KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA

20.13
Keropok Lekor : Kuliner Khas Terengganu - Malaysia : Seorang teman saya buat PM kalau dirinya sedang di Terengganu - Malaysia. Pikiran saya langsung tertuju ke keropok lekor, kuliner khas Terengganu. Dan saya pun langsung teringat rasanya yang yahud yang seketika membuat saya kepengen. Dua kali ke Terengganu, dua kali pula berkesempatan mencicipi kuliner berbahan dasar ikan dengan rasa yang ‘seafood’ banget itu membuat lidah saya jatuh hati dengan penganan satu ini. Terengganu punya banyak makanan khas, tapi yang paling saya suka ya keropok lekor ini.

KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
keropok lekor rebus. biasanya makannya dicocol ke saus sambal. tapi saya punya cara sendiri, sambalnya disiramkan ke keropok lekornya :)
Sebagai negara bagian yang berada di pesisir, kuliner daerah ini memang didominasi dengan bahan dasar dari laut seperti Satar, Nasi Dagang, Otak-otak dan Keropok Lekor. Meski namanya keropok, jangan berpikir bahwa penganan ini sama dengan kerupuk yang kita kenal di Indonesia ya, karena yang ini berbeda.

Keropok lekor Terengganu dibuat dari bahan dasar ikan segar dan beberapa campuran lain yang membuat rasanya sangat enak. Warnanya seperti bakso. Bentuknya bulat memanjang seperti sosis. Ukurannya ada yang besar, ada yang sedang, ada juga yang kecil seperti bakso. Itu waktu saya datang pertama kali pada Mei 2014. Nah Mei 2015 kemarin kan saya ke Terengganu lagi. Ternyata sudah ada inovasi dari produsen keropok lekor. Kalau dulu hanya rasa original dan rasa keju, kini ada rasa bawang, black pepper dan lainnya. Yihaaa… enak binggo cuy, saya paling suka rasa keju.

KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
kalau orang Terengganu biasa beli yang hangat dan siap makan. Ini biasanya yang dibeli orang untuk oleh-oleh, keropok lekor beku
Keropok lekor bisa direbus ataupun digoreng. keduanya sama-sama enak, tergantung selera masing-masing. Kalau saya lebih suka direbus karena rasanya lebih nendang di lidah. Tapi sepupu saya yang pernah saya bawain oleh-oleh lekor mengaku lebih suka yang digoreng. Terdapat bumbu saus khusus yang dijual sepaket saat kita membeli keropok lekor.

KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
nah kalau ini keropok lekor yang digoreng. makannya dicocol ke saus sambal
Produsen keropok lekor yang terkenal adalah BTB Lekor. Alamatnya di Lot 8292, Kg. Bukit Tok Beng, Seberang Takir, 21300 Kuala Terengganu – Malaysia. Asiknya kalau beli disini kita bisa melihat langsung pembuatan keropok lekor karena toko dan tempat pembuatannya berada dalam satu lokasi. Mau makan di tempat? Bisa. Dibawa pulang? Bisa. Untuk oleh-oleh juga bisa, tersedia keropok lekor beku yang bisa dijadikan buah tangan.

KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Ini sengaja saya foto supaya kalau mau kesini lagi tau tempatnya. kemarin si Sri juga saya kirimin foto ini karena dia nggak tau lokasinya.
KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
toko Lekor BTB dilihat dari luar
KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Di dalam juga ada kursi dan meja kalau mau makan di lokasi
KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Jangan lupa ambil nomor antrian ya :)
KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Mbak-mbak pegawai keropok lekor BTB
KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Suasana di bagian produksi
KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Si abang kegeeran difoto ama cewek manis ehehheee...
KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Proses pembuatan keropok lekor
KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Tempat ngerebus keropok lekor. Kalau hati kamu beku, dekat kesini aja, dijamin leleh ehehhee... 
Kalau biasanya saya menahan diri untuk minta oleh-oleh saat teman sedang travelling, kali ini saya tak mengindahkan hal itu. Terang-terangan saya bilang ke Sri *teman yang sedang di Terengganu. Mei lalu waktu ke Terengganu saya juga bareng Sri* agar membawakan oleh-oleh keropok lekor. Saya pesan 2 pack, yang satu rasa keju, yang satu lagi terserah mau rasa apa. Sri bilang dia usahakan tapi nggak bisa janji karena memang sebenarnya si Sri ini ke Terengganu karena ada kerjaan, so ya nggak bisa sesuka hati pergi. Saya sih nggak berani ngarep banyak. Namanya juga orang lagi kerja. Jadi ya saya mikirnya kalau dibelikan ya Alhamdulillah, kalau nggak ya tak apa, berarti belum rejeki makan keropok lekor lagi.

KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
sekali-sekali nodong oleh-oleh nggak papa kan ya :D
Ternyata saudara-saudara, teman saya ini baik sekali. Meski ngaku urusan kerjaannya lumayan bikin rempong, dia mau bela-belain ke alamat yang saya beri cuma buat beli oleh-oleh keropok lekor pesanan saya dan bang Arifin *teman kami yang ternyata juga minta dibawain lekor. Bang Arifin ini juga kemarin ikut waktu Mei kami ke Terengganu, jadi dia udah pernah ngerasain cetarnya keropok lekor Terengganu*

Dan, senin malam kemarin si keropok lekor sudah ada di plastik dalam genggaman saya. Saya pesan 2 bungkus eh dikasi 4 bungkus. Saya niat bayar eh dianya nolak *walaupun saya bilangnya oleh-oleh, sebenarnya niatnya bayar kok. Cuma Sri nya beneran nggak mau dibayar* woaaa.. baeknya si Sri. Maka nikmat persahabatan yang mana yang kau dustakan, ehehhee *efek dibawain oleh-oleh ama kawan*. Makasih ya Sri, semoga murah rejeki dan sering-sering ya bawain oleh-oleh *ujung-ujungnya nggak enak ya Sri hahaaha*

Malam itu juga, sekitar jam sebelas malam, saya nekat makan keropok lekornya saking kepengen dan nggak sabar nunggu besok. Nyam..nyam.. uuuh enaknya, langsung buat status dan pasang foto di BBM. Melihat foto dan PM saya di BBM, teman-teman pun pada kepo nanya dan minta. Mari-mari sini kawanku, mari kita makan sama-sama! Makanan enak akan semakin lezat terasa kalau dinikmati bersama orang terdekat, so mari merapat.

KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA

KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA

Tadi malam, saat teman semasa kuliah datang berkunjung, saya suguhi keropok lekor rebus *saya rebus di rice cooker karena nggak boleh pake gas sama yang punya kontrakan*. Mereka semua setuju kalau keropok lekor ini enak. Teman satu kontrakan pun mengaku suka karena rasanya enak.

Masih ada dua bungkus lagi di kulkas, tapi semua sudah ada yang ngantri pengen icip-icip. Saya sampai harus minta maaf sama kawan-kawan Blog M (Blogger Medan) karena sudah pamer tapi nggak cukup mau dibagi saat mereka pengen nyobain rasanya karena penasaran. Semoga nanti Blogger Medan bisa maen ke Terengganu dan mencoba langsung di keropok lekor BTB Terengganu ya guys!

KEROPOK LEKOR : KULINER KHAS TERENGGANU - MALAYSIA
Iseng berkreasi, menggabungkan bayam dan keropok lekor, hasilnya.. maknyus!!!
Oya, jangan ngaku pernah makan keropok lekor kalau belum nyobain keropok lekor Terengganu. Karena walaupun keropok lekor itu terkenal seantero Malaysia dan menjadi kuliner khas kebanggaan Malaysia, yang paling maknyus rasanya itu ya keropok lekor yang dari Terengganu.

Kalau di Indonesia, keropok lekor ini sedikit mirip dengan empek-empek Palembang. Tapi walaupun ada kemiripan, tetap saja tak ada salahnya mencoba keropok lekor Terengganu.

