TIPS NGEBLOG ALA WAHYU BLAHE

TIPS NGEBLOG ALA WAHYU BLAHE - Para blogger dan penggiat media sosial di Medan pasti sudah kenal Wahyu Blahe, seorang buzzer dan guru seo yang sukses membawa brand Cerita Medan menjadi salah satu portal Medan terkemuka di kota ini. Sabtu kemarin, 10 Januari 2014, saat ngumpul-ngumpul santai dengan para blogger kece di kota Medan a.k.a BMC (Blogger Medan Community), saya bertemu dengan abang keren ini.

TIPS NGEBLOG ALA WAHYU BLAHE
buat yang belum tau seperti apa penampakan abang Wahyu Blahe, ini saya beritau : yang berdiri paling pinggir menggunakan kaos hitam. Ntar klo ketemu dijalan, sapa aja, orangnya asik kok :)

Jadi ceritanya dalam kopdar kali ini tuh kami saling share pengalaman selama setahun belakangan ini bergabung dengan BMC dan harapan ke depan. Nah, pas giliran si abang ini nyeritain pengalamannya, ada beberapa hal menarik yang saya garis bawahi dan pengen saya praktekkin. Kenapa? Karena selain cerita pengalaman, ia juga ngeberi beberapa tips singkat ngeblog. Beberapa tips yang sempat nyangkut di otak saya (walaupun kemarin saya nggak nyatat apa yang beliau ucapkan, tapi in sha Allah nggak salah ingat, doain ya :D, kalau salah ya dimaafin yeiyy..) :

1. Utamakan content, template menyusul

Ini cocok banget buat blogger pemula seperti saya ini :D. Maksudnya ya, untuk awal-awal kita jangan sibuk mikirin template, seo dll. Yang penting dibagusin aja dulu tulisan kita, content blog kita. Nah kalau yang ini sudah bagus, baru nyusul mikirin template. Bener sih, masalah template and seo ini lumayan ribet loh guys. Jadi kalau di awal-awal kita udah pusing mikirin yang beginian, ntar malah males nulis dah. Nyantai aja deh klo di awal-awalnya template kita berantakan, lagian nggak ada tuh blog yang ujug-ujug keren, semuanya bertahap :)

2. Rajin berkunjung

Beramah-tamah itu pentingnya nggak hanya di dunia nyata aja loh guys, di dunia maya juga.  Jadi, sering-sering berkunjung ke blog teman itu perlu. Tentunya dengan ngeberi komen juga di postingan mereka. Dengan berkomentar, si pemilik blog bisa melihat jejak kita di blognya dan (mudah-mudahan) mengadakan kunjungan balik ke rumah maya kita. Intinya ya saling berkunjung dan saling memberi komentar :)

3. Backlink

Nah kalau yang ini saya sendiri sebenarnya masih belum begitu paham ya. Backlink ini semacam tautan balik ke blog kita. Dan berhubung pengetahuan saya masih seuprit tentang si backlink ini, daripada saya salah ngasih tau, mending tanya ama om gugel yeeeh (usaha dong usaha, kata kuncinya sudah saya beri, tinggal ketik aja di pecarian gugel :D)

Mmm…  ini aja sih yang nyangkut di kepala saya :D. Tapi sebenarnya intinya bukan seberapa banyak yang saya ingat, tapi seberapa gigih saya ngepraktekin apa yang saya ingat itu. Buat saya, tips yang dibagi ama bang Wahyu Blahe ini mencerahkan banget. Nggak perlu tips banyak-banyak, dikit aja, yang penting dipraktekkin. Saya sih niatnya mau praktekin 2 point pertama, ntar kalau sudah berhasil, baru deh nanya lagi tentang point ketiga dan minta tips selanjutnya, siapa tau bisa sukses jadi portal komunitas seperti Cerita Medan :D

Share:

12 komentar

  1. Hihihi di point pertama aja masih berserakan dirikuh jenk Diah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sist.. aq juga masih berantakan, makanya yang diserap nggak banyak-banyak, dikit aja tapi coba dipraktekkin :)

      Hapus
  2. Lagi buat testimoni ke peserta didik SEO, eh nongol di halaman pertama tulisan ini, hehehehe, makasih ye atas semangatnya nulis, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. yang bersangkutan datang berkunjung. mohon arahan dan bimbingan, guru :D

      Hapus
  3. widih, ternyat itu tipsnya, jadi makin semangat ngblok nih, ngeblok hati mantan kahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeblok hati mantan trus dikasi saos cabe ya, biar pedes hati si mantan :D

      Hapus
  4. keren tips nya, apalagi bang wahyu nya :p ehhhhh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya abang lapakmedan ini fans nya bang wahyu xixiiii... :D

      Hapus
  5. Keren kali ya tips abang blogger itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, keren abis tipsnya abang itu, cuma abang kabar medan yang bisa nandinginya :D

      Hapus
  6. Tips yang menarik. Kalau saya malah pengin bagusin template dulu 😍

    Salam kenal www.kotakwarna.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you mbak :) kalau content-nya udah oke ya memang template harus diperhatikan juga mbak. tapi kalau masih awal ngeblog, mungkin lebih baik tulisannya dulu yang kita perhatikan :)

      salam kenal kembali mbak, btw terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus