4 ALASAN KENAPA KAMU PERLU COBA SITUS PENCARI KERJA

13.22
4 alasan kenapa kamu perlu coba situs pencari kerja
4 Alasan kenapa kamu perlu coba situs pencari kerja


4 Alasan Kenapa Kamu Perlu Coba Situs Pencari Kerja : Jaman sekarang, dimana jumlah sarjana terus meningkat tiap tahunnya sementara lowongan pekerjaan cenderung segitu-segitu aja, otomatis tingkat persaingannya makin tinggi dong ya. Jadi nggak heran kalau banyak yang ngeluh nyari kerjaan susah.


Saya sendiri udah pernah ngerasain susahnya nyari kerja. Ngelamar kerja kesana kemari nggak ada yang nerima. Rasanya sedih bin nyesek banget. Mau pulang kampung ngadu ke ortu tapi takutnya malah bikin mereka sedih. Alhasil yo dirasakan sendiri.


Tapi dulu itu susahnya bukan karena saya nggak punya kompetensi di bidang pekerjaan yang saya lamar sih. Melainkan karena saya masih kuliah. Dan kuliahnya itu di universitas negeri yang notabene jam masuk kuliahnya nggak sefleksibel kuliah di universitas swasta.


Jadi dulu itu saya nekat pengen kerja sambil kuliah karena nggak pengen terlalu membebani ortu. Kemana-mana yang diperatiin info lowongan kerja yang kadang tertempel di tiang listrik di pinggir jalan. Kalau sarapan di warung, gitu masuk warung yang dicari terlebih dahulu pasti koran. Bukan mau baca berita terkini, tapi pengen liat info lowongan kerja terbaru. Di koran kan biasanya selalu ada tuh kolom tersendiri yang isinya info lowongan kerja. Kalau ke mall juga gitu, mata jelalatan liatin pintu kaca, ada ditempelin info lowongan kerja nggak, kalau ada buru-buru baca, siapa tau saya memenuhi syarat.


Tapi rata-rata lowongan kerja tuh syaratnya si pelamar tidak sedang kuliah, saya aja yang ngeyel tetap lempar surat lamaran kerja. Jadi seringnya ditolak karena masih kuliah. Atau kalaupun diterima, jam kerjanya nggak bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah saya.


Sekarang Alhamdulillah udah nggak sibuk nyari kerja lagi. Tapi masih sering ditanyain temen-temen yang nyari kerja : ada info lowongan kerja nggak? Biasanya saya jawab dengan gelengan kepala, trus si temen bakal ngelanjutin bilang : kalau ada info lowongan kerja kabari ya!


Jadi lah sampe sekarang saya masih suka liat-liat info lowongan kerja, siapa tau ada yang cocok dengan si temen. Tapi udah nggak pake acara bolak-balik halaman koran sih. Nyarinya via internet aja, secara emang sekarang jamannya online.


Nggak belanja aja yang online, cari info lowongan kerja juga bisa online. Bahkan sekarang banyak juga situs penyedia lowongan kerja seperti Jobstreet, Karir.com, JobsDb, dll. Lewat situs-situs ini kita bisa mencari info lowongan kerja sesuai dengan yang kita inginkan.


Menurut saya, seenggaknya ada 4 alasan kenapa perlu coba situs pencari kerja. Apa ajakah itu? Ini dia :

1. Hemat waktu
Percaya nggak kalau saya pernah nemenin seorang temen buat ngemall yang tujuannya cuma buat liatin lowongan kerja di dinding atau di pintu-pintu toko di mall tersebut. Dulu mungkin masih okelah ya pakai cara begini. Tapi di jaman serba digital ini rasanya kok wasting time ya kalau ke mall cuma buat liat info lowongan kerja. Buat saya yang memang bukan anak mall, rasanya pegel juga cin muter-muter mall gede gituh.


Nah kalau cari lokernya lewat situs pencari kerja, otomatis kaki nggak bakal pegel. Pakai kekuatan jari tangan aja scroll sana sini :D


2. Hemat uang
Beli koran buat liat info lowongan kerja itu pakai duit loh. Naik angkutan ataupun kendaraan sendiri buat ngantar lamaran kerja itu juga pake duit loh. Pake tenaga dan musti luangin waktu juga. Belum tentu juga dipanggil buat interview. Kalau dipanggil oke lah. Nah kalau kagak? Sayang uangnya kan yang buat biaya siapin berkas.


Kalau di situs pencari kerja kita cuma butuh paket data buat akses internet aja. Nggak perlu keluar duit buat print surat lamaran kerja ataupun fotocopy ijazah. Palingan ntar kalau dipanggil buat interview baru deh siapin berkasnya. Jadi pengeluarannya cuma ketika ada panggilan interview doang.



3. Dapat info pekerjaan sesuai yang kita cari
Ini berdasarkan pengalaman saya di Jobstreet sih. Jadi ceritanya dulu saya pernah buat akun di Jobstreet. Waktu itu lagi nggak nyari kerjaan sih. Cuma karena ada satu temen cerita kalau dia kerja di tempat kerjanya awalnya dari Jobstreet. Nah saya pun iseng buat akun disitu.


