PENTINGKAH PELAJAR MEMILIKI BLOG?!

pentingkah pelajar memiliki blog?!
perempuannovember.com blog yang saya buat di awal 2014
Pentingkah Pelajar Memiliki Blog?! : Saya mengenal blog pada tahun 2007 dimana Friendster masih ngehits. Membuat akun blog beberapa kali namun selalu terbengkalai entah itu karena lupa password atau karena memang lagi nggak mood. Namun begitu, dibanding teman-teman saya kala itu, saya termasuk lebih maju selangkah dibanding mereka *eseeeh*. Karena walaupun dulu *dan sekarang* ngeblognya masih ngasal, cuma saya satu-satunya yang punya blog. Beberapa tahun kemudian baru teman-teman saya mengikuti jejak.

Tapi meski sejak 2007 sudah punya blog, saya baru mulai beneran ngeblog *dalam artian sedikit lebih rajin posting, perhatiin template dll* sejak awal tahun 2014. Itu pun karena nggak sengaja ketemu komunitas blogger di Medan yang sekarang bernama Blog M (Blogger Medan). Walau sekarang masih jarang posting, tapi tetep aja ini udah terhitung rajin dibanding masa-masa sebelum ketemu komunitas blogger.

Kini, Friendster entah sudah bagaimana kabarnya. Tergeser oleh Facebook, Twitter, Instagram dan seabrek sosial media lainnya. Blog kini masih eksis, bahkan sudah lebih ramai dibanding tahun 2007 lalu. komunitas-komunitas blogger bermunculan di berbagai kota. Peminatnya juga dari berbagai kalangan dan profesi, termasuk juga pelajar. Tapi dibanding pelajar pengguna sosial media, pelajar yang ngeblog jumlahnya masih jauh lebih sedikit. Dan yang sedikit itu pun sebagiannya ngeblog karena tugas, bukan karena keinginan sendiri.

Sebenarnya seberapa perlu sih pelajar ngeblog? Bukannya sama saja blog dengan sosial media lainnya?

Menurut saya pribadi sih perlu ya. Karena ngeblog itu ngajarin kita banyak hal. Nggak cuma tentang tampilan blog, tapi juga belajar disiplin posting dan membuat postingan yang menarik baik dari segi tema maupun cara penulisannya. Blog mengajarkan proses. Berbeda dengan media sosial yang cenderung praktis.

Dengan ngeblog, para pelajar bisa sekaligus mengasah kepekaannya terhadap sekitar, lebih kritis mencermati, karena biasanya di samping curhatan-curhatan di blog, kita tanpa sadar juga ikut menyuarakan kegelisahan-kegelisahan di sekitar dan tak jarang memberikan saran untuk jalan keluar dari suatu masalah yang berkembang di masyarakat.

Hal-hal tersebut tentu bisa dilakukan di sosial media, tapi di blog kita belajar untuk menyampaikan secara lebih santun. Entah itu karena budaya laten atau memang auranya yang berbeda, tapi di sosial media orang-orang cenderung bicara dan men-share hal-hal praktis dan spontan, di blog kita bahkan harus berpikir dulu hendak menulis apa.

Blog memungkinkan kita untuk menyampaikan informasi dengan jumlah karakter dan foto yang banyak, sedangkan sosial media tampaknya memang diciftakan untuk membagikan hal-hal keseharian kita bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting untuk dibagi.

Itulah sebagian alasan kenapa menurut saya pelajar itu perlu memiliki blog. Kalau menurut kalian, kenapa pelajar harus punya blog?!

Share:

28 komentar

  1. Biar eksisnya tahan lama atau.malah semakin eksis. soalnya kalau sosial media lain biasanya pertama muncul langsung eksis, tapi lama kelamaan tenggelam, kalah oleh sosial media lain yang muncul. Nah kalau blog kan dari dulu tetap eksis dan lama kelamaan semakin eksis :)

    @gemaulani

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu mungkin yang nggak disadari pengguna sosmed. blog itu eksisnya lebih tahan lama, selama cintaku pada.. halahh.. mulai ngelantur aku hihihiii..

      Hapus
  2. Sarana belajar menulis dan mengabadikan tulisan.

    BalasHapus
  3. ah friendster saya pernah coba, labar terakhir jadi yempat game.
    menurut saya mungkin bisa dibaca di tema yang ada di http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata mbak tya generasi Friendster juga ya, sama dong kita, hehehee..

      Hapus
  4. Balasan
    1. hayuuk mbak, kita buat gerakan pelajar ngeblog hehhehee..

      Hapus
  5. Kamu keren juga ya mbak udah kenal blog dari 2007 ._. Aku aja baru kenal blog tahun 2013 -_- parah banget aku nih, kudet wkwkw

    Tapi akhirnya dari blog ini emang aku bener bener dapet manfaatnya sih :D Aku bisa dapet banyak temen dan bisa nuangin semua cerita diblog yang kelak bakal bisa dikenaaaaang lama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenal dan pertama kali buat blog memang tahun 2007 mas, tapi beneran rajin ngeblognya baru dari awal 2014 :)

      Hapus
  6. Friendster....apakabar ya FS sekarang. Mengapa perlu nulis blog, mungkin karena manusia tempatnya lupa, jadi perlu media pengingat salah satunya blog. @ge1212y

    BalasHapus
  7. ANDAI bisa pinjam mesin waktu, saya ingin kenal blog sewaktu masih di SMP, atau mgk SD malahan *ngayal*

    @ririekayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau saya gpp mbak kenal blog dr kuliah. lagian SD n SMP saya masih di kampung, masih asik-asiknya maen bareng anak-anak kampung lainnya :D

      Hapus
  8. Saya juga tau blog fari tahun 2007, cuma baru mulai aktif 2014. Ternyata kita sama. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... sama ya mbak, semoga ke depan sama-sama sukses ngeblog kita ya mbak :)

      Hapus
  9. Kenal blog tahun 2007, sesepuh, nih. Gue adalah blogger sejak sekolah. Tapi karena dunia pelajar, itu banyak mainnya, alias jarang dirumah, jadi yah gitu, blog pun terbengkalai. Mungkin itu juga sih kenapa pelajar, hanya sedikit yang nge-blog. Kalaupun ada, mungkin gak aktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesepuh apaan hahhaaaha..

      kenalnya iya emang taun 2007, tapi mulai aktif ngeblognya dari 2014 :)

      iya sih ya, mungkin karena kebanyakan main makanya blog pelajar banyak yang gak aktif. aku dulu pas masih sekolah kerjanya main mulu juga #eh

      Hapus
  10. Pas jadi pelajar, gue malah gak begitu paham blog.

    Gue mulai ngerti begitu lulus sekolah, dan bikinnya pas Desember 2012. Itu pun baru mulai rajin pertengahan 2014. :D

    Pelajar yang ngeblog masih jarang, ya. Lebih banyak yang galau-galauan di PM atau status BBM aja. Hahahaha. Padahal mah galau di blog lebih elegan asal bisa bungkus ceritanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaps, padahal di blog bisa bergalau ria juga ya kan :)

      Hapus
  11. Nggak pernah pake friendster, penasaran gimana bentuknya :|

    @umimarfa

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih sangat sederhana sih friendster, tapi mungkin facebook awalnya terinsfirasi dari friendster kali ya :)

      Hapus
  12. kenapa pelajar harus punya blog? supaya gak cuma punya akun game. biar ada kegiatan positifnya dikit. *tsaaah

    BalasHapus
  13. blog juga sebagai sarana melatih pelajar untuk menuangkan ide krastifnya
    tahu kantin

    BalasHapus