BERSAMA DANCOW SELALU ADA ALASAN KATAKAN “IYA BOLEH” UNTUK MENDUKUNG EKSPLORASI SI KECIL

16.39
katakan iya boleh
Bersama DANCOW selalu ada alasan katakan "iya boleh" untuk mendukung eksplorasi si kecil

Bersama DANCOW Selalu Ada Alasan Katakan “Iya Boleh” untuk Mendukung Eksplorasi Si Kecil – Review Event : MKS, Masa Kecil Suram, begitulah selalu ejekan yang sering saya dengar kala saya atau seseorang bertingkah seperti anak kecil. Bertingkah disini maksudnya bukan dalam pengambilan sikap dan keputusan, melainkan ketika seseorang memainkan permainan yang biasa dilakukan anak kecil. Misalnya saja orang dewasa bermain robot-robotan, main ujan, bermain kelereng, jungkat-jungkit, ayunan dll. Pokoknya hal-hal yang biasa kita mainkan saat kecil. Nah suram disini maksudnya si orang tersebut waktu kecil masa bermainnya kurang. Ibaratnya belum puas bermain eh tau-tau udah gede dan dituntut bersikap dewasa.

Ejekan dengan kalimat “MKS, Masa kecil suram” ini lebih kepada becanda sih, bukan bermaksud hinaan. Jadi biasanya kalau ada yang diejek seperti itu bakal ketawa dan enjoy aja karena tau maksudnya hanyalah bercanda.

MKS = Masa Kecil Suram = orang yang masa kecilnya tidak dihabiskan dengan banyak bermain berbagai hal, hmm.. memangnya ada ya orang yang masa bermainnya kurang waktu kecil. Dulu saya pikir tidak ada. Tapi ternyata banyak yang mengalaminya. Penyebabnya bisa berbagai macam: orang tua yang tidak perhatian, atau bahkan orang tua yang terlalu protektif hingga terlalu membatasi anaknya bermain, atau mungkin situasi lainnya.

Bermain dan anak-anak memang dua hal yang tak terpisahkan. Dunia anak-anak adalah dunia bermain yang penuh keceriaan. Merasakan pengalaman-pengalaman yang menurut orang dewasa adalah hal biasa dan tak menarik namun bagi anak-anak adalah hal yang luar biasa dan seru. Ya, seru, luar biasa, sekaligus *ternyata* berdampak pada tumbuh kembangnya baik secara pisik maupun psikis.

Kenapa demikian? Karena saat bermain, anak cenderung banyak bergerak. Tau sendiri kan ya, banyak bergerak itu bagus buat tubuh. Kita aja yang udah dewasa gini selalu diwanti-wanti untuk banyak bergerak, bahkan ditambah dengan olahraga lagi.

Selain itu, saat bermain sebenarnya anak tengah bereksplorasi, menemukan banyak momen, teman, dan hal baru yang mempengaruhi tumbuh kembangnya. Makanya para orangtua seyogyanya mendukung fase bermain dan bereksplorasi tiap anak. Seperti yang diungkapkan Psikolog Ratih Ibrahim di acara Nestle DANCOW Explore Your World di Plaza Medan Fair, Sabtu 04 Maret 2017 lalu :

“Memperbolehkan si Kecil bereksplorasi merupakan salah satu wujud cinta Bunda dan Ayah. Kepercayaan diri orang tua berkata untuk memperbolehkan dan melepas si Kecil dengan sendirinya dapat mendorong si Kecil untuk berani dan mandiri sehingga terbuka kesempatan untuk belajar hal-hal baru dan mengembangkan dirinya.”

dancow excelnutri+
Bunda Ratih yang paling kiri. Yang di tengah Bunda Bernie, dan yang kanan Ayah Riza

Nah tuh bener kan. Cuma memang seringnya banyak orang tua yang justru takut untuk melepaskan anaknya bermain. Pengen main ini nggak boleh, maen itu nggak boleh. Sebenarnya bukan karena nggak cinta ama anaknya, tapi saking cintanya jadi takut anaknya kenapa-napa kalau main ini itu.

