ANAK KOS DILARANG SAKIT

16.00
theragan - m
Anak kos dilarang sakit

Anak Kos Dilarang Sakit : Kalau diingat-ingat lagi, udah lama banget saya jadi anak kos. Bayangin aja, sudah sejak 2003 sampe sekarang saya hidup sebagai anak kos. Kalau dulu saat sekolah dan kuliah saya pulang sesekali saat uang habis atau saat liburan. Kali ini tak jauh beda, pulangnya nunggu ada waktu luang, dan nunggu tabungan cukup buat bantu-bantu emak di kampung hihihiii…


Memasuki tahun ke-14 sebagai anak kos, satu hal yang saya sadari adalah : anak kos wajib menjaga kesehatan! Iya, anak kos wajib sehat. Mmm… sebenarnya nggak Cuma anak kos sih yang wajib menjaga kesehatan. Semua orang memang seharusnya berusaha untuk tetap sehat. Tapi sebagai anak kos, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk diterapkan.


Kenapa?! Karena sakit di perantauan itu enggak enak ciiin. Bayangin aja kamu harus tergolek di kamar sempit seorang diri saat teman kosmu harus kuliah misalnya. Sendirian menahankan rasa tak enak yang menyerang tubuh dan jauh dari orang tua, itu rasanya menyedihkan banget guys! Ya kali kamu dapet temen yang care, nah kalo temen sekosnya yang bangsa cuek ya alamat bakal lebih menyedihkan lagi rasanya.


Sepanjang jadi anak kos, saya pernah dua kali sakit yang sampai harus pulang kampung. Itu juga karena saya ngerasa udah nggak tahan banget makanya akhirnya bilang ke ortu. Kalau masih tahan biasanya saya bakal diem aja nggak bilang mereka.


Yang pertama itu waktu masih sekolah, saya demam berhari-hari sampai harus dijemput di kos oleh abang saya. Yang kedua waktu kuliah. Saya lagi KKN tuh waktu itu. Kena cacar air yang lumayan parah. Sekujur badan keluar cacar air besar-besar. Bahkan di tenggorokan pun ada sampe saya  susah mau makan waktu itu.


Selebihnya kalau sakit saya tahankan sendiri di kos-kosan karena biasanya sakitnya ya demam kecapean ataupun masuk angin. Nggak cerita ke keluarga karena nanti yang ada mereka bakal panik.


Saya pernah demam tinggi sampe tertidur pasrah cuma pakai handuk. Ceritanya waktu itu tamu bulanan saya lagi datang. Emang si tamu ini kalau datang kadang mau sakit kadang nggak. Saya di kos sendirian. Temen sekamar lagi kuliah, ibu kos juga lagi pergi. Saya ingat waktu itu lagi nyuci pakaian. Selesai nyuci saya langsung mandi. Nah selesai mandi itu badan saya ngedrop. Keringat bercucuran padahal saya baru aja mandi dan masih pakai handuk. Kepala saya pusing dan suhu badan saya naik. Dengan mata terpejam dan meraba-raba dinding saya menuju tempat tidur. Rebahan. Antara tidur dan sadar, saya masih bisa mendengar suara-suara di sekitar, tapi tak bisa bangun,mata saya terpejam dan tubuh tak bisa digerakkan.


Saya pasrah dan cuma bisa berdoa. Teman saya pulang kuliah dan tanya apakah saya sakit, saya cuma bisa denger, nggak bisa jawab. Waktu itu saya sempat kepikiran buat ngabarin keluarga di kampung kalau saya udah sanggup gerakin badan dan nelfon, tapi akhirya urung karena berangsur-angsur kondisi saya membaik.


Pernah juga saya ijin kerja selama tiga hari karena leher dan punggung saya rasanya kaku banget. Tapi saya bantai istirahat aja, syukurnya nggak sampe pulang kampung.


Apa rasanya sakit di perantauan?! Sumpah nggak enak banget. Seandainya pun ada teman-teman yang care ya tetap aja rasanya sedih karena jauh dari keluarga. Belum lagi masalah biasa pengobatan kalau sampai harus rawat inap. Karena itu saya selalu mewanti-wanti diri sendiri supaya nggak sakit.

dilarang sakit
Anak kos dilarang sakit


Tau sendiri kan ya, anak kos ini orang yang nggak boleh sakit tapi pola hidupnya banyak sekali yang dekat dengan penyakit. Makan telat. Makan beli di luar yang udah pasti nggak tau gimana kebersihan si penjualnya. Ini masih tentang disiplin waktu makan dan kebersihannya, belum lagi tentang kandungan nutrisi dalam makanan. Hayoo ngaku deh, kalian yang anak kos pasti sering banget nyantap makanan instan kan?! Saya juga kok. Saya masih sering telat makan, masih rajin beli makanan di luar, dan paling semangat ngelahap junk food.


Trus gimana caranya tetap sehat? Kalau saya sih biasanya berusaha sebisa mungkin buat ngimbangin makanan dengan yang bernutrisi. Misalnya aja kalau di luar sering makan junk food, di rumah saya biasanya bakal nyoba buat masak rebusan. Atau kalau masak sendiri di rumah saya biasanya nggak pake penyedap. Minum teh nggak pake gula *karena memang saya nggak suka teh yang terlalu manis*. Terus kalau pesan jus di luar atau ngejus sendiri di rumah saya selalu minta yang original, tanpa tambahan susu, gula, es, dll.


Konsumsi  buah juga penting banget. Begitu juga dengan air putih. FYI, saya paling jarang konsumsi softdrink, lebih suka air putih. Saya juga jaraaaang banget minum es karena biasanya perut saya bakal kembung sehabis minum es.


Saya dulu punya temen satu kos yang punya kebiasaan lucu. Dia itu orangnya paling anti kalau ada makanan kebuang. Kadang lauk udah mau basi juga dimakan. Beli produk makanan yang udah lewat beberapa hari masa kadaluarsanya tetep diembat. Tapi setelah makan makanan itu biasanya dia minum susu. Alasannya untuk menetralisir racun-racun di makanan yang baru dimakannya. Jadi prinsipnya dia, gapapa minum racun asal dibarengi sama minum penawarnya hahahhaaaa…


Saya nggak sampe makan makanan yang udah lewat tanggal kadaluarsanya sih, tapi prinsipnya yang makan racun dibarengi penawarnya itu saya suka. Kadang saya terapin juga di kehidupan saya. Misalnya waktu pengen makan sate dan ayam bakar, biasanya setelah itu saya makan timun buat menangkal zat karsinogenik yang terkandung dalam makanan yang dipanggang/bakar. Atau saat saya pengen minum kopi, saya bakal makan nasi dulu karena biasanya kalau minum kopi dalam kondisi perut kosong saya bakalan masuk angin.


Selain itu biasanya saya coba mengenali ritme aktifitas saya. Kalau pas lagi banyak kegiatan jangan coba-coba makan telat, atau makan mie instan. Bila perlu barengi dengan multivitamin. Ini penting buat saya karena udah pernah ngalamin yang namanya sakit saat kerjaan  lagi banyak-banyaknya. So, saya bisanya nyoba sadar diri dan nahan diri buat ngelakuin hal-hal yang bikin badan ngedrop saat banyak kerjaan.


Kalau sudah terlanjur sakit gimana? Ya stop aktifitas dulu lah. Istirahat full, banyak makan buah dan minum air putih. Kuncinya itu aja deh kalau saya. Eh iya hampir lupa, tambah satu lagi kuncinya : minum multivitamin. Jurus terjitu tuh. Biar hasilnya maksimal dan badan jadi lebih cepat pulih saya biasanya selain istirahat, banyak konsumsi buah, sayur dan air putih, juga minum multivitamin. Saat ini ada banyak pilihan merek multivitamin yang bisa dengan mudah didapat di apotek dan toko terdekat. Kalau saya pilihannya jatuh ke Theragran-M.


Kenapa pilih Theragran-M? Karena Theragran M adalah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Tiap tabletnya mengandung beraneka vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh saat masa penyembuhan setelah sakit. Nggak mau kan sakit lama-lama? Kalau saya sih nggak mau ya. Dan alhamdulillah sejauh ini kalau badan terlanjur ngedrop dan saya lakuin jurus terjitu itu, badan berangsur-angsur pulih.

vitamin yang bagus untuk masa pemulihan
Theragran - M, vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit

Hidup di perantauan dan jadi anak kos memang seru-seru asik. Nggak bakal denger omelan emak kalau pas lagi males bersihin rumah. Nggak bakal ada yang nyuruh-nyuruh tidur kalau pas kita lagi begadang, marathon nonton drama korea. Makan bisa beli sesuka hati yang penting ada budget. Tapi ya harus tetap bijak dan punya kontrol diri supaya nggak salah pergaulan dan tetap sehat. Karena sebenarnya bukan tentang ada atau nggaknya orang yang ngurusin saat kita jatuh sakit, tapi karena tiap orang bertanggung jawab terhadap kesehatan jiwa raganya. Karena saat kita sehat badan dan pikiran, saat itu kita bisa live to the max!


Oke guys, sekian cerita saya tentang Anak Kos Dilarang Sakit. Kalian jangan lupa jaga kesehatan ya :)

Ada yang punya pengalaman sakit di perantauan? Share dong!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

29 komentar

Write komentar
14 Juli 2017 12.03 delete

Waktu masih ngekos, Alhamdulillah cuma sekali ngerasa sakit sampe merasa perlu untuk pulang, karena sakit cangkrangen ga tau istilah medisnya apa qiqiqi

Reply
avatar
14 Juli 2017 16.50 delete

Enggak kebayang kalo anak kos sakit. Padahal jauh sama keluarga. Makanya penting banget jalin relasi sama tetangga kamar kos yaa.. Biar kalo ada emergency bisa langsung tertangani. Semoga sehat selalu ya.. :)

Reply
avatar
Ony Christy
AUTHOR
14 Juli 2017 21.52 delete

Aku juga anak kos, udah sejak 2003 juga ngekosnya. Yang paling parah pas hamil dan ngekos, abis nyuci kepleset jatuh padahal di kosan sepi nggak ada siapa-siapa. Akhirnya naek motor sendiri terus kerumah sakit, sampe RS disuruh opname baru seh telepon keluarga, habis itu opname cuma sendirian nggak ada yang nungguin. Nasib LDR ya begini yaaaah..

Reply
avatar
15 Juli 2017 00.56 delete

Pernah jadi anak kos tapi cuma setengah semester hehe. Emang kudu jaga kesehatan banget ya mbak, apalagi soal urusan makan tu biasanya anak kos (apalagi yg mahasiswa) suka kelupaan/ gak sempet.
Vitamin yk gitu emng penting buat bantu jaga stamina TFS

Reply
avatar
15 Juli 2017 02.48 delete

Wah foto makanan di awal menggoda banget! :9

Anyway, jadi keinget waktu ngekos. EMang sih ya, sakit sendiri meringkuk di kamar, sukur2 kl ada temen yg bisa dimintain tolong.
Untungnya dulu selama ngekos sehat2 aja.

Jaga kesehatan terus ya, kak! :)

Reply
avatar
15 Juli 2017 11.50 delete

Aku pernah sakit pas jauh dr keluarga. Rasanya nyesek karena mau apa2 susah. Apalagi dulu saya orangnya males makan makanan berseratdan buah. tambah sakit deh.

Gak cuma anak kos,kita semua kudu jaga yg namanya kesehatan. Dan vitamin kayatheragran itu perlu bgt

Reply
avatar
15 Juli 2017 11.53 delete

ank kos itu kebanyakan pilih makanan instan. Padahal itu kurang baik ya. Kudu bener2 bs atur pola biar kesehatan juga terjaga

Reply
avatar
15 Juli 2017 21.40 delete

Bener banget ini mba anak kos harus jangan sakit jadi harus menjaga pola makan dan minum dan sambil berhemat apalagi multivitamin yang pas theragran bisa jadi solusi murah.

Reply
avatar
15 Juli 2017 21.57 delete

Gilee.. sudah pro banget nih dalam dunia perkos-kosan bertahun-tahun. Haha.. Iya, Mbak setuju. Menjaga kesehatan itu harus jadi prioritas buat orang rantau terutama. Hmm.. kujadi sadar diri kalau kurang multivinamin hahaha

Reply
avatar
Yesi Intasari
AUTHOR
15 Juli 2017 22.02 delete

Jadi inget pengalamanku dulu waktu kuliah dan ngekos jg pernah sakit pas bener2 sendirian di kostan, temen kostan lagi pada ga ada, demam tinggi, jalan ke kamar mandi aja sampe diseret2.. udah gitu air minum galon habis juga, ga bisa keluar buat sekedar beli air minum ke warung sampe harus masak air keran aku tambahin teh biar gak terlalu bau seng, tapi tetep aja rasanya ga enak huhu kalo diinget2 lagi sengsara banget yah 😂

Reply
avatar
Siti Mudrikah
AUTHOR
15 Juli 2017 22.25 delete

Tos sama aku dong, anak kosan juga.
Iya bner2 harus pinter jaga kesehatan, karna kalo bukan kita yg aware sm kesehatan kita siapa lagi
Aku juga kdang konsumsi vitamin untuk menmbah day atahn tubuh, kebetulan ada theragran juga.
Sehat2 yaa cantiik

Reply
avatar
15 Juli 2017 22.41 delete

Jangan deh sakit pas jadi anak kos, kesiksa deh bener. Mau apa-apa susah, minta tolong malu. Sedih rasanya. Sehat selalu ya hay anak kost :)

Reply
avatar
erina julia
AUTHOR
15 Juli 2017 23.42 delete

BENER BANGEEETTT
waktu ngekos, kalo lagi flu aja rasanya duh, nggak enak bgt, krn apa2 sendiri.
Makanya lebih banyak nyiapin vitamin kalo lg ngekos. Biar ga drop. Dan theragran ini membantu memulihkan tenaga banget.

Reply
avatar
Sharing Kali
AUTHOR
19 Juli 2017 19.59 delete

Hihi... adi ingat lagi masa2 ngekos kuliah dulu. Sakit, maunya rehat. tapi gimana lagi besoknya deadline tanpa toleransi dari dosen, hemmm. akhirnya ya gak jadi sakitt hehe
[URL="http://sharingkali.com/pecitop-magpro-peci-semi-topi-distro/"]PECITOP[/URL]

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.07 delete

aku juga nggak tau cangkrangen itu sakit apaan mbak hihihii...

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.10 delete

iya mbak, emang sedih banget kalau sakit di kosan, dan tetangga kos adalah keluarga senasib sepenanggunangan yang diharapkan bisa membantu.

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.11 delete

wuaduuh mbak,, dirimu strong banget yaaak. tapi emang jadi anak kos kudu strong ya kan. kalau dipikir-pikir nyesek banget sakit tapi musti ke RS sendiri, tapi ya dari pada kenapa-napa di kosan ya kan.

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.12 delete

iyess,,, sampe sekarang kadang aku juga lupa makan, padahal makan itu penting banget buat jaga stamina tubuh ya kan. makanya kalau udah mulai ada tanda-tanda nggak enak badan, aku minum multivitamin biar nggak sampe jatuh sakit.

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.14 delete

iya mas, musti jaga kesehatan. nggak enak banget soalnya sakit di kos-kosan *pada dasarnya sakit dimanapun ya nggak enak ya kan*

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.16 delete

nyesek pake banget emang mbak kalau pas sakit jauh dari keluarga.
iya bener banget, musti ada stock multivitamin seperti Theragaran.

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.17 delete

bener, salah satu kebiasaan buruk anak kos itu ya itu, suka makanan instan. padahal musti jaga kesehatan ya kan.

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.19 delete

iya mas. pengalaman sakit di kos-kosan itu nggak enak banget. makanya sekarang jadi pelajaran deh, nggak berani bandel-bandel kalau urusan makanan :)

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.33 delete

hahahaa,, pro apaan. sedih tau belasan taun jadi anak kos mulu, jauh dari keluarga hahahhaa...

duuh,,, jangan sampe kurang vitamin ah, ntar sakit loh.

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.34 delete

mbrebes milih ya mbak kalau diinget-inget hahhahaa...

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.35 delete

wooo...perlukah kita buat anak kos squad hahhaha... musti pinter-pinter jaga kesehatan ya kita :)

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.36 delete

aamiin,, semoga kita selalu sehat ya mbak. bener banget, mau minta tolong segan.beruntung kalau tetangga kosnya care, kalo nggak ya tahankan sendiri huuhuhuuu

Reply
avatar
1 Agustus 2017 15.37 delete

mbak erina pernah ngekos juga toh?! iya mbak, sakit dikit aja rasanya sedih banget. musti stock multivitamin dah biar nggak sakit.

Reply
avatar
Gedubar Tim
AUTHOR
18 Agustus 2017 09.58 delete

hihi... ya mbak saya ngekos udah dari 2013 dari smp lagi tuh nyampek sekarang sekalian mondok.... paling sakit cuman panas,batuk,flu,dll. tapi paling parah harpes kali...
artikelnya bagus ngak bikin bosen bacanya.. :D

Reply
avatar
IBU SALMAH
AUTHOR
20 Agustus 2017 09.05 delete

Saya Atas nama IBU SALMAH ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 2 8 7 6 >>> saya menang togel (179,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.

KLIK DISINI ((( BOCORAN * TOGEL * JITU ( 4D ) HARI * INI )))

Reply
avatar