SERBA-SERBI #DIRUMAHAJA

serba-serbi di rumah aja
#dirumahaja




Serba-Serbi #DiRumahAja : Holaaaa gaes, kalian masih pada #dirumahaja kan?! Aku iya dong. Walaupun sebenarnya sudah memasuki masa-masa bosan dan mati gaya ehehheee


Iya, walaupun beberapa tahun belakangan aku mutusin jadi freelancer dan work from home, tetep aja ini tuh beda. Awal-awalnya sih ya ngerasa biasa aja, nggak kaget atau stress gimana gitu. Karena kan selama ini aku juga udah nggak jalanin rutinitas kerja yang office hour gitu.


Cuma lama-lama kok ya nggak asik juga. Bener-bener berdiam diri di rumah itu ternyata butuh seni tersendiri agar bisa melewatinya dengan enjoy. Dan jelas beda dengan kerja dari rumah yang selama ini aku jalani.


Kalo hari-hari normalnya sebelum virus corona merebak, walaupun kerja dari rumah tapi aku nggak serta merta di rumah tok dari pagi sampe pagi lagi. Aku tetep keluar dong untuk berbagai urusan dan hal-hal menyangkut pekerjaan. Atau kalaupun bisa dikerjakan dari rumah, kalo pas bosan aku bisa bebas mau nongkrong di kafe mana buat dapetin suasana baru.


Trus kan, aku juga termasuk sering nongkrong sama temen. Entah kemana gituh kan, intinya keluar rumah. Khususnya kalo malam. Keseringan keluar sih. sekalian makan malam juga. Karena ya jujur kalo malam itu aku males mau masak. Mau masak banyak dari pagi biar sekalian buat makan malam kok ya rasanya bosan, dari pagi sampe malam menunya itu-itu mulu.


Jadi biasanya malam itu aku keluar kalo ada yang ngajakin nongkrong, kalo nggak ada ya keluar khusus buat makan malam doang abis itu pulang. Intinya aku nggak seharian di rumah mulu.


Sejak merebaknya pandemic corona ini aku inisiatif dong buat ikutan anjuran untuk di rumah aja. Kalo ada yang penting dan urgent banget baru deh keluar. Kalo nggak ya di rumah aja seharian. Eh keluar juga ding. Tapi cuma di teras rumah. Sekedar nyari angin dan udara segar.


Terus aku ngapain dong sepanjang waktu di rumah aja?! Nah ini yang bikin aku heran. Di saat orang-orang pada berlomba produktif walaupun lagi di rumah aja. Akunya malah nggak jelas ngapain. Malah lebih nggak produktif dari hari-hari biasanya yang emang sering kerjanya dari rumah.


Termasuk ngeblog. Padahal dari awal udah susun rencana mau rajin ngeblog, belajar-belajar edit video buat vlog. Tapi kenyataannya nol besar saudara-saudara! Waktuku kebanyakan cuma kupake buat gegoleran nggak jelas di kamar. Sungguh tidak produktif dan jangan ditiru sodara-sodara!


Tapi di tengah-tengah udara gerah hari ini entah kenapa kok timbul keinginan untuk memaksa diri sendiri agar menulis ini. Bukan hal penting sih. Cuma aku rasa perlu juga aku tulis buat keinget kalo aku pernah dengan sengaja mengabaikan rasa bosan dan memupuk jiwa rebahanku untuk berkontribusi pada negara ini wkwkkwkkwk


Iya, tulisan ini cuma jadi pengingat aja kalo diri ini pernah ngalamin berada dalam situasi pandemic corona yang bikin banyak orang khawatir ini. Aku percaya kok situasi nggak mengenakkan ini bakal segera berlalu kalau aku dan kalian semua yang sebenarnya udah gatel pengen hang out tapi tetep menahan diri buat di rumah aja. Dan masa-masa ini mudah-mudahan akan kita kenang dengan senyum, bahwa kita bisa bersama-sama menahan dan menghalau pandemic corona pergi dari negeri tercinta ini.


So, jadi apa-apa aja atau ngapain aja aku selama diam diri di rumah lebih dari sepekan ini? Ya kurang lebih sama lah sama yang kalian lakukan. Paling beda dikit doang.


Nonton nonton dan nonton
Yes! Berdiam diri di rumah sepanjang hari buat aku jadi ngubek-ngubek folder film di laptop. Kebetulan ada beberapa film dan satu drakor yang belum aku tonton. Jadi beberapa hari ini ya kerjaanku rebahan di kamar sambil nonton film. Berhubung memang nggak punya TV dan nggak niat beli, nonton film di laptop jadi alternative pembunuh sepi karena memang kalo siang daku sendirian di rumah huhuhuuu


Bakal bosen banget kalo cuma bengong aja. So nonton adalah pilihan tepat selagi listrik nggak padam.


Selain nonton di laptop, nonton youtube di hape juga jadi pilihan. Secara pake tri yang gratis ngeyoutube unlimited. Etapi denger-denger telkomsel ada sediain paket data 30 GB cuma sekian ribu gitu selama #dirumahaja. Bener nggak sih? Kalo bener pengen juga ganti pake telkomsel biar bisa download film. Soalnya stock film yang mau ditonton udah mulai menipis nih :)



Sosmed online terus
Namanya juga kaum rebahan. Dikasih kesempatan buat rebahan ya seneng dong akunya, asal kuota internet ada tentunya. Jadi kalo bosen nonton, aku biasanya bakal mantengin sosmed tuh. IG ama Facebook yang biasa aku pantengin selain WA.


Aku jadi mulai-mulai rajin update status di facebook dong. Padahal udah beberapa tahun ini jarang. Like dan komen status facebook di list pertemananku juga jadi kerap kulakukan. Kemarin aku bahkan komen di foto yang dibagiin temen SMA ku. Dia mungkin heran kali ya, secara kami nggak pernah ketemu sejak lulus sekolah. Di sosmed pun tak pernah saling sapa, eh ini tumben-tumbenan aku komen fotonya dia.


Bukannya SKSD, Cuma kupikir inilah saat yang tepat buat menjalin kembali silaturahmi ke orang-orang yang jarang kusapa selama ini. Daripada kuota internet habis nggak jelas kan. Ya lebih baik buat nyambung silaturahmi toh :)


Kalau di IG aku seringnya liat foto-foto aja sambil pantau perkembangan apa yang lagi banyak diperbincangkan para instagrammers.



Rajin masak
Seperti yang udah aku bilang kalau aku paling males masak buat makan malam. Trus biasanya aku masak yang simpel-simpel aja. Selain karena males ribet ya karena emang nggak nggak ngerti resep masakan yang ribet.


Masakan yang aku masak paling seputar tumisan, sambal, rebusan. Santan sesekali. Udah itu aja taunya.


Nah karena corona inilah akhirnya aku jadi lebih rajin masak. Bianya pagi kalau males ya udah nggak mau maksa, tinggal beli nasi lemak atau lontong aja. Siang kalau malas bisa grab food. Nah malam biasanya memang makan di luar.


Tapi sodara-sodara, demi ngejaga diri biar nggak tertular atau nularin si virus rese ini, aku rela maksa-maksain diri buat bangun dan masak pagi-pagi. Gitu juga untuk makan malam. Semalas apapun tetep masak sendiri. Dan ya terbilang berhasil.

di rumah aja
Biasanya kalau malas masak ya udah tinggal beli aja di luar, gara-gara virus corona jadi dibela-belain masak


Minggu lalu makan di luar itu cuma makan siang waktu pulang ngelayat saat mama seorang kawan meninggal. Karena pagi sarapan ubi jalar rebus, siangnya belum ada nyiapin makanan dong di rumah karena melayat. Jadi karena siang itu udah lapar banget dan nggak memungkinkan buat masak, jadi lah makan beli di luar. Selebihnya? Makan di rumah say, masak sendiri.


Perkara masak sendiri ini bener-bener pencapaian loh. Biasanya aku nggak bakal selama ini tahan rutin masak sendiri di rumah. Pasti ada masa-masa malas masak dan milih beli di luar. Diniatin segimanapun tetep aja kecolongan makan di luar. Baru saat pandemic corona dan harus #dirumahaja inilah bisa bertahan rutin masak di rumah. Daebak!



Tahan nggak jajan
Ini kayaknya aku mesti ngucapin makasih sama corona ini. Karena gara-gara dia aku jadi bisa ngerem kebiasaan jajanku.


Iya gaes. Asal kalian tau ya. Aku tuh kayaknya udah konsumtif level akut lah kalo masalah jajan. Kayaknya kalo sehari nggak jajan itu berasa ada yang kurang gitu hidupku hahhahaa.


Kadang udah dibela-belain masak supaya jangan jajan di luar, tapi tetep aja mulutku ngerunyam pengen ngemil ini itu yang sebenarnya kalo ditanya perutnya ya udah kenyang. Cuma mulutnya aja yang nggak tau diri mau ngunyah mulu.


Jajan yang aku maksud disini adalah makanan di samping makanan utama ya gaes. Biasanya sehari itu ada aja pengeluaran untuk jajan. Entah itu pengeluaran receh jajan di warung dekat rumah. Atau yang nguras saldo OVO. Pokoknya ada aja lah. Dan ini susah banget emang aku tahan.

di rumah aja lawan corona
Paling susah nahan godaan cemilan


Tapi berkat corona aku berhasil buat nggak jajan di luar dua minggu ini. Mmm,,, tapi bukan berarti aku berenti ngemil ya gaes. Karena waktu belanja mingguan belanjaanku justru lebih banyak dari biasanya. Salah satunya karena nyetock bahan-bahan buat cemilan selama seminggu ke depan wkwkkwkkw


Tapi ini lebih bagus sih karena yang aku beli umumnya yang sehat-sehat seperti buah ataupun hasil pertanian lainnya yang masih utuh, bukan olahan.



Jadi lebih aware sama pola makan
Logikanya memang apapaun penyakitnya, entah itu disebabkan oleh virus, bakteri, atau yang lainnya, kalau daya tahan tubuh kita bagus, sudah tentu lebih kuat buat bertahan ataupun melawan si penyakit tersebut.


Makanya selama di rumah aja ini, selain bentuk dukungan kepada negara untuk bersama-sama cegah corona, aku juga jadi lebih aware terhadap apa-apa yang aku konsumsi. Karena imunitas yang bagus itu didapat selain dari pola hidup secara keseluruhan, juga pola makan yang baik.


Jadi walaupun nggak bisa seratus persen ngilangin kebiasaan ngemil, aku inisiatif buat ganti cemilannya dengan yang lebih sehat, kayak buah misalnya. Cemilan usahain olah sendiri di rumah. Kayak kemarin, di rumah biasanya pisang itu aku makan tanpa digoreng. Ya makan gitu aja. Kalo pengen pisang goreng biasanya aku beli aja.


Tapi kemarin pas pengen pisang goreng aku bela-belain goreng sendiri dengan alasan kebersihan. Masak juga diusahaain selalu ada sayur yang direbus doang, nggak pake banyak-banyak bumbu. Doakan ini bisa berlanjut ya gaes, nggak cuma saat corona merebak aja.



Jauh lebih hemat
Ini berkaitan dengan dua poin di atas. Karena jarang makan di luar dan milih buat cemilan sendiri, aku jadi jauh lebih hemat dari sebelumnya. Ya walaupun memang kalau diliat dari segi pemasukan memang lagi seret sih hahhahaa,,,,


Tapi kalau diliat dari sisi pengeluaran seperti biasanya, ini tuh jauh lebih hemat loh. Secara kalo makan di luar, sekali makan seminimal-minimalnya 2 orang habis 40 ribu. Itu minimal loh. Kalo masak sendiri di rumah udah pasti lebih hemat.


Belum lagi jajannya, nontonnya, ini itunya. Aku tuh biasanya paling nggak tahan kalau liat OVO ku ada saldonya, pasti tangan langsung gatel liat-liat Grab Food. Pisang pasir coklat keju, donat J.Co, dimsum, pancake durian, aduuuh paling nggak tahan liat menu-menu ini seliweran di Grab Food (akunya yang kegatelan scrolling sih sebenarnya). Tetangga sebelah mungkin heran deh liat sering banget siang-siang driver Grab datang bawain makanan yang aku order.


Dan itu semua nggak ada dalam 2 minggu ini. Saldo OVO utuh dari kemarin nggak berkurang, duit di dompet juga. Aku aja sampe heran kok bisa sedrastis ini turunnya jumlah pengeluaran mingguanku. Bener-bener baru corona yang bisa buat aku sehemat ini :D



Gitu lah gaes Serba-Serbi #DiRumahAja yang aku jalanin. Di satu sisi nyeremin dan bikin bĂȘte juga kalo lama-lama di rumah mulu. Tapi di satu sisi seneng juga kalo liat isi dompet utuh tak berkurang hehhehee,,,


Etapi bukan maksudnya aku pengen pandemic corona terus berlanjut loh. So pasti aku pengen ini segera berakhir, udah kangen ngebolang lagi. Kangen cappuccino cincau, kebab, dan kawan-kawannya. Kangen ngumpul ma temen-temen. Pokoknya kangen semuanya normal kembali seperti sedia kala.


Kalian, apa aja serba-serbi #DiRumahAja yang seru dan tak terlupakan?!

Share:

0 komentar