THE POWER OF CHILDHOOD

16.43
pengalaman masa kecil
The power of childhood
The Power of Childhood : Seminggu yang lalu, saya mengirimkan surat untuk Ibu Deliana G. Sinlae, seorang guru di Rote, NTT. Hari ini suratnya sampai, alhamdulillah (padahal kata petugas posnya cuma butuh 3-4 hari agar surat itu sampai. ini seminggu, ya mungkin karna badai elnino kali yaaa...).

Di surat itu, saya bercerita tentang 'the power of childhood", bagaimana pengalaman dan kenangan masa kecil membentuk pribadi seseorang dan memiliki andil besar dalam menentukan akan menjadi apa seseorang tersebut ketika besar nanti.

saya menceritakan pengalaman Prof. Dr. Tamsil Syafiuddin  (Pulmonologist di RSCA Medan) yang banyak terinspirasi dari Ibu Mina, gurunya semasa SD yang menurutnya kreatif dalam mengajar. Juga pengalaman masa kecil saya ketika melihat foto-foto perjalanan Alm. Ayah saya ke berbagai tempat, yang membuat saya suka jalan-jalan hingga sekarang. Tentang Emak saya yang berpikiran terbuka, selalu mau menyisihkan uang untuk membeli majalah Bobo tiap minggu, padahal masa kecil saya di kampung nun jauh dari keramaian ibukota. Karena sering membaca majalah Bobo lah minat menulis saya muncul.

Sekarang, hobi saya jalan-jalan dan menulis, alhamdulillah sejalan dengan pekerjaan saya sebagai wartawan sebuah majalah traveling di kota Medan. Semua itu berkat pengalaman dan kenangan akan respon orang-orang ketika saya kecil dulu. Bayangkan kalau dulu Emak saya melarang saya membeli majalah Bobo karena alasan ekonomi  kami yang pas-pasan. Atau bagaimana kalau Emak terhasud omongan-omongan tetangga yang selalu berceloteh sinis : “Untuk apa jauh-jauh ke kota hanya untuk beli majalah, sudah mahal, tidak bisa dimakan. Mending beli makanan, kenyang.”

Sekarang tiap pulang kampung saya membawa majalah tempat saya kerja. Orang-orang yang melihat nama saya terpampang di majalah tersebut pun melihat takjub. Terimakasih Mak, Yah, untuk masa kecil yang indah dan menyenangkan yang membekas di ingatan dan berpengaruh terhadap kehidupan anak kalian saat ini.

Buat Ibu Deliana G. Sinlae, selamat membaca surat saya. Semoga semangat ibu untuk mengajar dan memberikan pengalaman indah buat anak didik Ibu tidak pernah pudar. Karena pengalaman-pengalaman semasa kecil akan berpengaruh terhadap masa depan anak. Jika bagus pengalaman masa kecilnya, mudah-mudahan ketika dewasa nanti juga akan bagus. The power of childhood.

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Rudi Hartoyo
AUTHOR
23 Juni 2014 20.44 delete

wesshhh.. mantap kak,,
jadi kepingin jadi wartawan traveling, :D

Reply
avatar
Diah Siregar
AUTHOR
23 Juni 2014 20.52 delete

hahhaaaa.... semoga tercapai bro... awalnya jadi travel blogger, trus ditawari jadi kontributor, mudah2an nanti jadi wartawan media jalan2 juga ya hehheheee....

Reply
avatar