TREN BLOGGER INDONESIA 2016 : VLOG

tren blogger indonesia 2016

Tren Blogger Indonesia 2016 : Vlog - Hola semuanya, apa kabar?! Lama tak cuap-cuap disini, tau-tau sudah 2016 saja ah. Biasanya nih ya, menjelang pergantian tahun, saya suka corat-coret di buku, apa-apa saja yang pengen saya capai di tahun yang baru ini. Bahasa kerennya sih resolusi. Tapi postingan pertama saya di tahun ini nggak bakal cerita tentang resolusi saya, melainkan prediksi.

Iya prediksi. Saya mau sok jadi pengamat seperti narasumber-narasumber di tv-tv itu loh. Di TV seringnya kan ada pengamat politik, pengamat bisnis, pengamat ekonomi, dll. Nah, kalau saya kali ini mau jadi pengamat dunia per-blogger-an. Cieee… gaya abis euy.. ngeblog baru kemarin sore juga.

Kalau dunia fashion dan dunia make-up kan biasa ada tuh tren ini tren itu yang tiap taun berganti. Di dunia blogger juga ada gaes *kalau nggak ada ya diada-adakan kata Danang &Darto D’Comment :D * trus kira-kira apa ya tren blogger di tahun 2016?

Menurut pengamata saya yang ngeblognya masih senin-kamis ini, tahun 2016 bakal banyak blogger yang tidak hanya bercicicuit di blog lewat tulisan dan foto, tetapi juga video, baik itu sebagai media pendukung saja atau justru media utama untuk menyampaikan pesan postingannya. Tahun 2015 lalu, sudah ada beberapa teman blogger  di Blog M (Blogger Medan, komunitas blogger di kota Medan yang saya ikuti) yang mulai melirik video untuk mendukung dokumentasinya. Mereka membuat akun di youtube lalu menautkan link video-nya di postingan di blog mereka. Jadi ketika diundang ke suatu acara, sayanya masih asik jeprat-jepret terus, mereka setelah beberapa kali jepret, malah keliatan asik memideokan momen. Weeh… keren dan mengikuti perkembangan nih teman-teman saya hehhee..

Mengingat masyarakat sekarang emang udah keliatan lebih tertarik liat foto dan video ketimbang baca tulisan panjang-panjang, memasukkan video sebagai pendukung blog kita ini emang menarik perhatian sih menurut saya. Kitanya juga nggak perlu terlalu capek nulis panjang-panjang karena sudah ada bantuan visual *video* yang menjelaskan. Palingan yang sedikit capek pas ambil video dan ngeditnya :D

Ada juga blogger yang menjadikan video sebagai media utamanya. Tulisan hanya sedikit saja di captionnya. Kegiatan blogging yang menggunakan video sebagai medianya ini disebut vlog. Ini nih yang menurut prediksi saya *Diah Perempuan November ya, bukan Mama Loren* bakal meramaikan dunia blogging di tanah air.

So pasti, vlog bakal membutuhkan kuota internet lebih banyak ketimbang blogging biasa. Otomatis dukungan internet yang kencang badai adalah hal mutlak. Ya, seolah gayung bersambutlah dengan provider yang ramai-ramai promosi tentang jaringan 4G LTE *sambil berdo’a semoga iming-iming jaringan 4G LTE para provider ini nggak sama ama janjinya para politisi :D*

Kota-kota di Indonesia juga saat ini mulai berlomba-lomba buat melek internet dan jaringan no lelet, biar dapat julukan smart city gitu deh. Mm.. ngomong-ngomong tentang smart city, kalau dilihat dari jaringan internetnya, sebenarnya layak tidaknya sebuah kota dijuluki smart city itu menurut saya ya nggak hanya karena apa-apa berbasis online. Tapi ya tergantung warganya dalam memanfaatkan internet. Kalau sebuah kota jaringan internetnya bagus, fasilitas publiknya berbasis online, warganya bisa memanfaatkan internet dengan baik *berdampak baik* ya bakalan jadi smart people, smart city.
Tapi saat ini masih banyak kan masyarakat entah itu orang dewasa dan anak-anak yang ‘terjangkit virus’ internet tidak sehat. Nah, disini lah peran para blogger, komunitas blogger, pegiat sosmed dan buzzer buat menularkan virus internet sehat ke masyarakat di kotanya masing-masing.

Eh..eh.. kok saya mulai ngawur ya nulisnya. Kan tadi mau memprediksi tren blogger Indonesia 2016, kok malah melebar kemana-mana. Sudahlah, saya akhiri saja tulisan kali ini. Mau bobok siang dulu. Badan lagi kurang fit soalnya.

Mmm… btw, apa nih prediksi kalian tentang tren blogger Indonesia 2016 ini?!

Share:

31 komentar

  1. Trend yg masih akan jd inceran: fashion blogger, foodblogger, travelblog, parenting, juga blog dgn isi gado-gado pastinya masih tetap jadi pilihan semacam saya ini neh.

    BalasHapus
  2. Prediksi saya banyaknya blogger masih belum bisa dikalahkan oleh yutupers

    Hihi

    @masirwindotcom

    BalasHapus
  3. Prediksi saya banyaknya blogger masih belum bisa dikalahkan oleh yutupers

    Hihi

    @masirwindotcom

    BalasHapus
  4. Banjar kayaknya belom jadi smart city deh, tapi semoga sih...hihi
    Blogger jadi nyambi yutuber, no problem~~~
    :v

    @onlykharisma

    BalasHapus
  5. Wahh,, bener tuh mbak,, memang VLOG bakalan menjadi tren utama di dunia Blogging, Tapi mau tulisan ataupun video 2 2 nya oke kok asal bisa diolah dengan baik dan menarik bagi pembaca,, :)

    BalasHapus
  6. Vlog. Iya bener udah mulai hits dan beberapa blogger udah ada yg beralih ke jenis ini

    BalasHapus
  7. Nah itu kalau video editnya lebih sesuatu lagi dan uploadnya ngabisin kuota :D Lama-lama blogger itu jadi multitasking eh multitalenta ya, jadi penulis, photografer, tukang edit foto dan video juga hihihi.

    @gemaulani

    BalasHapus
  8. Mudah-mudahan blog campur-campur saya masih diminati orang-orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, aku juga berharap begitu buat blogku kak Rin :)

      Hapus
  9. ya ampun, mba. aku di jakarta aja masih sering gelut nih ma sinyal. sebenernya pengen banget pakai video gitu, selain masalah sinyal aku juga ga bisa sih bikinnya. hehehee...

    @ahliahcitra

    BalasHapus
  10. *brb* *beli kuota* *cari WiFi* *komen* *bikin vlog* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana..mana vlog nya, liat duuung hehhehee

      Hapus
    2. hehhehee.. kok disimpen mbak, kan aku juga pengen liat :D

      Hapus
  11. Bisa jadi! Mudahnya buat video dan perubahan gaya bercerita. Dulu bercerita melalui tulisan, sekarang melalui video. Dan tetap di publis di blog.

    @khoirinaannisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman berubah, blogger juga harus siap ya kan mbak. bercerita lewat video, siapa takut *gaya selangit* :D

      Hapus
  12. setuju mbak. smart city itu yang citizennya jadi netizen yang baik. bukan asal pemkot/ pemkab nyediain wi-fi gratis di ruang publik trus minta disebut smart city.

    @diahdwiarti

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita termasuk smart netizen ya mbak :)

      Hapus
  13. setuju mbak. smart city itu yang citizennya jadi netizen yang baik. bukan asal pemkot/ pemkab nyediain wi-fi gratis di ruang publik trus minta disebut smart city.

    @diahdwiarti

    BalasHapus
  14. kayaknya asik tuh, vlognya :D
    @aleksdejavu

    BalasHapus
  15. Vlog, masih belum bisa jadi seperti ini kekurangan waktu dan alat sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belum bisa jangan dipaksakan mas, fokus ama yang kita bisa aja dulu :)

      Hapus
  16. Apapun trendnya yang terpenting bisa bermanfaat untuk semua blogger indonesia...Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups.. nggak hanya bermanfaat untuk si bloggernya mas, tapi juga untuk pengunjung blognya :)

      Hapus
  17. vlog kayaknya memang ngtren tahun depan
    tapi ya itu butuh akses super kencengg...
    nah kalo pake jaringan modemku hikss... entah berapa lama kalo mau uploud video hehee
    @chikarein

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang pake modem n kartu seluler apa mbak?! :D

      Hapus
  18. sepertinya akan banyak yang mengikuti jejak langkah menjadi blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin banyak, semakin rame, semakin menuntut kita untuk kreatif :)

      Hapus
  19. Suatu saat blogger akan tertera di KTP :)

    @amma_chemist

    BalasHapus
  20. Menurut saya apapun temanya blogger masihlah lebih banyak peminatnya dari youtubers, tapi tidak bisa di pungkiri juga para youtuber kian hari kian kreatif malah bisa menggeser blogger. Intinya sih pesan yang ingin disampaikan itu ngena di hati orang bukan cuman pengen numpang tenar aja

    BalasHapus