BERKENALAN DENGAN TERENGGANU

12.50

Assalamualaikum, apa kabar semua…..
Lama juga tak cuap-cuap disini.
Hari ini, di antara kesibukan pagi dan deadline pekerjaan yang masih menumpuk, saya ingin berbagi sedikit cerita buat kawan-kawan.
Ceritanya kemarin saya berkesempatan ikut East Coast Trail 2014, sebuah program dari tourism Malaysia untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata di daerah pesisir timur.
Kuala Lumpur dan Terengganu adalah tempat yang menjadi lokasi kegiatan program ini. Nah, yang pagi ini ingin saya ceritakan ya Terengganu itu. Soalnya kalau Kuala Lumpur pasti sudah banyak yang tahu hehheee…

Sekilas tentang Terengganu
Terengganu adalah salah satu negara bagian Malaysia yang berada di pesisir timur.  Ada tiga negara bagian di wilayah pesisir timur yakni Pahang, Terengganu dan Kelantan. Mayoritas penduduknya adalah nelayan dan lekat dengan tradisi melayu. Dan uniknya, menurut penuturan dari guide yang memandu kami selama disana, pak Jeffrey, masyarakat Terengganu terkenal memiliki otak yang cerdas. Usut punya usut, ternyata karena mereka lebih banyak makan ikan dan lebih sedikit makan nasi dibanding di negara bagian lainnya. Nah tuh, buat yang pengen pintar, bisa mencontoh masyarakat Terengganu nih, tapi ikannya yang segar ya J
Negara bagian yang beribukotakan Kuala Terengganu ini memiliki julukan “ Permata dari Pesisir Timur” karena kekayaan warisan budaya, kualitas kerajinan tangan dan pesona pulau dan pantai-pantainya yang indah.

Tempat Wisata
Mungkin selama ini masyarakat Indonesia hanya mengenal Kuala Lumpur, Penang, Selangor atau Malaka untuk tujuan wisata. Terengganu juga memiliki banyak tempat wisata menarik loh, beberapa diantaranya yang saya kunjungi adalah :

Bewah Cave
Terletak di gugusan 340 pulau di Tasik Kenyir. FYI, Tasik Kenyir adalah sebuah danau buatan seluas 260.000 hektar dan merupakan danau buatan terluas di Asia Tenggara. Wuidiiiihhh… luas banget yaaa…
Balik lagi ke Bewah Cave, dari dermaga Gawi, Bewah Cave bisa dicapai dengan menggunakan boat selama kurang lebih satu setengah jam. Sepanjang perjalanan, yang terlihat adalah air dan pulau-pulau kecil dengan hutannya yang hijau. Jika cuaca cerah, langit yang biru membuat pemandangan alam ini kian cantik, obat yang ampuh untuk merefresh kepala yang penat dengan kehidupan ibukota.

Dermaga Gawi, akses ke Bewah Cave

Bukit Bewah


Bewah Cave terletak di Bukit Bewah. Bukit batu kapur setinggi 578 meter di atas permukaan laut ini sudah kelihatan menawan dari luar. Untuk ke dalam gua, kita harus menaiki sebanyak 241 anak tangga. Sebelum sampai di pintu masuk, terdapat sebuah rumah khas Terengganu yang berfungsi sebagai ruang pameran benda-benda penemuan di Bewah Cave. Ya, Bewah Cave merupakan gua purba dan tempat ditemukannya kerangka manusia yang diperkirakan berusia 16.000 tahun, juga beberapa benda  peninggalanan masa prasejarah. Melalui berbagai penelitian, para arkeolog menyimpulkan bahwa gua ini pernah didiami manusia pada jaman neolitikum yakni antara dua ribu hingga tiga ratus tahun sebelum masehi, wah..wah… sekalian belajar sejarah nih.

Di dalam gua disediakan lampu yang berasal dari solar. Dua sisi dinding Bewah Cave memiliki struktur yang berbeda. Pada dinding sebelah kiri, kita akan melihat stalaktit-stalaktit yang bertumpuk-tumpuk. Sementara di sebelah kanan bentuk dindingnya seperti berceruk-ceruk (berlubang-lubang). Oya, oleh masyarakat sekitar, gua ini dikenal dengan sebutan gua tahi kelelawar. Pasti karena di gua ini merupakan rumah para kelelawar. Sayangnya, flash kamera saya tertinggal di bawah (di boat) saat berkunjung ke gua ini. Jadi tidak tidak banyak koleksi foto di dalam gua, malah koleksi pemandangan di luar gua yang banyak, cantik juga sih pemandangan di luar. Pulau-pulau kecil memantul ke air yang hijau jernih. Ditambah lagi langit cerah, bagus sekali untuk yang suka fotographi.

dermaga di Bukit Bewah, keren yaaaa....
pemandangan di dalam gua



Kenyir Elephant Village
Uwooo…. Disinilah tempat dimana kita bisa menyaksikan gajah-gajah beratraksi. Memberi salam, menyapa pengunjung dengan memasangkan topi di kepala pengunjung dan menciumnya sebagai tanpa sayang dan ucapan selamat datang, serta atraksi lainnya yang akan membuat kita bertepuk tangan karena kecerdasannya.

dapat kalungan bunga di pintu masuk. hahhaiiii... berasa jadi tamu agung

atraksi gajah. pelatihnya dari Thailand loh...

yesss... bisa foto bareng gajah :D

Sebelum melihat itu, pengunjung akan melewati jembatan gantung sepanjang 82 meter yang membentang di atas sebuah sungai, lalu dilanjutkan dengan canopy walk sambil melihat gaja-gajah beraktifitas.

canopy walk

Kenyir Elephat Village berlokasi di Sungai Telemong. Tasik Kenyir, Hulu Terengganu. Usai melihat atraksi yang biasanya ada pada pukul 11.30 dan 15.30 waktu Malaysia, pengunjung diperbolehkan melihat gajah-gajah tersebut mandi di sungai.


Islamic Civilization Park with Cruising Experience


masjid kristal, kalau malam keren banget cuy...







Ingin ke Taj Mahal di India? Atau ke Masjid Nabawi di Madina? Atau ke masjid-masjid terkenal di berbagai negara? Tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama untuk menabung. Bagaimana kalau ke Islamic Civilization Park  saja? Di Islamic Civilization Park atau Taman Tamadun Islam yang terletak di pulau Wan Man ini kita dapat melihat 22 replika gedung islami yang terkenal di dunia. Pusat dari daya tarik Taman Tamadun Islam adalah sebuah masjid kristal yang terletak di pinggir sungai. Saat malam tiba, masjid Kristal ini terlihat sangat menawan dengan lampu-lampunya.















Saat masuk ke Taman Tamadun Islam, pengunjung akan diberi sebuah buku kecil yang disebut passport, lengkap dengan stempel tanggal kita berkunjung, hahhaaaiii… lucu juga, tapi bener juga sih, kan kita mau mengunjungi masjid-masjid dari berbagai negara, jadi dibutuhkan passport hehhee…  untuk mengelilingi masjid ini, disediakan kendaraan mirip kereta api gitu,,, berasa naik odong-odong hehheee.. oya, disini juga ada replika masjid sunan Kudus dari Indonesia loh.

ini nih kendaraan yang mengantar saya dan rombongan berkeliling area Taman Tamadun Islam

masjid sunan kudus. keretanya jalan terus, dapat fotonya cuma gini deh jadinya
salah satu replika masjid di Taman Tamadun Islam. ayoo tebak, ini masjid apa dan di negara mana???

Yang juga asik dan tak boleh dilewatkan jika mengunjungi Taman Tamadun Islam adalah : cruising!!! Uyeaaahh… berkeliling Terengganu dengan menyusuri sungai,, asiiik..asiikk..asikkkk….

cruising experience... ini yang pertama kalinya loh buat saya hehehee....


