terus warnanya juga nggak asik dipandang. Jadi saya inisiatif ke dokter buat bersihin karang gigi. Tapi entah kenapa rasanya kok horor  ya buat saya. Pengalaman harus membuka mulut lebar-lebar dan membiarkan alat-alat pembersih karang gigi itu masuk ke mulut saya entah kenapa kok saya jadi nggak pengen melakukannya lagi. Pengennya sih pakai cara lain yang nggak ada hubungannya sama mesin-mesin gituh :D


Yah,,, itulah dia berbagai cara memutihkan gigi yang pernah saya coba. Nggak banyak sih, dan belum pernah nyoba pakai bahan atau ramuan seperti yang dilakukan mbak Kimmy Jayanti. Sekarang ini palingan cara yang saya lakukan untuk menjaga warna gigi supaya tetap putih ya dengan rajin menyikat gigi, tentunya dengan pasta gigi yang memiliki manfaat selain membersihkan juga memutihkan gigi.


Saya juga coba mengurangi minuman yang memberi efek memudarnya warna putih cemerlang pada gigi, seperti kopi dan teh. Untuk kopi udah berhasil sih, udah jarang minum kopi. Tapi teh masih tergolong sering minum. Hmm,,, ada tips supaya gigi tetap putih meski sering ngeteh? Kalau ada bolehlah ya dibocorin ke saya tipsnya.


Sekarang yang lagi hits di kalangan artis adalah veneer gigi yang bisa buat gigi nggak hanya kelihatan putih kinclong, tapi juga bisa ngerapiin gigi. Tapi harganya mihiiil say, jadi untuk saat ini nggak memungkinkan buat saya veneer gigi. Palingan sekarang ya rajin sikat gigi aja.


Baiklah, sekian dulu tulisan saya tentang Berbagai Cara Memutihkan Gigi yang Pernah Saya Coba. Kalian punya tips lain selain yang dikatakan mbak Kimmy Jayanti? Atau punya pengalaman seputar berbagai cara memutihkan gigi? Share dong di kolom komen, siapa tau bisa aku coba juga.

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »