LIBURAN TAHUN BARU IMLEK DI MEDAN, ENAKNYA KEMANA YA?!

14.35
liburan tahun baru imlek di medan enaknya kemana ya
liburan tahun baru imlek di Medan, enaknya kemana ya?!

Liburan Tahun Baru Imlek di Medan, Enaknya Kemana Ya?! : Nggak tau kenapa aura 2019 ini bawaannya pengen liburan aja. Mungkin karena akhir tahun 2018 kemarin banyak saya habiskan buat liburan dan senang-senang. Dari mulai liburan bareng temen-temen ke Tapanuli Utara yang sampe sekarang belum saya tulis-tulis ceritanya. Sampe liburan keluarga di akhir Desember kemarin.


Atau mungkin karena ada beberapa rencana liburan di 2018 yang belum kesampaian dan saya agendakan lagi di 2019 ini, jadi ujung-ujungnya pengen liburan mulu. Hmmm,,, liburan memang menyenangkan, makanya saya suka hehehhee,, *apaan coba*


Biar kata banyak yang bilang hari libur nasional tahun ini banyak yang di tengah minggu, jadi agak sulit diakali supaya bisa nyambung ke libur akhir minggu, tapi tetep aja yang namanya libur pasti dinanti-nanti. Entah itu dihabiskan cuma buat leyeh-leyeh di rumah ataupun ngetrip singkat bareng orang-orang terdekat. Hari libur tetaplah hari yang dinanti :D


Dan karena Januari libur nasionalnya cuma tanggal 1 kemarin, itu artinya ini adalah saat yang tepat buat cek kalender lagi, ada libur apa di bulan Februari?
Yipppi… ternyata ada libur tahun baru imlek yang tahun ini jatuh pada 5 Februari 2019. Baiklah, saatnya susun-susun agenda :)


Tahun baru imlek tahun ini jatuh pada hari Selasa. Buat kalian yang ngantor pasti dari kemarin-kemarin udah rencanain cuti nih di tanggal 4 nya, ya kan ya kan?!


Libur tahun baru imlek saya bakal kemana?! Masih rahasia *gaya banget main rahasia-rahasiaan*. Ya gimana ya, biarpun saya waktu kerjanya fleksibel, tapi kalo liburan bareng temen musti nyocokin waktunya si temen juga. Beda cerita kalau solo traveling.


Jadi karena rencana liburan tahun baru imlek masih saya rahasiakan sampai pada waktu yang masih belum tau *apaan sih?*, jadi kali ini saya pengen share tempat-tempat menarik buat kalian yang pengen melewatkan libur tahun baru imlek di Medan.


Di Medan, perayaan tahun baru imlek terbilang meriah. Secara memang di kota ini banyak orang tionghoa juga. Dari jaman-jaman Sultan Deli dulu bahkan mereka sudah ada disini. Hidup damai berdampingan dengan suku-suku lainnya.


Liburan Tahun Baru Imlek di Medan, Enaknya Kemana Ya?! Mungkin pertanyaan itu banyak terbersit di kepala kalian yang pengen berkunjung ke Medan saat momen tahun baru imlek ini. Tenang, di Medan banyak kok spot-spot yang bisa kalian kunjungi. Dari wisata sejarah, religi, maupun kuliner yang endes dan wajib dicoba, ada di Medan.


Tapi di postingan kali ini saya hanya akan share beberapa aja, khususnya yang berhubungan dengan etnis konghucu di kota ini.


1. Vihara Maha Maitreya
Nggak cuma di Medan ya, dimana-mana kayaknya kalau ada tempat ibadah yang bangunannya unik dan kece pasti banyak yang tertarik datang. Termasuk Vihara Maha Maitreya yang terletak di komplek perumahan Cemara Asri jalan Boulevard Utara, Medan ini.


Dari namanya aja udah ketauan kalau ini sebenarnya adalah tempat ibadah masyarakat Budha di kota Medan. Tapi karena bangunannya yang ikonik banget jadi banyak dikunjungi orang. Vihara Maha Maitreya ini dibangun pada tahun 1999, cuma mulai banyak dikunjungi masyarakat umum itu sejak beberapa tahun belakangan ini aja.

vihara maha maitreya medan
Vihara Maha Maitreya Medan (Foto: phinemo.com)


Dulu nih ya pas jaman-jaman saya masih kuliah dan belum banyak yang tau tentang vihara ini, kita sering tuh datang kesini buat foto-foto dengan background bangunan vihara yang gede ini. berasa lagi ada di kuil-kuil di China yang sering dilihat di film-film itu loh :D Cuma sayangnya fotonya ilang bareng foto-foto lainnya di laptop saya -_-


Oya, selain vihara, di komplek Perumahan Cemara Asri ini juga ada kolam burung yang tiap sore ramai orang sekedar duduk-duduk dan kulineran. So, setelah berputar-putar di area vihara, bisa melihat kolam berisi ribuan burung sambil menikmati jajanan murah :)

Baca juga : Melepas penat di Kolam Burung Cemara Asri


2. Vihara Gunung Timur
Terletak di Jalan Hang Tuah No 16, Madras Hulu - Medan, Vihara Gunung Timur ini memang nggak sepopuler Vihara Maha Maitreya. Tapi sebenarnya vihara ini udah terlebih dahulu ada loh. Dibangun pada tahun 1930-an, Vihara Gunung Timur merupakan kelenteng Tionghoa (taoisme) terbesar di kota Medan.

vihara gunung timur
Vihara Gunung Timur (foto : jurnalasia.com)


Meski letaknya terkesan tertutup tapi nggak usah takut atau ragu jika ingin berkunjung ke vihara ini guys. Karena pihak vihara terbuka kok untuk yang ingin berkunjung.


Dulu bahkan pas masih kuliah *lagi-lagi cerita masa kuliah yeii* saat mata kuliah Tourismus, ketika agenda city tour satu kelas, Vihara Gunung Timur masuk dalam salah satu spot wisata yang kami kunjungi. Dari sanalah awal saya tau tentang keberadaan vihara ini.



3. Tjong A Fie Mansion
Seingat saya, pernah suatu kali saya posting tentang Tjong A Fie Mansion di blog ini. Berlokasi di jl Kesawan Medan, Rumah Tjong A Fie adalah salah satu spot wisata budaya dan sejarah yang bisa kalian kunjungi di Medan saat libur tahun baru imlek bulan depan.

Baca juga : Tjong A Fie Mansion, Termegah di Masanya

Sekilas tentang Tjong A Fie, beliau adalah salah satu seorang pedagang dari China yang sukses di Tanah Deli (sekarang Medan). Selain kaya raya, semasa hidupnya Tjong A Fie juga dikenal pintar bergaul dan dermawan.

tjong a fie mansion
Tjong A Fie Mansion (foto : tjongafiemansion.org)


Tjong A Fie Mansion adalah peninggalan sekaligus bukti kejayaan Tjong A Fie kala itu. Mungkin kalau kita melihat rumah Tjong A Fie dan membandingkannya dengan bangunan-bangunan pencakar langit saat ini tentulah terkesan biasa saja. Tapi di masanya, rumah Tjong A Fie adalah salah satu yang termegah. Hal itu bisa terlihat ketika kita masuk dan melihat-lihat isinya. Perabotan-perabotannya, juga luas, arsitektir, dan disain baik eksterior maupun interiornya.


Dibangun pada tahun 1900, rumah Tjong A Fie dirancang dengan gaya arsitektur perpaduan melayu, eropa, tionghoa, dan art-deco. Intinya kalau buat kaum milenial, banyak spot foto yang intagramable dan bergaya vintage di tempat ini.


4. Cobain kuliner Medan
Nah kalau yang ini jangan sampe ketinggalan. Ke Medan belum sah rasanya kalau belum coba kulinernya.


Setelah seharian keliling ke 3 lokasi di atas. Malamnya asiknya kulineran dong ya. Biar liburan tahun baru imlek kalian ditutup dengan manis dan kenyang :D


Ada banyak pilihan kuliner di kota Medan yang bisa kalian cicipi. Tapi kalau ingin yang khas Tionghoa ada di jalan Semarang. Sejak dulu memang kawasan ini dikenal sebagai kawasan Pecinan Medan yang ramai di malam hari.


Kalau kamu muslim ya jangan khawatir, banyak kok di Medan yang jual mie-miean khas China yang tersebar di tiap sudut kota Medan, yang halal pastinya.


Pengen makan yang lain. Boleh,,,boleh,,, mau Durian, bisa ke Durian Ucok. Ada Soto Nanda di Sei Belutu yang buka sampe jam 8 malam. Ada restoran Nelayan yang terkenal dengan dimsumnya yang salah satu gerainya ada di Merdeka Walk. Bisa juga ke Tip Top Restoran yang terkenal dengan sejarahnya, letaknya nggak jauh dari Tjong A Fie Mansion.

dimsum nelayan
Dimsum, salah satu menu terkenal di restoran Nelayan, Medan



Empat tempat di atas menurut saya udah pas banget dah buat isi libur tahun baru imlek kali ini buat kalian yang pengen maen ke Medan. Eh buat anak Medan yang pengen city tour juga sih. Siapa tau kan lagi pengen jalan-jalan tapi yang di dalam kota aja.


Oke baiklah ya. Segini dulu tulisan saya kali ini. Mau ngelanjutin cek sana sini buat liburan tahun baru imlek saya yang masih rahasia ini :D


Liburan Tahun Baru Imlek di Medan, Enaknya Kemana Ya?! Nggak usah bingung, tuh udah saya kasih referensinya.


Eh btw ada yang pernah ngabisin liburan tahun baru imlek di Medan kah tahun-tahun sebelumnya? Gimana kesannya?


Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
ayu lestari
AUTHOR
17 Januari 2019 12.20 delete

Nah... kalau dim sum mah, nggak harus nunggu imlek. Kapan aja kita hayyuk... :D

Reply
avatar
wen ceu
AUTHOR
18 Januari 2019 13.33 delete

vintage sekali Tjong A Fie Mansion itu kak. penasaran saya dengan bagian dalamnya. Pasti lebih artistik ya

Reply
avatar