Ini nih cinta yang keblinger ini. Kalau benar-benar cinta, maka bebaskanlah ia melangkah kemana ia mau, toh kalau jodoh tak kemana, pasti ketemu juga *ealaaah.. kok yang nulis yang kebawa suasana. fokus..fokus*

Banyak orang tua yang ragu mengatakan “iya boleh” saat si kecil hendak bereksplorasi. Alasannya ya itu, takut. Padahal kan tinggal dibekali saja dengan apa-apa yang diperlukan. Takut kecapean trus sakit, ya beri anak asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Takut anak mempelajari yang belum seharusnya ia ketahui, ya tinggal diberi pemahaman apa yang boleh dan tidak boleh, dan diawasi juga saat bermain. Gampangkan *terus dijitak rame-rame sama para emak dan bapak, dikira segampang itu apa ngurus anak*

Ehehehee.. iya tau. Jadi orang tua itu nggak gampang. Musti terus belajar dan belajar teruuuss. Saya aja yang walaupun sering ikutan acara bertema parenting sampe sekarang masih bertanya-tanya, ntar kalo punya anak bisa nggak ya jadi ortu yang bener -_-

Tapi ya walaupun begitu bukan berarti kita justru mempersempit ruang gerak anak hanya karena takut dia kenapa-napa. Yang penting usahakan beri yang terbaik aja. Beri waktu-waktu terbaik kita sebagai orang tua untuk menemani dan mengawasi si kecil bermain, beri makanan terbaik yang mampu kita beli dan olah dengan benar. Beri cinta kita seutuhnya untuk mereka. Karena memang itu yang mereka butuhkan. Kayak kata Riza Nopalas, Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia :

“Kami percaya ada tiga elemen yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu nutrisi, stimulasi, serta cinta Bunda dan Ayah. Oleh karena itu, kami harap inovasi terbaru kami yang didukung oleh Nestle Research Center ini dapat membantu si Kecil mencapai tumbuh kembangnya yang optimal dari sisi nutrisi.”

inovasi baru
inovasi baru Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+

Eh iya, bicara tentang Nestle DANCOW, di acara kemarin itu juga sekaligus momen peluncuran inovasi terbaru mereka : Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Apa itu lactobacillus rhamnosus? Nih dijelasin sama dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K), dokter spesialis tumbuh kembang anak :

“Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernafasan dan saluran cerna si kecil. Menjaga asupan bakteri baik seperti ini sangat penting karena tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik si Kecil, yang tentunya sangat penting dalam tahap tumbuh kembangnya.”

dokter spesialis tumbuh kembang anak
Bunda Bernie sedang menjelaskan tentang pentingnya nutrisi perlindungan untuk dukung tumbuh kembang si kecil

Nah loh, ternyata si lactobacillus rhamnosus ini fungsinya penting banget ya. Kalau diibaratkan, lactobacillus rhamnosus alias bakteri baik ini ibarat pak satpam yang ngejagain rumah kita supaya nggak dimasukkin orang jahat a.k.a bakteri jahat. Hmm..hmm.. begitu toh.

dancow lactobacillus rhamnosus
Ya beginilah kira-kira kalau bakteri baik dan bakteri jahat berperang :)

Jadi buat para orang tua yang masih ragu untuk bilang “iya boleh” saat si Kecil ingin bereksplorasi, bisa memulainya dengan membiasakan si Kecil mengonsumsi secara rutin DANCOW Advanced Excelnutri+ ya. Ada satpamnya soalnya :D. Tapi tetap harus didampingi dan diberi makanan bergizi lainnya juga ya :)

Oya, tentang acara DANCOW Explore Your World ini, acaranya seru. Ada empat area utama : art center, smart city, play park, dan central park. Semuanya keren-keren dan sangat mendukung mengasah kemampuan anak dalam berbahasa, memperhatikan, mengingat, menyelesaikan masalah, hingga motorik si kecil. Gimana enggak coba, di tiap area ada berbagai wahana permainan yang beragam. Di art center misalnya, ada aktifitas hand painting dan storytelling.

