NGOBROL BARENG MPR ITU TERNYATA…

14.13
ngobrol bareng MPR itu ternyata
Ngobrol bareng MPR itu ternyata...

Ngobrol Bareng MPR Itu Ternyata… : Saya nggak punya feeling apa-apa waktu Arif, ketua Komunitas Blogger Medan (Blog M) ngejapri pada 12 April 2018 lalu. Tumben-tumbenan nih, biasanya juga Ika yang suka japri nginfoin hal-hal yang berkaitan dengan Blog M. Ada apakah gerangan?


Arif nanyain apakah saya ada agenda atau nggak tanggal 20 April. Saya jawab kemungkinan ada. Karena memang seingat saya tanggal-tanggal segitu pas weekend saya ada agenda ke Samosir. Tapi kemudian saya cek kalender di hape, tanggal 20 April hari Jumat ternyata, sedangkan saya ke Samosirnya Sabtu pagi. Saya belum ada agenda apa-apa di tanggal itu.


Singkatnya Arif ngasih tau kalau tanggal 20 April ada undangan event Ngobrol Bareng MPR bersama warganet Medan. Wah, keren nih pikir saya. Tapi walaupun Jumat belum ada agenda saya tetep belum bisa pastiin bakalan datang atau nggak karena lagi nunggu kabar abang saya yang mau pulang kampung. Rencananya saya mau pulkam juga kalau dia pulkam, karena sama-sama merantau, biar bisa jumpa gituh, secara pulkamnya sekali-sekali.


Karena ternyata abang saya pulangnya diundur, jadilah hari Minggunya saya konfirmasi ke Arif bakal datang di acara tersebut.


Ngobrol bareng MPR. Setelah saya ingat-ingat, Ngobrol Bareng MPR Itu Ternyata sudah saya tau sejak tahun lalu lewat status, foto dan postingan blog yang di share kawan-kawan blogger di sosmed mereka. pernah juga di bahas di grup WA. Tapi saya nggak begitu ngikutin obrolannya sih karena nggak ngikutin acaranya.


Daaan,,, jeng jeng jeng, ini sebenarnya sebuah pengakuan, saya nggak nyangka kalau acara Ngobrol Bareng MPR itu ternyata diadain juga di kota Medan. Saya bahkan tidak pernah terpikir MPR membuat acara khusus untuk warganet. Karena memang selama ini saya mikirnya MPR itu lembaga yang serius, kaku, urusannya yang berat-berat, nggak bakal lah kami rakyat jelatah yang kerjaannya cuma nulis-nulis dari hal-hal nggak penting sampe yang penting banget di halaman blog pribadi bakal diajak duduk bareng. Di pikiran saya, MPR itu identik dengan bapak-bapak dan ibu-ibu yang kerjanya rapat mulu hahhahaaa,, makanya lumayan surprised waktu tau ada acara Ngobrol Bareng MPR. Ternyata biarpun isinya orang-orang dewasa, mereka juga jiwa muda ya hehhehee


Waktu liat foto-foto temen-temen blogger di Jawa tentang acara Ngobrol Bareng MPR saya cuma mikir, enak bener ya temen-temen blogger disana diajak duduk bersama dengan bapak-bapak dan buibu di MPR, didengerin uneg-unegnya. Serius, saya mikirnya acara tersebut cuma diadain di ibu kota doang. Eh ternyata mampir ke Medan. Dan ternyata Medan jadi kota pertama pula di tahun ini yang disambangi MPR, nggak nyangka aja sayanya :)


Acara Ngobrol Bareng MPR ini sempat ingin saya lewatkan. Pasalnya tepat tanggal 20 April 2018 itu Medan diguyur hujan mulu. Mau berangkat, ujan. Giliran ujannya berenti, tinggal gerimis kecil, eh udah adzhan maghrib aja. Sempat terpikir untuk nggak usah berangkat aja karena pasti bakalan telat. Malu gituh kalau sampai jadi yang paling telat. Trus takutnya di perjalanan hujannya turun lagi. Tapi kemudian mutusin buat berangkat juga selepas sholat maghrib. Di parkiran jumpa Lily. Alhamdulillah ada temen telat ehehheee


Begitu nyampe ke lantai 2, Diamond Room Grand Swissbell Hotel Medan, ternyata acaranya belum mulai. Tapi semua udah duduk manis sih. Pakai kaos hitam seragaman pula, kenang-kenangan dari penyelenggara. Saya ama Lily awalnya gitu nyampe rencananya mau makan malam, secara emang laper dan habis kena gerimis manjah, otomatis lapar. Beberapa kawan juga terlihat baru aja ambil makan malam mereka, terlihat dari piring di hadapan mereka yang masih penuh dan belum dimakan. Tapi MC sudah membuka acara dengan ditandai oleh menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Oke baiklah, seusai lagu kita ngacir ke meja makan :D

MPR ngobrol bareng netizen
Bersiap-siap hendak menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya


Karena buat saya masa-masa upacara bendera tiap Senin udah lama banget berlalu, saya paling seneng kalau menghadiri acara yang ada sesi menyanyikan lagu kebangsaan ini. Selalu berasa gimana gitu ya, khidmat.


Jadi makan malam? Nggak. Soalnya seusai menyanyikan lagu Indonesia raya, langsung sambutan dari Blogger Medan dan acara pun dimulai. Resiko telat nih hahhahaa. Bisa aja sih melipir dulu keluar ruangan buat makan. Tapi rasa-rasanya kok sayang mau melewatkan acaranya. Saya cukup antusias soalnya dengan acara ini. Penasaran, apa sih maunya MPR ngajak kita ngobrol bareng :D


Acara Ngobrol Bareng MPR itu ternyata asik. Jauh dari kesan kaku seperti yang saya pikirkan sebelumnya. Dugaan saya melenceng. Iya, sebelumnya saya mikir pasti obrolan akan berlangsung monoton, membosankan dan temanya pasti berat. Tapi ternyata bu Siti Fauziah (Kepala Biro Humas Sekjen MPR RI)  dan pak Andrianto Majid (Kepala Bagian Pusat Data dan Informasi MPR RI) yang malam itu hadir untuk ngobrol bareng warganet Medan, orangnya asik-asik. Acara berlangsung santai, cair, dan akrab. Seringkali tawa menggema memenuhi ruangan. Entah itu karena celotehan kawan-kawan warganet Medan yang hadir, atau juga respon-respon renyah pak Andrianto ketika menanggapi candaan-candaan kita.


Ngobrol Bareng MPR itu ternyata seru. Pikiran saya jadi terbuka. Bahwa sebagai warganet sekaligus blogger, saya juga punya tanggung jawab dan bisa berkontribusi untuk bangsa. Khususnya dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang memang menjadi misi utama obrolan kali ini. Yess, MPR pengen kita-kita yang masih muda ini bergerak bareng MPR buat mengajak generasi masa kini kembali berpedoman pada 4 pilar bangsa : Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.


Lah, kenape warganet yang diajak?! Lah iyalah, trus siapa lagi dong?! Kan emang sekarang jamannya online. Apa-apa liatnya di internet. Trus juga emang kan nggak bisa dipungkiri kalau Indonesia pernah terkena dampak negative dari internet. Salah satunya karena penyebaran berita hoax.


Berita hoax ini menurut saya emang sungguh mengganggu sih, dari yang efeknya bikin masyarakat panik seperti berita-berita tentang info akan terjadi bencana padahal nggak ada, sampai berita-berita yang berpotensi memecah belah.


Level pemahaman yang berbeda serta minimnya budaya literasi, khususnya literasi tentang negara di masyarakat kita membuat berita-berita hoax begitu mudah dikonsumsi. Masyarakat menerima begitu saja berita yang ada tanpa cek ricek dulu kebenarannya.


Itu kenapa MPR merasa perlu untuk menyosialisasikan kembali 4 pilar bangsa. Lah iya, kalau pedomannya pada 4 pilar bangsa, Bhinneka Tunggal Ika contohnya, begitu ada berita-berita yang berisi ujaran kebencian terhadap suatu suku, agama, atau ras tertentu misalnya, masyarakat pasti nggak akan dengan gampang terpancing karena sudah berpegang teguh pada prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Bahwa meskipun kita berbeda kepercayaan dan suku, kita tetap satu, Indonesia.


Ngobrol bareng MPR itu ternyata bikin lupa waktu ya. Makin malam warganet Medan justru makin antusias. Berbagai pertanyaan pun dilontarkan. Dari pertanyaan Yoga tentang program-program MPR RI untuk generasi muda, saya jadi tau kalau ternyata MPR RI itu punya program sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang disesuaikan dengan usia dan tingkat pendidikan . Misalnya untuk anak SD, programnya bisa berupa lomba mewarnai yang gambarnya berhubungan dengan 4 pilar bangsa. Begitu pun untuk anak SMP, SMA, dan Mahasiswa, programnya ada dan disesuaikan.

MPR ngobrol bareng netizen medan
Makin malam obrolan makin asik, pada antusias bertanya.

Lewat pertanyaan dan cerita Iyah tentang bapaknya dulu yang pernah ikut P4 (Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila) saya jadi tau kalau jaman dulu pemerintah juga punya program untuk generasi muda di era itu agar tiap warga negara bisa mempedomani Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Di masa kini programnya menjadi sosialisasi 4P (empat pilar kebangsaan), tentunya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan saat ini dan kedepan, tujuannya lebih kepada bagaimana masyarakat bisa menjadikan 4 pilar kebangsaan ini sebagai pedoman hidup. Karena memang 4 pilar ini idealnya bukan untuk dihafal saja. Tapi untuk dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Masih ada beberapa orang yang mengacungkan tangan ingin bertanya. Tapi berhubung waktu sudah beranjak malam, ditambah lagi ada peserta yang rumahnya jauh *ada yang datang dari kota Binjai loh*, jadi acara Ngobrol Bareng MPR ini pun disudahi. Tapi buat yang pengen tanya-tanya langsung masih boleh kok seusai acara.

ngobrol bareng MPR
Foto bareng seusai acara (foto : dok. Blogger Medan)


Yah, intinya acara Ngobrol Bareng MPR Itu Ternyata seru dan nggak seberat yang saya bayangkan. Pembicaranya asik dan temanya juga sesuai kondisi kekinian yang tengah berlaku. Kedepan saya jadi kepikiran pengen buat postingan yang berhubungan denan 4 Pilar Kebangsaan. Tunggu aja ya :)


Kalian pernah ikutan acara Ngobrol Bareng MPR? Gimana kesannya?

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

21 komentar

Write komentar
4 Mei 2018 08.32 delete

Trus trus, ceritanya makan malamnya kapan, mbak? Jadi makan, tak? hhee
Seru ya mbak, bayanganku dulu waltu liat postingan blogger2 ibukota itu ya kakku gitu, tapi dari ceritanya smean kok assiikk, hheee
Wah, pertama kali di tahun ini di Medan,
di Jember kapan, yahh, kali aja ada heheee

Reply
avatar
4 Mei 2018 13.08 delete

wah aku belum pernah mbak...di Malang ga ada, mungkin di Ibukota propinsi aja ya...seneng acaranya santai tapi berbobot ya..

Reply
avatar
4 Mei 2018 13.50 delete

Kalau melihat temen-temen Blogger yang hadir di Ngobrol Bareng MPR ini...kelihatannya beuraaat temanya.

Tapi kalau mba Diah bilang seru, kayanya seru yaah...
Hiihii...ditunggu sharing lanjutannya.

Reply
avatar
Liza Fathia
AUTHOR
4 Mei 2018 16.57 delete

aku belum pernah ikutan ngobrol sama MPR, tempat hari pernah sih acara di kampungku, tapi enggak ada undangannya. hiks sedih

Reply
avatar
Marfa U
AUTHOR
4 Mei 2018 19.12 delete

Menyenangkan sekali bisa ikut acara ini mbaa, bener juga efek hiburan sekarang yang beragam orang bakal dengan mudah melupakan 4 pilar apalagi jika hanya pada saat sekolah, kalo ngobrol gini kan enak :D

Reply
avatar
4 Mei 2018 20.16 delete

Tampaknya saking seru dapat kesempatan berbincang, rasa lapar pun tidak terasa ya. Pembahasannya tidak berat dan kaku, dibawakan dengan santai bersama warganet.

