RUPIAH MELEMAH, YUUK TRAVELLING DI DALAM NEGERI

15.11
Rupiah Melemah, yuuk travelling di dalam negeri

Rupiah Melemah, Yuuk Travelling di Dalan Negeri - Rupiah terus saja melemah dalam beberapa waktu belakangan ini. Otomatis, daya beli mata uang kita jadi menurun. Kondisi ini menjadi sorotan publik yang hangat diperbincangkan. Tak terkecuali oleh para traveller. Imbas kemerosotan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing khususnya dollar (baik itu dollar Amerika, Singapura, Australia dll) dan Euro membuat traveller Indonesia yang ingin melakukan perjalanan wisata ke luar negeri harus berpikir ulang. Tak lain karena biaya yang dibutuhkan pasti lebih besar dari rencana awal.

Lalu, bagaimana jika hasrat untuk travelling masih saja tinggi sementara budget jalan-jalan ke luar negeri tak mencukupi. Jawabannya tentu travelling di dalam negeri saja. Simpan dulu keinginan menambah daftar stempel di paspor. Beralihlah ke destinasi wisata dalam negeri yang tak kalah menarik dibanding tempat-tempat indah di belahan bumi lainnya. Walau mungkin sudah sering berwisata di dalam negeri, pastilah masih ada tempat menarik yang belum sempat disinggaahi. Bukankah Indonesia ini luas dan sangat cantik.

Pada dasarnya, kemanapun tujuan wisata kita, yang terpenting adalah bagaimana kita menikmati dan mengambil banyak pelajaran dari apa yang kita alami selama perjalanan. Travelling ke luar negeri mungkin akan terdengar keren, tapi travelling di negeri sendiri juga pasti tak kalah mengasikkan. Berikut beberapa hal menarik yang bisa menjadi alasan untuk berwisata di dalam negeri :

1. Ragam Destinasi
Berbagai tempat menarik tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Beragam destinasi di dalam negeri ini siap untuk dijelajahi : wisata alam, bahari, sejarah, budaya, dan bahkan kuliner. Semuanya ada di Indonesia : pantai-pantai yang menawan, wisata bawah laut yang menakjubkan, hutan dan gunung yang menawarkan petualangan, situs sejarah yang patut diketahui, juga kuliner yang menggoda indera perasa. Tinggal pilih yang sesuai selera dan gaya berwisata kita.

2. Ragam Budaya
Tak hanya aneka ragam jenis wisata. Bermacam-macam suku, agama, adat istiadat dan kehidupan sosial yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya pun menjadi hal yang menarik untuk kita eksplorasi. Objek wisata yang ditawarkan mungkin sama, tapi kearifan budaya lokal di tiap daerah pastilah berbeda. Mendaki gunung Rinjani di Lombok dan mendaki gunung Sibayak di Sumatera Utara pasti akan membawa pengalaman yang berbeda karena selain medan pendakiannya berbeda, kultur setempat juga tak sama. Begitu juga Sabang dan Raja Ampat yang sama-sama menawarkan wisata bahari, tetap saja ‘taste’ nya akan berbeda kala mengunjungi kedua tempat ini. Jadilah salah satu orang Indonesia yang beruntung bisa menyaksikan perbedaan budaya di tiap wilayah yang dikunjungi. Dan lihatlah betapa negeri ini kaya akan budaya yang patut untuk terus dilestarikan.

3. Memupuk Rasa Nasionalisme
Mungkin terdengar berlebihan. Tapi tak dapat dipungkiri, mengunjungi berbagai tempat di negeri ini dapat menumbuhkan rasa cinta pada tanah air.

4. Membantu Perekonomian
Pastilah kita tahu bahwa semakin banyak wisatawan di suatu daerah, akan turut mendukung pergerakan perekonomian di daerah tersebut. Jadi, jika kita lebih banyak travelling ke luar negeri, dari sisi ekonomi tentu yang akan diuntungkan adalah negara tujuan wisata kita. Dengan berwisata di dalam negeri, artinya kita membantu denyut nadi ekonomi DTW (daerah Tujuan Wisata). Artinya kita juga membantu kelangsungan hidup para pelaku usaha yang berkaitan langsung ataupun tidak langsung dengan pariwisata.

Di tengah melemahnya kurs rupiah saat ini, jika saja para turis domestik  ramai-ramai memilih untuk berwisata di dalam negeri, pastilah akan turut membantu perekonomian negeri ini. Yuk travelling di dalam negeri!


NB : Tulisan dimuat di Harian Analisa, Minggu 06 September 2015

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

23 komentar

Write komentar
Awan Irawan
AUTHOR
7 September 2015 17.23 delete

Memang disadari atau tidak mengunjungi ke berbagai tempat yang ada di negeri ini memang bisa memupuk rasa nasionalisme kita, Apalagi kalau ke tempat-tempat bersejarah, pastilah kecintaan kepada negeri ini pasti akan bertambah ya mba?
kalau saya sih pingin bangget ke rinjani namun kata temen lebih baik ngaca dulu fisik dan dompet juga harus kuat,heu

Reply
avatar
8 September 2015 02.33 delete

Idenya boleh juga. Daripada pusing mikirin rupiah yang tertekan mendingan traveling dalam negeri aja biar rupiah tetap berputar dalam negeri dan gak terpuruk lagi.

Reply
avatar
8 September 2015 10.33 delete

Pinginnya siy traveling dalam negri yang rada jauuuuh dari kota asal, tapi kenapa pas diitung-itung ulang masih tetep mahaaaalll... hiks.

Reply
avatar
8 September 2015 22.17 delete

Bener juga, dengan travelling di negeri sendiri bisa membantu perekonomian masyarakat lokal

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
9 September 2015 06.53 delete

hayuk mbak non, kemana kita?! ehehhee..

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
9 September 2015 06.55 delete

bener mas. tidak hanya tempat bersejarah. alam yang indah ini pun seringkali membuat saya merasa jatuh cinta lagi dan lagi dengan Indonesia :)
saya doakan segera tercapai ke Rinjani ya mas :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
9 September 2015 06.56 delete

yaps.. kalau travelingnya ke luar negeri, uangnya juga ikutan keluar ya kan mas :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
9 September 2015 06.59 delete

pengaruh luas Indonesia yang luas dan terpisah lautan mungkin ya kak Molly, makanya tetap mahal. karena jaraknya juga jauh kalau dibanding ke negara tetangga :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
9 September 2015 07.00 delete

bener banget mas. dengan traveling di dalam negeri sendiri, kita membantu mereka agar dapurnya terus ngebul hehehee..

Reply
avatar
Heni Puspita
AUTHOR
9 September 2015 07.59 delete

Setuju Mbak. Lha wong di Provinsi saya sendiri aja masih banyak yang belum didatangi hehe. Kalau rupiah jauh lebih baik nilainya dan ada rezeki bolehlah jalan2 ke LN sekeluarga. Kalau sekarang rasanya sayang hehe.

Reply
avatar
9 September 2015 08.00 delete

Di Indonesia masih sangat banyak destinasi yang menawan hati ya Mbak ^^

Reply
avatar
9 September 2015 08.46 delete

Enak selai bisa travelling,. Ingin sekali bisa travel seperti diatas, tapi kok ya waktunya gak bisa diajak kompromi

Reply
avatar
Inda Chakim
AUTHOR
9 September 2015 13.38 delete

Setuju sm dikau mbk, satu lg nih, pesannya si engkong maspio cinta produk produk indo..nesia :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
10 September 2015 15.57 delete

si engkong aja cinta Indonesia, masak kita nggak ya kan :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
10 September 2015 15.58 delete

atur ulang agenda pak, supaya bisa traveling :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
10 September 2015 15.59 delete

buanyaaak banget mbak. keceh bener memang Indonesia ini :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
10 September 2015 16.05 delete

iya mbak. nggak ada salahnya sebenarnya siapapun yang mau jalan-jalan ke luar negeri, cuma memang banyak yang nggak nyadar kalau dalam negeri juga banyak yang indah :)

Reply
avatar
Eksa Studio
AUTHOR
12 September 2015 04.56 delete

Haha.. sip sip mbak.. soalnya saya juga udah nglakuin nih mbak :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
20 September 2015 02.09 delete

mantap mas klo udah dilakuin. lanjutkan :)

Reply
avatar
F.Nugroho
AUTHOR
30 September 2015 12.15 delete

Lokasi yg dianggap bagus buat para traveller belum tentu dikenal oleh orang awam. Jadi masih banyak spot yg berpotensi dikunjungi. :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
1 Oktober 2015 06.43 delete

banyak banget malahan. dan biasanya yang belum dikenal itu yang masih keren dan alami :)

Reply
avatar
Son Agia
AUTHOR
15 Agustus 2016 00.29 delete

Bener.
Di Indonesia ini, Jangankan tempat wisata yang terkenal, yang belum terlalu terjamah pun banyak kok, khususnya tempat2 yang ada di pelosok, pedalaman, kampung dan sebagainya.

Reply
avatar