CARA SEDERHANA BIKIN ITINERARY UNTUK LIBURAN ISTIMEWA

09.04
cara sederhana bikin itinerary untuk liburan istimewa
Cara sederhana bikin itinerary untuk liburan istimewa (sumber foto :@brunovdkraan)

Cara Sederhana Bikin Itinerary untuk Liburan Istimewa : Ingin liburanmu sesuai rencana? Jangan pergi secara spontan tanpa persiapan. Mulailah belajar untuk membuat itinerary atau rencana perjalanan. Nggak hanya dalam kehidupan sehari-hari, perencanaan juga dibutuhkan untuk mewujudkan holiday yang sesuai dengan impian. Mulai dari tanggal keberangkatan, destinasi, hingga urusan sewa mobil pun nggak boleh lolos dari perencanaan.


Penasaran ingin tahu cara bikin itinerary untuk liburan? Gampang kok. Ketahui rahasianya di bawah ini.


Intip Budget
Liburan tentu perlu dana, kan? Bahkan untuk pergi berenang di taman bermain pun juga butuh uang untuk tiket masuk. Apalagi kalau nantinya kamu juga butuh sewa mobil untuk menjangkau destinasi yang jauh. Nah, langkah pertama bikin itinerary adalah mengintip budget. Kira-kira apakah anggaran liburan sudah cukup? Kalau sudah, baru melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu…


itinerary liburan istimewa
Sesuaikan budget dan tempat tujuan ya :) (sumber foto:@dead____artist)


Menentukan Arah dan Tujuan
Bikin itinerary tentu harus punya destinasi untuk liburan. Nggak mungkin bikin rencana kalau nggak ada gagasan, kan? Selain itu ketahui juga, seberapa lama liburan yang akan kamu jalani. Untuk hal ini, kamu bisa memperkaya informasi dengan banyak-banyak membaca blog atau berita tentang daerah yang akan kamu kunjungi. Cerita dari traveler yang sudah pernah pergi ke sana akan sangat berguna dalam menyusun itinerary.



Mau Booking? Bandingkan Dulu
Traveler jaman sekarang pastinya memiliki kemudahan dalam membandingkan harga-harga sewa atau tarif untuk akomodasi selama liburan. Dengan menggunakan aplikasi booking, kamu bisa mendapatkan harga terbaik. Apalagi kalau layanan tersebut menyediakan promo yang bikin biayanya jadi lebih murah. Jadi, jangan pernah bosan untuk membandingkan setiap akomodasi yang kamu perlukan sepanjang liburan. Kemudian, catat booking rekomendasi di itinerary.

booking tiket secara online
Dengan adanya aplikasi booking apa-apa jadi lebih gampang ya sekarang :) (sumber foto:@rawpixel)


Masukkan Juga Wisata Kuliner
Jangan lupa juga buat menghiasi itinerary kamu dengan rencana-rencana kulineran. Nggak lengkap rasanya pergi ke sebuah destinasi tanpa mencicipi masakan khas daerah tersebut. Menentukan kuliner juga bisa mempermudah pencarian penginapan. Pilih hotel atau losmen yang dekat dengan tempat makan supaya kebutuhan kulinermu bisa jalan lancar.


Transportasi
Dalam itinerary, wajib dicatat juga sarana-sarana transportasi yang akan digunakan selama liburan. Untuk yang dekat, kamu bisa jalan kaki atau naik angkutan. Nah, untuk hal ini kamu butuh mencatat jam-jam keberangkatan dan kepulangan. Apalagi kalau perginya ke negara yang tertib waktu, seperti Jepang atau Korea. Jangan sampai gara-gara nggak punya itinerary, kamu jadi telat pulang, atau bahkan nggak bisa kembali ke penginapan.


Tapi bila pergi rame-rame, sekalian saja sewa mobil dengan biaya yang bisa diambil dari patungan teman-teman. Nggak perlu lagi khawatir transportasi karena kamu bisa lebih mobile dalam menjangkau destinasi-destinasi pilihanmu.

sewa mobil saat liburan
Sewa mobil saat liburan (sumber foto:@lilschk)


Catat Estimasi Waktu
Karena bukan liburan spontan, kamu butuh mencatat perkiraan waktu kunjungan di setiap tempat wisata. Catat, kira-kira berapa lama perjalanan dan waktu untuk jalan-jalan di tempat tujuan. Saat liburan, usahakan untuk menepati jadwal tersebut supaya rencana tetap berjalan sesuai dengan harapan.


Simpan di ‘Dua Tempat’
Yang dimaksud menyimpan itinerary di dua tempat adalah di dokumen pribadi serta di aplikasi penyimpan data. Bukan sesuatu yang mustahil bila tiba-tiba PC atau flash disc tempat simpan itinerary kamu tiba-tiba diserang virus dan nggak bisa dibuka. Biar lebih aman, bikin duplikatnya dan simpan di Google Drive atau lewat email.


Hal-hal di atas wajib diperhatikan saat menyusun itinerary. Buatlah sedetil mungkin, mulai dari sarapan, makan siang dan malam, tiket masuk, hingga tarif sewa mobil. Lalu, sebisa mungkin, taati apa yang sudah ada dalam daftar tersebut.


Sudah siap buat liburan dengan itinerary?

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »