TIPS AGAR DOMPET AMAN DARI COPET ATAU JATUH DI JALAN

15.00
TIPS AGAR DOMPET AMAN DARI COPET ATAU JATUH DI JALAN

Tips Agar Dompet Aman Dari Copet Atau Jatuh di Jalan  : STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sepeda motor saya hilang saat bulan ramadhan kemarin. Untungnya cuma STNK saja. Biasanya orang tuh kalau hilang satu paket : ATM, kartu identitas dan surat-surat kendaraan. Ini karena biasanya yang hilang dompet atau tas berisi surat berharga *ini kejadian sama temen saya. Ngurusnya sungguh menguras waktu, tenaga, pikiran, dan isi kantong tentunya*. Nah, kalau saya kemarin kebetulan STNK nya ada di saku, tidak di dalam dompet. Itu juga di saku seorang teman. Jadi sebenarnya yang ngilangin teman saya. Tapi karena itu STNK sepeda motor saya, ya tetap saja saya yang harus ngurusnya.

Tapi walaupun hanya STNK yang hilang, itu pun sudah membuat saya pusing mikirinnya. Langsung deh kebayang ribetnya ngurus STNK baru dan biaya yang harus dikeluarin. Kalau menurut undang-undang sih cuma 50 ribu tarif pembuatan STNK baru. Tapi ya tau sendiri lah negara kita tercinta ini, 50 ribu bisa jadi setengah juta. Mana kemarin itu mau lebaran lagi, huhuhuuu..

Dan benar saja dugaan saya, biaya pengurusan STNK baru di kota Kisaran untuk Si Hitam Menawan *Nama sepeda motor saya ehhehe* ini mencapai angka setengah juga lebih. Urusan di pihak berwajib kena 250 ribu *dari 50 ribu menurut UU*, ditambah biaya transportasi untuk saya dan sepeda motor saya ke kampung. Ngurusnya harus di kota tempat sepeda motor itu dibeli. Berhubung STNK nya hilang dan mau lebaran banyak razia, jadi saya naikkan sepeda motor saya ke kereta api Medan-Kisaran, ditambah ongkos saya sendiri. Dihitung-hitung, lebih 250 ribu. Jadi kalau dijumlahkan bisa lebih 500 ribu. Setengah juta mameeen, mana lagi pengangguran dan mau lebaran lagi, nyeseeek!

So, karena saya nggak ingin kalian ngerasain nyeseknya kehilangan dompet dan surat berharga seperti yang saya alami, kali ini saya ingin berbagi tips menjaga dompet agar tidak hilang / jatuh, ataupun dicopet. Mudah-mudahan bisa meminimalisir kehilangan dompet dan barang berharga kita semua ya.

Jangan mencolok
Ini untuk menghindari kehilangan dompet karena dicopet ataupun dirampok. Biasanya sih yang dompetnya mencolok itu perempuan. Sering saya mendapati orang yang tengah membeli barang di keramaian, santai mengeluarkan dompet dari tas untuk mengambil uang mereka. Kita tidak tahu siapa saja orang di sekitar kita. Bisa saja saat kita mengeluarkan dompet itu, ada orang yang tengah memperhatikan kita dan isi dompet kita. Jadi, menghindari hal tersebut, biarkan dompet tetap di tas. Cukup kita menjulurkan tangan ke dalam tas untuk mengambil uang di dalam dompet sesuai nominal yang kita perlukan.
TIPS AGAR DOMPET AMAN DARI COPET ATAU JATUH DI JALAN
Jangan mencolok
Bawa Uang Cash Seperlunya
Ini berhubungan dengan point di atas. Saat kita membuka dompet dan seseorang melirik isi dompet kita dan mengetahui isinya menggiurkan, bukankah mungkin akan menimbulkan niat jahat di hati orang tersebut. Seperti kata bang napi, kejahatan muncul bukan saja karena ada niat, tapi ada kesempatan. Kalau yang bukan pencopet saja bisa tergoda, apalagi yang memang pencopet. So, bawalah uang cash seperlunya saja saat bepergian. Jika ternyata kurang kan bisa ambil di ATM atau berbelanja dengan memanfaatkan fasilitas debit card. Tips ini selain menghindari copet juga bisa buat kita berhemat. Karena biasanya orang terdorong untuk belanja yang tidak direncanakan sebelumnya karena melihat isi dompetnya masih banyak. Selain itu, jika memang apes harus kecopetan ataupun dompet kita terjatuh, setidaknya uang cash-nya sedikit. Untuk ATM, Debit/Credit card, kita bisa segera mengurus ke bank *biasanya pengurusan di bank tidak serumit urusan di pemerintahan :D*

Berpenampilan Seadanya
Berpenampilanlah yang seadanya. Tak perlu menggunakan perhiasan mahal dan mencolok jika hanya ke pasar. Sederhana saja *Mmm.. pada dasarnya menurut saya mau pergi kemanapun, penampilan sederhana tetap lebih enak dipandang mata*. Biasanya para pencopet memilih sasarannya dari penampilan dan cara seseorang bersikap. Jika kita menunjukkan sikap seakan pamer strata sosial, justru membuat mereka berasumsi dompet kita tebal *walaupun pada kenyataannya nggak semua yang penampilannya mentereng adalah orang berada*

Jangan Teledor
Seringnya kita kehilangan dompet justru karena teledor. Meletakkannya di saku yang dangkal dan mencolok. Atau di tas yang mudah dibobol pencopet. Atau malah lupa menutup kembali restleting tas saat baru membukanya. Ada juga yang salah memasukkan dompet. Perasaan sudah masuk ke tas, eh rupanya jatuh dan kita tak menyadarinya.

Fotocopy Surat-Surat Berharga
Saat hendak mengurus surat kehilangan, biasanya kita disuruh melampirkan kartu identitas copian dokumen yang hilang *ini kemarin kejadian di saya. Mau buat surat keterangan kehilangan STNK, mereka minta fotocopy STNK-nya, ya mana saya punya*. Jadi alangkah lebih baiknya dari sekarang kita memiliki fotocopy surat/dokumen berharga kita. So, kalau yang asli hilang *amit-amit..jauh-jauh deh, jangan sampai terulang kehilangan STNK, dompet dll*, minimal kita punya copiannya. Simpan copian tersebut di tempat yang kita ingat. Kan nggak lucu kalau kita harus bongkar-bongkar tumpukan file dokumen karena lupa meletakkannya dimana.

Selipkan Nomor Kontak
Ini untuk kejadian jika kita kehilangan dompet karena jatuh di suatu tempat. Selipkan kartu nama di dompet kita agar siapapun yang menemukan *moga-moga berniat baik untuk mengembalikan* tau harus menghubungi siapa. selain itu, sisipkan juga nomor handphone kita ke dalam plastik pembungkus STNK, SIM, KTP dll beserta keterangan singkat untuk menghubungi nomor kita bagi siapapun yang menemukannya.
TIPS AGAR DOMPET AMAN DARI COPET ATAU JATUH DI JALAN
Sisipkan kartu nama dan nomor kontak
Banyak Berdo’a
Pada akhirnya kita hanya bisa berusaha dan Tuhan lah sang penentu. Sekuat apa kita berusaha menjaga apa yang kita miliki, jika ketentuannya harus hilang ya bakal hilang. Jadi tetap berdo’a di tiap kesempatan agar Tuhan melindungi kita dan menjaga apa yang kita miliki.

Sekian Tips Agar Dompet Aman Dari Copet Atau Jatuh di Jalan, semoga kita dihindarkan dari kehilangan benda-benda berharga kita.

Eh, ada yang mau menambahkan tipsnya? Silahkan!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

30 komentar

Write komentar
30 Oktober 2015 15.39 delete

wah, nggak kepikiran menyisipkan kartu nama di dokumen penting seperti KTP atau sim! terimakasih tipsnya, bermanfaat!

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
30 Oktober 2015 15.46 delete

iya mas, aku juga kepikiran hal itu setelah kehilangan STNK kemarin itu :)

Reply
avatar
30 Oktober 2015 15.51 delete

Hahahhaa......mahaalll benerrr yahhh...sampe skrg insha allah jauh daei copet dan kehilangan kk, mudah2an jgn pernah deh...teman saya dlu pernah kejadian juga kehilangan dompet, waduhhh emang pusing kak

Reply
avatar
Ade Anita
AUTHOR
30 Oktober 2015 17.37 delete

Boleh juga idenya. Kalo aku emang dipisah sih duit ama kartu2... biar aman.

Reply
avatar
Ade Anita
AUTHOR
30 Oktober 2015 17.38 delete

Boleh juga idenya. Kalo aku emang dipisah sih duit ama kartu2... biar aman.

Reply
avatar
30 Oktober 2015 17.55 delete

Sepertinya tinggal berdoa karena banyak hal yang bisa membuat aku lupa, mudah2an aman dompet ini

Reply
avatar
30 Oktober 2015 17.55 delete

Sepertinya tinggal berdoa karena banyak hal yang bisa membuat aku lupa, mudah2an aman dompet ini

Reply
avatar
Cilembu thea
AUTHOR
30 Oktober 2015 22.19 delete

sangat masuk akal memang jika kita tidak berlebihan dalam hal apapun demikian juga dengan dompet dan penampilan jangan trlalu mencolok, jika perlu nyaru aja jadi hantu supaya nggak terlihat oleh para pencopet itu..hehe

