PEKAN RAYA SUMATERA UTARA (PRSU) 2016 : BARU!

19.59
pekan raya sumatera utara (new prsu) 2016
Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2016
Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2016 : Baru! - Kalau anak Medan pastinya sudah tidak asing lagi saat mendengar kata PRSU (Pekan Raya Sumatera Utara). Yaps, ini adalah event tahunan yang diadakan di Medan namun melibatkan seluruh kabupaten kota di Sumut. Jadi semacam ajang mempromosikan potensi tiap daerah gitu.

Tahun ini adalah penyelenggaraan PRSU yang ke 45. Gileee… udah lama ternyata ya. Kalau dulu namanya bukan PRSU, melainkan Medan Fair.

Ibaratnya orang nih ya, usia 45 bisa dikatakan usia yang sudah matang dan penuh pengalaman hidup. Udah berpengalaman, gitu deh bahasa kerennya. Tapi tampaknya tidak demikian dengan PRSU. Penyelenggaraan PRSU dari tahun ke tahun bisa dikatakan monoton dan tak begitu terdengar gaungnya. Jangankan untuk kalangan di luar Medan, untuk masyarakat Medan sendiri pun PRSU belum mendapatkan tempat di hati. Belum menjadi event yang ditunggu-tunggu. Saya sendiri meski sudah sejak 2006 tinggal di Medan belum pernah sekalipun ke PRSU. Komentar-komentar teman yang pernah datang sukses membuat minat saya hilang untuk mengunjungi event ini. Satu-satunya yang membuat saya sedikit kepo ingin tahu tiap PRSU digelar adalah : siapa artis ibukota yang mengisi acara. Apakah salah satunya adalah Sheila On 7 (SO7). Kalau iya sudah dipastikan saya akan datang *secara saya penikmat karya-karya SO7 heheee*. Tapi sampai tahun ini SO7 belum masuk tuh, jadi saya pun masih belum berniat datang :D

Event PRSU masih tertinggal jika dibanding event tahunan di kota lain seperti Jakarta Fair ataupun Jember Fashion Carnaval. Ehm.. tidak bermaksud membandingkan atau meremehkan penyelenggaraan PRSU sih, tapi memang banyak yang harus dibenahi dari event ini.

New PRSU 2016
New PRSU 2016. Itulah yang sedang digaungkan penyelenggara PRSU dengan menggandeng penggiat sosmed di Medan. Informasi dari penyelenggara nih ya, tahun ini penyelenggaraan PRSU tidak lagi oleh Yayasan PRSU, melainkan murni oleh promotor. Jadi mungkin pihak promotor bisa lebih bebas lagi mengeksplore ide-ide mereka kali ya dibanding tahun-tahun sebelumnya.
New PRSU 2016 diadakan 18 Maret hingga 18 April 2016 di Tapian Daya Medan dengan harga tiket Rp. 15.000,- di hari biasa dan Rp. 20.000,- pada weekend.

Tahun ini, PRSU dimaknai sebagai : Prestige, Reborn, Spirit, Up to Date. PRSU 2016 bakal melibatkan 33 kabupaten kota dan 300 tenant . Beberapa hal baru di New PRSU 2016 diantaranya adalah tampilan logo, bangunan fisik, hingga wahana yang ada di PRSU. North Sumatra Culture Festival akan dibanding dengan berbagai wahana atraktif seperti Zona Robot dan Superhero, Wahana Nonton 8D, Lampion Set Park, Taman Kelinci dan Pets Lovers.
pekan raya sumatera utara (new prsu) 2016
PRSU : Prestige, Reborn, Spirit, Up to date
Apa saja sih yang baru di New PRSU 2016, nih saya bagi info dari panitia :

Perlombaan
Ada perlombaan untuk anak seperti lomba menggambar & mewarnai, dance, fashion anak & ibu. Kalau untuk kamu-kamu yang remaja, ada sing competition (solo), modern dance (group), vocal group, cosplay, pemilihan putri muslimah PRSU, festival nasyid modern, dan festival band.

Special Event
Saya kurang tau dimana letak spesialnya. But, buat kalian yang tertarik, silahkan catet tanggalnya ya. Minggu 27 Maret 2016 ada PRSU Gowes (Fun Bike), kemudian Bikers Day Out di Minggu 10 April 2016. Kalian yang hobi lari dari kenyataan, eh maksudnya lari beneran :D ada PRSU Fun Run (5K) di hari Minggu 17 April 2016.

Special Community Day
Tiap Senin Malam, New PRSU 2016 bakal diisi dengan Monday Fanatics, yakni penampilan komunitas Blues/Jazz, Rock, Hiphop dan Metal. Ada juga Culture Nite setiap Selasa dan Rabu malam. Culture Nite adalah menampilkan budaya /suku non asli Sumut seperti Jawa, Minang, Aceh, Indonesia Timur (Sulawesi/Flores/Ambon), Chinese dan Tamil/India. Hayoo.. ada nggak suku kamu disini ;)

Pameran Spesial
Pameran benda pusaka nusantara (18-24 Maret)
Job fair (26-27 Maret)
Medan urban market / local brand asli Medan (30 Maret – 3 April)
Hijrah & halal expo (6 – 10 April)
Toys & Hobbie Expo (13 -17 April)

PRSU Card
Mengikuti perkembangan teknologi, New PRSU 2016 menyediakan PRSU Card dengan harga Rp. 125.000,-. PRSU Card ini bisa digunakan untuk akses masuk ke area PRSU selama acara berlangsung. So, mau tiap hari datang ke PRSU bakal lebih hemat 75% dibanding beli tiket kan. Tapi dalam sehari PRSU Card hanya bisa digunakan 1 kali. Eh tapi bisa dipindahtangankan loh. Jadi hari ini kamu nonton, trus besok ada adik/kakak atau temen pengen nonton, tinggal kasi PRSU Card ini saja, asiiik.. bisa gantian :D

Belanja Berhadiah Mobil
Ini cocok deh buat yang hobi belanja. Jadi selama New PRSU 2016 berlangsung bakal ada program belanja berhadiah 1 unit mobil. Mobilnya mobil apa, saya juga nggak tau hehhee. setiap pembelian produk di area PRSU minimal Rp.50.000,- mendapatkan 1 kupon undian. Dan ini berlaku untuk kelipatan ya guys.

Malam Budaya
Malam Budaya berlangsung setiap malam di open stage selama PRSU 2016 berlangsung. Pertunjukkan berupa seni dan budaya persembahan dari 33 Pemkab/Pemkot di Sumut. Hmm.. sayang saya nggak dapat info jadwal tampilnya tiap-tiap Pemkab/Pemkot, padahal pengen lihat pertunjukkan seni dan budaya dari Asahan, daerah saya :D

North Sumatra Carnaval
Ini sepertinya menarik *sepertinya ya*. Sabtu 26 Maret dan 9 April bakal ada parade carnival di area PRSU.

Artis Ibukota
Ada beberapa artis ibukota yang bakal memeriahkan PRSU 2016 ini di main stage di tiap Sabtu malam. Saya belum tau bagaimana konsepnya. Apakah mereka hanya tampil seperti biasa atau bagaimana. Jika ya, tentu lah sayang menurut saya. Tidak bisa dipungkiri tampilnya artis ibukota ini menjadi daya tarik pengunjung untuk datang, khususnya anak muda. Tapi akan lebih menarik kalau misalnya mereka diduetkan dengan artis tradisional daerah, atau menyanyikan lagu daerah Sumut barang 1 atau 2 lagu. Juga menggunakan salah satu atribut produk budaya Sumut. Misalnya pengikat kepala dari ulos, syal ulos atau apalah. Jadi promosi cinta produk/budaya lokal tetap tersampaikan ke pengunjung. Iih.. nyinyir banget saya, jangan-jangan memang sudah dijalankan yang saya katakan hehehe.

Siapa saja artis ibukota yang bakal nampil? Sila cek, siapa tau ada artis idola kamu :
Dygta (19 maret)
Andra & The Backbone (20 Maret)
Fade 2 Black (26 Maret)
Drive (27 Maret)
Judika (2 April)
Mocca (3 April)
Melinda (9 April)
Steven Jam (10 April)
Ay Claudia (16 April)
Kotak (17 April)
Sheila On 7 (Kapan Pak? Kapan?!! Bapak nggak tau ya kalau SO7 ke Medan itu selalu rame yang nonton?! *ini demi apa coba saya ngomong gini* :D )

Hmm.. kalau dilihat-lihat artis ibukotanya dan koar-koar ‘new’ di PRSU tahun ini, saya jadi pengen datang dan ngelihat sendiri apakah ‘kebaruan’ yang digaungkan penyelenggara ini benar-benar baru dan menarik atau sekedar omong-omong tanpa isi.  Iya, tahun ini saya berencana datang ke PRSU walau SO7 nggak jadi pengisi acara *tahun depan harus ada SO7 ya pak, janji loh.. maksa mode on*. Tahun ini nggak papa deh ber-baper-ria bareng Dygta. Mocca kayaknya asik juga, apalagi nontonnya sambil ngapuccino *cappuccino?! Duuh jadi inget seseorang. Upss.. abaikan saudara-saudara*

Yah.. semoga New PRSU 2016 tahun ini benar-benar membawa warna baru yang membanggakan bagi warga Sumut, bisa jadi event yang iconic dan ditunggu-tunggu tiap tahun. Aamiin!

Ada yang berencana datang ke PRSU tahun ini?! Atau punya pengalaman datang ke PRSU di tahun-tahun sebelumnya?! Share doong!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
22 Februari 2016 21.41 delete

Biasanya aku males datang ke PRSU gegara bosan, tapi dengan slogan barunya ini moga-moga acaranya gak garing ya Di :D.

Reply
avatar
Rahmat Menong
AUTHOR
22 Februari 2016 21.52 delete

Kalo di Kalimantan Barat ada Festival Budaya Bumi Khatulistiwa, ada festival lagu Melayu, rebana dan lain-lain. Kalo acara yang kayak gini, aku suka banget.

Reply
avatar
22 Februari 2016 22.36 delete

iya kak, kalo masih garing juga berarti perlu sekali-sekali penyelenggaranya diajak Durian Blog M ya kak :D

Reply
avatar
22 Februari 2016 22.38 delete

wah banyak juga acara festival di Kalbar ya mas. kalau antusisme pengunjung gimana disana mas?!

Reply
avatar
Adi Laksono A
AUTHOR
23 Februari 2016 05.30 delete

waah sayang banget ya udah yang ke 45 tapi masih gitu -gitu aja. di medan sendiri juga belum mendapatkan hati dari masyarakat, sayang banget.

wuiih jadi yang ini ada yang baru ya, ada perlombaan ada event juga, artis ibu kota juga.

Reply
avatar
23 Februari 2016 13.39 delete

Aaaaaaaaaaaaakh :D pekan raya sumatara utaraaa :D bakal rame bangeeeet ituuu :3 Aaaaw ada Moccaaaaa :D paling suka sama Mocca nih :3

Reply
avatar
Tira Soekardi
AUTHOR
23 Februari 2016 16.41 delete

wah lengkap ya acaranya

Reply
avatar
23 Februari 2016 21.06 delete

gak ada yovie and nuno. males ah hihhi
tahun kemaren ke prsu rasanya kurang rapi aja sih, lagian lebih banyak jualan diskonannya (tas,sepatu,baju,dompet) di bandingkan yang ngisi lokasi budayanya

Reply
avatar
24 Februari 2016 14.29 delete

PRSU : Prestige, Reborn, Spirit, Up to date Keren tagline nya. Dari sini aja udah kayaknya keliatan kalau bener bener konsep baru ya.
hahaha artisnya udah bagus bagus itu, tp sayan SO7 nya blm di undang ya ? hahaha

Reply
avatar
25 Februari 2016 09.16 delete

iya mas, semoga yang baru ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, biar nggak gitu-gitu aja :)

Reply
avatar
25 Februari 2016 18.42 delete

suka mocca juga mas?! yuuk nonton bareng #eh

Reply
avatar
25 Februari 2016 18.43 delete

iya mak, lengkap. cuma apakah dikemas dengan baik atau tidak, itu yang belum tau :)

Reply
avatar
25 Februari 2016 18.45 delete

semoga taon ini porsi budayanya lebih banyak ya. dan semoga taon depan ada Yovi n the Nuno n So7 nampil di PRSU yaaak :)

Reply
avatar
25 Februari 2016 18.47 delete

iya mbak, semoga tak hanya sekedar konsep aja yang baru ya kan.

iya nih, kalau So7 diundang kan lebih bagus lagi hehhehee

Reply
avatar
5 April 2016 11.51 delete

wwwwwweeee.... ngeri blog nya kak.. aku browsing tentang PRSU cuma blog kk inilah blog personal, yg lainnya blog wisata... keren kak. tunggu ya postingan versi aku... hehehhe

Reply
avatar
6 April 2016 11.33 delete

ngeri gimana Risa, wong blog angin-anginan gini kok hehhee...

hayuuuk dibuat tentang PRSU nya, nanti biar aku berkunjung ke blogmu :)

Reply
avatar