Nur Zahirah Complex
Terengganu terkenal dengan kualitas kerajinan tangannya. Salah satunya songket. Nah, di Nur Zahirah Complex ini kita bisa melihat bagaimana cara membuat songket. Juga ada ruangan display songket yang sudah jadi. Juga songket-songket dari negara lain, termasuk songket dari Indonesia, cantik-cantik loh… selain produk pakaian, ada produl lain juga berupa dompet, tas dll.

sisi depan bangunan Nur Zahirah Complex... enak banget liatnya yaa.. bersih

ruang pameran. berbagai jenis songket didisplay disini, termasuk songket dari indonesia


suasana di ruang pembuatan songket yang terletak di lantai bawah


Nur Zahirah Complex terletak di Tanjung Bunut, Terengganu-Malaysia. Dibuka pada Mei 2011 dan merupakan milik Yayasan Tuanku Nur Zahirah (permaisuri Terengganu). Komplek ini sengaja dibangun untuk mempromosikan songket dari Terengganu.

Noor Arfa Craft Complex
Buat yang ingin beli batik Malaysia, bisa beli disini. Noor Arfa Craft Complex adalah toko kerajinan tangan khas Terengganu. Di sisi sebelah kanan gedung, menuruni anak tangga, terdapat tempat display alat-alat dan cara membatik yang bisa dilihat oleh pengunjung.

berbagai produk kerajinan khas Terengganu ada disini, jadi siap-siapkan isi dompet ya :)


Noor Arfa Craft Complex terletak di Lot 4153, Cendering Industrial Area 21080, Kuala Terengganu. Oya, di bandara Sultan Mahmud, Kuala Terengganu juga ada loh toko mereka, jadi kalau tidak sempat mengunjungi tempat ini, bisa beli di bandara J

Museum Negeri Terengganu
Berbentuk rumah adat Terengganu, inilah kompleks museum terluas di Asia Tenggara. Selain empat blok utama, di kompleks ini juga terdapat museum maritime serta lima buah rumah tradisional. Di kompleks museum seluas 27 hektar yang diresmikan pada 20 April 1996 oleh almarhum Sultan Mahmud Al-Muktafi Billah Shah –Sultan Negeri Terengganu- ini kita bisa melihat kekayaan budaya dan sejarah masyarakat Terengganu.


bangunan museumnya khas rumah Terengganu banget

salah satu koleksi museum negeri Terengganu
Sayangnya, karena keburu waktu makan malam, saya tak sempat berkeliling ke banyak tempat di museum ini. Karena areal yang luas, idealnya  memang jika mengunjungi museum ini kita harus meluangkan waktu yang banyak agar dapat melihat-lihat seluruh koleksi museum.
Alamat : Bukit Losong, 20566 Kuala Terengganu, Terengganu Darul Iman, Malaysia.

Saya rasa ini dulu tulisan saya tentang Terengganu. Oya, Terengganu terkenal dengan wisata lautnya loh… diantaranya yang terkenal adalah pulau Redang dan pulau Perhentian. Pulau-pulau dengan keindahan bawah laut yang katanya siap menawan siapa saja yang berkunjung kesana. Kenapa saya katakana ‘katanya’? itu karena saya sendiri belum pernah mengunjungi pulau-pulau tersebut. Nanti, jika suatu saat saya berkesempatan ke pulau-pulau tersebut, pasti akan saya ceritakan ke kawan-kawan.

Jika kawan-kawan hendak berlibur ke Malaysia, tak ada salahnya untuk memasukkan Terengganu dalam daftar kunjungan kalian. Dari Medan, perjalanan ke Terengganu bisa ditempuh dengan menumpang pesawat Medan-Kuala Lumpur, lalu dilanjutkan dengan KL-Terengganu dengan waktu perjalanan kurang lebih satu jam. Informasi yang saya dapat dari pak Fathil dari tourism Terengganu, Juni ini direncanakan akan ada penerbangan langsung dari Medan-Kuala Terengganu. Wooppss… berita bagus, selamat berlibur J
Terengganu, Beautiful State, Beautiful Culture…

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

14 komentar

Write komentar
Rudi Hartoyo
AUTHOR
30 Mei 2014 13.27 delete

Kagak nahan liatnya,, buat ngiler aja nih perjalanannya kakk. :)

Reply
avatar
30 Mei 2014 14.55 delete

Huaaaaa,,, maulah kesanaa,,, apalagi kalo bisa gratisan gt .. :')
Kapan ya kapaaannn,,,, :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
30 Mei 2014 19.15 delete

Hahhahaa... gantian lah, biasa awak yang ngiler liat perjalanan ente :)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
30 Mei 2014 19.17 delete

hehheee... ayo buat trip BMC, biar sama-sama keren kita ;)

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
30 Mei 2014 19.18 delete

kapan yaaaa... aq mau aja kapan aja... (hahaiii.. gaya x awak bah)...

Reply
avatar
aritunsa
AUTHOR
31 Mei 2014 09.34 delete

waahhh keren..... asli mupeng, hehe.. Bagaimana dengan penginapannya mbak? itu luas nggak sih daerahnya? dan akses ke kota lain bagaimana? :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
2 Juni 2014 10.45 delete

halo mas Ari, maaf baru respon ya.. baru pulang ngebolang dari gunung Sibayak hehheee...

tempat wisata yg saya sebutkan itu masih di 2 daerah saja. di lake kenyir n di Kuala Terengganu, ibukota negara bagian Terengganu. sebenarnya di Lake Kenyir sendiri masih ada tempat wisata menarik yang lainnya, tp tidak saya tulis karena saya belum berkesempatan kesana.dari bandara Sultan Mahmud di Kuala Terengganu, Lake Kenyir bisa ditempuh dengan perjalanan bus sekitar 1 sampai satu setengah jam dengan menggunakan bus. Bewah Cave n Elephants Village itu adanya di Lake Kenyir. selebihnya ada di Kuala Terengganu.
untuk Kuala Terengganu sendiri, menurut saya tidak begitu luas mas. kotanya juga tak sebegitu ramai, cocoklah untuk yang pengen minggir sejenak dari keriuhan ibukota :), apalagi disini masih lebih terasa 'melayu' nya dibanding di KL. tapi banyak juga penginapan dari yg hotel berbintang sampai yang harga terjangkau.




Reply
avatar
Julian
AUTHOR
6 Juni 2014 13.21 delete

Tempatnya bersih banget ya diah,,dari sekian tempat wisata yang pernah lia lihat belum ada yang serapi dan sebersih itu. dari Medan ke Malaysia naik pesawat terus lanjut dari KL ke Trengganu naik pesawat juga ya diah ???

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
6 Juni 2014 23.39 delete

iya Lia, untuk masalah kebersihan dan kerapian, tidak ada salahnya qt belajar dari mereka :)

kalo dari medan 2 x naik pesawat. masing2 durasinya sekitar 1 jam. tapi info yang diah dapat, juni ini akan ada penerbangan langsung dari Medan ke Kuala Terengganu. tapi kurang tau maskapai penerbangan apa dan muali kapan diberlakukan :)

info yang aku dengar, wisata bawah lautnya juga indah loh :)

Reply
avatar
8 Juli 2014 15.03 delete

Terengganu memang sedang giat2nya promosi wisata ya, terutama Redang-nya. Tahun lalu sempet rencana mau ke Redang tapi ujung2nya ga jadi... Next harus bisa sampai kesana... hehehe

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
8 Juli 2014 15.55 delete

iya mbak... giat bener mereka promo. Redang n Pulau Perhentian ntuh jadi andalan mereka. sayangnya Diah justru belum kesana juga hahhaaa....

Reply
avatar
1 September 2016 14.08 delete

Kapan ke terengganu lagi mba? Kita ketemuan yuk....

Reply
avatar
1 September 2016 14.09 delete

Kapan ke terengganu lagi mba? Kita ketemuan yuk....

Reply
avatar