Enaknya kalau kita lagi nyari kerja dan buat akun di Jobstreet.co.id (mungkin di website penyedia info lowongan kerja lainnya juga begini, saya kurang tau pasti sih karena nggak punya akun disana), setelah daftar dan melengkapi profil. Biasanya kalau ada pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang kita cari, kita bakalan dapat email dari Jobstreet yang isinya info lowongan kerja sesuai minat kita.


Loh kok bisa Jobstreet tau kita pengen kerja di bidang apa? Ya bisa dong. Kan saat melengkapi profil kita, kita bakal dimintai info apa-apa aja keahlian kita, trus pengennya nyari kerjaan yang gimana, di bidang apa. Bahkan sedetail masalah gaji juga kita infokan ke mereka. Tujuannya ya itu, supaya kalau ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kita, mereka tinggal infoin ke kita, kita tinggal lihat dan menentukan mau apply apa nggak. Kalau tertarik ya tinggal apply, kalau nggak ya lewatkan saja, segampang itu. Jadi nggak capek-capek ngebacain semua info lowongan kerja yang ada.


4. Info lowongan kerja lebih banyak dan beragam
Dibanding kolom iklan loker di koran, info di situs penyedia info lowongan kerja bisa dikatakan lebih banyak dan beragam. Biasanya di situs penyedia lowongan kerja ini ada buanyak info lowongan kerja dari berbagai bidang dan perusahaan. Nggak terbatas di salah satu kota juga.


Jadi kalau kita udah melengkapi profil kita sesuai dengan profesi, kompetensi, dan jenis pekerjaan yang kita incar tapi masih pengen lirik-lirik info lowongan kerja di bidang lainnya, ya bisa-bisa aja. Monggo!


Yaah,,, itu dia 4 alasan kenapa kamu perlu coba situs pencari kerja. Kalian yang sedang nyari kerja dan udah lempar lamaran kerja kesana-kemari secara offline, udah bisa deh kayaknya go online. Nggak ada ruginya juga, cuma modal hape dan paket data.


Di antara sekian situs penyedia info lowongan kerja, seperti yang udah saya bilang sebelumnya, cuma Jobstreet yang udah pernah saya coba. Sepengalaman saya sih ya, di Jobstreet kita bisa dapat info lowongan kerja yang spesifik. Ada banyak lowongan kerja berkualitas di Jobstreet. Tentunya banyak perusahaan berkualitas juga, jadi bisa dibilang paling terpercaya.


Hal lain yang saya suka dari Jobstreet, kita nggak cuma dapat info lowongan kerja doang. Tapi juga dapet tips dan trik supaya bisa dapet kerjaan idaman dan sukses saat interview. Ini penting loh ya. Karena percuma juga kita dapat info lowongan kerja berkualitas, udah apply loker yang kita incar, eh kurang persiapan pas interview kerja, kan nyesek. Nah di Jobstreet kita juga dapat tuh tips-tipsnya. Jadi nambah pengetahuan kan.


Trus di momen-momen tertentu, Jobstreet juga kadang ngadain kuis dengan hadiah yang wow. Kayak April kemarin waktu menyambut anniversary ke 12 *iya Jobstreet udah 12 tahun. Udah jelas kan berpengalaman :D*, ada anniversary challenge dengan hadiah Samsung Galaxy S9, woaaa,,, siapa coba yang nggak mupeng ya kan.


Trus, gimana caranya kalau pengen menjajal keberuntungan nyari info kerjaan di Jobstreet? Gampang bingits. Tinggal klik aja www.jobstreet.co.id. Terus daftar deh disitu, layaknya kita buat akun baru di sosmed. Tinggal isi kolom yang tersedia, jadi deh.


Nah setelah punya akun ya tinggal ngelengkapi profil kita, tinggal ikuti aja petunjuknya. Yang penting buatlah identitas professional kita yang mendukung dengan pekerjaan yang kita cari. Ah, kalau yang beginian mah saya yakin kalian nggak perlu diajarin, udah pada ngerti pasti mah :) yaudah cuss lah sana buat akunnya. Ada 29.500 lowongan kerja yang tengah menantimu di Jobstreet loh.



Udahan ah, tulisan ini udah terlalu panjang. Tapi kalau menurut kamu ada alasan lain disamping 4 alasan kenapa kamu perlu coba situs pencari kerja, kasih tau saya di kolom komentar ya. Semangat mencari kerja!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
21 Oktober 2018 12.40 delete

Mantap..
Bermanfaat sekali informasi di dalam tulisannya ...��

Reply
avatar
21 Oktober 2018 12.40 delete

Sayang bermanfaat isi dari tulisan kak.. good luck😊

Reply
avatar
ayu lestari
AUTHOR
21 Oktober 2018 12.41 delete

Nggak kuat liat fotonya... Wkwkwk....

Reply
avatar
Robby Subrata
AUTHOR
21 Oktober 2018 14.18 delete

Nice info. Thanks for share!

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 Oktober 2018 14.49 delete

Alasan saya mengunjungi Situs Pencari Kerja : 1. Karena Saya sedang membutuhkan pekerjaan 2. Infonya lengkap 3. Terpercaya

Reply
avatar