dancow advanced excelnutri+
Woaaaa.. buku cerita bergambarnya besar buangeeet

dancow explore your world
lagi pada asik di smart city,  nyusun bangunan kota seperti yang ada di miniatur


dancow explore your world
Nah kalau yang ini area central park, ada augmented reality yang bikin tampilannya lebih kece

iya boleh dancow
Asik bener yang mandi bola ini ya

Saya gemes liat anak-anak asik bermain di berbagai area. Ada yang malu-malu dan harus didampingi orang tuanya. Ada yang asik bermain dan bertemu kawan-kawan baru. Ngeliat mereka bermain bikin pengen cepet-cepet punya anak. Eh tapi partnernya aja belum nemu #inisebenarnyaadeklagikodelohbang *ah sudahlah, fokus fokus*

dancow advanced excelnutri+
Eh.. ada yang ketemu kawan baru di jembatan :)

Nestle DANCOW Explore Your World di Medan berlangsung dua hari. Setelah ini bakal diselenggarakan di lima kota lainnya: Surabaya (1-2 April), Jakarta (29-30 April), Semarang (5-6 Agustus), Solo (9-10 September), dan Makassar (7-8 Oktober). Siap-siap ya buat Ayah Bunda yang kotanya disamperin.

Di dua hari tersebut, pengunjungnya rame euy. Apalagi di hari kedua, widiiiih… ruameee ciiin. Saya yang kebetulan hari kedua juga datang sampe nggak dapet tempat buat ngeliat aksi Afgan yang jadi guest star (next event semoga guest starnya Sheila On 7), secara Bunda-bunda dan Ayah-ayah muda banyak yang suka ngupingin lagu Sheila On 7. Kalau mereka bintang tamunya kan otomatis ortunya senang, si anak pun ceria bermain di wahana  *nah kalau paragraph ini kodenya ke penyelenggara acara ehehhee*

Ada yang kemarin datang ke acara Nestle DANCOW Explore Your World di Medan kemarin? Gimana kesannya?


Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

28 komentar

Write komentar
8 Maret 2017 17.18 delete

Yah Jogja GA ada, hiks. Padahal tahun' kemarin ada

Reply
avatar
Rahmi Aziza
AUTHOR
9 Maret 2017 05.39 delete

Acaranya seruuu, di Semarang juga pernah ada acara Dancow, anak-anak syukaak

Reply
avatar
9 Maret 2017 09.39 delete

Setelah lepas ASI, Dancow jadi pilihan anakku mba. Asyik ya acaranya seru banget

Reply
avatar
Lily Kanaya
AUTHOR
9 Maret 2017 13.52 delete

Belum pernah ikutan event Dancow tapi bisa dipastikan ini eventnya seruuu ya mba :)

Reply
avatar
9 Maret 2017 21.33 delete

Eksplorasi emang penting buat anak2 ya mbak, aku lbh senang anakku main kotor2an, panjat2an ketimbang main gadget

Reply
avatar
9 Maret 2017 22.28 delete

saya dulu pernah di ajak handle sosmednya event ini waktu di solo..keren kak, mall berubah jadi dunia anak anak :)

Reply
avatar
10 Maret 2017 15.28 delete

Adaaaa....rameeeee banget. Walau rame tetap aja masuk😀😀😀

Tapi rangkaian acaranya seru kok. Paling suka sama mini dramanya😄

Reply
avatar
10 Maret 2017 16.33 delete

Wah acaranya edukatif sekali ya. Semoga acara seperti ini lebih banyak dan tersebar di banyak kota agar lebih banyak anak yg dapat menikmati keseruan belajar dan bermain bersama Dancow.

Reply
avatar
10 Maret 2017 20.43 delete

Acara dari Dancow ini pernah diadakan di Bandung. Acaranya memang seru...tapi tahun ini gak ada di Bandung ya...

Reply
avatar
10 Maret 2017 20.44 delete

Acara dari Dancow ini pernah diadakan di Bandung. Acaranya memang seru...tapi tahun ini gak ada di Bandung ya...

Reply
avatar
11 Maret 2017 09.49 delete

Aku selalu inget iklannya. Akuuuu daaaan kauuuu suka dancow. Waktu masih kecil suka ama susu ini bahkan dimakan ngga pake minum. Ngga perlu dicampur air sudah enak hehehe

Reply
avatar
11 Maret 2017 09.50 delete

Aku selalu inget iklannya. Akuuuu daaaan kauuuu suka dancow. Waktu masih kecil suka ama susu ini bahkan dimakan ngga pake minum. Ngga perlu dicampur air sudah enak hehehe

Reply
avatar
11 Maret 2017 10.20 delete

Wah asyik banget tuch, bayangin anak2 pasti seneng banget main2 disini

Reply
avatar
11 Maret 2017 11.25 delete

Di Banda Aceh belum ada acara dari Dancow, nih. Kapan, ya? Hihihi.

