5 TIPS AMAN KREDIT LAPTOP SECARA ONLINE

08.48
5 tips aman kredit laptop secara online
5 tips aman kredit laptop secara online

5 Tips Aman Kredit Laptop Secara Online : Sama pentingnya dengan smartphone, laptop juga jadi salah satu gadget yang paling dibutuhkan orang di era digital seperti sekarang. Mulai dari mengurus pekerjaan, tugas kuliah, tugas sekolah, mengurus bisnis, sampai aktivitas hiburan seperti gaming dan streaming, semua pasti jadi lebih mudah dan leluasa dengan adanya laptop.


Harga laptop yang lumayan mahal membuat gadget satu ini diminati untuk dibeli dengan cara kredit laptop. Baik dengan kartu kredit ataupun tanpa kartu kredit dan tanpa DP via fasilitas kredit instan dari perusahaan multifinansial, seperti Kredivo.


Kredit laptop secara online pastinya lebih praktis dan menghemat waktu kalau dibandingkan dengan kredit laptop secara offline. Tapi, banyak orang masih khawatir beli atau kredit barang yang harganya mahal lewat merchant online.


Apa kalian salah satunya? Kalau iya, nggak usah lagi khawatir, sebab ada 5 tips supaya kredit laptop online kalian aman dan lancar hingga sampai di tangan. 5 Tips tersebut adalah :


Pilih Merchant & Seller dengan Reputasi yang Bagus

Sekarang ini, jumlah e-commerce atau merchant online sudah cukup banyak. Kategori barang yang dijual juga beragam, mulai dari barang kebutuhan primer sampai tersier. Sebagian besar merchant online memiliki banyak seller yang bebas daftar, menjual, dan mempromosikan barang dagangannya lewat situs resmi merchant. Misalnya saja, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.


Memilih merchant dan seller dengan reputasi bagus adalah hal wajib yang perlu dilakukan sebelum kredit laptop. Bagaimana caranya? Nah, kalian bisa mengakses dan memeriksa situs resmi merchant langsung, mencari informasi di forum-forum, meminta rekomendasi teman atau kerabat, melihat rating, penilaian, dan ulasan yang dimiliki seller, hingga berinteraksi via live chat dengan Customer Service atau seller melalui fitur message yang tersedia.


Pastikan situs merchant memiliki awalan https atau merchant memiliki aplikasi resmi yang hanya bisa diunduh lewat Google Play Store atau App Store. Pastikan juga bahwa merchant memiliki alamat kantor yang jelas, tertera di maps, dan customer servicenya bisa dihubungi.



Pilih Fasilitas Kredit Laptop dengan Simulasi Kredit yang Transparan

Kalo udah tau mau pilih kredit laptop murah di merchant online yang mana, sekarang waktunya menentukan fasilitas kredit laptop yang mau kalian pakai.  Kartu kredit? Tanpa kartu kredit? Semua bisa. Biasanya merchant punya kerja sama khusus dengan bank atau lembaga multifinansial seperti Kredivo, untuk menyediakan fasilitas kredit laptop.


Jadi, nggak usah khawatir kalau nggak punya kartu kredit. Kredit laptop dengan Kredivo, pilihan tenornya variatif yaitu 3, 6, dan 12 bulan, dengan suku bunga tetap dan paling rendah dibanding perusahaan sejenis, hanya 2,95% per bulan. Yang paling penting, Kredivo memberikan simulasi kredit yang transparan di awal sebelum kalian menyetujui kredit. Kalian nggak perlu khawatir akan adanya biaya-biaya tersembunyi. Kredivo juga nggak membebankan DP / uang muka, atau biaya admin untuk kredit laptop dan barang lainnya. Oya, kalian juga berkesempatan mendapat plafon kredit maksimal hingga Rp 20 juta dari Kredivo.


Pilih Laptop dengan Garansi Resmi

Selain memilih laptop sesuai kebutuhan, budget, dan kemampuan finansial, kalian juga harus mengutamakan laptop yang punya garansi resmi. Garansi resmi adalah garansi yang diberikan vendor kepada distributor resmi yang ditunjuk untuk menjual laptop dari vendor. Kalau laptop kalian bergaransi resmi, kalian bisa mengklaim garansinya di berbagai service center resmi dari vendor laptop kalian.



Gunakan Asuransi Pengiriman

Supaya laptop aman dari benturan atau gesekan selama proses pengiriman, jangan ragu untuk memproteksi laptopmu dengan asuransi pengiriman. Kalau kalian punya dana lebih, nggak ada salahnya untuk membeli asuransi yang mahal dengan benefit penggantian penuh apabila ada kerusakan fatal pada laptop akibat proses pengiriman.


Pelajari Kebijakan Pengembalian atau Retur Barang di Merchant

Apabila ada cacat pada laptop yang bukan akibat dari pengiriman, misalnya keyboard tidak berfungsi atau layar retak, kalian berhak untuk melakukan pengembalian, pembatalan kredit, atau retur barang di merchant. Setiap merchant dan seller punya kebijakan pengembalian yang berbeda-beda.


Kalian harus mempelajari kebijakan pengembalian atau retur barang sebelum melakukan transaksi kredit laptop. Kondisi-kondisi kerusakan seperti apa hingga barang jenis apa saja yang bisa diretur atau diproses pembatalan kredit. Selain merchant, kalian juga bisa bisa menanyakan kebijakan ini pada seller yang kalian pilih untuk beli laptop. Apakah seller menerima penukaran atau penggantian barang jika ditemukan cacat atau tidak.


Oke deh, itu dia 5 Tips Aman Kredit Laptop Secara Online. Semoga bermanfaat ya. Oya, kalau kalian punya pengalaman kredit laptop ataupun kredit barang lainnya secara online, share di kolom komentar dong ceritanya :)

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »