FOTO-FOTO HARI KE-2 SENANDUNG SIMALUNGUN DI SAMOSIR

14.18
senandung simalungun di samosir
Foto-foto hari ke-2 Senandung Simalungun di Samosir
Foto-Foto Hari ke-2 Senandung Simalungun di Samosir - Review Event : Ingat postingan saya beberapa waktu yang lalu tentang event Senandung Simalungun di Samosir?! Postingan kali ini sebenarnya adalah lanjutan dari postingan tersebut.

Tapi postingan kali ini khusus aktifitas di hari kedua. Dan lebih banyak share fotonya ketimbang tulisannya.


Kalau acara penampilan musiknya sih cuma 1 malam saja. Tapi keesokkan harinya masih ada rangkaian acara bagi para panitia, pengisi acara, dan rombongan dari Medan dan Pematangsiantar. Acaranya berupa senam pagi Haro-haro, melepas bibit ikan mas ke Danau Toba, dan berwisata ke Ambarita. 


senam ala simalungun
Senam pagi Haro-haro, senam ala Simalungun

bibit ikan mas
Melepas bibit ikan mas ke Danau Toba


menabur benih
Pelepasan bibit ikan mas ini sebagai simbol dari kepedulian terhadap Danau Toba yang semakin tercemar, juga sebagai harapan ke depan tidak ada lagi keramba-keramba ikan yang merusak ekosistem danau


bernyanyi riang
Sembari menunggu yang lainnya berkemas, mereka asik karaokean :)

danau toba
Bergegas menuju tempat berkumpul

desa wisata ambarita
Kapal hendak berlabuh ke Ambarita, tapi susah cyiiiin. FYI nih ya, air Danau Toba sedang mengalami penurunan. Lihat saya tuh ban-ban yang menempel di dermaga, dulunya kalau mau merapat lewat situ, sekarang nggak bisa. Apa sebab? Saya kurang tau, yang jelas kita harus tetap jaga kelestarian lingkungan ya guys.

kekeringan di samosir
Karena air Danau Toba menurun, jadinya menepi di sebelah dermaga dan harus melewati batu-batu begini -_-


desa ambarita samosir
Sampai di Huta Siallagan, Ambarita - Samosir

Sedikit informasi tentang Huta Siallagan. Huta Siallagan adalah perkampungan Batak yang berata di Ambarita. Di Huta Siallagan terdapat rumah-rumah adat Batak Toba yang sudah tua. Juga situs-situs sejarah seperti batu persidangan dan batu eksekusi. Dari dermaga Ambarita ke Huta Siallagan, pengunjung akan melewati kios-kios penjual souvenir khas Danau Toba.


Huta Siallagan - Ambarita
Di depan salah satu rumah di komplek rumah adat Raja Siallagan


Kampung Siallagan
Oya, FYI guys, Huta artinya kampung, desa :)

Ambarita - Samosir
Mendengarkan cerita sejarah Siallagan dan batu persidangan, sambil makan kerupuk :)

menortor bersama
Bersiap hendak menortor bersama. Jadi guys, Pulau Samosir ini didominasi oleh masyarakat Batak Toba. Kegiatan menortor bersama ini sebagai simbol persaudaraan dan saling mendukung antara masyarakat Batak Toba dan Batak Simalungun.


tari tradisional batak
Jenis tor-tor nya macam-macam guys, ada tor selamat datang, tor-tor penghormatan kepada tamu, dll

tari tradisional
Semuanya ikut manortot


saling menghormati
Asik ya kalau melihat sesama suku di Nusantara bisa saling mendukung dan menghormati begini :)


patung sigale-gale
Manortor bersama patung Sigale-gale (patung legenda di masyarakat batak toba yang dikenal mistik)


simalungun dan toba
Ketika Batak Simalungun dan Batak Toba menortor bersama


huta siallagan
Kelihatan cuma jongkok-jongkok gitu ya guys, tapi aslinya susyaaah loh nor-tor sampai jongkok gituh


melestarikan budaya
Nggak cuma yang tua-tua, kaum muda juga ikut ramai-ramai menortor


tari tradisional
Ada yang pakai topeng besar juga loh, ikutan menortor

Usai menortor bersama, pindah ke batu penghukuman, alias batu tempat eksekusi bagi yang bersalah dan dijatuhi hukuman mati


kampung wisata siallagan
Serius amat pada dengerin cerita sejarahnya :D

desa wisata
Mendengarkan cerita

kampung siallagan samosir
Seperti inilah dulu kira-kira saat ada yang hendak dieksekusi

Oleh-oleh samosir
Usai dari batu eksekusi, melihat-lihat souvenir. Tongkat yang saya pegang ini namanaya Tunggal Panaluan, unik dan artistik ya :)
tongkat khas Batak
Ada yang ikut-ikutan foto sambil pegang Tunggal Panaluan :D

wisata danau toba
Saatnya kembali ke Parapat, eh tapi penyeberangan ke Parapat juga asyik untuk dinikmati loh, pemandangannya kece :)


Danau Toba
Saatnya kembali ke Medan. Semoga semakin banyak yang mencintai budayanya, mencintai alam juga doooong pastinya :)


Oke, itulah sedikit foto-foto hari ke-2 Senandung Simalungun di Samosir. Saya walaupun bukan orang Simalungun ataupun orang Toba, tapi senang bisa ikutan dalam acara ini. Senang bisa berkesempatan mengenal musik Simalungun. Senang bisa menyaksikan keindangan Samosir dan Danau Toba. Semoga ke depannya saya bisa jadi lebih mencintai, menghargai, dan bisa berkontribusi untuk kelestarian alam, budaya, dan kemajuan pariwisata. Aamiin! *Lah ini kok penutupnya jadi kayak gini ya hiiihihiii*

Kalian pernah ngetrip ke Huta Siallagan? Gimana ceritanya, seru?!

Paling semangat kalau diajak jalan-jalan, apalagi kalau gratisan. Gemar fotographi meski lebih gemar lagi bernarsis ria. Suka cappuccino tapi lebih sering nge-teh

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
20 November 2016 22.26 delete

Seru banget menari tortor bersama. Rupanya banyak juga gaya tarian tortor ya Mbak.

Reply
avatar
Ayana Henna
AUTHOR
1 Desember 2016 09.04 delete

Dari dulu pengen banget liat indahnya toba. tp blum kesampean.setidaknya rasa penasaran saya terpenuhi dengan lihat postingan ini. Hiks hiks.... btw Tongkat panaluan itu untuk menari atau untuk perang?

Reply
avatar
16 Januari 2017 19.00 delete

iya mas, aku aja baru tau kalau ternyata banyak gaya dalam tarian tor-tor :)

Reply
avatar
16 Januari 2017 19.03 delete

hayuuuk mbak main ke Toba, kudoakan suatu saat bisa ke Danau Toba ya mbak. Dulunya Tunggal Panaluan itu merupakan tongkat sakti mbak. kalau kisahnya sih saya kurang tau pasti :D

Reply
avatar