Reply
avatar
Unggul Sagena
AUTHOR
4 Mei 2018 22.59 delete

Baru tau komunitasnya namanya Blog M. Kayak madura ya ada Plat M. Semangat n keep blogging

Reply
avatar
Dian Farida
AUTHOR
4 Mei 2018 23.03 delete

Jadi 4P ini kayak P4? Aku terus terang belum pernah ikutan ngobrol bareng MPR nih, jadi penasaran juga

Reply
avatar
5 Mei 2018 05.24 delete

Wah.. pasti seru yah bisa kopi darat dengan blogger Medan lain sekaligus mendapat sosialisasi tentang 4 pilar kebangsaan.

Waktu temu netizen alias Ngobrol bareng MPR di Jakarta, aku belum sempat ikutan nih. Semoga ada kesempatan kedua*

Reply
avatar
5 Mei 2018 06.17 delete

Saya malah belum pernah ikutan ngobrol bareng MPR hehe.
Seneng ya sekarang pemerintah pun gandenga blogger soalnya bagaimanapun blogger bisa menyampaikan info ke masyarakat juga :D

Reply
avatar
5 Mei 2018 12.43 delete

Ternyata seru dan banyak kesan positif dan manisnya ya, Mbak. Tapi dalam kehidupan bernegara apa ya sepositif itu sih sikap para wakil rakyat kepada masyarakat? Hehehe.

Reply
avatar
5 Mei 2018 14.54 delete

Wah dulu sempat ikutan, tapi yg di jogja. Emang menarik sih ya mengikuti ngobrol bareng MPR krn jarang2 hehe

Reply
avatar
5 Mei 2018 15.43 delete

Sy blm pernah ikut ngobrol bareng MPR
Seru dan senang tentunya ya Blogger bisa dpt kesempatan seperti ini.

Semoga nti ada di kota saya
Biar bisa banyak yg ditanyakan

Reply
avatar
5 Mei 2018 16.08 delete

Waktu ada di Semarang, aku gak ikut. Dibeberapa acara di Jepara madih suka nyanyiin lagu kebangsaan dan itu bagus banget. Iya kita memang sangat wajib tetap berpedoman pada bineka, pascasila dan UUD 45. Jauh2 lah dari Hoax

Reply
avatar
5 Mei 2018 16.51 delete

Seru ya bisa ikut acara ngobrol bareng mpr, di Bandung, aku ikutan dan memang seru dan bermanfaat

Reply
avatar
Tomi Purba
AUTHOR
5 Mei 2018 17.48 delete

Wahh ada mas andri juga ya.. dulu waktu acara MPR Jogja juga sering ngobrol sama beliau.. ada mba Moyi juga.. ternyata Blogger Medan rame juga ya mba.. semoga terus berkembang komunitas ini

Reply
avatar
HELLO FIKA
AUTHOR
5 Mei 2018 17.50 delete

Jadi nggak sempat makan malam dong.. wah tumben acaranya seru.. Saya pernah ikut yg serupa tapi isinya pidato semua. Sampai ngantuk di belakang. Eh tp mungkin format acaranya memang formal. Jd ya gitu deh. Seru dunk kalau Ada yg begini lagi. Bisa ikut lg..

Reply
avatar
5 Mei 2018 21.07 delete

sempet diundang tapi,,,, hari kerja... maklum lah buruh pabrik mah sering dipersulit cuti jadinya tak bisa menikmati keseruan ngobrol dengan MPR

Reply
avatar
5 Mei 2018 21.58 delete

wahh asik ada acara gitu mbak. Jadi membuka wawasan dan dapet topik yang berbeda, tentunya dengan sudut pandang yang berbeda pula. nice.

Reply
avatar
dony prayudi
AUTHOR
5 Mei 2018 21.58 delete

Aku belum pernah ikutan karena di Pontianak belom ada. dari materi yang disampaikan sepertinya semakin membuka wawasan. sepertinya sayang untuk dilewayi kalau disakan di sini

Reply
avatar
Nova Violita
AUTHOR
5 Mei 2018 22.33 delete

Wah seru juga ya.., berasa alot bahasannya kayak dalam sidang MPR donk..

Tapi jadi tambah wawasan...

Reply
avatar