Btw soal mengizinkan anak bereksplorasi, aku setuju. Namun tetap dalam pendampingan dan pengawasan orangtua. Anak tidak dibiarkan main sendiri, melainkan dijelaskan ia sedang bermain apa, jadi tercipta diskusi yang ringan. Aku ke Kizain dan Medina jg membebaskan mereka melakukan apa yang mereka mau. Aku tidak mau mereka dewasa sebelum waktunya. Biarlah anak-anak tetap menjadi anak-anak pada masanya. Agar tidak timbul ungkapan MKS pada waktu dewasa nanti. ^^ Nice artikel, mbaa. Aku jd belajar banyak meskipun Dancow ga main ke Banda Aceh.

Reply
avatar
Yesi Intasari
AUTHOR
11 Maret 2017 12.59 delete

wah eventnya seru ya mba, bekal ilmu banget nih buat aku nanti kalo udah ada anak :D

Reply
avatar
11 Maret 2017 13.26 delete

acara yang pas buat si buah hati selain bisa membawa kebahagiaan untuk si kecil. Kita sendiripun bisa mendapatkan pengetahuan dari seminar yang di adakan

Reply
avatar
Adi Setiadi
AUTHOR
11 Maret 2017 14.11 delete

wah nampaknya acaranya seru ya. Memang kita harus sedikit merelakan anak kita berbasah-basahan atau berkotor ria untuk meningkatkan daya jelajahnya. Supaya masa kecilnya bahagia :)

Reply
avatar
11 Maret 2017 15.02 delete

Jadi inget, setahun yg lalu ikutan event Dancow Explore The World juga sama Luna. Destinasi paling favorit di Brazil dan Jepang. Tahun ini ada event apalagi ya dari Dancow...

Reply
avatar
Murni Rosa
AUTHOR
11 Maret 2017 15.48 delete

Wah, Dancow ya? Kalau di rumah yg minum susu mama saya. Bagus, sih. Ngga neko2 jadi emang susu aja dari dulu. Hehe.. :D

Reply
avatar
11 Maret 2017 18.37 delete

Wohooo... iya boleh.. betul ya mba. Padahal kan proteksinya yg perlu ya mba. Dan dancow emang suka bangt ngadain acara yg merangsang stimulasi begini. Kapan2 mau ah ikutan acaranya..

Reply
avatar
11 Maret 2017 23.49 delete

Jadi ingat seminarnya Bu Elly Risman.

"Jangan kau rebut masa bermain anak-anakmu, karena kelak..kau akan menemukan orang dewasa yamg kekanak-kanakan."


Pas banget.

Reply
avatar
12 Maret 2017 07.23 delete

Dancow ini hampir tiap tahun mengusung tema aksplorasi ya? Moga makin banyak eksplorasi kreatif yg diusung di eventnya yg serupa :D
Wah Jkt bulan depan ya :D

Reply
avatar
14 Maret 2017 08.34 delete

wah seru yah acaranya, makasih sharingnya.
vitamin ayam

Reply
avatar
Nufa Zee
AUTHOR
19 Maret 2017 02.16 delete

aaaakk, cemana buat watermark penov itu Mak, aku mupeng, haha ^_^ terus aku gagal fokus

Reply
avatar
Saat Santai
AUTHOR
11 April 2017 07.41 delete

saat santai : yah saya telat baca artikel ini, jadi gak bisa ikut acaranya.

Reply
avatar
12 April 2017 06.05 delete

Alhamdulillah Medan 3 tahun berturut ini ada terus mbak :)

Reply
avatar
12 April 2017 06.06 delete

Di Medan juga selalu seru mbak acara Dancow. Daku biasa jadi keikutan happy liat keseruan anak-anak di acara ini.

Reply
avatar
12 April 2017 06.09 delete

iya acaranya selalu seru, Dancownya selalu jadi pilihan para ibu :)

Reply
avatar