KULINER MEDAN : 3 WARUNG BAKSO ENAK FAVORIT PEREMPUAN NOVEMBER

18.00
kuliner medan - warung bakso enak favorit perempuan november
Kuliner Medan : warung bakso enak favorit Perempuan November

Kuliner Medan : 3 Warung Bakso Enak Favorit Perempuan November - #SatuHariSatuKaryaIIDN : Kalau di postingan sebelumnya saya cerita tentang minuman hangat favorit saya, kali ini saya mau cerita tentang  warung bakso yang jadi langganan saya.


Bakso, siapa coba yang nggak suka bakso. Kayaknya semua orang Indonesia suka deh sama jenis makanan satu ini. Entah itu bakso daging ayam, sapi, ataupun bakso ikan. Rasa-rasanya bakso adalah salah satu jenis makanan yang bisa diterima lidah siapa aja.


Di Medan, penjual bakso bertebaran dimana-mana. Dari yang bentuknya warung maupun yang didorong kemana-mana ama penjualnya. Olahannya pun sekarang nggak melulu bakso kuah, tapi udah ada bakso goreng, bakso bakar, bakso pentol yang kecil-kecil itu, ada juga taiso a.k.a tahu isi bakso.


Saya, walaupun tergolong orang yang mudah enek kalau makan-makanan berbahan daging, santan, dan sejenisnya itu, tapi tergolong suka sama bakso. Ya walaupun kadang seporsi bakso bisa nggak habis sama saya. Tapi besok-besoknya saya bakal pengen lagi makan bakso.


Saat ini seenggaknya ada 3 warung bakso yang menurut saya baksonya enak dan menjadi langganan saya. Kalau dalam waktu lama nggak ngebakso di salah satu dari 3 warung bakso ini saya bakalan kangen. Ya bisa dibilang warung bakso favorit lah.


1. Warung Bakso Barokah Cak Min / Bakso Jeruk Nipis
Perkenalan dengan warung bakso yang satu ini cukup unik. Berawal dari status seorang kawan di BBM. Ia menuliskan di statusnya tentang betapa senangnya ia bisa merasakan ngebakso lagi di warung bakso tersebut, tempat ngebakso saat masa sekolah, sampai kini rasanya nggak berubah, enak seperti dulu.


Saya semakin penasaran waktu temen menuliskan embel-embel “bakso terenak di dunia” makanya saya langsung chat dianya dan nanya alamatnya. Setelah alamatnya didapat, saya pun langsung hunting nih warung bakso.

Baca juga : Kuliner Enak Medan : Bakso Jeruk Nipis Yang Maknyus Dan Curhatan Yang Tiba-Tiba


Aslinya sih warung bakso ini namanya Warung Barokah Cak Min, namun lebih dikenal dengan nama Bakso Jeruk Nipis. Karena memang ciri khas bakso disini adalah jeruk nipisnya. Iya, selain karena baksonya yang ringan namun rasa dagingnya tetap terasa, yang bikin saya jatuh hati sama bakso di warung ini adalah jeruk nipisnya. Di tiap meja disediakan irisan jeruk nipis. Jadi begitu pesanan baksonya datang, kita bisa menambahkan perasan jeruk nipis sesuai selera kita.

bakso jeruk nipis
Bakso jeruk nipis, salah satu bakso enak di kota Medan menurut saya


Ternyata ide menambahkan perasan jeruk nipis ini bikin kuah baksonya jadi seger meeen. Terus poin plus lainnya, buat yang suka sayur, bisa request supaya ditambahkan sayur berupa tauge dan kol yang diiris halus.


Semangkuk bakso di Warung Bakso Jeruk Nipis ini serasi banget di lidah saya, porsinya juga pas di perut saya. Jadi nggak ada tuh kejadian makan bakso nggak habis kalau lagi makan disini.


Sayangnya karena sekarang saya pindah kontrakan ke daerah Katamso, jadi udah jarang banget ke warung bakso jeruk nipis ini. Secara letaknya lumayan jauh di Jl. Pimpinan di daerah Pancing sono. Padahal selain pas di lidah saya, harganya juga terjangkau, cuma 7 ribu say!

bakso enak favorit anak medan
Bakso enak dengan kuah segar karena anak perasan jeruk nipisnya

Kalian kalau pengen nyobain bakso jeruk nipis ini cobain aja maen ke jalan Pimpinan Pancing. Kalau kita masuknya dari jalan pancing, warungnya nggak jauh kok dari simpang masuk. Pokoknya warung bakso pertama sebelah kiri, itu deh dianya. Kalau ragu cari aja spanduknya yang bertuliskan “Warung Barokah Cak Min”


2. Bakso Jatim Cak Mat
Entah kenapa dua warung langganan saya ini kok ya sama-sama punya si cak. Satunya Cak Min, satunya lagi Cak Mat.


Bakso Jatim Cak Mat ini letaknya lumayan jauh. Di Batangkuis sono. Saya juga bingung jelasinnya. Pokoknya dia di jalan Batangkuis (jalan lintas Medan-Kualanamu) pasar 6. Kalau berangkatnya dari arah Medan, warung baksonya berada di sebelah kiri. Di seberang Aura Water.


Awalnya kesini itu bareng Robby. Kita rencananya mau kulineran di salah satu resto yang ada di jalan lintas Medan-Kualanamu ini. Tapi karena ada suatu hal, kita akhirnya ganti rencana. Robby cerita kalau dia pernah diajak temannya makan bakso sayur (awalnya kami nggak tau namanya bakso Cak Mat), rasanya enak dan bikin nagih. Kami pun akhirnya menutuskan kesana karena emang udah laper.


Benar yang Robby bilang, warung bakso Jatim Cak Mat ini bikin nagih. Seporsi Bakso berisi, mie, satu buah bakso besar, bakso kecilnya saya nggak ngitung berapa ehhehee… terus ada bakso tahu goreng dan bakso tahu rebus. Tambah lagi kerupuk pangsit yang krispi tapi pas di bagian isiannya itu rasanya tekturnya kenyil-kenyil endes :D.

bakso jatim cak mat
Pangsit krispi yang isiannya kenyal dan gurih

Saya lupa berapa harga seporsi bakso Cak Mat, tapi kalau nggak salah ingat 13 ribu per porsi. Soalnya kalau kesini saya selalu ditraktir sih :D. Harga segitu menurut saya terjangkau dan termasuk murah untuk seporsi bakso dengan isi yang wah dan rasa yang menggoyang lidah.


bakso enak di medan
Omegooot, liat fotonya saya jadi ngebayangin rasanya, bakso Cak Mat Favorit saya

Kalau bakso Cak Min dikenal dengan sebutan bakso jeruk nipis, bakso Cak Mat dikenal sebagai bakso sayur. Lah kenapa gitu? Karena baksonya itu memang ada sayurnya. Menurut cerita yang saya dengar dari Robby, awalnya si bapak mencapurkan aneka sayur ke dalam adonan baksonya buat anaknya yang susah makan sayur, jadi diakali dengan dicampurkan ke adonan bakso. Eh selain anaknya ternyata banyak yang suka, malah kini jadi ciri khas warung baksonya.

warung bakso enak di medan
Antara laper dan doyan, habis tak tersisah

Rasanya? Nggak usah ditanya, baik bakso maupun kuahnya itu sulit saya lupakan :D buat saya ini salah satu bakso favorit saya. Sampe-sampe kalau lewat ke jalan tersebut so pasti nyempetin buat mampir. Seringnya malah sengaja atur waktu buat ke arah sana cuma buat makan di warung bakso ini. Walaupun lokasinya jauh dan udah nggak termasuk wilayah Medan lagi, tetep ditempuh. Abisnya baksonya ngangenin sih, sama kayak kamu bang :D


3. Bakso Aston
Saya sebenarnya nggak tau ini nama warung baksonya apa. Cuma saya biasa menyebutnya bakso Aston karena letaknya di seberang hotel Aston. Bukan di Merdeka Walk ya, tapi di seberang samping kanannya, jalan Raden Saleh.


Di ujung jalan Raden Saleh itu kan ada kantor berita Antara, nah di sebelahnya itu kan ada jalan masuk, disitulah biasanya bapak tukang jualannya mangkal. Iya mangkal, soalnya dia berbekal gerobak, trus bangku dan meja panjang yang nempel di tembok bangunan.


Kalau mau ke bakso Aston ini untung-untungan gaes. Soalnya jadwal si bapak sering nggak menentu. Kadang saya sengaja lewat sana dengan perut lapar, eh dianya nggak jualan. Kadang pas lewat karena memang musti lewat situ, eh dianya ada. Yauding saya biasanya ngebakso kesini seringnya tiba-tiba, pas lewat daerah sono dan pas si bapak tukang baksonya jualan :)


Saya tau bakso ini dari Kak Ayu, atasan saya kerja dulu. Dia yang awalnya ngajak saya makan disini. Selain rasa yang enak, penjualnya juga nggak pelit. Seporsi bakso dibanderol 10 ribu. Saya biasanya selalu bilang ke si bapak : mienya dikit aja pak, baksonya juga kurangin aja jumlahnya, tapi tahunya dibanyakin. Ini karena porsinya lumayan banyak menurut saya, dan saya kadang nggak habis walaupun enak :D you know lah, saya kalo kebanyakan makan daging jadi enek.


Etapi tiap saya bilang gitu si bapak nggak pernah tuh ngurangin porsi bakso saya, tapi irisan tahunya tetep dibanyakin. Terus kalau saya request ditambahkan tulang belulang yang biasa ada di dandang kuah bakso, dikasinya banyak, harganya tetep aja 10 ribu. Lah siapa yang nggak mau coba.
Si Robby kalau kesini kadang sampe nambah kuahnya. Soalnya kuahnya udah abis eh baksonya masih ada, apalagi setelah ditambah bakso dari mangkuk saya yang nggak sanggup saya habiskan :D

bakso aston
Baksonya banyak, irisan tahunya juga banyak, suka banget sama penjual yang nggak pelit gini :D


Sejauh ini baru 3 itu warung bakso yang jadi langganan saya. Yang sewaktu-waktu suka kangen pengen ngebakso kesana. Sama kayak sore ini, ini saya nulisnya sambil ngebayangin bakso Cak Mat yang lokasinya jauh di Batangkuis sono. Jauh sih, tapi ngangenin banget euy…



Udahan dulu ya tulisan saya tentang Kuliner Medan : 3 Warung Bakso Enak Favorit Perempuan November. Kalian punya warung bakso langganan atau punya tempat makan favorit? Share dong disini, siapa tau saya tertarik buat nyobain.

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »