TIPS MEMPERSIAPKAN LIBURAN BERSAMA KELUARGA

22.44
tips menyiapkan liburan
Tips menyiapkan liburan bersama keluarga


Libur telah tiba.. Libur tlah tiba..
Hore… hore.. hore..
Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh kesahmu
Libur telah tiba.. libur telah tiba
Hatiku gembira
(Libur Telah Tiba – Tasya)


Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga : Rasanya lagu di atas sangat pas untuk menggambarkan kegembiraan menyambut liburan sekolah di akhir tahun yang telah di depan mata.


Untuk mereka yang sekolah, libur sekolah menjadi saat yang tepat untuk sejenak mengambil jedah dari aktivitas sekolah setelah satu semester menjalani rutinitas yang sama. Liburan sekolah biasa diisi dengan bersantai di rumah, berlibur ke tempat wisata, atau mengunjungi saudara yang bermukim di daerah yang berbeda. Momen liburan sekolah juga merupakan waktu yang tepat bagi sebuah keluarga berkumpul dan berwisata bersama. Para orang tua biasanya mengambil cuti demi momen kebersamaan sekeluarga.


Berlibur bersama keluarga, baik itu hanya berkeliling kota, beda kota, atau bahkan beda negara, semuanya harus dipersiapkan dengan baik agar acara have fun sekeluarga ini tidak berantakan hanya karena persiapan yang kurang matang. Nah, apa sajakah yang perlu dipersiapkan saat wisata sekeluarga selama liburan sekolah? Berikut saya rangkum untuk kalian semua.


Tentukan Tujuan
Ini penting karena yang akan berlibur bukan hanya kita seorang, melainkan satu keluarga yang mungkin saja berbeda selera wisatanya. Berbagai faktor harus dijadikan pertimbangan. Misalnya saja jika ada anggota keluarga memiliki fisik yang lemah dan tidak boleh capek, kan bisa berabe kalau diajak naik gunung. Atau jika anak/adik/ponakan masih TK atau SD, harus dipertimbangkan juga tempat wisata yang ramah anak, memiliki nilai edukasi sekaligus menghibur.

tips liburan bersama keluarga
Jika membawa anak-anak, pertimbangkan juga tujuan yang hendak dikunjungi



Sediakan Budget
Untuk mereka yang berkecukupan, perkara biaya mungkin bukanlah masalah. Tapi bagi ekonomi pas-pasan, urusan biaya liburan harus disiapkan dengan matang. Tentu saja dengan menabung jauh-jauh hari. Tempat yang dituju berkaitan erat dengan budget. Semakin jauh tujuannya, tentu semakin banyak waktu dan biaya yang dibutuhkan. Buatlah tabungan yang khusus untuk keperluan liburan keluarga dan persiapkan sejak jauh-jauh hari. Jangan lupa (dan jangan bosan) hunting tiket pesawat, voucher hotel, dan paket wisata murah untuk menekan pengeluaran. Biasanya selalu ada diskon ataupun penawaran menarik untuk mereka yang melakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.


Atur Keuangan Saat Berlibur
Bijak-bijaklah mengatur keuangan saat berlibur. Karena seringkali kita kalap membelanjakan uang saat melihat barang-barang unik dan cantik atau tergiur mencoba hal-hal yang tidak ada dalam list rencana liburan kita dan keluarga. Kan repot kalau sampai kehabisan uang saat berlibur.


Cari Info Tentang Tujuan Wisata
Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga selanjutnya adala mencari info sebanyak-banyaknya tentang daerah yang akan dikunjungi. Mulai dari budaya, aturan, tarif transportasi, tempat makan yang murah dan enak, tempat yang rawan, serta spot-spot wisata yang menarik. Dengan mengetahui budaya dan aturan masyarakat setempat, kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya di Iboih, Sabang, tidak boleh berenang di pantai (snorkeling, diving dan aktifitas lainnya) saat waktu sholat Jum’at. Di Terengganu hari liburnya jatuh pada Jumat-Sabtu, hari Minggu mereka bekerja seperti biasa. Mengetahui tarif transportasi ataupun harga pasaran suatu barang di suatu daerah juga penting untuk menghindarkan kita ditipu dengan harga yang tinggi.


Obat-obatan
Bawalah obat-obatan umum ataupun sesuai resep dokter. Apalagi jika ada anggota keluarga yang memiliki penyakit khusus, alergi udara dingin misalnya. Atau mabuk laut. Obat-obatan seperti minyak telon, minyak kayu putih, obat sakit kepala, obat anti mabuk, vitamin C, obat masuk angin, biasanya  adalah obat-obatan yang dibawa untuk mengantisipasi kalau-kalau ada yang daya tahan tubuhnya nge-drop saat sedang berwisata.


Gadget
Ini wajib dong ya. Walaupun sedang liburan, kita juga harus tetap keep in touch dengan para sahabat dan saudara. Lewat gadget juga kita bisa mencari info cara penyelesaian saat terjadi masalah ketika liburan. Jangan lupa untuk membawa charger dan power bank agar tetap terhubung dengan siapa saja.


Tas Khusus Traveling
Gunakan tas khusus traveling yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Bawa juga tas tambahan untuk barang-barang khusus yang sensitif dan tidak bisa masuk bagasi seperti kamera, handphone, dompet, paspor dan visa.


Kebutuhan Khusus
Kadang, tiap orang memiliki kebutuhan khusus yang dibawanya kemanapun ia pergi, termasuk saat traveling. Misal, si kecil tidak bisa tidur juga tidak memeluk boneka kesayangannya. Atau kalian yang punya kebiasaan mengkonsumsi kopi merek tertentu saat bangun atau hendak tidur. Kebutuhan-kebutuhan seperti ini harus diperhatikan karena jika diabaikan justru bisa mengganggu liburan.


Nah, itulah dia tulisang singkat saya tentang Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga. Bagaimana, adakah point-point di atas yang kalian lewatkan? Atau mungkin ada poin penting lainnya yang ingin kalian tambahkan? Share di kolom komentar ya.

Selamat berlibur!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

15 komentar

Write komentar
Tomi Purba
AUTHOR
22 Desember 2017 10.46 delete

Wahh kebetulan nih saya baca artikel ini mba. Saya juga mau liburan akhir tahun nih mba.. tas traveling ini yg harus dipersiapkan jadi kalau keluar² gak harus bawa koper kemana²

Reply
avatar
22 Desember 2017 12.51 delete

Belum ada rencana liburan ke mana, kadang suka males macet dan di perjalanan, dan tentu saja harus siap budget iburan juga hehehe

Reply
avatar
22 Desember 2017 22.03 delete

Biasanya selain menyiapkan hal yang mba tulis itu, aku sekeluarga juga menyiapkan stamina. Jd sebelum tidur ga boleh terlalu cape dan stamina di jaga.supaya pas libur ga terganggu

Reply
avatar
23 Desember 2017 08.32 delete

Persiapan-persiapannya sudah oke, Mbak. Tapi kalau aku, karena aku kadang pelupa akut... hahaha.. jadi biasanya kutulis list apa aja barang yg aku bawa. Entah di note book, atau di hape :)

Reply
avatar
Omith
AUTHOR
23 Desember 2017 10.51 delete

masih galau blom menentukan kmn th ini lbh hektik dr th lalu.
alokasi dananya buat sekolah kakak jd kemnggkinan dafakan kl dpt paling nginep di hotel aja . 🤗

Reply
avatar
ikhsan keren
AUTHOR
23 Desember 2017 15.13 delete

Saya kepengen dah traveling dg bawaan minim.

Reply
avatar
Ajen Angelina
AUTHOR
23 Desember 2017 17.32 delete

Obat-obatan dan Vitamin penting banget dibawa saat liburann..

Reply
avatar
sally fauzi
AUTHOR
23 Desember 2017 18.51 delete

Tahun ini sepertinya anak2 liburan di Jakarta saja, niat hati sih mau cari liburan murah meriah biar gak ribet pegang gadget mlulu.


Kalau ke luar kota, vitamin/suplemen tambahan wajib dibawa ya mbak, cuaca hak menentu gini

Reply
avatar
23 Desember 2017 19.21 delete

Saya jadi terpikir membeli tas khusus travelling, kadang saya travelling dadakan juga. Pas ada tiket murah ya mendadak liburan, tetapi budget tetap perlu dipersiapkan juga suplemen tak boleh lupa dikonsumsi

Reply
avatar
23 Desember 2017 19.44 delete

Kami tipikal keluarga yang suka mendadak kalau liburan mba... seringkali tujuan yang direncanakan malah berbeda dengan yang direalisasikan...

Reply
avatar
23 Desember 2017 20.12 delete

Setuju bgt dg tipsnya walaupun aku seringnya dadakan kalau pergi2, hahaha. Minimal seminggu gitu buat persiapan. Yg penting obat pribadi, kaya obat mual. Asli enggak nyaman kalau diperjalanan muntah2

Pokoknya semangat saat liburan!

Reply
avatar
23 Desember 2017 20.19 delete

Satu lagi, mbak. Persiapkan dana cadangan. Siapa tahu, di daerah tujuan wisata ingin beli sesuatu. Atau ada dana tak terduga lainnya.
Kalau dana cadangan gak terpakai, bisa ditabung untuk liburan yang akan datang, ya, kan?

Reply
avatar
Nova Violita
AUTHOR
23 Desember 2017 21.00 delete

Utama itu sediakan budget..nih dana segini cukup kemana ya..? Biar seneng dapat...tapi gak bikin kere pulang liburan...he2

Reply
avatar
Unggul Sagena
AUTHOR
23 Desember 2017 21.45 delete

Hahaa iya nii bujet. Untuk family apalagi.. perlu duit lebih besar anggarannya daripada sendirian. Tapi demi keluarga, siap dong buat bujetnya hehe..

Reply
avatar
23 Desember 2017 23.36 delete

Aku nyiapin liburan sekarang ribet banget karena udah ada anak. Dulu tipe yang tinggal pergi2 aja hahaha. Btw, budget liburan aku paling besar buat oleh2 kaya bisa 2x lipat biaya hidup heuheu

Reply
avatar