Itulah sedikit cerita saya tentang Keropok Lekor : kuliner khas Terengganu – Malaysia. Ada yang pernah makan keropok lekor Terengganu?!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

22 komentar

Write komentar
2 September 2015 20.36 delete

mantaappppp....hehhee..jadi pengennn

Reply
avatar
Medan Wisata
AUTHOR
2 September 2015 20.38 delete

Enak lah tu kakk,,, Awak lum sempat ngerasain itu,, huhuhuhu :'(

Reply
avatar
Ipah Kholipah
AUTHOR
2 September 2015 20.56 delete

keropok lekor itu seperti apa ya hehehe baru denger deh

Reply
avatar
2 September 2015 21.06 delete

ahhhhh ntr lagi medan wisata go to kualalumpur nya itu....hahahhahaaa

Reply
avatar
2 September 2015 21.07 delete

kayak empek2 klo gak salah :D tapi bedanya empek2 pake kuah klo lekor pake sambal kan kak diah?

Reply
avatar
mollymolly
AUTHOR
2 September 2015 22.28 delete

Jarang-jarang makan si lekor ini, paling kalo pas ke Malaysia atau dibawain kesini sama sodara yg tinggal disana :D.

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
3 September 2015 00.54 delete

memang mantap keropok lekor terengganu ini fit hehehee..

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
3 September 2015 00.56 delete

nanti sama-sama kita maen ke Terengganu, biar Medan Wisata bisa ngerasain keropok lekor terengganu :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
3 September 2015 00.57 delete

ouw iya ya fit, ikot kita nanti yok kalau medan wisata goes to Kuala Lumpur :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
3 September 2015 00.58 delete

benar yang di bilang fitri mbak Ipah, mirip empek-empek kalau di Indonesia

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
3 September 2015 00.59 delete

karena jarang itu kak makanya suka kangen #eh :D

Reply
avatar
Awan Irawan
AUTHOR
3 September 2015 16.12 delete

Jadi pengen nyoba kerupuk lekor nya nihh, soalnya saya paling bangga kalau beli pempek :)
maka nikmat yang mana yang kau dustakan? sepertinya ini ada dalam surah arrahman ya mba? heu

Reply
avatar
Choirul Huda
AUTHOR
4 September 2015 08.36 delete

saya kira pempek atau otak-otak dari ikan tengiri
eh beda ya :)

yang foto pertama malah awalnya saya kira siomay...
*gagal fokus

Reply
avatar
5 September 2015 07.24 delete

iyah pernah makan ini :9

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
7 September 2015 15.16 delete

iya mas, keropok lekor terengganu ini sedikit mirip dengan pempek :)

aslinya sih kalimatnya "Maka nikmat Tuhan yang mana yang kau dustakan". cuma karena ini konteksnya tentang indahnya pertemanan makanya saya tulis : maka nikmat persahabatan yang mana yang kau dustakan :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
7 September 2015 15.17 delete

aslinya sih cara makannya dicocol ke saus gitu mas, cuma aku siram saus aja, jadinya seperti siomay deh. sedikit beda gpp kan ya ehhehhee :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
7 September 2015 15.17 delete

gimana kesannya iyah?!

Reply
avatar
2 Oktober 2015 22.36 delete

aku sukaaa bngt ama iniiii ^o^..pas masih kuliah di Penang, deket kampusku banyak bgt yg jual ini... cemilan kaki lima lah... ga prnh coba yg terengganu asli sih mba, tp yg di penang pun udh enaaakk :).. Kangen lg pgn kesana -__-

Reply
avatar
Eva Susanti
AUTHOR
28 Januari 2016 09.03 delete

Di Jkt ada yg jual ngga ya ?jd pengen coba

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
28 Januari 2016 09.31 delete

di Malaysia si keropok lekor ini memang terkenal mbak. tapi yang paling enak yang di Terengganu katanya :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
28 Januari 2016 09.32 delete

kurang tau saya mbak. kalau di kota tempat saya tinggal -Medan- sih nggak ada :)

Reply
avatar
19 November 2016 10.46 delete

Alhamdulillah, sekarang tinggal di Terengganu. Katanya di sini keropok lekornya the best. Iya sih....rasa ikannya lebih kentara dibanding keropok lekor di daerah lain. Gak heran sih, di sini kan banyak ikan.

Reply
avatar