KREASI BUBUK TEH ALA RENDY HANDYCRAFT

08.30
celengan teh
Kreasi bubuk teh ala Rendy Handycraft

Kreasi Bubuk Teh Ala Rendy Handycraft : Kalian suka mengonsumsi teh, kopi, atau malah jamu? Atau mungkin di rumah kalian banyak papan tak terpakai? Jika iya, jangan dibuang. Karena benda-benda yang kita anggap sisah itu ternyata bisa disulap menjadi barang menarik dan bermanfaat loh!

Tak percaya? Lihat saja beragam hasil koleksi Rendy Handycraft. Kotak pinsil, asbak rokok, celengan, hingga lukisan dari bubuk teh ada disini. Bubuk teh sisah yang biasanya dibuang itu berubah menjadi barang bernilai seni yang tak hanya cantik, tapi juga bernilai guna.

Rendy Prayogi, pemilik Rendy Handycraft mengawali usaha kerajinan bubuk teh ini sejak 2013. Terbiasa melihat bubuk teh sisah seduhan di warung ibunya, ia pun kemudian mendapat ide untuk mengolahnya kembali. Dan setelah belajar ke beberapa orang, jadilah celengan bubuk teh berlabel Rendy Handycraft.

Meski Rendy Handycraft  memproduksi dan menerima berbagai kerajinan dari bubuk teh, namun saat ini fokus mereka ada pada produk celengan. Usut punya usut, ternyata ada alasan tersendiri kenapa fokus pada celengen bubuk teh.

“Kalau lukisan bubuk teh memang bagus. Tapi kan sudah ada senimannya. Jadi saya berpikir untuk berkarya dengan bubuk teh namun dengan produk yang berbeda. Dan muncullah ide celengan bubuk teh ini. Kenapa celengan, karena saya ingin produk saya bisa dimiliki oleh semua kalangan karena harganya terjangkau. Selain itu juga sekalian mengkampanyekan gerakan ayo menabung,” ujar Rendy.

rendy handycraft
Celengan dari berbagai bahan, kreasi Rendy Handycraft

Selain memanfaatkan limbah bubuk teh, hal menarik lainnya dari celengan Rendy Handycraft terletak pada disainnya. Pembeli bisa request disain yang diinginkan. Bisa berupa tulisan nama, gambar tokoh kartun, tokoh terkenal, atau disain buatan sendiri. Tinggal berikan disainnya saat mengorder, nanti saat celengan sudah jadi, kalian akan dihubungi. Lamanya waktu pengerjaan tergantung pada tingkat kesulitan dan banyak atau tidaknya pesanan yang sedang dikerjakan.

“Biasanya sih kalau orderan sedang sedikit, sehari saja sudah selesai. Tapi kalau lagi banyak orderan, ya bisa lebih lama lagi,” terang Rendy.

rendy handycraft
Disain di celengan bisa request sesuai keingin pembeli loh!

Sejak 2013 hingga kini, celengan bubuk teh Rendy Handycraft ternyata kian digemari. Pembelinya pun beragam, tidak melulu anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Tidak hanya masyarakat Medan, tetapi juga dari luar kota dan bahkan luar negeri.

Jika dulu hanya berkreasi dengan bubuk teh, kini celengan Rendy Handycraft mulai merambah ke bahan lain. Masih berkutat pada bubuk dan serbuk, seperti bubuk ampas jamu, serbuk kayu, bubuk ampas kopi, dan tentu saja teh. Secara kualitas juga semakin meningkat.

limbah bubuk teh
Aneka bubuk yang digunakan Rendy

Diceritakan Rendy, pernah suatu ketika ia hampir putus asa mencari cara agar bubuk teh pada celengannya tidak berjamur. Berbagai cara sudah dicoba namun tak juga berhasil. Hal tersebut membuatnya berpikir untuk berhenti karena tak ingin mengecewakan pelanggan karena kualitas produknya yang rendah. Namun karena tekad dan kemauannya belajar, akhirnya ia menemukan jalan keluar. Ia pun dengan percaya diri mengatakan kalau celengan bubuk tehnya selain tidak berjamur juga tahan air.

Saat ini, selain fokus pada bahan-bahan berupa bubuk dan serbuk, Rendy Handycraft juga memberikan sentuhan kearifan lokal dalam disainnya.

kerajinan tangan dari bubuk teh
Tak hanya disain-disain yang sedang hits, Rendy juga memasukkan motif-motif lokal pada disain celengannya.

“Ya daripada ngerjain yang nggak jelas, kan lebih baik berkreasi. Kenapa saya masukin unsur kearifan lokal, karena kalau bukan kita yang melestarikan warisan budaya kita, siapa lagi?" papar Rendy

Kalian tertarik mengubah ampas teh kalian seperti yang dilakukan Rendy Prayogi? Tak ada salahnya mencoba. Tapi jika kalian merasa kurang kreatif *seperti saya hihihii* atau tak memiliki waktu untuk  menyulapnya menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat, kalian bisa membelinya di Rendy Handycraft. Lihat saja instagramnya : rendyhandycraft. Harganya variatif, tergantung tingkat kesulitan disain yang kalian inginkan.

kerajinan dari bubuk teh
Bersama Rendy, sang pengrajin sekaligus owner Rendy Handycraft

Oke, itu sedikit informasi tentang Kreasi Bubuk Teh Ala Rendy Handycraft, kalau penasaran langsung saja samperin orangnya :D

Kalian pernah berkreasi dengan bubuk teh? Jadi apa?!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

21 komentar

Write komentar
20 April 2017 18.17 delete

Aku kayanya pernah liat nih produknya, ga nyangka bahannya dari itu ya.. Lucu bgt yg kupu2 itu

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 April 2017 13.08 delete

Rendy Handycraft
Rumah Produksi: Jalan Tinta No.25, Ayahanda - Kota Medan
WA/LINE/Call: 0821-6775-2717
BBM: D47AF56E

- Terima Kasih -
PerempuanNovember

Reply
avatar
Oky Maulana
AUTHOR
25 April 2017 10.17 delete

Suka iri sama yang bisa bikin ini itu deh, itu bagus banget! Dari baca judulnya aku udah penasaran sama aslinya wkwkwkw

Reply
avatar
25 April 2017 15.10 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
@unggulcenter
AUTHOR
25 April 2017 15.21 delete

Ini beneran keren! Siapa sangka ya bubuk teh bekas pakai bs berguna n hasilkan kriya yang menarik!

Reply
avatar
Duniari Ree
AUTHOR
25 April 2017 16.05 delete

Subhanallah, ternyata itu terbuat dari bubuk kopi dan teh gitu? Aaaaaahh, kok aku gak kepikiran sih? HUaaaaaaaaa :'(
Aku suka sekali sama kreasi-kreasi kayak gini.. Suka beli juga, meskipun akhirnya gak tahan lama karenna di rusak :(

Reply
avatar
25 April 2017 17.24 delete

wah kreatif banget ya, aku pengen lihat kaya gini. Semoga ada kesempatan yaaa

Reply
avatar
25 April 2017 17.28 delete

Kalo bubuk teh, aku lebih suka diseduhhhh... Ehhh salah topik yah

Otw IG RendyHandyCraft

Reply
avatar
25 April 2017 20.30 delete

kok bisa jadi keren kayak gitu yaa? kreatif bgt gak nyangka kalo dari bubuk teh

Reply
avatar
25 April 2017 20.49 delete

wah baru tau ini kreasinya bener bener kreatif banget ya. bisa dijadikan celengan dari bahan bahan bekas pakai dan tidak berguna bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang bisa dijual dan mendapatkan income lagi.

Reply
avatar
Tomi Purba
AUTHOR
25 April 2017 21.08 delete

Keren banget mba.. bubuk teh bisa menjadi karya yang menakjubkan.
Untuk harga berapaan tuh mba

Reply
avatar
25 April 2017 23.53 delete

Kok lucu2 ya, jdnya pengen ngumpulin celengannya haha!

Reply
avatar
26 April 2017 00.42 delete

luar biasa. selain diseduh dan berguna untuk kesehatan ternyata kerajinan tangan yang dihasilkan juga mencengangkan. luar biasa sekali kreatifitasnya. patut dibanggakan, btw baunya harum teh juga ngga yah?

Reply
avatar
26 April 2017 03.47 delete

Wah kreatif bgt nih, bisa merubah sampah menjadi karya Indah yang berharga, buatannya Bagus Bagus pula^^

Reply
avatar
26 April 2017 09.15 delete

Ihh.. kok baguss.. Harganya kisaran berapa ya?
Trus kalo mau beli dimana? Ada online-nya enggak?
Kalo musti ke Medan, jauh juga.. :D

Reply
avatar
26 April 2017 10.25 delete

Luar biasa kreatif banget, hasil karyanya juga bagus2 :D

“Ya daripada ngerjain yang nggak jelas, kan lebih baik berkreasi. Kenapa saya masukin unsur kearifan lokal, karena kalau bukan kita yang melestarikan warisan budaya kita, siapa lagi?" papar Rendy ---> setujuuuu

ada IG atau webnya mbk?

Reply
avatar
26 April 2017 19.34 delete

Belum pernah berkreasi dengan bubuk-bubukan...
Asiik yaa...tapi mesti super telaten ngerjainnya upaya hasilnya rapih dan gak gampang rontok.

Jadinya biar bubuknya awet, dikasih apakah?

Reply
avatar
26 April 2017 22.18 delete

Keren banget ini ya. Aku enggak bakat berseni kaya gini. Jadi suka takjub. :)

Reply
avatar
andhikamppp
AUTHOR
27 April 2017 09.36 delete

Aku pernah berkreasi dengan bubuk teh untuk kujadikan ... teh manis.

Ehehehe, tapi ga disebutin range harganya ya, Mbak?

Reply
avatar
Nurul Sufitri
AUTHOR
28 April 2017 21.30 delete

Wah, ga nyangka ya bubuk teh dan kopi bisa jadi kerajinan tangan keren gitu. Bisa dibeli di mana ya online nya?

Reply
avatar
Ade UFi
AUTHOR
28 April 2017 22.05 delete

iiih keren.. harganya berapa? tapi itu jauh kaliii ada di Medan.

Reply
avatar