Reply
avatar
30 Oktober 2015 23.04 delete

tapi ya gitulah kak, kadang penampilan seadanya kalau udah apes pun bisa kehilangan juga, soalnya aku pernah kehilangan juga padahal muka pas pasan. kek manalah itu kak

Reply
avatar
31 Oktober 2015 00.49 delete

Jangan sampai deh kehilangan dompet banyak sesuatu yang penting hehe

Reply
avatar
31 Oktober 2015 09.10 delete

Mudah2an jangan sampai kehilangan dompet lagi ya mbak...betapa ribetnya kalo sampe kehilangan surat2 berharga gitu yaa

Reply
avatar
srrriii
AUTHOR
31 Oktober 2015 10.09 delete

aku pernah kehilangan dompet. tapi ujung-ujungnya dibalikin lagi sm orang yang nemuin di jalan.
malingnya nyesel kali ya ngambil dompet pekerja akhir bulan gini. haha
nice tips anyway
:)

Reply
avatar
31 Oktober 2015 15.30 delete

mantap tipsnya kak

apalagi yang fotocopy surat stnk dll sama kasih no kontak

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.39 delete

iya fit, makanya kalau bisa jangan sampai ilang ya fit, secara mahal gitu, ampun DJ kita ya kan :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.40 delete

aku dari dulu dompet selalu gabung ama kartu-kartu mbak. Hmm.. bagus juga tuh ya kalau dipisah, seenggaknya mengurangi resiko hilang semuanya.

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.41 delete

hhahhaa... doa yang tulus in sha Allah dikabulkan ya. tapi kalau bisa difotokopy juga tuh, buat back up :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.42 delete

xixiixii.. kalau jadi hantu copetnya lari ketakutan ya kan mas :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.43 delete

itu makanya di poin terakhir aku buat banyak-banyak berdoa yog :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.44 delete

maunya sih jangan sampai ngalamin dompet hilang atau dicopet ya mbak. tapi kadang kalau udah apes mau gimana lagi.makanya tetap harus hati-hati kita mbak :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.45 delete

iya mbak, amin! ribet banget mbak, huhuhuu..

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.46 delete

itu ilangnya memang dicopet mbak? atau mungkin jatuh trus ada yang nemuin..

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 November 2015 06.47 delete

makasih min. ini semata-mata karena pengalaman pahitnya kehilangan STNK (lebay mode on) hehehhe..

Reply
avatar
2 November 2015 01.22 delete

Pas SMA iyah pernah teledor dompet iyah jatuh di angkot dan iyah ga sadar. waktu itu isi dompernya tinggal 3 rb krena ongkos udah dipegang luan. eh tiba-tiba sorenya itu dompet di balikin sama supir angkotnya kak. apa karena gaada duitnya ya...
yang parah pas dompet di curi temen sendiri, terus di ga masuk seminggu dan pas dia masuk dia ga mau ngaku. itu sedih kali krena udah punya beberapa surat penting kak, salah iyah juga krena bawa duit banyak waktu itu huhuhu

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
2 November 2015 10.12 delete

yang dicuri temen itu pasti nyesek banget ya Iyah?! secara teman sendiri kan. kalau aku dulu pernah handphone dan walkman (ketauan ah taun brapaan, masih jamannya walkman hiihiii) yang dicuri temen. rasanya sedih banget karena ngerasa dikhianati temen sendiri. memang baiknya nggak usah bawa uang cash banyak2 di dompet ya kan :)

Reply
avatar
Nabil Fayadh
AUTHOR
3 November 2015 10.13 delete

intinya jangan mencolok sih terus kalau pergi kemanamana apalagi kaya ke pusat perbelanjaan gausah segala dipake perhiasan atau apalah ,, di mall juga banyak copet lho :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
3 November 2015 23.18 delete

iya bener mbak, jangan mencolok, karena copet ada dimana-mana ya kan mbak :)

Reply
avatar
Aireni L.B.
AUTHOR
11 November 2015 21.10 delete

kalo bawa tas, memang dompet sebaiknya tetap ada di dalem, bahkan kalo saya kadang uangnya sudah tak biarkan di luar dompet biar lebih mudah mengambilnya :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
12 November 2015 06.13 delete

iya bener itu mbak. cuma saya sering sih liat yang dengan santai keluarin dompet dari tas dan membukanya di keramaian :)

Reply
avatar
abdullah sena
AUTHOR
6 Desember 2015 13.53 delete

Di kolong jembatan di dekat stasiun kircon tiap hari selalu banyak dompet2 korban maling. Ada surat2 penting seperti stnk ktp
Mau di ambil dan di anter ke sipemilik takut disangka yng engga2 takut diaangka saya yang nyopet atau disangka nemuin dompetnya terus uang nya saya yg ambil

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
7 Desember 2015 15.31 delete

serba salah jadinya ya mbak hehhee..

btw stasiun kircon itu dimana ya mbak?!

Reply
avatar