ASIKNYA BERSANTAI DI BUKIT KUBU BERASTAGI

wisata sumut
Asiknya bersantai di Bukit Kubu Berastagi

Asiknya Bersantai di Bukit Kubu Berastagi – Wisata Berastagi : Berastagi, daerah yang terletak di dataran tinggi Tanah Karo ini selalu menjadi salah satu pilihan bagi warga Medan saat ingin melipir sejenak dari kepenatan hari-hari. Alasannya selain jarak tempuhnya yang hanya berkisar 2 jam, udara yang sejuk, juga pilihan tempat wisata yang lumayan beragam. Salah satu tempat menarik yang asik untuk bersantai adalah Bukit Kubu.

Bukit Kubu sebenarnya adalah nama hotel di Berastagi. Namun kita bisa bersantai di area hotel ini tanpa harus menginap. Tentunya dengan membayar tiket masuk. Lah.. masuk areanya doang bayar? Iya, soalnya area sekitar hotel yang berupa halaman luas dengan rumput hijau bak lapangan golf ini emang asik buat dijadikan tempat bersantai. Semacam piknik gitu deh. Cocok untuk piknik asik bersama keluarga. Tapi bersama teman atau siapapun tetap ideal sih. Intinya cocok untuk segala usia :D

Saya baru sekali merasakan asiknya bersantai di Bukit Kubu Berastagi. Sebenarnya saya kesini masih barengan dengan waktu saya mengunjungi air terjun Sikulikap di Penatapan dan pagoda emas di Taman Alam Lumbini. Ya semacam trip sehari gitu deh. Sekali berangkat dua tiga tempat wisata dikunjungi.

Baca juga : Cantiknya Pagoda Emas di Taman Alam Lumbini – Berastagi.

Jadi kemarin itu habis trekking-trekking manja ke Air Terjun Sikulikap, minum teh dan jagung bakar di Penatapan, lalu mengunjungi pagoda emas di Taman Alam Lumbini, kami melanjutkan perjalanan ke Bukit Kubu untuk bersantai sejenak sebelum lanjut lagi ke Bukit Gundaling untuk melihat sunset. Ini saja udah berbeda daya tarik tiap tempat yang dikunjungi, belum lagi objek wisata lainnya yang kami lewatkan. Lebih beragam lagi.

Baca juga : Air Terjun Sikulikap, Keindahan Lain Hutan Penatapan

Tiket masuk ke Bukit Kubu berbeda-beda tergantung jenis kendaraan yang gunakan. Kami dikenakan tiket 30 ribu karena menggunakan sepeda motor. Kalau bus atau mobil pribadi beda lagi harganya. Kalau jalan kaki? Tetap bayar, 15ribu per orang.

entrance fee
Tarif masuk ke Bukit Kubu
Tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir dan sebuah tikar untuk alas duduk. Tapi info yang saya baca dari blog lain menyebutkan kalau tiket masuk juga sudah termasuk sebuah layang-layang. Mungkin karena kami sudah dewasa makanya tidak diberi layang-layang. Berarti next time kesini harus sudah punya anak nih eheheee

Daya tarik Bukit Kubu terletak di kontur tanah yang berbukit-bukit berbalut rumpun hijau nan bersih. Udaranya yang sejuk membuat tempat ini tetap asik untuk dikunjungi meskipun pada siang hari nan cerah. Saya sarankan sih kalau kesini bawa jaket *nggak Cuma kesini, pokoknya kalau ke Berastagi emang musti bawa jaket deh*. Soalnya kan dataran tinggi, sorean dikit langsung kerasa dinginnya.
Setelah memarkir sepeda motor dan menerima tikar dari petugas Bukit Kubu, kami pun langsung mencari tempat buat bersantai ria. Lumayan banyak pengunjung hari itu. Tapi karena halamannya luas, jadi tak perlu takut tak mendapat tempat.

family time
Halamannya luas, jadi nggak usah takut nggak dapat tempat :)
Kami memilih tempat di samping sebuah bangunan, tempat yang sedikit miring, semacam badan bukit begitulah kira-kira. Jadi sambil tidur-tiduran tetap bisa memandang keceriaan anak-anak bermain layang-layang di padang rumput luas yang lebih rendah.

layangan
Sambil tiduran sambil liatin anak-anak main layangan
keceriaan anak-anak
Bermain layang-layang
Kala itu, langit sebagian cerah, tapi sebagian juga awan tampak menggantung kelabu. Sambil tiduran, pandangan saya berganti-ganti antara melihat anak-anak bermain dan langit yang maha luas. Semilir angin malah membuat saya ingin memejamkan mata. Tidur. Iya tidur. Sungguh asik loh. Tiduran di padang rumput dengan udara sejuk, angin semilir *kadang malah cukup kencang*, dan suara keriuhan anak-anak. Ah, nikmat Tuhan yang manakah yang saya dustakan :)

bukit kubu hotel
Jika mau beli layangan, balon, gelembung udara, atau mainan anak lainnya, bisa di tenda-tenda di bawah sana
Buat penggemar fotographi atau yang hobi selfie, Bukit Kubu Berastagi ini mendukung banget untuk kegiatan jeprat-jepret. Banyak objek yang bisa diabadikan. Cuma kemarin mungkin karena saya sudah cukup lelah abis trekking ke Air Terjun Sikulikap terus dilanjutkan ke Taman Alam Lumbini, jadi waktu ke Bukit Kubu ini saya cuma leyeh-leyeh, tiduran di atas tikar. Foto-foto juga cuma sekenanya saja. Cuma satu spot saja. Itupun niat nggak niat. Abisnya angin dan udaranya menggoda banget sih. Jadi kalau kalian kurang puas melihat foto-foto saya, harap maklum ya :D

penginapan berastagi
Kalau langitnya cerah pasti bakal lebih kece pemandangannya

Selain bersantai leyeh-leyeh seperti saya, beberapa aktifitas lain yang bisa dilakukan di Bukit Kubu adalah flying fox, berkuda, mobil remot untuk anak-anak, ataupun naik delman/sado. Bawa makanan dari rumah juga tak dilarang meski mereka juga punya kantin yang menjual mie instan. Tapi tolong jaga kebersihan ya. Soalnya walaupun ada petugas kebersihan yang selalu membersihkan tempat ini, tetap saja kita harus menjaga kebersihan. Masak manja banget sih sampah kita orang lain yang bersihin. Malu tau!
turis baik
Bersih. Jadi jangan nyampah ya guys
Saya sebenarnya masih ingin leyeh-leyeh disini. Tapi gerimis turun sore itu. Kami pun segera menggulung tikar, menyerahkannya ke petugas *kalau kita biarin aja disitu juga bakal diambil petugas sih. Cuma kemarin kan hujan, jadi kasian kalau tikarnya basah sebelum diambil petugas. Makanya kami inisiatip menggulung dan memberikan ke mereka sembari jalan ke parkiran*.

wisata medan
Cuacanya bikin galau antara melanjutkan ke Bukit Gundaling atau pulang ke Medan
Kami menunggu gerimis redah di parkiran sepeda motor yang kebetulan bersisihan dengan kantin. Jadi ada tempat berteduhnya. Ada satu tempat lagi yang ingin kami tuju, tapi karena gerimis, kami pun bimbang antara melanjutkan atau langsung kembali ke Medan.

Dari tempat parkir, saya memandangi bunga-bunga yang tumbuh di depan sebuah bangunan. Juga rumput hijau yang memenuhi halamannya. Ah, saya suka sekali suasana seperti ini. Hijau, sejuk. Jadi kepikiran untuk merasakan pengalaman menginap di Bukit Kubu Hotel Berastagi ini. Tapi tidak sekarang karena kami memang tidak berencana menginap. Mungkin lain waktu.

bukit kubu asri
Suka lihat pemandangan ini


Kalian pernah ke Bukit Kubu Berastagi?! Apakah juga tergoda dengan rerumputan hijau dan udaranya yang sejuk seperti yang saya alami?!

Share:

33 komentar

  1. Belum pernahbke Bukit Kubu, dan rasanya pengen banget. Duh bawa tiker piknik, geletakam sambil baca-baca buku sepertinya nikmat. Sesekali meniupkan gelembung sabun. Ahhhh pengen, pengen, pengen.
    Pernah ke Brastagi waktu kelas 4 SD. Duh lebih dari 20 tahun lalu. Semoga bakal bisa wujudin mimpi ke Sumatra Barat bareng suami suatu saat nanti

    BalasHapus
  2. Kalau di Jawa Barat mungkin ini seperti Cibodas, ya? Bisa kemah nggak di Bukit Kubu?

    BalasHapus
  3. Menjawab pertanyaan yang yang di akhir
    Belum pernah :D
    Dan pengen banget kesana

    BalasHapus
  4. Bukit Kubu Berastagi emang cocok banget untuk piknik keluarga ya mba, oiah kalau untuk flying fox, berkuda, dan mobil remot untuk anak-anak yang ada di sana apa harus membayar sewanya lagi atau sudah termasuk ditiket masuknya mba?

    BalasHapus
  5. Sekilas mengingatkanku akan bukit Teletubbies. Hehehe....
    Keren banget ya, sekitar hotel bisa jadi tempat wisata. Meski berbayar tetap ramai pula. Terlihat keramaiannya.

    BalasHapus
  6. segeeeer... ijooo..
    pasti bakal seru kalau bisa ajak murid-murid ke sini..

    BalasHapus
  7. Asyik juga lah main layangan di situ. Kalau di kota susah sudah nyari tempatnya buat layangan.

    BalasHapus
  8. Benerrr kayak bukit teletubbies. Jadi ini adalah latar hotel yang boleh buat wisata gitu yah?
    Ini rumputnya kalau musim penghujan mungkin bakal hijau banget ya hehe.

    BalasHapus
  9. Benerrr kayak bukit teletubbies. Jadi ini adalah latar hotel yang boleh buat wisata gitu yah?
    Ini rumputnya kalau musim penghujan mungkin bakal hijau banget ya hehe.

    BalasHapus
  10. Benerrr kayak bukit teletubbies. Jadi ini adalah latar hotel yang boleh buat wisata gitu yah?
    Ini rumputnya kalau musim penghujan mungkin bakal hijau banget ya hehe.

    BalasHapus
  11. Pertama kali ke Bukit Kubu itu pas acara kantor. Enak suasananya, apalagi kalau sambil tiduran di tikar. Kemaren juga sempet main layangan di sana. Kalau kita masuk pake mobil, disediain tikar sama layangan. Oh, iya kamar mandinya juga bersih dan airnya sejuk..

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah ke Bukit Kubu Brastagi, Mbak :) Kalau diliat-liat, pemandangannya mirip dengan Ciater Highland, di Bandung. Areanya luas, dilapisi rumput yang hijau. Ada fasilitas berkuda juga. Hanya bedanya, di Brastagi ada flying fox.
    Jalan-jalan ke tempat seperti ini, memang buat relaks ya...seger udaranya.

    BalasHapus
  13. Penginapan tp boleh masuk dg bayar tiket. Boleh juga nih. Anggep aja sok nginep di sana, padahal main di tanah lapangnya

    BalasHapus
  14. bukitnya luas sekali ya pas banget kayanya itu buat membawa teman teman yang ingin bersantai dan mencari udara yang sejuk. masuknya juga murah lagi

    BalasHapus
  15. Aku belom pernah nih maen kesini. Tempatnya luas dan menyenangkan ya. Mudah2an punya kesempatan untuk maen kesana. Bakalan happy banget menikmati langit pagi dan sore di hamparan rumput hijau. Ngga boleh kelewatan nih.

    BalasHapus
  16. Belum ada kesempatan ke sana. Bukitnya bagus ya? Sering mendengar namanya saja, ternyata indah banget :D

    TFS :)

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
  17. Aku sudah pernah ke brastagii... tp gak pernah ke bukit kubu.
    pas kesana pernah ke bangunan yg mirip dg poto2 diatas, tp aku gak yakin temoat yg sama. Krn seingetku ga ada lapangan seluas itu hehe..
    tp emg enak daerahnya, apalagi sambil makan jagung bakar hmmmmm

    BalasHapus
  18. Bukit kubu ini hampir sama seperti wisata yang ada di jawa barat ya mbak. Dan tempatnya di bukit kubu ini sepertinya seru juga dijadikan untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang tercinta

    BalasHapus
  19. Ini pas musim kemarau ya mbak? Kalo pas musim hujan, sepertinya rumputnya akan semakin hijau. Jadi, lebih segar untuk dilihat ;D

    Kalo di Kalimantan Selatanm ada namanya Bukit Kasturi. Hehe

    BalasHapus
  20. Saya pernah ke bukit ini, tapi.udah lama banget. Pas masih SMA.

    BalasHapus
  21. Berastagi atau Brastagi sih nama resminya?

    "Kalau kesini lagi harus punya anak" demi layang layang mbak? :-)

    Sekilas aku lihatnya mirip area bermain para teletubbies ya?.

    Aku kalau disitu kayanya main bola deh

    BalasHapus
  22. Diah, saya kira tadinya bukit kubu itu nama bukit, apakah nama hotel ini ada filosofinya? Atau ada legenda gitu dibalik nama itu.

    BalasHapus
  23. Ihh kamu mainnya di bukit2 terus. Beda sama aku yg anak pantai hahaha...

    Pingin lah aku ke sumatera dan ajakin aku Bolang ke bukit2 nya ya 😀😀😀

    BalasHapus
  24. Tempatnya asik banget ya, kak buat ngadem. Mengasingkan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari yang bikin penat.:)

    BalasHapus
  25. Wah, Bukit Kubu sepertinya merupakan destinasi wisata di Sumatra yg menarik. Saya belum pernah kesana, semoga suatu hari nanti bisa mampir dan leyeh2 seperti yang Mbak Diah lakukan disana. Hehe.

    BalasHapus
  26. Kujadi ingat tontonan zaman SD kalau lihat foto-fotonya, kemudian kuingin berpelukan wkwkwk
    Kayaknya di daerah sekitar Jabodetabek juga ada deh yang begini, tapi tepatnya di mana aku lupa. Asiklah buat guling-gulingan mah ehehehe~

    BalasHapus
  27. Rumputnya rapi bikin betah gegoleran ya Mbak Diah?

    Kalau bawa anak pasti lari2an atau main layang2 ga mau berhenti nich :)

    BalasHapus
  28. Rumputnya rapi bikin betah gegoleran ya Mbak Diah?

    Kalau bawa anak pasti lari2an atau main layang2 ga mau berhenti nich :)

    BalasHapus
  29. aku belum pernah ke Berastagi. >.< pernahnya dalam bentuk monopoli. Hehe.. anw, yg bener Berastagi atau Brastagi sih?

    BalasHapus
  30. aku belum pernah ke Berastagi. >.< pernahnya dalam bentuk monopoli. Hehe.. anw, yg bener Berastagi atau Brastagi sih?

    BalasHapus
  31. Bukit Kubu, saya kira nama bukit tapi ternyata nama hotel. Semoga ada kesempatan bisa nginep di sana :D Amiin

    BalasHapus
  32. Sempat agak ribet baca "sikulikap" 😅
    Belum pernah kesana dan rasanya pengen lari-larian di atas rumput hijau yang begitu mempesona, segar sekali liatnya (/ω\)

    BalasHapus
  33. sekilas spt di lokasi bumi perkemahan ato arena golf ya?

    blom pernah mba ke bukit kubu, kl kesitu pasti senang ajakin anak main bebas berlarian di taman ya.
    better sekalian nginep.

    BalasHapus